Kunjugan Ayam Bawang Cak Per Outlet Soekarno Hatta

Hasil gambar untuk cak per malang

Ayam bawang Cak Per merupakan salah satu warung makan prasmanan di kota Malang yang menyediakan berbagai macam lauk lalapan beserta sambal yang pedas . Ayam Bawang Cak Per sendiri didirikan oleh Bapak Fery dengan rekannya yang juga bernama Fery. Gabungan nama keduanya kemudian dibuat menjadi singkatan Cak Per, yang kemudian digunakan dalam nama merek Ayam Bawang Cak Per. Pak Fery sendiri alumni dari Universitas Brawijaya fakultas MIPA jurusan Statistika angkatan 2004 yang lulus pada tahun 2010.

Ayam Bawang Cak Per ini sudah berdiri selama 1 tahun, dan telah memiliki 6 cabang di Kota Malang yang kedepannya ingin menambah outlet hingga 10 outlet. Ayam Bawang Cak Per didirikan pada tahun 2014 di Kota Malang. Menurut owner sendiri Ayam Bawang Cak Per dapat tumbuh dengan cepat dikarenakan respon konsumen yang antusias terhadap ciri khas hidangan yang ada di Ayam Bawang Cak Per.

Awal mula didirikan, Cak Per merekrut sekitar 5 karyawan. Untuk efisiensi biaya, owner merekrut pekerja dari mahasiswa dengan sistem part time. Waktu untuk part time sendiri selama 4,5 jam dengan biaya nya 350.000. Pekerja partime sudah mendapatkan makan satu kali dan bonus-bonus yang lainnya. Pada awal berdiri memerlukan 8-11 akan tetapi hanya 5 orang yang terekrut. Kelima orang tersebut diajarkan cara memasak, membersihkan, menyiapkan, dan berbagai macam hal yang membantu dalam hal operasional.  Pada awal dibuka terdapat 3 shift (satu shift terdiri dari 4 jam)  pada kerja partime, seiring dengan berjalannya waktu terdapat tambahan shift sebanyak 6 shift karena banyaknya pelanggan.

Enam cabang Ayam Bawang Cak Per di Malang yang masing-masing dipimpin oleh manajer outlet yang bertanggung jawab langsung pada manajer area. Dibawah direktur juga terdapat manajer marketing, dibawah manajer marketing ada dua bagian yaitu divisi public relation dan desain. Dibawah manajer area ada divisi HRD, divisi asisten manajer (yang melakukan pelatihan), divisi RnD (Research and Development). Pada divisi HRD, secara umum bertanggung jawab terhadap seluruh sumber daya manusia yang terlibat dan menjalankan bisnis warung makan Cak Per. Secara khusus divisi HRD ini memiliki kegiatan khusus antara lain elatihan hard skill, pelatihan soft skill, pemantapan spiritual.

Alur sistem perekrutan sendiri diawali dengan tranning dahulu lalu diseleksi. Jika ada  yang  telah terseleksi berkasnya akan dipanggil untuk diinterview. Setelah melakukan interview akan mendapatkan informasi dari pihak HRD apakah diterima atau tidak. Nantinya karyawan yang diterima akan diberikan pembekalan. Pembekalan disini terkait tentang sistem kerja dari Ayam Bawang Cak Per. Kemudian akan dilakukan training selama 2 hari atau bahkan lebih ketika  mereka membutuhkan training. Disini akan ada training teori, kemudian training praktek. Jika telah memasuki pembekalan dan training maka individu tersebut telah diakui sebagai staff karyawan dari Ayam Bawang Cak Per.

Untuk turn over resign sejauh ini Cak Per hanya mengalami turn over resign sebesar 10% sehingga tidak terlalu mempengaruhi jalannya bisnis ini. Sedangkan untuk turn over cuti antisipasinya adalah karyawan yang ingin mengambil cuti harus memberikan kabar kepada HRD agar pihak HRD dapat mencari staff pengganti untuk mengisi kekosongan shiftnya.

Untuk kedepannya Ayam Bawang Cak Per sendiri akan fokus terhadap kualitas dan kuantitas sumber daya manusianya. Manajemen menyadari, suatu usaha akan dapat berkembang dengan baik karena didukung oeh sumber daya yang mumpuni dan solid.

Leave a Reply

CAPTCHA Image
*