POSTER BIOLOGI : EKOLOGI BIOTIK DAN ABIOTIK

inmas putri G ekologi biotik abiotik

Assalamualaikum wr. wb

Lingkungan alam dan manusia adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Manusia adalah makhluk yang paling bergantung pada sumber daya alam yang ada di bumi. Namun, tidak dapat dipungkiri saat ini keadaan bumi mulai terganggu dan tidak seimbang dengan adanya berbagai macam aktivitas manusia yang merusak lingkungan. Banyak sekali kegiatan yang berakibat pada terganggunya keseimbangan ekologi biotik dan abiotik, misalnya buang sampah sembarangan yang menyebabkan banjir, pembuangan limbah di sungai atau laut yang menyebabkan kematian biotik laut, eksploitasi hutan secara besar-besaran dan illegal dan masih banyak aktivitas lainnya yang merusak lingkungan.
Pada poster ini, lebih concern pada hutan sebagai salah satu lingkungan yang sangat penting dalam kehidupan manusia dan juga keseimbangan ekologi biotik dan abiotik dan eksploitasi hutan yang dilakukan manusia. Di negara Indonesia sendiri, menurut penelitian yang dipimpin oleh Matt Hansen dari University of Maryland, menemukan bahwa Indonesia kehilangan 15,8 juta hektar antara tahun 2000 dan 2012, peringkat kelima di belakang Rusia, Brasil, Amerika Serikat, dan Kanada dalam hal hilangnya hutan. Adapun sekitar 7 juta hektar hutan ditanam selama periode tersebut.Namun dari lima negara hutan di atas, berdasarkan persentase, maka Indonesia berada di peringkat pertama dari laju kehilangan hutan yaitu 8,4 persen. Hal ini diperparah dengan kurangnya tindakan untuk melestarikan kembali hutan dengan cara reboisasi sehingga timbul bencana banjir, tanah longsor, kebakaran hutan dan mengeringnya sumber mata air saat kemarau panjang , dan biodiversitas yang habitatnya di hutan menjadi langka seiring jumlah hutan yang semakin berkurang.
Hidup adalah pilihan. Pilihan untuk menjadi baik atau buruk. Oleh sebab itu, dalam poster ini, para generasi muda khususnya dihimbau untuk memilih, akan seperti apakah lingkungan yang akan kalian lihat di masa depan? Kalau kita memilih untuk lebih baik dengan menyelamatkan keadaan bumi khususnya hutan dengan reboisasi dan tidak melakukan eksploitas besar-besaran terhadap hutan, maka yang akan kita lihat nanti adalah seperti gambar di sebelah kiri. Hutan yang ditumbuhi pepohonan hijau yang menyejukkan mata, sumber mata air yang bersih dan jernih, hewan-hewan ang tinggal di hutan tidak punah serta udara yang bersih dan sejuk yang menciptakan suasana damai.
Namun, apabila kita tidak berubah dan tetap tunduk pada ego untuk memenuhi segala kebutuhan manusia dengan mengorbankan lingkungan, maka di masa depan kita akan melihat lingkungan seperti gambar di sebelah kanan. Tanaman-tanaman yang kering , pohon-pohon yang mati ditebang, tanah yang kering, tidak ada sumber mata air serta udara yang panas yang menimbulkan suasana yang kering dan suram.
Kehidupan di masa depan ada di tangan kita para generasi muda. Ingin suasana kehidupan yang damai atau suram? SO, YOUNG GENERATION, DECIDE YOUR FUTURE ENVIROMENT FROM RIGHT NOW! 🙂 -Inmas Putri Rahmawati/ KLS G-