• Manajemen Pemasaran

    Date: 2013.04.26 | Category: Uncategorized | Tags:

    Nama    : Mohamad Irvanuddin Ibnu Fadhil

    NIM      : 125020300111084

    Dosen   : Nanang Suryadi

    Tingkat Produk : Hierarki Nilai Pelanggan

    Dalam merencanakan penawaran pasarnya, pemasar harus melintas lima tingkat produk. Setiap tingkat menambah nilai pelanggan yang lebih besar dan kelimanya merupakan bagian dari hierarki nilai pelanggan. Berikut adalah kelima tingkatan produk :

    • Pada tingkat dasar adalah manfaat inti (core benefit): layanan atau manfaat yang benar-benar dibeli pelanggan.
    • Pada tingkat kedua, pemasar harus mengubah manfaat inti menjadi produk dasar (basic product). Jadi dari manfaat yang benar-benar dibeli pelanggan harus diubah menjadi produk, layanan, dll, sehingga terciptanya suatu produk dasar yang bisa dinikmati oleh pelanggan.
    • Pada tingkat ketiga, pemasar harus mempersiapkan produk yang diharapkan (expected product), sekelompok atribut dan kondisi yang biasanya diharapkan pembeli ketika mereka membeli produk tersebut.
    • Pada tingkat keempat, pemasar harus menyiapkan produk tambahan (augmented product) yang melebihi harapan pelanggan. Di negara-negara maju, positioning merek dan persaingan terjadi pada tingkat ini. Tetapi di pasar negara berkembang, sebagian persaingan terjadi di tingkat produk yang diharapkan.
    • Tingkat kelima adalah produk potensial (potential product), yang mencangkup semua kemungkinan tambahan dan transformasi yang mungkin dialami produk atau penawaran di masa depan.

    Selanjutkan akan dibahas contoh produk yang menggambarkan lima tingkatan di atas, kali ini saya akan membahas tentang  hand phone (HP).

    • Core benefit : manfaat inti dari hand phone yang utama adalah sebagai alat untuk berkomunikasi.
    • Basic product : dari manfaat inti hand phone sebagai alat untuk berkomunikasi dapat diubah menjadi beberapa bagian untuk terciptanya suatu produk dasar, yakni untuk berkomunikasi dengan hand phone orang menggunakan fasilitas sms dan telephone.
    • Expected product : selain digunakan untuk sms dan telephone konsumen atau pelanggan akan menginginkan  fitur atau aplikasi tambahan yang ada pada hand phone. Fitur atau aplikasi tersebut meliputi media penyimpanan (gambar, video, suara, aplikasi, game, file dll), mengirim data atau bertukar data lewat bluetooth atau infralet, mengambil gambar atau video lewat camera, merekam suara lewat media perekaman suara, media memutar (suara dan video, bermain game, calculator, kalender, stopwatch, radio.
    • Augmented product : selain aplikasi atau fitur-fitur yang pada umumnya ada pada setiap hand phone, akhir-akhir ini mulai banyak bermunculan hand phone pintar (smart phone) yang beredar di pasaran. Hal inilah yang menjadi produk tambahan yang melebihi harapan pelanggan dengan berbagai fitur-fitur dan aplikasi baru yang sangat berguna di era moderen seperti sekarang ini. Fitur dan aplikasi itu meliputi ketajaman dan kualitas layar yang sangat bagus, hand phone yang juga dapat digunakan untuk modem, terdapat fasilitas wifi, dapat mengirim email dengan mudah, dapat digunakan untuk mengedit foto, video dan suara, kamera dengan kualitas yang setara dengan kamera digital, aplikasi-aplikasi dan game yang dapat didownload langsung lewat hand phone, baterai yang tahan lama.
    • Potential product : selain produk yang melebihi harapan pelanggan atau konsumen tingkat produk terakhir adalah produk potensial, yakni kemungkinan tambahan dimasa depan. Contoh dari kemungkinan hand phone di masa depan adalah hand phone yang sekaligus sebagai laptop, yakni hand phone yang dapat digunakan untuk membuat dokumen, presentasi lewat ms.office.. Selain itu hand phone tanpa perlu di charge menggunakan listrik, misalnya di charge menggunakan cahaya. Kapasitas media penyimpanan yang tinggi misalnya mencapai 1 terabyte, sehingga orang tidap perlu lagi punya flasdisk atau hardisk, dll.

     download word  /  pdf