Tutorial Web Design

TUTORIAL JOOMLA

Kebutuhan

  • Jika anda menggunakan sistem  operasi Windows anda dapat menginstall XAMPP http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html
  • Jika anda menggunakan Sistem operasi Linux, install apache, php dan MYSQL

Instalasi

Peletakkan Direktori ekstrak paket Joomla pada direktori  /var/www. Misal : /var/www/padslab dan

Ubah pemilikan direktori dan akses  file agar dapat diakses dari luar

  • root@dcslab-linux:/home/aini# cd /var/www/
  • root@dcslab-linux:/var/www# find /var/www/padslab/ -type d -exec chmod 755 {} \;
  • root@dcslab-linux:/var/www# find /var/www/padslab/ -type f -exec chmod 644 {} \;
  • root@dcslab-linux:/var/www#
    chown -R www-data:www-data padslab/

CEK INSTALASI WEB

http://localhost/nama_folder/

Contoh : http://localhost/padslab

hapus folder installation pada folder tempat ekstrak Joomla kemudian refresh lagi.

HALAMAN ADMINISTRATOR

http://localhost/nama_folder/administrator/

SECTION DAN KATEGORI

 Section merupakan bagian tertinggi

 Section terdiri atas kategori

 Kategori terdiri atas artikel

MEMBUAT SECTION

MEMBUAT KATEGORI

MEMBUAT ARTIKEL

BLOG – CONTENT CATEGORY

Blog – Content Category

MEMBUAT MENU

MEMBUAT MENU

 Menu Atas = Menu Top

 Membuat Menu Utama = Main Menu    Biasanya terletak di samping

 Membuat Menu User = User Menu  Menu akan muncul jika user login

lihattutorial video  tutorial

T UTORIAL MUDAH CARA MEMBUAT TOKO ONLINE MENGGUNAKAN WORDPRESS 2.7

Salah satu cara membuat toko online adalah dengan menggunakan mesin blog seperti WordPress (WP). Hal ini disebabkan kelebihan WP yang bisa diinstall dengan beragam plugin dengan beragam fitur dan fungsi. Dalam hal toko online, ada plugin yang memang ditujukan untuk hal tersebut, yaitu plugin WP-eCommerce. Bagaimana caranya membuat toko online dengan WP-eCommerce? Ikuti langkah2nya berikut ini.

Pertama, anda download dulu plugin WP-Commerce dari Instinct Entertainment disini (asumsi anda sudah menginstal WP).

Kalo sudah, install dengan cara:

1. Ekstrak dulu

2. Kemudian copy ke direktory wp-content/plugins

3. Login admin, klik menu Plugins disebelah kiri sehingga muncul halaman plugin

Aktifkan WP Shopping Cart dengan mengklik activate

Sejauh ini anda sudah mempunyai plugin eCommerce, tetapi anda masih belum bisa menggunakannya, karena anda butuh template khusus untuk e-Commerce. Anda bisa mendapatkan template khusus eCommerce gratis dari billionstudio dengan mendownloadnya disini.

Setelah download selesai, anda aktifkan template Crafty cart dengan cara.

1. Ekstrak file template dan copykan ke direktory wp-content/themes

2. Login admin (jika belum login), klik menu Appearance di sebelah kiri sehingga muncul halaman template.

3. Klik template Crafty Cart untuk mengaktifkannya. selesai.

Whoala.. toko online anda sudah jadi.

Tapi, tunggu dulu. Toko online anda masih kosong, masih belum ada produknya. Sebelum anda mulai menampilkan produk anda, anda masih harus melakukan beberapa settingan. Anda perhatikan di sebelah kiri anda halaman admin anda, ada tambahan menu Product seperti dibawah ini.

Klik pada menu Settings, dan lakukan perubahan pada item Base Country dan Currency Settings. Pilih Indonesia untuk keduanya (itu jika anda mau menjual produk dengan target segmen lokal).

OK, selesai. Sebenarnya masih ada beberapa setting yang perlu dilakukan, seperti payment option, tapi nanti bisa terlalu panjang postingannya. Insy di posting selanjutnya.

Nah, sekarang kita akan memasukkan produk perdana kita. Klik menu Manage Products sehingga muncul halaman Products. Dan masukkan deh, produk anda satu-persatu disana lengkap dengan gambar produk anda. Anda bisa bermain-main sendiri dengan plugin ini karena sangat mudah. Coba tambah group dan kategori produk anda secara mandiri, pasti bisa! Nih, screenshot hasil saya.

Tutorial instalasi osCommerce

Persiapan awal install oscommerce

Download Oscommerce Silahkan anda download program oscommerce yang ada di URL http://www.oscommerce.com/solutions/downloads

Setelah anda download anda taruh file .zip nya di document root account hosting anda di folder /sites/namadomainanda/www/, lalu anda extract file tersebut di spanel

Mempersiapkan database

Sebelum memulai instalasi oscommerce, terlebih dahulu Anda mempersiapkan nama database baru yang akan digunakan. Berikut langkah-langkahnya:

1. dari menu utama SPANEL, pilih menu MySQL

2. pilih Add database, lalu tentukan db_username, db_name beserta _password

3. klik Add

Oscommerce ini membutuhkan gd dan curl, jadi perlu anda aktifkan, caranya anda ke spanel kami, lalu ke subdomain manager, klik Prefs, lalu klik Create file php.ini, tambahkan perintah :

extension=gd.so

extension=curl.so

persiapan instalasi selanjutnya adalah memberikan file permission untuk file configure.php yang ada di folder /includes dan /admin/includes dengan chmod 777 .

Langkah 1 Pada langkah instalasi pertama adalah setting database, masukkan isian Database Server adalah localhost , lalu untuk username dan password adalah username dan password yang anda buat di spanel kami sebelumnya.

Langkah 2 Pada langkah instalasi yang kedua, adalah tentang Web Server, isikan WWW Address dan Webserver Root Directory jika sesuai dengan keinginan anda, jika sebagai default anda langsung klik continue untuk melanjutkan ke langkah 3.

Langkah 3 Pada langkah ke 3 adalah ”Online Store Settings”, anda isikan nama usaha dagang anda(Store Name), pemilik usaha dagang(Store Owner Name), email pemilik usaha dagang (Store Owner E-Mail Address), username administrator dan password administrator. Setelah anda isikan, anda klik continue untuk melanjutkan ke langkah 4.

Langkah 4 Pada langkah ke 4 adalah Finished(selesai), anda bisa langsung klik catalog jika anda ingin melihat hasil katalog awal instalasi, atau klik Administration Tools jika anda ingin melanjutkan untuk mengelola tampilan, mengelola katalog, kategori, metode pembayaran dan lain sebagainya.

Troubleshoting

Saya menggunakan OSCOMMERCE dan setiap ingin mengkonfigurasi selalu gagal dan muncul pesan Forbidden

Forbidden

You don’t have permission to access /admin/configuration.php on this server.

Solusi:

pada file .htaccess didalam direktori admin, tambahkan baris:

<Files ”configuration.php”>

Order deny,allow

Allow from All

</Files>

Bagaimana cara menginstal osCommerce dari Fantastico

osCommerce dapat dengan mudah diinstal melalui Fantastico yang datang dengan beberapa server hosting seperti Hostgater.

Dengan asumsi Anda sudah meluncurkan aplikasi Fantastico, mari kita sekarang belajar cara menginstal osCommerce dari Fantastico. Di sisi kiri menu di bawah judul E-Commerce, Anda akan menemukan CubeCart, osCommerce & Zen Cart, osCommerce silakan klik pada link, ini akan membawa Anda ke layar instalasi osCommerce.

osCommerce adalah sebuah daya yang digunakan keranjang belanja dengan berbagai modul besar dan dukungan dari hampir setiap pembayaran gateway. Ketika Anda gulir ke bawah halaman, anda akan menemukan sebuah heading yang mengatakan Pasang Baru (2.2 Release Candidate 2a + buySAFE) klik pada link tersebut, hal itu akan membawa Anda ke halaman lain yang mengatakan Install pusatLINUX.com Online Shop (1 / 3) sekarang mulai mengisi formulir ini.

Dalam Memasang di direktori, masukkan nama direktori yang ingin anda instal, atau membiarkan field ini kosong untuk instalasi di direktori root, kemudian di bawah ini yang mana akses Admin mengatakan data, Anda dapat memasukkan username dan password admin di masing-masing kotak, dan di bawah di mana dikatakan bahwa konfigurasi Base, masukkan nama toko, nama pemilik, alamat pengirim email, alamat email admin, mengabaikan sisanya di bawah ini dan klik pada tombol Install pusatLINUX.com Online Shop, dan sekarang instalasi klik tombol Finish.

That’s it osCommerce telah diinstal dalam account Anda dan siap untuk Anda untuk mulai mengkonfigurasi itu.

Sekarang klik pada link di atas untuk http:// login ke instalasi baru Anda.  Ini akan membawa Anda ke halaman yang mengatakan Administrator Login, sekarang login menggunakan username dan password admin Anda tetapkan pada saat instalasi.

Anda akan menemukan diri Anda di halaman 3 / 3 yang mengatakan Instal pusatLINUX.com Online Shop (3 / 3) pergi ke akhir halaman dan klik pada Kembali ke ikhtisar osCommerce tombol, instalasi baru Anda sekarang terdaftar di bawah instalasi saat ini di rumah script halaman, dari di sini anda dapat mengunjungi situs Anda dengan mengklik situs kunjungi di sisi kanan dari toko Anda bernama selama instalasi atau bahkan menghapus skrip dari account Anda dengan mengklik tombol Hapus, sekarang Anda tahu cara menginstal osCommerce ke account Anda dari fantastico.

Jika Anda perlu mencari profesional pusatLINUX.com Online Shop Anda toko, Anda mungkin tertarik dalam template osCommerce.

Cara mengkonfigurasi toko Anda di osCommerce

Dengan asumsi Anda sudah login ke aplikasi osCommerce, mari kita mempelajari cara mengkonfigurasi toko Anda di osCommerce. Dalam layar Konfigurasi memilih tindakan, klik pada My Store,

Anda akan mendapatkan layar seperti di bawah ini, ini adalah halaman konfigurasi untuk toko Anda, mari kita sekarang belajar bagaimana mengedit pengaturan. Setiap baris item dapat diedit, sekarang pertama klik pada nama toko yaitu; item baris pertama dan klik pada tombol edit di sisi kanan halaman.

Ia akan meminta Anda untuk mengedit nama toko dari My Store mengatakan Yohanes toko, klik tombol update untuk memperbarui nama toko

Anda bisa melihat nama Kedai sudah diubah dari My Store di pic2 Yohanes Simpan dalam Pic3.
Untuk mengedit pengaturan ini, cukup klik pada nilai saat ini dan dengan mengklik tombol Edit di sebelah kanan.
Selain pengaturan toko, masih banyak pengaturan lain yang kita dapat mengkonfigurasi dari margin kiri seperti yang terlihat di bawah ini.

Daftar pustaka:

http://akuherma.web.id

http://ai23.wordpress.com

http ://Master Web Network.com

UTS E-COMMERCE

1. Jelasakan bagaimana hubungan E-Commerce terhadap supplay chain management

Supply Chain Management adalah manajemen dalam hubungan organisasi dimana setiap organisasi mempunyai jalur hubungan dengan lainya secara upstream maupun downstream dengan proses yang berbeda untuk menghasilkan nilai dalam bentuk barang atau jasa untuk konsumen. (Slack, Chambers, & Johnston,2001) Supply chain mencangkup aktifitas perusahaan dan bisnis yang dibutuhkan dalam mendesain, membuat, mengirim dan menggunakan sebuah produk atau layanan.

Akibat adanya perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi (ICT) yang memuat didalamnya teknologi perpindahan data elektronik (EDI), internet dan Word Wide Web (WWW), kompleksitas dari sistem SCM meningkat. Meningkatnya komlpleksitas SCM juga dipengaruhi oleh perusahaan yang melakukan kegiata bisnis secara online (E-Commerce).Sedangkan e-commerce merupakan kegiatan Pembelian, penjualan, pertukaran barang atau layanan secara elektronik.

Perkembangan teknologi khususnya internet telah berdampak baik langsung maupun tak langsung pada aktivitas bisnis, dalam konteks ini yaitu kegiatan supply chain management. Evan dan Wurster (2000) mengaskan bahwa sistem internet memberikan peluang didapatkannya efisiensi perusahaan karena mampu menyediakan formatbarud alam bertransaksi bekerjas ama antar pihak, serta kemudahan dalam berafiliasi antar organisasi.Sedangkan Tan (2001) menyimpulkan bahwa ebusiness akan mempengaruhi supply chain management sedikitnya dalam empat (4) bidang : biaya peningkatan kinerja, kualitas pelayanan konsumen, kemampuan proses produksi , dan produktifitaskonsep penerapan ecommerce pada SCM disebut dengan e-SCM (van hoek 2001, chandrashekar dan schary 1999, cagliano et al 2003).

Menurut Simchi-Levi (2003) Tujuan dari teknologi informasi dalam SCM adalah :

  • Menyediakan informasi yang berguna dan nyata

e commerce membantu perusahaan dalam melakukan kegiatan SCM yaitu perusahaan dapat mengakses informasi berkaitan dengan kebutuhan material maupun tentang supplier real time, sehingga perusahaan dapat lebih teliti dan akurat.

  • Memberikan keputusan berdasarkan total informasi supply chain

Proses pengambilan keputusan tidak boleh dibuat berdasrkan perkiraan saja, namun membutuhkan analisis mendalam berkaitan dengan informasi kemampuan supplier dalam memasok barang dan ketersediaan barang itu sendiri.

  • Memungkinkan kerjasama dengan supply chain patner

Jelas bahwa dengan adanya teknologi, khususnya e commerce ini, perusahaan dapat menjalin kerja sama dengan supplier di manapun kapanpun, hal ini dilakukan oleh perusahaan dalam rangka kegiatan SCM yaitu mencari supplier yang handal dan profesional, karena dengan dibukanya jaringan internet, perusahaan tidak hanya bergantung pada satu atau beberapa supplier saja di kawasan lokal, namun dapat memilih calon supplier di tempat lain sesuai dengan kriteria perusahaan

Menurut Hasil penelitian yang dilakukan oleh Hari Agung Yuniarto (2006) membuat konsep hubungan ecommerce tehadap proses SCM, yang dikenal dengan five stage evolution e-business. Yaitu tahap-tahap pengembangan sebuah entitas bisnis ; yaitu yang berisi tahapan pemanfaat teknologi ecommerce untuk bisa berevolusi menjadi bisnis yang responsif, real time, dan kompetitif.

Jadi hubungan ecommerce terhadap supply chain management adalah media atau teknologi yang memudahkan kegiatan supply chain management konvensional, agar berevolusi menjadi e-supply chain management, dimana konsep ini mebuat kegiatan SCM perusahaan mejadi lebih efektif, efisien, dan responsif.

2. Jelaskan bagaimana E-Commerce dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja karyawan dan memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan

Mengurangi Siklus Waktu

  • siklus waktu pemesanan barang

dengan penerapan e commerce yang notabenen menggunakan teknologi internet dalam operasinya, maka perusahaan dalam menghemat waktu dan biaya dalam proses ordering material kepada supplier. Dengan menggunakan e commerce juga, perusahaan dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk mencari spesifikasi material atau bahan tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaa, yang jika tanpa menggunakan ecommerce maka perusahaan harus mencari dan mencocokkan secara manual berkaitan dengan spesifikasi material atau bahan yang dicari

Dari sudut pandang konsumen pula berlaku hal demikian, penerapan ecommerce dapat membantu konsumen untuk memilih dan memilah produk yang ditawarkan oleh perusahaan, melalui katalog on line, sehingga konsumen tidak perlu berpindah tempat untuk mecari produk yang diinginkan. Jika konsumen telah memutus barang yang dicari, maka konsumen dapat langsung melakukan pemesanan barang saat itu juga real time ordering.

  • Siklus waktu pembayaran transaksi

Penerapan ecommerce dikombinasikan dengan teknologi perbankan memungkinkan semua pihak (supplier, produsen, dan konsumen) untuk melakukan pembayaran transaksi nya dengan real time payment melalui rekening perbankan. Jelas bahwa hal ini menghemat waktu yang dibutuhkan untuk bertemuy secara fisik dan menyerahkan uang secara fisik pula, selain itu mengurangi resiko tindak kejahatan (perampokan)

  • Memberikan penghematan signifikan dalam hal biaya pengiriman informasi dan produk terdigitalisasi (contohnya: perangkat lunak dan musik).

Menekan waktu siklus dan tugas-tugas administratif (terutama untuk pemasaran internasional) mulai dari pesanan hingga pengiriman produk.

Layanan pelanggan yang lebih responsif dan memuaskan, karena pelanggan bisa mendapatkan informasi lebih rinci dan merespon cepat secara online.

Meningkatkan Kinerja Karyawan

  • Memudahkan aplikasi one-to-one atau direct advertising yang lebih efektif dibandingkan mass advertising.

Memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan

  • Electronic commerce memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan. Mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
  • Electronic commerce menyediakan produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan pembandingan dengan cepat.
  • Dalam beberapa kasus, khususnya produk-produk yang digitized , electronic commerce menjadikan pengiriman menjadi sangat cepat.
  • Electronic commerce memungkinkan partisipasi dalam pelelangan maya (virtual auction).
  • Electronic commerce member tempat bagi para pelanggan untuk merinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar pikiran serta pengalaman.
  • Konsumen dapat melakukan transaksi di dalam rumah saja tanpa harus pergi keluar dan mencari produk yang diinginkan.
  1. Bandingkan antara “marketplaces” dengan “marketspaces”. Apa keunggulan ?

Marketplace merupakan terjadinya pertemuan secara fisik antara penjual dan pembeli di suatu tempat dan terjadi transaksi jual beli secara langsung.

Kelebihan Marketplace

Konsumen dapat melihat dan mengetahui kondisi produk/ barang yang dijual secara langsung

Konsumen dapat berkomunikasi langsung dengan penjual, sehingga kecil kemungkinan terjadi perbedaan persepsi antara penjual dan pembeli

Dapat membangun image positif perusahaan karena dapat secara langsung menunjukkan kepada konsumen mengenai proses pelayanan dan kualitas produk yang ditawarkan.

Marketspace (pasar tradisional )

Sebagaimana pasar dalam pengertian konvensional, yaitu tempat bertemunya penjual dan pembeli, di dalam  Marketspace  juga terjadi interaksi antara produsen dan konsumen di dunia maya  tanpa dibatasi oleh teritori ruang (geografis) maupun waktu. Beragam produk dan jasa dalam berbagai bentuknya dicoba ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan yang telah “go internet” ini dalam berbagai domain industri, sehingga menghasilkan suatu nilai dan volume perdagangan yang tidak kalah besar dari pasar konvensional.

Kelebihan Marketspace

Perusahaan dapat memperluas jaringan pemasaran produk maupun jaringan kerjasama dengan pihak-pihak luar.

Bagi konsumen dapat mengetahui secara detail mengenai produk-produk yang dijual, serta dapat melakukan transaksi secara mudah dan cepat kepada produsen, yaitu meliput pemesanan produk maupun transaksi pembayaran. Selain itu tidak jarang pula pelaku marketspace (produsen) menawarkan fasilitas yang menarik kepada konsumen.

Konsumen dapat bertanya secara cepat dan langsung dan online kepada produsen tentang produk-produk yang ditawarkan

Banyaknya toko online yang ada, dapat menjadi masukan bagi konsumen untuk membandingkan antara produk di toko online tertentu dengan toko online lain.

Keterbatasan  Marketspace

Membangun kepercayaan konsumen akan produk yang ditawarkan. hal ini dikarenakan adanya keraguan dari konsumen terhadap produk yang ditawarkan di internet berbeda dengan wujud/ bentuk asllinya dan kualitas yang tidak sesuai dengan harapan konsumen, karena konsumen hanya dapat melihat gambar produknya saja. Selain itu, beberapa masyarakat juga masih ragu terhadap proses transaksi pembayaran yang dilakukan via online, hal ini dikarenakan masih sering terjadi penipuan yang dilakukan via internet.

4.Bandingkan harga Sony digital Camera pada: http://shopping.comhttp://mysimon.com , http://bottomdollar.com , http://bizrate.com , dan http://pricescan.com . Situs mana yang memberikan harga terbaik? Dimana anda mendapatkan informasi terbaik?

Sony DSC w370 dari shopping.com dengan harga $229,99 .

Sony DSC W370 dari mysimon.com dengan harga $229

Ssony DSC W370 dari bizrate .com dengan harga $ 194

Sedangkan untuk situs price scan, tidak terdapat produk demikian.

Kesimpulan : dari keempat situs tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa situs online shopping untuk produk Sony Digital Camera DSC W370, maka situs yang menawarkan harga terbaik yaitu situs BIZRATE.com

Namun untuk konten informasi berkaitan dengan produk tersebut, maka situs penyedia informasi terbaik yaitu shopping.com, namun sayang infomasi bukan berada pad situs tersebut, melainkan situs lain yang dibuat dengan link situs shopping,com

  1. Jelaskan bagaimana trust, kepuasan, loyalitas konsumen pada E-commerce (Tunjukan berdasarkan riset yang termuat di jurnal http://sciencedirect.com sebagai rujukan)

Peran trust dalam E-commerce

Kepercayaan meruapakan hal yang krusial dalam hubungan bisnis jangka panjang. Hal tersebut menjadi kritis kapanpun muncul resiko, ketidak pastian, dan ketergantungan. Sebagai alat mengatasi resiko tersebut. Rangka e commerce sangat rawan akan terjadinya cyber crime dan juga rentan penipuan. Oleh karena itu kepecayaan dalam e commerce merupakan esensi dasar dalam melakukan transaksi  Untuk dapat membangun kepercayaan memerlukan penciptaan nilai  Dalam ranga membangun hubungan jangka panjang penting untuk menjaga kepercayaan konsumen secara berkesinambungan

Referensi :palvia, Prashant. 2006 . “the role of trust ini e commerce relational exchange : a unified model”. ELSEVIER. University of Nort California, Amerika

Loyalitas Konsumen  dan Kepuasan

Kesetiaan konsumen telah menjadi isu kritis pada zama perdagangan online kepercayaan konsumen kepada pedagang atau perdagangan Online dikenal sebagai Ei-loyalitas. E-loyaltyi didefinisikan secara umum sebgai tindakan konsumen dengans sengaja dan berkomitmen di masa depan kepada pedagang online untuk melakukan pembelian di masa depan. Sebagai hasilnya, dengan adannya e-loyalti maka konsumen dapat meningkatkan profitabilitas usaha dan mengurangi biaya untuk mendapatkan konsumen baru(reached et al 2000), Lebih jauh lagi, meskipun untuk dapat membangun e-loyalti membutuhkan biaya yang lebih besar daripada model tradisional, pertumbuha profitabilitas jauh lebih cepat dan besar dengan menggunakan model ini . Dalam menjelaskkan bagaiaman membangun e-loyalty dan e-satisfaction . sebagai contohnya terdapat studi yang meneliti tentang pengaruh e satisfaction dan dan e-trust  mempengaruhi e-loyalti. Jadi dengan menggunakn\an e commerce, konsumen dapat memperoleh nilai dari situs bisnis, dan membangun kepercayaan dengan provider dengan melakukan transaksi, jikakonsumen merasa puas, maka dalam jangka panjang akan membuat konsumen tersebut loyal.

Referensi : Jiyoung Kim, et al.2009.  The role of etail quality, e-satisfaction and e-trust in online loyalty development process . Ohio state university, Amerika.

6. Jelaskan bagaimana penerapan segmentasi pada E-commerce

Untuk pemasaran produk melalui internet variabel segementasi utamanya adalah geografi, demografi, psikografi, perilaku dan manfaat.

Segmentasi Geografi. Segmentasi geografi merupakan pembagian pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda, misalnya wilayah, negara, negara bagian, propinsi, kota, dan kepula uan.  Contoh produknya yaitu Kendaraan Multi purpose Vehicle (MVP), produsen mobil melakukan segmentasi pasar dengan memasrkan produk mobil jenis ini DI PASAR AMERIKA, hal ini dikarenaka kondisi alam Amerika yang sebagian besar gurun, dan perbukita membuat penduduk disana membutuhkan kendaraan segala medan dan dapat menampung banyak

Segmentasi Demografi. Segmentasi demografi merupakan pembagian di mana pasar dikelompokkan berdasarkan variable-variable pendapatan, jenis kelamin, pendidikan, jumlah penduduk, usia, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, pekerjaan, agama, ras, generasi, kewarganegaraan, dan kelas sosial. Contoh paling sederhana yaitu Televisi Network : MTV. Jaringan televisi ini membidik segmen pasar kalangan remaja (usia 14-35 tahun).

Segmentasi Psikografis. Segmentasi psikografis mengkelompokkan pasar dalam variabel gaya hidup, nilai dan kepribadian. Gaya hidup ditunjukkan oleh orang-orang yang menonjol pada kelas sosial. Minat terhadap suatu produk juga dipengaruhi oleh gaya hidup. Oleh sebab itu barang yang dibeli oleh orang-orang tersebut adalah untuk menunjukkan gaya hidupnya. Contoh produk yang sederhana yaitu Jam Tangan Bermerk, Quarts, Roleks, dan sejenisnya. Hal ini didasarkan pada pola hidup value added yang diberikan oleh jam tangan tersebut, berpengaruh pada nilai psikologis

Segmentasi Perilaku dan Manfaat. Segmentasi perilaku membagi kelompok berdasarkan status pemakai, kejadian, tingkat penggunaan, status kesetiaan, tahap kesiapan pembeli, sikap. Pasar dapat dikelompokkan menjadi bukan pemakai, bekas pemakai, pemakai potensial, pemakai pertama kali, dan pemakai tetap dari suatu produk.

7. Cari contoh 3 situs yang menerapkan B@B menggunakan E-commerce. Berikan gambaran (ceritakan) tentang situs-situs tersebut

  • FASTNCHEAP.com

Situs ini merupakan situs yang menyediakan berbagai produk elektronik secara online. Konsep B2B yang diterapkan bahwa situs ini sebagai rujukan untuk insitusi lain baik bisnis maupun non bisnis sebagai penyedia kebutuhan peralatan elektronik.

  • Wal Mart.com

Wal Mart merupakan perusahaan pengecer terbesar di dunia dan menggunakan B2B dalam bisnis onlinenya. Dengan B2B tiap bulan Wal Mart dapat dengan mudah memberikan laporan rugi laba kepada tiap supplier utamanya atas tiap barang yang diterima dari supplier yang bersangkutan. Wal Mart membuat suatu inisiatif yang dinamakan Collaborative Forecasting and Replenishment (CFAR) untuk membantu retailer dan suppliernya berkolaborasi dalam suatu prakiraan tunggal jangka pendek, kemudian membakukannya dengan memindahkan dari dunia angan-angan ke dalam realita work order.

  • Acehardware.com

Situs ini meruapakn situs milik ACE hardware yaitu toko yang menyediakan segala kebutuhan peralatan baik rumah tangga, kantor, dan lain-lain. ACE menjalankan konsep B2B dengan para supplier dan konsumen yang sebagian besar merupakan kalangan industry. ACE memanage hubungan keduanya dengan senantiasi selalu mengupdate informasi produk dan harga kepada konsumen, dan memberikan laporan keuangan kepada supplier, sebagai bahan pertimbangan membangun kepercayaan dengan supplier.

Hello world!

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!

>Specialized Store

>FAST N CHEAP.COM
Toko Komputer dan Asesoris lengkap.

Fast n cheap merupakan sebuah toko yang khusus menjual Khusus barang elektronik, mulai komputer, LCD, GPS, Laptop, dan asesoris lainnya. Lokasi Fast n Cheap berada di Surabaya, dan kantornya berada di Ruko Barata Blom LM no 33. Seiring berkembangnya bisnis fast n cheap, maka toko tersebut membuka cabang di sebuah pusat perbelanjaan, Surabaya Plaza atau lebih dikenal dengan Delta Plaza.

Model bisnis fast n cheap berbasis e-commerce, meskipun ada toko fisiknya, namun sebagian transaksi jual beli dan pembayaran melalui model Om-line. Pembeli dapat memesan dan melihat detail barang yang diinginkannya lewat website resmi.
Pandangan Filosopis dari fast n cheap adalah “Happy Customer is our Goal”. Jelas terlihat bahwa manajemen fast n cheap berusaha membuat konsumen senang, dari segala sisi. Karen di era bisnis sekarang, sulit mendapatlan konsumen yang loyal, sehingga keunggulan kompetitif yang diambil oleh fast n cheap adalah kepuasan dan kesenangan pelanggan.

untuk informasi lebih lanjut dapat berkunjung ke WWW.fastncheap.com

>General Stores

>Carrefour Indonesia
Membawa Dunia Ritel Indonesia ke Jenjang yang Lebih Tinggi

Carrefour Indonesia memulai sejarahnya di Indonesia pada bulan Oktober 1998 dengan membuka unit pertama di Cempaka Putih. Pada saat yang sama, Continent, juga sebuah paserba dari Perancis, membuka unit pertamanya di Pasar Festival.

Pada penghujung 1999, Carrefour dan Promodes (Induk perusahaan Continent) sepakat untuk melakukan penggabungan atas semua usahanya di seluruh dunia. Penggabungan ini membentuk suatu grup usaha ritel terbesar kedua di dunia dengan memakai nama Carrefour.

Dengan terbentuknya Carrefour baru ini, maka segala sumber daya yang dimiliki kedua group tadi menjadi difokuskan untuk lebih memenuhi dan memuaskan kebutuhan pelanggan kami.

Penggabungan ini memungkinkan kami untuk meningkatkan kinerja paserba – paserba kami, mendapat manfaat dari keahlian karyawan – karyawan kami di Indonesia dan di dunia, dan mengantisipasi terjadinya evolusi ritel dalam skala nasional dan global.

Fokus terhadap konsumen ini kami terjemahkan dalam 3 pilar utama kami, yang diyakini akan dapat membuat Carrefour menjadi pilihan tempat belanja bagi para konsumen Indonesia. Ketiga pilar utama tersebut adalah sebagai berikut :

  • Harga yang bersaing
  • Pilihan yang lengkap
  • Pelayanan yang memuaskan

Di bulan Januari 2008 PT.Carrefour Indonesia berhasil menyelesaikan proses akuisisi terhadap PT. Alfa Retailindo Tbk. Saat ini, Carrefour Indonesia memiliki lebih dari 60 (enam puluh) gerai yang tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Yogyakarta, Semarang, Medan, Palembang dan Makasar yang didukung lebih dari 11,000 (sebelas ribu) karyawan profesional yang siap untuk melayani para konsumen.

Konsep paserba merupakan konsep perdagangan eceran yang diciptakan oleh Carrefour yang dirancang untuk memuaskan para konsumen. Di Indonesia, terutama di Jakarta, Carrefour, dengan cepat, menjadi suatu alternatif belanja pilihan bagi seluruh keluarga.

Ditambah dengan adanya fasilitas – fasilitas pelengkap seperti snack corner, food court, parkir gratis di paserba – paserba tertentu, bahkan dengan adanya garansi harga dan garansi kualitas, maka paserba Carrefour benar – benar merupakan tempat belanja keluarga.

Carrefour adalah pilihan belanja masa kini dan masa depan bagi konsumen di Indonesia dan di dunia.

Untuk keterangan mengenai Carrefour Internasional silahkan klik http://www.carrefour.com.

>E-Commerce A to Z

>Dunia bisnis tidak bisa lepas dari teknologi, seperti teknologi informasi. Pada beberapa decade yang lalu, untuk saling berhubungan hanya menggunakan surat atau telepon,maka sekarang ini berkat adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat orang lebih mudah berhubungan satu sama lain, media yang saat ini popular digunakan adalah Handphone dan computer dengan menggunakan jaringan Internet. Khusus Internet, perkembangannya sangat mengejutkan dari waktu ke waktu. Dulu internet dianggap sesuatu yang mewah oleh masyarakat umum, tidak jauh berbeda dengan kalangan bisnis, mereka beranggapan bahwa internet tidak begitu diperlukan dalam bisnis dan merupakan investasi yang mahal.
Namun, berbeda hal dengan 5 tahun belakangan ini, Di dunia Internet membuat setiap orang di dunia serasa dapat menjelajahi dunia serta mempelajari isi dunia tanpa perlu berpindah tempat. Kesibukan dunia bisnis yang makin padat, membuat para pelaku bisnis membutuhkan media untuk tetap saling berhubungan dengan partner bisnis, supplier, konsumen, promosi, dan elemen-elemen bisnis lainnya tanpa harus ada secara fisik dan dapat dilakukan secara bersamaan, maka media yang paling sesuai untuk memenuhi kebutuhan komunikasi tersebut yaitu INTERNET. Internet, khususnya bagi dunia bisnis telah mengubah perusahaan berkomunikasi, tentang bagaimana mereka berbagi informasi dengan partner bisnis, proses jual beli, serta secara fundamental merubah cara pandang perusahaan mengenai investasi di teknologi informasi, khususnya Internet sebagai Investasi Bisnis (Damanpour, 2007)
Definisi E-Commerce
Para ahli baik di bidang bisnis maupun IT tidak dapat merumuskan definisi secara sama antara satu dengan yang lain, namun mereka mendefinisikannya dalam konteks yang sama. E-commerce adalah tiap aktivitas bisnis melalui intenet yang mentransformasikan hubungan internal dan eksternal untuk menciptakan suatu nilai serta membuat suatu peluang pasar dengan menggunakan aturan baru tentang bisnis yang saling berhubungan satu sama lain (Damanpour, 2007), Sedangkan menurut Chan dan Swatman tahun 1999, E-commerce adalah suatu proses pengambil alihan aktivitas normal komersial, pemerintah, individu dengan menggunakan computer dan jaringan telekomunikasi; yang didalamnya termasuk seagal aktivitas pertukaran informasi, data atau nilai antara dua atau lebih orang.
Proses Implementasi E-Commerce
Dalam mengimplementasikan E-commerce di dunia bisnis, tersedia suatu rantai nilai dari infrastrukturnya, terdidi dari tiga lapis. Pertama, infrastruktur system distribusi (flow of good), Kedua, Infrastruktur Pembayaran (Flow of cash), Infrastruktur system informasi (Flow of Information) (Deris Setiawan 2002). Dalam membuat keputusan bisnis untuk terjun total ke dalam bisnis on-line maka, untuk dapat focus dan merumuskan strategi terbaik di pasar on-line, perlu dilakukan beberapa langkah, Pertama, Mendefinisikan target pasar. Kedua, mengidentifikasikan kelompok untuk dijadikan kelompok pembelajaran. Ketiga, Identifikasi untuk diskusi. Sedangkan untuk tahap penunjangnya, maka dapat diselidiki dengan : (1) Identifikasi letak demografi website di tempat tertentu; (2) Memutuskan focus content; (3) Fokus editorial; (5) memutuskan pelayanan yang dibuat untuk berbagai tipe pengunjung (Turban M, 2001)
Proses pengimplemetasian E-commerce perlu pertimbangan dan analisa yang dalam, jika salah menganalisa, maka perusahaan akan mengalami kerugian yang sangat besar, Investasi Infrastruktur dan kegagalan di Pasar. E-commerce tidak akan berguna tanpa didukung oleh SDM yang berkompeten di bidangnya masing-masing, karena E-commerce hanyalah sebuah media – yang berpotensi besar- dan tidak bisa berjalan sendiri tanpa didukung oleh SDM. Oleh karena itu, perbaikan model bisnis secara virtual dan jaringan global perlu dikembangkan, namun manajemn perusahaan internal perusahaan harus mendapatkan prioritas utama.
Model-Model E-Commerce
Secara umum model E-commerce berdasarkan aktivitas hubungan bisnis dibagi menjadi dua jenis, yaitu Business to Business dan Business to Customer. Model B2B menitik beratkan pada manajemen hubungan antar entitas bisnis (perusahaan dengan supplier, perusahaan induk dengan cabang, dan lain-lain).Model B2B memiliki karakteristik sebagai berikut :
1. Trading partner yang sudah diketahui dan umumnya sudah berhubungan cukup lama. Maka pertukaran informasinya disusun sesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan
2. Pertukaran data berlangsung berulang-ulang dan secara berkala dengan format yang sudah disepakati bersama
3. Salah satu pelaku dapat berinisiatif untuk melakukan pertukaran data terlebih dahulu, tanpa harus menunggu partnernya
4. Model yang umum digunakan adalah peer-to-peer
Sedangkan model B2C memiliki karakter sebagai berikut :
1. Servis yang diberikan bersifat umum, dengan menggunakan system yang dapat digunakan oleh kebanyakan orang
2. Servis yang diberikan baik model dan jenisnya berdasarkan permintaan konsumen. Sedangkan provider menyediakannya
3. Model jaringan yang digunakan biasanya Server-Client

E-commerce di Indonesia
Indonesia juga terkena dampak dari perkembangan teknologi yang sangat cepat, khususnya teknologi Informasi. Khusus Internet, pada beberapa tahun belakangan ini sudah menjadi kebutuhan tiap individu, baik untuk komunikasi, aktivitas rutin, serta bisnis. Khusus aktivitas bisnis, Internet secara mengejutkan mempunyai dampak yang signifikan terhadap perkembangan model-model bisnis baru, salah satunya yaitu model bisnis E-commerce
E-commerce pertama kali diadopsi oleh dunia perbankan di Indonesia, yaitu Bank Central Asia (BCA), dengan konsep ATM dan elektronik transfer. BCA mengadopsi model bisnis baru ini, karena kebutuhan dari nasabahnya untuk melakukan transaksi tunai di berbagi temapt dan kurang memungkinkan untuk datang ke bank. Sehingga bank menyediakan ATM.
Namun, hakikat manusi tidak pernah puas, karena tindak kejahatan dan kurang nyaman dalam membawa uang tunai bepergian, maka nasabah berkeinginan ada media yang merubah bentuk uang mereka menjadi lebih simple dan aman, oleh karena itu dibuat konsep uang baru disebut dengan E-money / E-cash.
Keberhasilan Bank BCA dalam mengadopsi system baru tersebut mendorong, entitas bisnis yang lain untuk turut mengadopsinya, dengan melakukan modifikasi yang disesuaikan dengan jenis bisnis yang dijalankan . Sehingga muncul konsep toko baru, dikenal dengan “Toko Online”. Dalam proses pembayaran transaksi, juga ada inovasi akibat adanya e-commerce tersebut, jika dulu tiap transaksi pembayarannya dilakukan dengan cara penyerahan uang tunai secara fisik, maka dengan penerapan e-commerce, transaksi diselesaikan dengan mentransfer sejumlah uang tertentu dari rekening pembeli ke penjual, jadi mudah dan tidak repot.
Tantangan E-commerce ke Depan
Tantangan yang akan muncul ke depan antra lain menciptakan suatu persaingan antar usaha yang sehat. Karena e-commerce merupakan teknologi internet, rawan adanya kejahat cyber (cyber crime), SDM yang berkecimpung di dunia ini harus mampu dan paham bagaimana melakukan transaksi dan menjalankan bisnisnya. Jika tidak hati-hati maka bukan untung yang diperoleh, tapi kerugian atau bunting, karena terkena tipuan. Oleh karena itu pemberdayaan SDM manajemen internal perusahaan harus senantiasa diupdate sejalan dengan perkembangan teknologi.
Manfaat E-Commerce
1. Revenue stream baru
Dengan model E-commerce, perusahaan menciptakan suatu alur pendapatan baru yang berasal dari perdagangan elektronik. Model ini juga mengurangi biaya yang muncul untuk memperoleh pendapatan tersebut, karena hanya tinggal transfer dan mengeceknya
2. Market exposure, melebarkan jangkauan
E-commerce membuat jangkauan pasar dari bisnis menjadi tak terbatas jarak dan waktu, bisnis mampu tetap beroperasi selama 24 jam non stop, karena hanya dibutuhkan operator untuk melakukan maintenance bisnis, dan jumlah operator itu tidak banyak, Sehingga, muncul peluang pasar dari luar negeri atau dari manapun yang tidak terduga sebelumnya
3. Menurunkan biaya
Jelas dengan E-commerce, biaya operasional yang dikeluarkan perusahaan akan berkurang, jika dibandingkan dengan perusahaan harus melakukan segala sesuatunya secara fisik, karena membutuhkan biaya transportasi, akomodasi, dan lain-lain
4. Meningkatkan Kesetiaan Konsumen
Dengan E-commerce, perusahaan dapat dengan intens berhubungan dengan pelangganya, serta mendapatkan masukan. Perusahaan akan berusaha memenuhi harapan konsumen, bahkan melebihinya, agar konsumen senantiasamerasa puas dan akhirnya loyal terhadap perusahaan.