one of ma fav :)

5 cm .. depan kening kamu

5 cm .. depan kening kamu

salah satu buku favoritku dari jaman kenal yang namanya novel sampai sekarang. pertama kali baca gegara tertarik sama cerita kakak sepupu tetang buku ini.Bilangnya sih pas itu “Aku abis baca buku, sumpah endingnya gak ketebak banget.” terus aku bilang, ” emang bagus, mbak ? cerita tentang apaan?”
” Bagus kok. Ya cerita tentang sahabat-sahabatan ama cinta-cintaan gitu deh.”
” Ohhh,boleh deh, pinjem yee besok.”
hehehe, berawal dari minjem terus jadi jatuh cinta sama ini buku.pertama kali baca 5 cm pas kelas 2 SMP. sampai sekarang gak tau deh udah berapa kali baca karyanya Donny Dhirgantoro satu ini :).
ceritanya sebenarnya simpel , persahabatan. cerita tentang persahabatan yang sampai sekarang aku masih berfikir ” Ada nggak ya yang sahabatan sampai kayak gitu ?” hehe.
jadi ceritanya disini beberapa anak orang yang namanya Genta, Zafran, Ian, Arial dan Riani yang sahabatan dari jaman SMA. ada lagi tokoh penting juga yang gak boleh dilupain,si cantik ibin seksi Arinda, kembarannya Arial. singkatnya, persahabatan mereka yang udah luama banget ini suatu saat mencapai titik jenuh *halah* so mereka akhirnya sepakat buat nggak ketemuan dulu buat3 bulan. biar ada kangen-kangen gimana gitu, biar ada something new yang bisa mereka kerjain diluar “mereka berlima”.
setelah 3 bulan kelar gak saling ketemuan, mereka ketemu lagi tapi dengan cara yang beda. mereka merayakan “setelah 3 bulan gak ketemuan” dengan cara naik gunung. gak tanggung-tanggung, langsung ke gunung tertinggi di Jawa , SEMERU! Nah, dari sinilah perjalanan hati dimulai 🙂 dari mulai naik kereta api kelas ekonomi dari Jakarta-Malang , ketemu supir angkot carteran yang gokil cc: Mas Gembul dwot com :D, sampai di tempat tujuan, awal pendakian gunung semeru. menurutku, semua cerita perjalanan ini 6 anak manusia *Arinda ngikut* dari awal pendakian sampe puncak, semua KEREN. apalagi cerita yang tentang Ian, temennya Deniek dkk yang ceritanya meninggal waktu mendaki Semeru, suratnya Deniek buat alm.Ian itu lho, bikin mata berair terus sesenggukan deh.
kejadian-kejadian waktu mereka sampai di puncak juga so sweet banget (apalagi kalauliat film nya, ugh tambah cinta sama INDONESIA, kayak katanya Ian : ” Yang berani nyela INDONESIA , ribut ama gue!!”)

intinya, setelah baca buku ini, persepsi awal saya salah banget, buku ini gak cuma tentang sahabat atau cinta-cintaan , buku ini juga ngajarin saya tentang Indonesia, tentang ilmu psikologi, tentang E = mc2 (pertama kali tau rumus ini ya di buku 5 cm :D) ngajarin saya tentang mimpi, ngajarin saya tentang jangan putus asa sama keadaan dan masih banyak lagi 🙂 pokoknya yang belum baca buku ini, rugi deh kalau nggak baca. eits, tapi kalo yang nggak terlalu suka baca buku juga udah ada movie nya kok, judulnya 5 cm juga. sama-sama keren, tapi kalau menurut saya tetep kerenan versi bukunya , soalnya ilmunya lebih banyak dibukunya, hehehe. 😀