RSS Feed
  1. HTML

    April 27, 2019 by Isni Arifatul Laili

    Mata Kuliah : E-Commerce

    Dosen Pengampu : Nanang Suryadi

    HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. HTML terus menerus mengalami perkembangan mulai dari HTML Versi 1.0, HTML Versi 2.0, HTML Versi 3.0, HTML Versi 3.2, HTML Versi 4.0, HTML Versi 4.01, dan HTML Versi 5.0 :

    HTML Versi 1.0

    HTML Versi 1.0 adalah versi pertama sejak lahirnya bahasa HTML.  HTML Versi 1.0 yang menjadi versi pertama sehingga wajar jika didalamnya masih terdapat banyak sekali kelemahan, tampilan HTML ini sangatlah sederaha. HTML ini memiliki kemampuan antara lain untuk heading, paragraf, hypertext, list, serta cetak tebal dan miring pada teks. Versi ini sudah mendukung peletakan gambar pada dokumen tanpa memperbolehkan teks di sekelilingnya (wraping).

    HTML Versi 2.0

    HTML Versi 2.0 mulai dikembangkan pada tanggal 14 Januari 1995-1996 dengan adanya beberapa kemampuan yang ditambahkan seperti penambahan form (menampilkan suatu form pada dokumen). Dengan adanya form ini, kita dapat memasukkan nama, alamat, serta kritik dan saran. Hal ini menjadi cikal bakal adanya proses interaktif dengan pengguna. HTML Versi 2.0 menjadi awal mula dari adanya website interaktif.

    HTML Versi 3.0

    HTML Versi 3.0 atau yang lebih dikenal dengan HTML + lahir  pada tahun 1997 , Versi HTML 3.0 menambahkan beberapa fasilitas baru seperti figure yang merupakan perkembangan dari image untuk meletakkan gambar dan tabel. Selain itu, HTML Versi 3.0 juga mendukung adanya rumus-rumus matematika dalam dokumennya.

    HTML Versi 3.2

    Tidak bertahan dengan lama, pada tahun 1998 HTML Versi 3.0 digantikan dengan HTML Versi 3.2. HTML Versi 3.2 merupakan HTML yang sering digunakan oleh banyak kalangan. Dalamnya terdapat suatu teknologi untuk meletakkan suatu teks di sekeliling gambar. Gambar sebagai latar belakang, tabel, frame, style sheet dan lain-lain. Selain itu pada HTML Versi 3.2 disini kita bisa menggunakan script di luar HTML untuk mendukung kinerja HTML, seperti seperti Javascript, VBScript dan lain-lain.

    HTML Versi 4.0

    HTML Versi 4.0 lahir pada tanggal 24 Desember 1999, HTML Versi 4.0 memuat banyak sekali perubahan dan revisi dari Versi 3.2. Perubahan-perubahan disini hampir terjadi di segala perintah HTML seperti tabel, image, link, text, meta, imagemaps, form, dan lain-lain. Tujuan dari perubahan disini adalah agar HTML lebih baik dari versi-versi yang sebelumnya.

    HTML Versi 4.01

    HTML Versi 4.01 adalah revisi dari HTML Versi 4.0. Versi 4.01 ditujukan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan kecil dari HTML Versi 4.0. Selain ditujukan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan kecil, HTML 4.01 juga menjadi standarisasi untuk elemen dan atribut dari script XHTML 1.0.

    HTML Versi 5.0

    HTML Versi 5.0 atau dikenal dengan sebutan HTML 5 muncul pada tahun 2009. Kemunculan HTML ini menjadikan suatu standar baru untuk untuk HTML, XHTML, & DOM HTML. HTML ini adalah proyek kerjasama antara World Wide Web Consortium (W3C) dengan Web Hypertext Application Technology Working Group (WHATWG). Dalam HTML Versi 5.0 ini menambahkan beberapa perintah baru yang membantu para programmer web untuk mendesain website lebih menarik & interaktif. HTML Versi 5.0 adalah sebuah prosedur pembuatan tampilan web baru yang merupakan penggabungan antara CSS, HTML itu sendiri dengan JavaScript.


  2. BLOG TAMPIL DI GOOGLE DAN BING

    April 27, 2019 by Isni Arifatul Laili

    Mata Kuliah : E-Commerce

    Dosen Pengampu : Nanang Suryadi

    Ketika kita membuat sebuah artikel, tujuan utamanya adalah agar artikel yang kita buat dikenali dan akan muncul di pencarian google. Hal ini terlihat sepele untuk beberapa orang. Namun, ada beberapa blogger yag masih belum tau caranya. Disini saya akan menguraikan bagaimana caranya agar artikel yang telah selesai kita buat bisa mudah dikenali oleh mesin pencari sebegai berikut :

    1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah masuk ke webmaster tool. Saat masuk pertama kali, maka kita akan diminta sign in, sign in disini bisa diisi dengan email yang kita punya (email yang kalian gunakan pada blog).
    2. Klik Add A Property, setelah itu  isi pada dialog box yang muncul dengan url blog.
    3. Klik add, sekarang blog sudah terdaftar di Webmaster tool / search console. Secara otomatis / langsung blog kalian akan terverifikasi.
    4. Disini saya sarankan, kalian untuk mengecek terlebih dahulu apakah blog kalian sudah terverifikasi di search console atau belum. Cara mengeceknya adalah dengan klik icon roda gigi di pojok kanan atas. Lalu klik verification details, kalau sudah varified berarti blog sudah terverifikasi.
    5. Setelah blog sudah terverifikasi, silahkan kembali ke tampilan awal.

     

    Selanjutnya masuk ke langkah yang berikutnya yaitu submit sitemap blog. Submit sitemap atau peta situs bertujuan untuk mengenalkan blog yang kita miliki pada search engine.

    Cara Submit Sitemaps Blogger/Blogspot :

    1. Pada dashboard search console, kalian pilih tab Crawl lalu pilih sitemaps. Lalu kalian klik tombol Add / Test Sitemap yang memiliki warna orange pada sebelah pojok kanan atas tampilan
    2. Lalu isi sitemap.xml atau atom.xml pilih salah satu dari kedua pilihan tersebut. Diusahakan sebelumnya melakukan uji coba terlebih dahulu, karena ada kemungkinan keduanya akan terjadi error. Saat sudah diuji coba dan ternyata tidak ada yang mengalami error, kalian pilih salah satu
    3. Klik submit dan akhirnya sitemap blog kamu sudah berhasil di submit.

     

    Bing merupakan situs mesin pencari web (diiklankan sebagai “mesin pengambil keputusan/decision engine”) yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Berbeda dengan Google, cara agar artikel yang telah selesai kita buat bisa mudah dikenali oleh mesin pencari Bing adalah sebegai berikut :

    1. Kunjungi situs terlebih dahulu bing.com/toolbox/webmaster
    2. Disini akan dipersilahkan untuk pilih “Sign up with Microsoft account”
    3. Isi form pendaftaran yang sudah tersedia. Dalam form tersebut ada keterangan yaitu First name, Last name, User name, Password, Reenter password, Country/region, Birtdate, Gender, Phone number, Alternate email address, Enter the characther you see. Dalam mengisi form keterangan tersebut, kita harus mengisi dengan sejujur-jujurnya dan sesuai dengan identitas diri kita.
    4. Setelah form keterangan sudah terisi semua, langkah selanjutnya klik “Create Account”
    5. Berhasil mendaftar ke Webmaster Tools.

     

    Tata cara Submit dan Verifikasi Blog di Bing Webmaster Tools :

    1. Kunjungi situs http://www.bing.com/toolbox/webmaster/
    2. Jika sudah masuk, silahkan klik menu webmaster
    3. Tambahkan situs blog anda dan klik Add
    4. Isi form pendaftaran yang sudah tersedia. Dalam form tersebut ada keterangan yaitu URL, Add a sitemap, First Name, Last Name, Email, Job role, Company or organization Name dan Company or organization Siza, Industry Contact phone, City, State/Province, Zip/Postal code, Country or region. Dalam mengisi form keterangan tersebut, kita harus mengisi dengan sejujur-jujurnya dan sesuai dengan identitas diri kita.
    5. Jika formulir keterangan sudah terisi semua, kalian pilih klik Save.
    6. Pasang kode verifikasi pada meta tag situs anda dibawah kode
    7. Jangan lupa menyimpan template.
    8. Sekarang kembali pada halaman Bing Webmaster kemudian tekan tombol “Verify”
    9. Akhirnya Situs berhasil di Verifikasi ke Bing Webmaster Tools

  3. GOOGLE ADSENSE

    April 20, 2019 by Isni Arifatul Laili

    Mata Kuliah : E-Commerce

    Dosen Pengampu : Nanang Suryadi

    Google AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program AdSense, pemilik situs web atau blog dapat memperoleh penghasilan dengan menempatkan iklan di situs web mereka. Untuk langkah-langkah membuat iklan di  Google AdSense adalah sebagai berikut :

    1. Login ke dashoard blogpost dan di sebelah kiri. Pilih menu yang bertuliskan Penghasilan.
    2. Klik tombol ‘Daftar ke Adsense’. Setelah itu akan muncul halaman untuk login. Disini akan diminta untuk memasukkan akun Gmail dan password yang ingin kita daftarkan
    3. Bagian atas tersaji data akun dan nama website yang di daftarkan. Disini ada pilihan apakah kita ingin dapat email informasi dari Google AdSense atau tidak. Disini saya sarankan bagi kalian, untuk memilih Yes untuk mendapatkan informasi performa iklan kita. Selanjutnya pilih Negara yang kalian tinggali, secara otomatis peraturan online Google AdSense ( aturan menjalin kerjasama dengan Adsense) yang muncul dibawah akan berubah menjadi bahasa Negara yang kalian pilih. Kalau tidak mau membuang waktu lama, kita tinggal mencentang tulisan Yes, I have read and accept the agreement’ di bagian bawah. Paling akhir tekan tombol ‘Create Account’. Setelah itu kalian akan diarahkan menuju halaman Google AdSense.
    4. Pengaturan alamat pembayaran. Disini terjadi jenis akun apa yang akan kalian pilih. Kalian bisa memilih individual ataupun bisnis disini. Selanjutnya adalah nama dan alamat, disini kita diwajibkan untuk mengisi sesuai dengan identitas diri kita yang sebenarnya. Jika sudah diisi semua, kita klik submit di bagian paling bawah.
    5. Sesaat akan muncul informasi dari Blogger bahwa Widget Adsense telah ditambahkan ke template blog. Selanjutnya kita disarankan klik tombol lanjutkan untuk kembali ke halaman dashboard blogspot.
    6. Pada menu penghasilan di dashoard blogspot. Ada tampilan untuk setelan iklan. Kita pilih Ya untuk tampilkan iklan di Blog. Untuk mempermudah peninjauan, kita pilih salah satu format, sehingga tidak harus menampilkan iklan secara manual. Setelah itu klik simpan setelan.
    7. Setelah mengirimkan formulir, enam jam kemudian surat dari Google akan tiba kepada kita. Dalam surat tersebut akan ada jawaban apakah pengajuan kita diterima atau tidak.
    8. Jika diterima, tahap selanjutnya melakukan optimalisasi iklan agar penghasilan kita bisa lebih besar.

    Setelah  semua tahap diatas sudah selesai, langkah selanjutnya adalah fokus untuk menampilkan iklan di Blogspot. Tata cara memasang iklan Google AdSense dari Blogspot adalah sebagai berikut :

    1. Anda hanya perlu masuk ke akun blogger dan memilih menu penghasilan. Setelah itu kalian harus memasukkan akun ID yang anda miliki.
    2. Selanjutnya kita harus memilih Ya pada opsi tampilkan iklan di blog, agar iklan terpasang di blog kita. Di bawah ada pilihan untuk menyesuaikan lebih lanjut, jika kita mengklik tulisan tersebut, kita akan diarahkan ke tata letak. Ada tiga pilihan yaitu : (1) tampilan iklan di bilah samping dan entri, (2) tampilan iklan di bilah samping, (3) tampilan iklan di bawah entri.
    3. Selanjutnya kita masuk ke laman tata letak, kalian perlu menekan tombol tambahkan gadget, kemudian akan muncul jendela baru. Adsense muncul di bagian bawah, disini kita harus menekan tombol tambah berwarna biru.
    4. Laman konfigurasi akan terbuka, kita disini dipersilahkan mengatur tampilan iklan yang kita inginkan. Disini kita disarankan untuk mengusahakan memilih format yang responsif dan juga kita disarankan untuk memilih jenis iklan teks dan gambar.
    5. Jika sudah dengan halaman konfigurasi, kita tekan simpan. Setelah itu penempatan iklan bisa dimana saja, tinggal drak dan save.
    6. Jika unit iklan baru yang dipasang, akan ada beberapa saat iklannya baru muncul. Kita bisa menempatkan berapapun iklan di halaman blog.
    7. Setelah iklan sudah muncul, tugas terakhir kita adalah menambah jumlah pengunjung di blog kita sebanyak-banyaknya

    Setelah kita memiliki akun Google AdSense, hal yang perlu di lakukan untuk membuat iklan adalah :

    1. Masuk ke halaman Google AdSense, melakukan sign in dengan memasukkan alamat email dan password.

    2. Klik menu tab My ads (Iklan saya). setelah itu klik tombol New Ad Unit.

    3. Memberi nama unit iklan yang akan dibuat.

    4. Pilih tampilan iklan yang direkomendasikan oleh Google AdSense.

    5. Pilih tipe iklan yang ingin di tampilkan.

    6. Pada Text Ad Style, pilih Default. 

    7. Untuk menyesuaikan warna dengan template, klik tombol copy and edit. Isi style name, border title, text, background, dan url, atau bisa juga pilih font family dan font size. Selanjutnya klik tombol save untuk menyimpan perubahaan.

  4. REVIEW SOSIAL MEDIA

    March 12, 2019 by Isni Arifatul Laili

    Mata Kuliah : E-commerce

    Dosen Pengampu : Nanang Suryadi

    Pada era gl0balisasi saat ini semua orang pasti mempunyai sosial media, dan mereka semua tidak bisa terlepas dari itu. Melalui sosial media kita bisa berkenalan dengan orang baru, menemukan teman lama, hingga pamer tentang kegiatan sehari-hari yang kita lakukan. Dari sekian banyak sosial media yang ada di Indonesia, hanya beberapa saja yang paling diminati pengguna, yaitu :

    Facebook

    Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang mulai di luncurkan pada bulan Februari 2004. Facebook telah menjadi situs sosial networking terbesar saat ini.Dengan adanya sosial media Facebook orang-orang bisa menjumpai teman baru maupun teman lama, selain itu Facebook juga bisa digunakan untuk media promosi yang efektif, dan bisa juga digunakan unuk berdiskusi dengan menggunakan fitur Group. Berbagai fitur baru  membuat para pengguna  Facebook semakin bertambah karena didalam Facebook juga disediakan berbagai game online dan juga terdapat story yang dapat menunjukkan kegiatan orang-orang sehari-hari.

    Twitter

    Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter akan tetapi  pada tanggal 07 November 2017 bertambah hingga 280 karakter yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Dengan tampilan yang minimalis dan fitur yang simple menjadi daya tarik tersendiri bagi penggunannya,  Twitter hanya menyediakan beberapa fitur penting untuk berkomunikasi. Tidak seperti Facebook yang menyediakan sejuta fitur , Twitter menggunakan sistem pertemanan follow. Sehingga akun seleb atau penyanyi bisa mendapatkan followers tanpa batasan, selain itu ciri khas yang sangat melekat dari Twitter  yaitu trending topik. Dengan adanya fitur ini kita dapat selalu update dan mengikuti trending yang dapat kita atur sesuai negara kita. Menurut saya trending topik sangat membantu saya untuk selalu update dengan keadaan terkini. Namun, disisi lain Twitter juga memiliki kekurangan yaitu adanya bahasa-bahasa baru seperti retweet, favorit, mention dan lain-lain membuat orang bingung, kekurangan lain yang dimiliki Twitter adalah tidak adanya hiburan seperti permainan menjadikan twitter tidak sepopuler Facebook.

    Instagram

    Instagram adalah adalah sebuah aplikasi berbagai foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Berbeda dengan soisal media yang lain Instagram lebih bersifat privasi. Jika kita ingin orang lain tidak bisa melihat apa isi instagram kita, maka kita bisa mengunci instagram tersebut. Karena lebih berfokus pada foto dan viedo Instagram memiliki beragam fitur untuk mengedit foto maupun vido kita, selain itu dengan menggunakan Instagram kita bisa melakukan promosi yang mudah dan lebih menarik. Namun, disisi lain Instagram juga memiliki kekurangan yaitu durasi video maksimal hanya 1 menit saja dan Instagram harus diupdate secara berkala.

    Pinterest

    Pinterest adalah virtual pinboard di mana Anda bisa mengunggah foto atau gambar yang bisa dimasukkan kedalam kategori-kategori (semacam album atau folder) yang bisa di customize namanya. Pinterest sangat cocok untuk dijadikan bahan mencari inspirasi yang kreatif, untuk penggemar fotografi maka Pinterest sangat cocok dengan hobi tersebut dan semakin tersalurkan, karena disana terdapat banyak foto dan video yang dibagikan oleh pengguna Pinterest, selain itu Pinterest juga sangat bermanfaat untuk Blogger karena bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan blognya dengan cara share link blog (Pin URL Blog). dan juga bisa membuat Channel/Category Pin kamu (yang disebut Board), dengan begitu akan lebih mudah membedakan ini Pin tentang Pendidikan, Teknologi, Pribadi dan lain-lain. Salah satu kekurangan Pinterest adalah belum didukung dengan bahasa Indonesia.

    Linkedln

    Linkedln adalah situs web jejaring sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Linkedln merupakan jejaring sosial yang cocok digunakan oleh seseorang untuk mencari lowongan pekerjaan dan perusahaan yang sedang mencari pekerja dengan kualitas yang diinginkan, karena Linkedl pengguna dapat menunjukkan kemampuan yang dimilikinya kepada suatu perusahaan melalui apa yang ditampilkan di profilnya.


  5. REVIEW WEBSITE

    February 23, 2019 by Isni Arifatul Laili

    Mata Kuliah : E-commerce

    Dosen Pengampu : Nanang Suryadi

    Saat ini E-commerce sudah banyak berkembang di Indonesia, hal ini terlihat dimana mulai banyaknya Website brand lokal Indonesia bermunculan seperti MatoaNam WatchesHijack Sandals, dan Prodigo Footwear. Untuk itu dikesempatan kali ini saya ingin mereview atau membandingkan ke empat website tersebut karena setiap website pasti memiliki kekurangan, kelebihan, dan keunikannya masing-masing.

    Website yang beralamatkan di https://www.matoa-indonesia.com/produk/koleksi-jam ini adalah website yang menjual jam tangan kayu eksklusif. Website ini memiliki penampilan yang menarik dan bisa melihat langsung produk jam tangan, kacamata, dan aksesoris yang dijual tergantung produk yang ingin kita cari. Secara keseluruhan design website ini lebih terlihat estetik dengan warna putih sebagai background dan dikelilingin banyak gambar. Produk-produk ditampilkan dengan jelas dan rinci di website ini dengan penuh kerapian membuat orang mudah dalam mengoperasikan website Matoa. Disisi lain website ini menjadi menarik ketika terdapat menu “Cicilan Khusus Mahasiswa” untuk yang ingin membeli produknya.

    Tapilan dengan design yang simple membuat kesan monoton menjadi salah satu daya tarik maupun kekurangan, hal ini disebabkan selera orang yang berbeda-beda. Ketidak adaan metode pembayaran yang tersedia  pada halaman home juga menjadi salah satu ketidak lengkapan dari website yang dimiliki oleh Matoa.

    Nam Watches merupakan brand lokal dari Indonesia yang menyediakan jam tangan dengan kualitas baik dengan harga yang rendah dibandingkan dengan produk serupa pada brand lain. https://namwatches.co/  merupakan website resmi Nam Watch, website ini terbilang cukup simple. Hal ini dapat dilihat dari halaman home website ini, terdapat informasi tentang produk apa saja yang ditawarkan serta penjelasan dari produk tersebut. Informasi akan brand itu sendiri, serta metode pembayaran juga terpampang pada halaman muka website tersebut.

    Kekurangan dari website ini adalah penataan penampilan produk yang terkesan kurang rapi dan bahasa yang digunakan. Pada website ini hanya tersedia Bahasa Inggris. hal ini sangat disayangkan, seharusnya terdapat pilihan menjadi Bahasa Indonesia karena mayoritas yang mengakses website ini adalah orang Indonesia dan tidak semua orang Indonesia bisa berbahasa Inggris.

    https://hijacksandals.com/product-category/new-products/ merupakan website dari brand lokal yang menyediakan produk sandal yang terinspirasi dari “sandal gunung”. Namun, dibalut dengan desain yang lebih menarik dan kasual. Pada website resmi dari Hi Jack Sandals bertemakan monochrome, desain yang simple dan dihiasi dengan beberapa gambar dari produk yang ditawarkan terkesan manis. Salah satu kelebihan website Hi Jack Sandals dari website brand lokal lain pada umumnya yaitu dapat mengkonfirmasi pembayaran lewat web. Informasi tentang produk yang disuguhkan dengan lengkap dan terdapat bagaimana cara membeli produk tersebut dimana itu menjadi salah satu kelebihan dari website ini.

    Kekurangan website ini adalah tidak adanya pengklasifikasian kategori atau jenis produk yang ditawarkan menyebabkan kurangnya keindahan dari website tersebut.

    Prodigo Footwear merupakan brand sepatu dari Bandung, website dari Prodigo Footwear adalah http://prodigo.co.id/Default.aspx. Website tersebut menyuguhkan informasi yang terbilang sangat lengkap. Kelebihan Prodigo dari produk lokal lain pada umumnya adalah Prodigo mempunyai toko yang bisa langsung dikunjungi dan alamat dari toko tersebut sudah tercantum pada website Prodigo. Pengkategorian produk dari brand Prodigo Footwear sudah sangat baik dan tertera, adanya penfilteran harga pada pencarian juga sangat membantu untuk menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

    Jika mengakses ke halaman website Prodigo Footwear akan langsung disuguhkan dengan tampilan yang terkesan terlalu banyak memainkan warna, sehingga menyebabkan ketidakselarasan dan membuat halaman home menjadi terlihat berantakan.


  6. E-COMMERCE

    February 11, 2019 by Isni Arifatul Laili

    Mata Kuliah : E-commerce

    Dosen Pengampu : Nanang Suryadi

    WEBSITE PEMERINTAH

    1. Mahkamah Konstitusi RI
    2. Majelis Permusyawaratan Rakyat
    3. Dewan Perwakilan Rakyat
    4. Bank Indonesia
    5. Direktorat Jenderal Pajak
    6. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai
    7. Direktorat Jenderal Imigrasi
    8. Komisi Pengawasan Persaingan Usaha  
    9. Badan Pembinaan Hukum Nasional  
    10. Direktorat Perlindungan HAM
    11. Sekretariat Negara RI
    12. Badan Penelitian dan Pengembangan HAM
    13. Direktorat Jenderal HAKI
    14. Kejaksaan Agung RI
    15. Departemen Perhubungan
    16. Lembaga Administrasi Negara
    17. Kepolisian Republik Indonesia
    18. Badan Pengawas Tenaga Nuklir
    19. Departemen Pekerjaan Umum
    20. Departemen Kesehatan

    WEBSITE UNIVERSITAS

    1. Universitas Indonesia
    2. Institut Teknologi Bandung
    3. Universitas Gajah Mada
    4. Institut Pertanian Bogor
    5. Universitas Airlangga 
    6. Universitas Padjadjaran
    7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
    8. Universitas Bina Nusantara
    9. Universitas Diponegoro
    10. Universitas Brawijaya
    11. Universitas Sebelas Maret
    12. Universitas Udayana 
    13. Universitas Negeri Malang 
    14. Universitas Negeri Yogyakarta
    15. Universitas Negeri Surabaya
    16. UPN “Veteran” Yogyakarta 
    17. Universitas Negeri Semarang
    18. Universitas Negeri Jakarta
    19. Universitas Surabaya
    20. Universitas Jember

    WEBSITE ONLINESHOP INDONESIA

    1. Voyej
    2. Matoa
    3. Save My Monday
    4. Nam Watches
    5. LTHRKRFT
    6. All Basic Indonesia
    7. Hijack Sandals
    8. NAMA Studios
    9. Prodigo Footwear
    10. GUTEN INC
    11. Kiowa Wallet
    12. Roodolph

    WEBSITE SOSIAL MEDIA

    1. Facebook
    2. Twitter
    3. Myspace
    4. Pinterest
    5. Tumblr 
    6. Instagram
    7. Wechat 
    8. Skype
    9. Vine
    10. Line
    11. Whatsapp 
    12. Snapchat
    13. Youtube
    14. Kaskus 
    15. KaKaoTalk