RSS
 

PERKEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN DI INDONESIA

12 Mar

tugas ini disusun oleh : iwan kurniawan (0910223077)

Dosen : nanang suryadi

Perkembangan zaman yang semakin maju menyebabkan tuntutan teknologi yang sesuai dengannya.semakin banyaknya tekhnogi yang ada,semakin mudah komunikasi antar individu,antar individu dengan masyarakat maupun antar masyarakat.mulai dari media cetak,internet,dsb semua merupakan media yang mempermudah komunikasi di zaman yang serba bertekhnologi ini.hal – hal ini  akhirnya juga tidak terlepas dari usaha suatu perusahaan untuk memasarkan barang serta jasa yang mereka tawarkan.

Teknologi dalam pemasaran punya peran penting untuk meningkatkan eksistensi sebuah perusahaan atau suatu badan usaha. Pemasaran pada zaman sekarang ini, jika tidak ditunjang dengan adanya perkembangan teknologi yang maju tidak mungkin dapat dipasarkan secara maksimal. Peranan teknologi dalam pemasran yakni menunjang kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan, ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, serta kaitannya dengan mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa kepada kelompok pembeli. Sehingga pemasaran barang dan jasa dapat berjalan secara maksimal.

Internet

Internet juga membawa dampak dan pengaruh yang sangat besar dalam pemasaran sebuah barang/jasa internet basanya bisa berupa digital marketing atau internet marketing (cyber marketing, electronic marketing). Istilah internetisasi mengacu pada proses sebuah perusahaan terlibat dalam aktivitas-aktivitas bisnis secara elektronik (e-commerce atau e-bisnis), khususnya dengan memanfaatkan internet sebagai media, pasar. Kebutuhan akan tenaga yang berbasis teknologi informasi masih terus meningkat. Dengan teknologi informasi yang terkoneksi dengan jaringan internet global memberikan peluang dalam pemasaran produk atau jasa, dengan jaringan internet dan fitur web yang menarik merupakan salah satu alat promosi yang baik dan lebih murah terutama dalam bisnis jasa.

Media Cetak

Perkembangan media cetak yang ada di Indonesia saat inipun sangat berpengaruh terhadap tren pemasaran yang sangat ketat antar pesaing.produsen berusaha membuat iklan –iklan,spanduk,banner semenarik mungkin sehingga bisa menarik kesadaran konsumen akan keberadaan barang/jasa tersebut.mereka berusaha melakukan perhitungan dana yang akan dikeluarkan untuk biaya periklanan seefektif mungkin sehingga tidak ada dana yang bisa keluar sia – sia dalam pengganggaran promosi/iklan.

Media Elektronik ( televisi & radio)

Merupakan media pemasaran yang banyak mengeluarkan biaya dan sangat efektif dalam menarik minat konsumen. Karena di Indonesia terhitung hamper seluruh kepala keluarga di Indonesia memiliki media komunikasi massal ini.

Dari keseluruhan jenis media komunikasi yang ada.jelas mereka memiliki Dampak – dampak positif serta negative terutama kaitannya di bidang pemasaran yang terjadi dalam proses jual beli di suatu perusahaan atau badan usaha untuk mempromosikan produknya. Dampak dari teknologi di bidang pemasaran dapat berupa dampak positif atau yang membawa kemajuan, tetapi juga dapat berupa dampak negatif atau yang membuat kemunduran.
dampak positif dari teknologi dibidang pemasaran

  • proses penyampaian informasi secara cepat. Jika zaman dulu, dalam memasarkan produk harus menunggu beberapa minggu atau beberapa bulan baru tersampaikan.
  • proses transaksi yang dapat berlangsung secara cepat. Tidak perlu antri lama – lama di kantor pos untuk mengirim maupun mengambil uang. Adanya fasilitas ATM (Anjungan Tunai Mandiri) adalah salah satu sarana penunjang dalam sebuah kelancaran pemasaran barang dan jasa. Pengenalan produk barang dan jasa suatu perusahaan maupun badan usaha melalui media periklanan, baik itu media elektronik maupun media cetak. Seperti televisi, pemasangan iklan lewat internet yang saat ini banyak beredar. Dan media cetak seperti koran, majalah, buletin.

Dampak negatif bagi teknologi dibidang pemasaran

  • adanya kesenjangan sosial. Dalam kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi dan ketidaksamaan pemerataan peranan teknologi sangat besar, karena perkembangan teknologi berkaitan erat dengan stratifikasi sosial. Dalam hal ini surplus ekonomi dalam kaitannya dengan pemasaran dianggap berkaitan erat dengan perkembangan teknologi. Dengan demikian maka, penetapan teknologi rendah maupun teknologi tinggi sangat berdampak terhadap kesenjangan sosial.
  • Penggunaan sebuah teknologi baru ( yang belum tentu sesuai dengan karakter local ) menuntut penyesuaian struktur sosial budaya dengan cepat. Akibatnya, masyarakat tersebut akan mengalami suatu kondisi kritis yang dapat berujung pada sebuah kelompok atau kesatuan baru, mungkin malah terjadi perselisihan atau perpecahan. Kenyataan menunjukkan bahwa kepentingan ekonomi dan politik sangat mempengaruhi penerimaan alih teknologi, termasuk di dalamnya kepentingan ekonomi dan praktek dari negara pengalih teknologi.

 

SUMBER :

http://zamrishabib.wordpress.com/2008/11/13/sejarah-perkembangan-teknologi-komunikasi-bag-2/ diunggah 10 maret 2012

http://doni6392pradana.wordpress.com/author/doni6392pradana/ diunggah 10 maret 2012

http://viland89.wordpress.com/2011/06/03/public-relations-dalam-perkembangan-sosial-media/ diunggah 10 maret 2012

http://kapita-fikom-915080181.blogspot.com/2011/04/pemasaran-politik.html diunggah 10 maret 2012

http://teorikomunikasi-morissan.blogspot.com/ diunggah 10 maret 2012

http://ridhosaputra.blog.upi.edu/2010/11/08/tugas-makalah-konsep-teknologi/ diunggah 10 maret 2012

Sulianta, Feri. 2009. Web Marketing. PT Elex Media Komputindo.

Terrence A. Shimp. 2003. Periklanan dan Promosi – Komunikasi Pemasaran Terpadu. Erlangga

 

 

 


 
 

Leave a Reply

 
CAPTCHA Image
*