RSS Feed
  1. REVIEW SOSIAL MEDIA

    March 12, 2019 by Isni Arifatul Laili

    Mata Kuliah : E-commerce

    Dosen Pengampu : Nanang Suryadi

    Pada era gl0balisasi saat ini semua orang pasti mempunyai sosial media, dan mereka semua tidak bisa terlepas dari itu. Melalui sosial media kita bisa berkenalan dengan orang baru, menemukan teman lama, hingga pamer tentang kegiatan sehari-hari yang kita lakukan. Dari sekian banyak sosial media yang ada di Indonesia, hanya beberapa saja yang paling diminati pengguna, yaitu :

    Facebook

    Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang mulai di luncurkan pada bulan Februari 2004. Facebook telah menjadi situs sosial networking terbesar saat ini.Dengan adanya sosial media Facebook orang-orang bisa menjumpai teman baru maupun teman lama, selain itu Facebook juga bisa digunakan untuk media promosi yang efektif, dan bisa juga digunakan unuk berdiskusi dengan menggunakan fitur Group. Berbagai fitur baru  membuat para pengguna  Facebook semakin bertambah karena didalam Facebook juga disediakan berbagai game online dan juga terdapat story yang dapat menunjukkan kegiatan orang-orang sehari-hari.

    Twitter

    Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter akan tetapi  pada tanggal 07 November 2017 bertambah hingga 280 karakter yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Dengan tampilan yang minimalis dan fitur yang simple menjadi daya tarik tersendiri bagi penggunannya,  Twitter hanya menyediakan beberapa fitur penting untuk berkomunikasi. Tidak seperti Facebook yang menyediakan sejuta fitur , Twitter menggunakan sistem pertemanan follow. Sehingga akun seleb atau penyanyi bisa mendapatkan followers tanpa batasan, selain itu ciri khas yang sangat melekat dari Twitter  yaitu trending topik. Dengan adanya fitur ini kita dapat selalu update dan mengikuti trending yang dapat kita atur sesuai negara kita. Menurut saya trending topik sangat membantu saya untuk selalu update dengan keadaan terkini. Namun, disisi lain Twitter juga memiliki kekurangan yaitu adanya bahasa-bahasa baru seperti retweet, favorit, mention dan lain-lain membuat orang bingung, kekurangan lain yang dimiliki Twitter adalah tidak adanya hiburan seperti permainan menjadikan twitter tidak sepopuler Facebook.

    Instagram

    Instagram adalah adalah sebuah aplikasi berbagai foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Berbeda dengan soisal media yang lain Instagram lebih bersifat privasi. Jika kita ingin orang lain tidak bisa melihat apa isi instagram kita, maka kita bisa mengunci instagram tersebut. Karena lebih berfokus pada foto dan viedo Instagram memiliki beragam fitur untuk mengedit foto maupun vido kita, selain itu dengan menggunakan Instagram kita bisa melakukan promosi yang mudah dan lebih menarik. Namun, disisi lain Instagram juga memiliki kekurangan yaitu durasi video maksimal hanya 1 menit saja dan Instagram harus diupdate secara berkala.

    Pinterest

    Pinterest adalah virtual pinboard di mana Anda bisa mengunggah foto atau gambar yang bisa dimasukkan kedalam kategori-kategori (semacam album atau folder) yang bisa di customize namanya. Pinterest sangat cocok untuk dijadikan bahan mencari inspirasi yang kreatif, untuk penggemar fotografi maka Pinterest sangat cocok dengan hobi tersebut dan semakin tersalurkan, karena disana terdapat banyak foto dan video yang dibagikan oleh pengguna Pinterest, selain itu Pinterest juga sangat bermanfaat untuk Blogger karena bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan blognya dengan cara share link blog (Pin URL Blog). dan juga bisa membuat Channel/Category Pin kamu (yang disebut Board), dengan begitu akan lebih mudah membedakan ini Pin tentang Pendidikan, Teknologi, Pribadi dan lain-lain. Salah satu kekurangan Pinterest adalah belum didukung dengan bahasa Indonesia.

    Linkedln

    Linkedln adalah situs web jejaring sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Linkedln merupakan jejaring sosial yang cocok digunakan oleh seseorang untuk mencari lowongan pekerjaan dan perusahaan yang sedang mencari pekerja dengan kualitas yang diinginkan, karena Linkedl pengguna dapat menunjukkan kemampuan yang dimilikinya kepada suatu perusahaan melalui apa yang ditampilkan di profilnya.


  2. REVIEW WEBSITE

    February 23, 2019 by Isni Arifatul Laili

    Mata Kuliah : E-commerce

    Dosen Pengampu : Nanang Suryadi

    Saat ini E-commerce sudah banyak berkembang di Indonesia, hal ini terlihat dimana mulai banyaknya Website brand lokal Indonesia bermunculan seperti MatoaNam WatchesHijack Sandals, dan Prodigo Footwear. Untuk itu dikesempatan kali ini saya ingin mereview atau membandingkan ke empat website tersebut karena setiap website pasti memiliki kekurangan, kelebihan, dan keunikannya masing-masing.

    Website yang beralamatkan di https://www.matoa-indonesia.com/produk/koleksi-jam ini adalah website yang menjual jam tangan kayu eksklusif. Website ini memiliki penampilan yang menarik dan bisa melihat langsung produk jam tangan, kacamata, dan aksesoris yang dijual tergantung produk yang ingin kita cari. Secara keseluruhan design website ini lebih terlihat estetik dengan warna putih sebagai background dan dikelilingin banyak gambar. Produk-produk ditampilkan dengan jelas dan rinci di website ini dengan penuh kerapian membuat orang mudah dalam mengoperasikan website Matoa. Disisi lain website ini menjadi menarik ketika terdapat menu “Cicilan Khusus Mahasiswa” untuk yang ingin membeli produknya.

    Tapilan dengan design yang simple membuat kesan monoton menjadi salah satu daya tarik maupun kekurangan, hal ini disebabkan selera orang yang berbeda-beda. Ketidak adaan metode pembayaran yang tersedia  pada halaman home juga menjadi salah satu ketidak lengkapan dari website yang dimiliki oleh Matoa.

    Nam Watches merupakan brand lokal dari Indonesia yang menyediakan jam tangan dengan kualitas baik dengan harga yang rendah dibandingkan dengan produk serupa pada brand lain. https://namwatches.co/  merupakan website resmi Nam Watch, website ini terbilang cukup simple. Hal ini dapat dilihat dari halaman home website ini, terdapat informasi tentang produk apa saja yang ditawarkan serta penjelasan dari produk tersebut. Informasi akan brand itu sendiri, serta metode pembayaran juga terpampang pada halaman muka website tersebut.

    Kekurangan dari website ini adalah penataan penampilan produk yang terkesan kurang rapi dan bahasa yang digunakan. Pada website ini hanya tersedia Bahasa Inggris. hal ini sangat disayangkan, seharusnya terdapat pilihan menjadi Bahasa Indonesia karena mayoritas yang mengakses website ini adalah orang Indonesia dan tidak semua orang Indonesia bisa berbahasa Inggris.

    https://hijacksandals.com/product-category/new-products/ merupakan website dari brand lokal yang menyediakan produk sandal yang terinspirasi dari “sandal gunung”. Namun, dibalut dengan desain yang lebih menarik dan kasual. Pada website resmi dari Hi Jack Sandals bertemakan monochrome, desain yang simple dan dihiasi dengan beberapa gambar dari produk yang ditawarkan terkesan manis. Salah satu kelebihan website Hi Jack Sandals dari website brand lokal lain pada umumnya yaitu dapat mengkonfirmasi pembayaran lewat web. Informasi tentang produk yang disuguhkan dengan lengkap dan terdapat bagaimana cara membeli produk tersebut dimana itu menjadi salah satu kelebihan dari website ini.

    Kekurangan website ini adalah tidak adanya pengklasifikasian kategori atau jenis produk yang ditawarkan menyebabkan kurangnya keindahan dari website tersebut.

    Prodigo Footwear merupakan brand sepatu dari Bandung, website dari Prodigo Footwear adalah http://prodigo.co.id/Default.aspx. Website tersebut menyuguhkan informasi yang terbilang sangat lengkap. Kelebihan Prodigo dari produk lokal lain pada umumnya adalah Prodigo mempunyai toko yang bisa langsung dikunjungi dan alamat dari toko tersebut sudah tercantum pada website Prodigo. Pengkategorian produk dari brand Prodigo Footwear sudah sangat baik dan tertera, adanya penfilteran harga pada pencarian juga sangat membantu untuk menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

    Jika mengakses ke halaman website Prodigo Footwear akan langsung disuguhkan dengan tampilan yang terkesan terlalu banyak memainkan warna, sehingga menyebabkan ketidakselarasan dan membuat halaman home menjadi terlihat berantakan.


  3. E-COMMERCE

    February 11, 2019 by Isni Arifatul Laili

    Mata Kuliah : E-commerce

    Dosen Pengampu : Nanang Suryadi

    WEBSITE PEMERINTAH

    1. Mahkamah Konstitusi RI
    2. Majelis Permusyawaratan Rakyat
    3. Dewan Perwakilan Rakyat
    4. Bank Indonesia
    5. Direktorat Jenderal Pajak
    6. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai
    7. Direktorat Jenderal Imigrasi
    8. Komisi Pengawasan Persaingan Usaha  
    9. Badan Pembinaan Hukum Nasional  
    10. Direktorat Perlindungan HAM
    11. Sekretariat Negara RI
    12. Badan Penelitian dan Pengembangan HAM
    13. Direktorat Jenderal HAKI
    14. Kejaksaan Agung RI
    15. Departemen Perhubungan
    16. Lembaga Administrasi Negara
    17. Kepolisian Republik Indonesia
    18. Badan Pengawas Tenaga Nuklir
    19. Departemen Pekerjaan Umum
    20. Departemen Kesehatan

    WEBSITE UNIVERSITAS

    1. Universitas Indonesia
    2. Institut Teknologi Bandung
    3. Universitas Gajah Mada
    4. Institut Pertanian Bogor
    5. Universitas Airlangga 
    6. Universitas Padjadjaran
    7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
    8. Universitas Bina Nusantara
    9. Universitas Diponegoro
    10. Universitas Brawijaya
    11. Universitas Sebelas Maret
    12. Universitas Udayana 
    13. Universitas Negeri Malang 
    14. Universitas Negeri Yogyakarta
    15. Universitas Negeri Surabaya
    16. UPN “Veteran” Yogyakarta 
    17. Universitas Negeri Semarang
    18. Universitas Negeri Jakarta
    19. Universitas Surabaya
    20. Universitas Jember

    WEBSITE ONLINESHOP INDONESIA

    1. Voyej
    2. Matoa
    3. Save My Monday
    4. Nam Watches
    5. LTHRKRFT
    6. All Basic Indonesia
    7. Hijack Sandals
    8. NAMA Studios
    9. Prodigo Footwear
    10. GUTEN INC
    11. Kiowa Wallet
    12. Roodolph

    WEBSITE SOSIAL MEDIA

    1. Facebook
    2. Twitter
    3. Myspace
    4. Pinterest
    5. Tumblr 
    6. Instagram
    7. Wechat 
    8. Skype
    9. Vine
    10. Line
    11. Whatsapp 
    12. Snapchat
    13. Youtube
    14. Kaskus 
    15. KaKaoTalk