Image

iseng bikin yg kedua , we need each other, earth :’)

we need each other, earth :')Bumi dan Manusia, dua hal yang tidak bisa dipisahkan dan saling membutuhkan.Bumi adalah tempat manusia berpijak. Bumi adalah tempat manusia melakukan segalanya, segala aktivitas kehidupannya. Tuhan menciptakan bumi dengan segala komponen di dalamnya yang sangat bermanfaat bagi manusia. mulai dari komponen abiotik seperti tanah, air , udara dan komponen biotik tumbuhan , hewan, the invisible friend or enemies (microorganism) serta manusia. Antar komponen biotik dan biotik, abiotik dan abiotik , serta abiotik dan biotik saling berinteraksi sehingga terbentuklah keseimbangan.
Kita sebagai manusia yang merupakan makhluk Tuhan paling beradab , punya akal dan disertai nafsu, adalah makhluk yang paling mengendalikan dan memanfaatkan komponen-komponen yang ada di bumi. Kita sebagai manusia memerlukan air, tanah, udara, tumbuhan hewan mikroorganisme untuk kepentingan hidup dan kebutuhan kita. Makin tambah umur bumi, makin pesat kemajuan manusia , makin banyak kepentingan manusia yang harus dipenuhi dari berbagai bidang. Untuk mencukupi kebutuhan manusia yang seperti tak ada habisnya, kita ambil sumber daya alam secara besar-besaran. Mulai dari eksploitasi hutan untuk ladang, pabrik, pembangunan berbagai macam gedung, penambangan minyak, logam-logam mulia, illegal logging, perburuan hewan secara liar dan lain-lain. Banyak diantaranya yang menyebabkan bumi kita ini menjadi rusak. Saat ini sudah banyak sekali pencemaran atau polusi, mulai dari pencemaran laut/air, pencemaran udara serta pencemaran lingkungan lainnya.
oleh karena itu, bumi saat ini memerlukan kita untuk diselamatkan, dihindarkan dari kerusakan-kerusakan alam karena ulah manusia. Kita sebagai generasi muda sudah seharusnya merawat bumi yang kini kian rentan terhadap kerusakan, banyak yang bisa kita perbuat, mulai dari reboisasi, 3R ( reuse, reduce, recycle), tidak membuang sampah sembarangan dan lain-lain. Bumi memerlukam kita untuk dijaga dan dipelihara , kita-manusia- memerlukan bumi untuk kehidupan kita sehari-hari. WE NEED EACH OTHER , Earth!:)