2013
03.22

Nama : Isa Febrianti
NIM : 105020201111009
Kelas : BA

Iklan di TV yang “humor”

Iklan pos versi burung beo

YouTube Preview Image

Iklan di TV yang “rasa bersalah”

Iklan Dettol Body Wash

YouTube Preview Image

Iklan di Majalah dan Koran

tarif0

koran

Iklan di Radio

Iklan Sunlight

  1. MUSIK: LAGU TARI PADANG (FADE IN – UNDER)
  2. PRIA: Ciek duo tigo angkek piriang putar atas angkek piriang putar bawah putar kiriputar kanan…
  3. SFX: PIRING JATUH DAN PECAH
  4. MUSIK: LAGU TARI PADANG (FADE OUT)
  5. WANITA: (MENJERIT) Aaaaaaa…
  6. PRIA: Onde mande kenapa licin benar piring kalian?
  7. WANITA: Padahal habis makan langsuang kami cuci uda…
  8. PRIA: Aaa.. Barangkali sisa lemaknya tidak bersih, ayo cuci lagi dengan sunlight cair, supaya kesat, bersih dan tidak bau amis.
  9. WANITA: Yok ayo ayo (Mengajak teman-temannya)
  10. NARATOR: Sunlight cair bersih bersinar bebas lemak
  11. PRIA: Ayo adiek-adiek…
  12. SFX: TEPUK TANGAN
  13. PRIA: Kito menari lagi, piriangnya sudah siap!
  14. MUSIK: LAGU TARI PADANG (FADE IN – UNDER)
  15. PRIA: Ciek duo tigo…
  16. JINGLE TAGLINE SUNLIGHT: Bersih bersinar sunlight
  17. SFX: BUNYI KESAT DI PIRING

 

 

2013
03.22

Nama : Isa Febrianti
NIM : 105020201111009
Kelas : BA
Analisis Evaluasi Kemasan Produk “Mister Potato“ dengan Menggunakan Model VIEW
url

a. Visibilitas.
Mister Potato memiliki kemasan yang dapat menarik perhatian pada poin-pembelian, karena Mister Potato memiliki kemasan-kemasan dengan warna yang cerah dan disesuaikan dengan rasanya seperti gambar di atas. Sehingga Mister Potato mempunyai kemasan yang menonjol dari yang lain di atas rak, hingga ia memotong citra merek dan menarik perhatian para konsumen. Bentuk kemasannya pun unik berbeda dengan snack lainnya yaitu kemasannya yang berbentuk tabung dan dapat dipakai berulang kali yang menambah nilai visibilitas pada produk ini.
b. Informasi.
Kemasan Mister Potato memiliki informasi yang tidak berlebihan seperti rasa dari produk, kehalalan produk dari MUI dan slogan produk di bagian depan kemasan. Di bagian belakang kemasan terdapat komposisi produk, nutrition fact, sedikit promosi penjualan, dan juga tanggal kadaluwarsa produk Mister Potato tersebut. Informasi pada kemasan Mister Potato yang tidak berlebihan ini baik karena tidak mengganggu informasi yang utama dan tidak membuat kesan murah pada kemasan.
c. Daya Tarik Emosional.
Kemasan Mister Potato memiliki daya tarik emosional bagi konsumen, karena ketika konsumen melihatnya pasti akan penasaran dengan produk ini karena berbeda dengan snack yang lain. Gambar yang tertera pada kemasan juga terlihat menggiurkan, snack kripik kentang yang terlihat sangat renyah dan bumbu gurih yang menggugah selera para konsumen. Sehingga membuat konsumen tertarik untuk membelinya.
d. Daya/kemampuan untuk Dikerjakan (Workability).
Kemasan Mister Potato sangat mudah dibuka tutup karena bentuk kemasannya yang berbentuk tabung. Hal ini memudahkan konsumen untuk menyimpannya ketika snack sudah dibuka, sehingga kripik kentang yang masih tersisa dapat tersimpan dengan baik dan tetap renyah ketika akan dimakan lagi walaupun dalam jangka waktu yang lama.
CONTOH GAMBAR IKLAN POIN-PEMBELIAN (P-O-P)
P-O-P Permanen
gosh

url

Material P-O-P permanent Mencakup display dan tanda-tanda yang segaja digunakan untuk jangka waktu enam bulan atau lebih. Namun, perhatian bahwan enam bulan waktu pembatas adalah konvensi sepihak yang ditetapkan oleh POPAI (Point – of – Purchase Advertising Institute)

P-O-P Temporer
Material P-O-P temporer mencakup display dan tanda tanda yang sengaja digunakan kurang dari enam bulan.

alg-resize-toys-r-us-jpg

bartons_combo_2_tier_candy___yogurt_bar_display_03gl

Media In-Store
Media in store mencakup Mencakup material iklan dan promosi seperti radio P-O-P, iklan yang tertempel di kereta belanja,tulisan di rak pajangan,serta mesin penjual kupon. Juga perusahaan pihak ketiga (misalnya perusahaan lain selain produsen merek dan pengecer) menyelenggarakan media in-store tersebut
Australia-Sydney-Rak-Indomie-rasa-sate-di-supermarket

queenstown indomie

2013
03.11

Nama : Isa Febrianti
NIM : 105020201111009
Kelas : BA

Metode Anggaran Marketing Communication
No Metode Kelebihan Kekurangan
1. Affordable ( terjangkau )
Menetapkan anggaran promosi pada level yang dianggap manajemen mampu dikeluarkan perusahaan Hanya mengeluarkan sedikit dana, dari sisa dana operasional dan investasi
Mengabaikan dampak promosi pada penjualan.
Hanya mengandalkan pemasangan iklan.

2. Percentage of sales
Menetapkan anggaran promosi pada persentase tertentu dari penjualan sekarang atau yang diperkirakan/ menetapkan anggran promosi sebagai sebuah persentase dari harga jual per unit Mudah digunakan • Membantu manajemen memikirkan hubungan antara pengeluaran promosi, harga jual dan laba per unit
• Memandang penjualan sebagai sebab dari promosi dan bukannya sebagai hasil.
Metode ini hanya didasarkan pada ketersediaan dana, bukannya pada peluang yang ada
3. Competitive parity
Menetapkan anggran promosi untuk menandingi anggran para pesaing Membelanjakan sebesar belanja promosi pada pesaing sehingga membantu mencegah perang promosi.
Responsif terhdap kondisi pesaing Tidak selamanya valid, karena tidak semua perusahaan memiliki kebijakan yang sama
Kebutuhan promosi perusahaan kita belum tentu sama dengan kebutuhuan pesaing.
4. Objective and task
Membantu perusahaan secara focus menuju tujuan promosi perusahaan.
Menentukan tugas dan biaya yang diperlukan untuk mencapai tujuan promosi. Perusahaan sering sulit menentukan tugas apa yang dapat mencapai tujuan promosi.

Biaya Iklan di Televisi
1. Karakteristik Stasiun Televisi
Stasiun televisi yang menyiarkan khusus berita, Olahraga, Musik, atau film akan lebih menguntungkan advertiser, karena mereka bisa memilih stasiun tv yang sesuai dengan market. Untuk stasiun yang ber-rating tinggi, maka mematok biaya iklan tv cukup besar, sekitar 10 juta hingga 15 juta rupiah per 15 hingga 30 detik penayangan. Beda lagi tarif untuk tv lokal, biaya iklan tv hanya berkisar 50 ribu hingga 300 ribu rupiah per spot atau sekali tayang dengan durasi sekitar 30 detik.
2. Rating Program Acara
Semakin tinggi sebuah rating acara, maka semakin mahal biaya yang dibandrol untuk iklan tv, contohnya acara Termehek-mehek di Trans TV mematok harga iklan Rp 5,5 juta per slot durasi 30 detik
3. Jenis Penyiaran Acara
Untuk acara yang disiarkan secara tunda atau langsung juga terdapat perbedaan dalam biaya iklan tv yang dipasang. Untuk siaran langsung, harga yang dipatok lebih mahal dibandingkan siaran tunda
4. Jam Penayangan
Pada trafik penonton yang ramai akan dipasang biaya iklan tv yang lebih mahal dibandingkan jam tayang yang diperkirakan tidak ramai penonton. Seputar Indonesia Pagi RCTI mematok Rp 8 juta, untuk Petang Rp 16 juta, sementara malam hanya Rp 5 juta.
5. Peletakan Iklan
Letak antara iklan dan program acara juga mempengaruhi harga. Iklan yang diputar setelah program acara berlangsung akan dianggap sebagai posisi pasang iklan yang paling strategis sehingga dipasang harga lebih mahal dibandingkan iklan yang dipasang di antara iklan lain. Hal ini berkaitan dengan penonton yang suka mengganti chanel siaran ketika iklan berlangsung.
Apabila dikalkulasikan, maka rata-rata tarif iklan tv terbagi dalam dua jenis, tarif murah berkisar 50 ribu hingga 350 ribu rupiah per spot (durasi 15-30 detik) dan tarif mahal berkisar 6 juta hingga 16 juta rupiah per spot (durasi 15-30 detik).

Biaya Iklan di Radio
Spot / Ad lips 30-60 detik Rp. 200.000,- (PT)
Rp.175.000,- (RT) per 1x siar
Prime Time (PT) – 06.00-12.00, 16.00-20.00
Regular Time (RT) 12.00-16.00, 20.00-24.00
Info Tanda Waktu Rp. 8.500.000,- Diputar 6x per hari selama 1 bulan
Talk Show/
Educational Adv. Rp.2.000.000,- Durasi 60 menit
Diudarakan hari Senin – Sabtu kecuali hari libur Nasional. Waktu pengudaraan sbb:
pk.08.00-09.00, 09.00-10.00,
16.00-17.00
Bersifat Interaktif (Materi & Nara Sumber disiapkan sponsor)
Informasi Lalu Lintas Rp. 8.500.000,- Penyebutan nama produk di awal dan akhir laporan lalulintas, 10 kali perhari selama 1 bulan.
Informasi Peristiwa Rp. 8.500.000,- Penyebutan nama produk di awal dan akhir laporan, 10 kali perhari selama 1 bulan.
Informasi Valuta Asing Rp.8.500.000,- Penyebutan nama produk di awal atau akhir penyebutan Valuta Asing setiap 1/2 jam setiap hari mulai pk.07.00-18.00
Iklan Layanan Masyarakat Rp, 8.500.000,- 6 kali per hari per bulan durasi 60 detik
Bingkisan Hari Bahagia Menyediakan voucher atau produk setiap hari 3 pemenang sebesar senilai Rp. 100.000,-/bingkisan Penyebutyan produk pendukung di awal atau akhir setiap acara BHB pada pk.06.30-07.00, 07.00-08.00.
12.00-13.00, 18.00-19.00.
Kontrak minimum 3 bulan.
Catatan :
- Tarif belum termasuk PPN 10 %
- Siaran Sonora 19 Jam non stop
- Harap mencantumkan NPWP daro Perusahaan/Pribadi pemasang
- Pembatalan paling lambat 14 hari sebelum diudarakan, melebihi waktu tersebut dikenakan biaya
administrasi 10% dari nilai order
- Pembayaran paling lambat adalah selama 30 hari setelah berakhirnya 1 periode pengudaraan.

Biaya Iklan di Koran

Berita Kota Rp.13.200 3 baris 10 baris 35 krktr
Bisnis Indonesia Rp.20.900 3 baris 10 baris 38 krktr
Harian Indonesia Rp.16.500 3 baris 10 baris 19 krktr
Harian Terbit Rp.8.800 3 baris 10 baris 35 krktr
Indopos Rp.16.500 2 baris 10 baris 35 krkt
Jakarta Post Rp.38.500 3 baris 7 baris 35 krktr
Kompas Nusantara Rp.60.500 3 baris 12 baris 27 krktr
Kompas Batavia Rp.49.500 3 baris 12 baris 27 krktr
Kompas Backgrd Warna Batavia Rp.78.100 3 baris 12 baris 27 krktr
Kompas Backgrd Warna Nusantara Rp.86.900 3 baris 12 baris 27 krktr
Kompas Mini Biru Batavia Rp.67.100 3 baris 12 baris 27 krktr
Kompas Mini Biru Nusantara Rp.75.900 3 baris 12 baris 27 krktr
Koran Tempo Rp.30.250 3 baris 10 baris 33 krktr
Kontan Rp.13.200 3 baris 8 baris 30 krktr
Lampu Hijau Rp.16.500 3 baris 10 baris 38 krktr
Media Indonesia Rp.25.575 3 baris 10 baris 36 krktr
Poskota Rp.12.000 4 baris 10 baris 34 krktr
Poskota Khusus Mobil Rp.14.000 4 baris 10 baris 34 krktr
Poskota Khusus Motor Rp. 13.000 4 baris 10 baris 34 krktr
Poskota No. Cantik Rp.15.400 4 baris 10 baris 39 krktr
Poskota Mini Kotak Rp.88.000 - - 125 krktr
Pikiran Rakyat Sabtu Rp.33.000 3 Brs 7 Brs 26 Krktr
Pikiran Rakyat Hari Biasa Rp.24.750 3 Brs 7 Brs 26 Krktr
Pikiran Rakyat Warna SabtuRp.38.500 3 Brs 7 Brs 26 Krktrr
Pikiran Rakyat Warna Hari Biasa Rp.30.250 3 Brs 7 Brs 26 Krktrr
Rakyat Merdeka Rp.19.800 3 baris 5 baris 40 krktr
Republika Rp.22.000 3 baris 8 baris 30 krktr
Seputar Indonesia Nusantara Rp.42.900 3 baris 10 baris 37 krktr
Seputar Indonesia Batavia Rp.36.300 3 baris 10 baris 37 krktr
Suara Pembaruan Rp.28.050 3 baris 10 baris 39 krktr
Wartakota Rp.18.000 3 baris 10 baris 39 krktr

Top Skor Rp.44.000,- 2 Baris 10 Baris 36 Karakter
Nova Rp.33.000,- 2 Baris 10 Baris 45 Karakter
Nova Warna Rp.46.200,- 2 Baris 10 Baris 45 Karakter
Otomotif Rp.37.675,- 2 Baris 10 Baris 45 Karakter
Motor Plus Rp.27.500,- 3 Baris 10 Baris 45 Karakter

Sumber :

http://integrated-marketing-communications.blogspot.com/2008/02/menetapkan-anggaran-dan-bauran-promosi.html

http://kamerabaru.blogspot.com/2012/09/harga-iklan-di-televisi-tv.html

http://www.sonorasurabaya.co.id/iklan.php

http://www.emasindotronik.com/2011/08/tarif-iklan-baris-koran-2011.html

2013
03.11

Nama : Isa Febrianti
NIM : 105020201111009
Kelas : BA
DANCOW Batita

YouTube Preview Image

Produk yang ditunjukan untuk anak usia 1-3 tahun ini memiliki berbagai nutrisi terpadu: LA, ALA, Prebiotik, Lisin serta 26 Vitamin dan Mineral yang membantu batita Tumbuh, Aktif, dan Tanggap. Rasa madunya sangat disukai anak.
SEGMENTING
Secara Demografis : Segmentasi pasar dari DANCOW Batita ini adalah ditujukan sebagai nutrisi untuk anak usia 1-3 tahun.
Secara Psikologis : Gaya hidup batita sehat yang ditujukan kepada orangtua sehingga memperkuat produk dari Susu DANCOW Batita.
Secara Geografis : Susu DANCOW Batita tidak menetapkan wilayah sasaran geografik, mereka menyebarkan produknya di seluruh pasar Indonesia. Penyebaran produk ini ada di toko-toko eceran maupun toko besar seperti supermarket, sehingga mudah dalam menemukan produknya.
Secara Harga : Ditujukkan untuk masyarakat golongan menengah kebawah dan menengah keatas.
Secara Psikografis : Saat ini banyak menjamur wanita karir sehingga mereka tidak memiliki waktu banyak sehingga alternatif untuk memenuhi nutrisi anaknya, mereka memilih untuk memberikan susu kaya nutrisi. Sehingga dalam waktu yang bersamaan mereka dapat memberikan berbagai macam nutrisi yang dapat diperoleh hanya dengan mengkonsumsi satu macam produk.
TARGETING
Target yang dibidik oleh produsen susu Dancow ini adalah Batita. Batita adalah anak-anak berusia 1-3 tahun. Target pasar produk susu DANCOW Batita adalah masyarakat menengah kebawah sampai menengah keatas. Ini terbukti banyaknya konsumen susu batita yang memilih produk susu DANCOW Batita sebagai minuman nutrisi bagi buah hatinya.
POSITIONING
Posisi minuman susu DANCOW Batita yang lebih mementingkan manfaat ke nutrisi batita telah memberikannya poin plus. Selain itu kelebihan dari produk ini, dancow telah lama dikenal oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Nutrisi yang banyak dikandung dalam produk ini dan didukung dengan harganya yang tidak begitu tinggi juga telah membuat produk ini dapat unggul di masyarakat luas dari tahun ke tahun.

2013
03.11

PENDUDUK JAWA TIMUR
• Jumlah Penduduk : 40.903.400 jiwa
• Berdasarkan Jenis Kelamin:
Pria : 20.338.807 jiwa
Wanita : 20.564.593 jiwa
• Berdasarkan tingkat Pendidikan:
SD : 11.508.824 jiwa
SMP : 6.958.691 jiwa
SMA : 6.864.100 jiwa
Perguruan Tinggi : 2.156.791 jiwa
• Berdasarkan Umur:
Balita : 1.989.873 jiwa
Anak : 6.192.787 jiwa
Remaja : 5.662.131 jiwa
Dewasa Awal : 7.162.081 jiwa
Dewasa : 13.715.212 jiwa
Manula (65+) : 6.181.316 jiwa
Berdasarkan Tingkat Pendapatan
Pendapatan Rata-rata per Kapita Selama 1 bulan : Rp 1.730.833
Berdasarkan Tingkat Pengeluaran
Pengeluaran Rata-rata per Kapita Selama 1 bulan : Rp 486.426

Segmentasi Psikografis

Segmentasi Pasar adalah membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang terbedakan dengan kebutuhan, karakteristik atau tingkah laku berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran terpisah

Segmentasi Psikografis yaitu membagi pembeli menjadi kelompok berbeda berdasarkan pada karakteristik kelas sosial, gaya hidup, pendapat, minat atau kepribadian. Orang yang berada dalam kelompok demografis yang sama dapat mempunyai ciri psikografis berbeda. Segmentasi psikografi membagi-bagi konsumen ke dalam kelompok-kelompok yang didasarkan menurut status sosial, gaya hidup dan kepribadian. Misal produsen mobil yang mendesain mobil berdasarkan pada faktor gaya hidup dan kepribadian konsumen. Produsen mendesain mobil sport untuk konsumen bergaya sportif, mobil sedan lux untuk yang menginginkan kesan ekslusif dan mengutamakan kenyamanan.

Demikian juga untuk produk rokok, produsen mengembangkan merek-merek rokok bagi “perokok berat”, “perokok biasa”, dan “perokok yang berhati-hati/ringan”.

Contoh kasus di Indonesia:
- produk minuman energen ditujukkan bagi orang-orang yang memiliki gaya hidup serba ingin cepat dan instan di sela aktivitasnya.
- rokok gudang garam merah. Rokok ini ditujukkan bagi seseorang yang memiliki karakteristik muda, aktif, modern, tetapi tetap tegas dan mempunyai pendirian kuat karena Gudang Garam Merah memiliki cita rasa yang khas, perpaduan ringannya dan gurihnya kretek dengan rasa kretek Gudang Garam yang mantap.