Giliran Apple Patenkan Desain iPhone dengan Kamera Tertanam di Layar

Para pembuat smartphone terus berupaya melebarkan ukuran layar perangkat dan menipiskan bagian bingkai alias bezel di sekelilingnya.

Salah satu cara terbaru adalah dengan menanam kamera depan di dalam “lubang” di balik layar, sebagai ganti notch alias “poni”.

Apple pun agaknya tak mau ketinggalan dan belakangan diketahui mematenkan desain iPhone dengan layar berlubang. Padahal, Apple sebelumnya adalah pencetus tren layar berponi melalui iPhone X.

Paten iPhone dimaksud diajukan ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO) pada Juni lalu, dan disetujui pada 8 November

Di dalam dokumen paten berjudul Integrated Camera Window itu terdapat ilustrasi perangkat. Dari sini terlihat bahwa lubang untuk memuat kamera depan berada di pojok kanan atas layar.

Kamera tersebut bakal dilapis kaca tangguh seperti aluminium silicate glasss (DVTS) bikinan Corning, sang pembuat kaca anti-gores Gorilla Glass, sehingga tertanam di balik (kaca) layar.

Selain kamera, tak dijelaskan komponen apa lagi yang akan dimuat di dalam lubang layar tersebut, misalnya proximity sensor atau earpiece. Dengan menanam kamera di dalam layar, iPhone pun bisa tampil tampil tanpa bingkai.

Tak hanya untuk ponsel

iPhone X, XS, XS Max, dan XR sekarang pun sebenarnya memiliki layar berbingkai tipis, kecuali untuk bagian notch yang masih diperlukan untuk rumah kamera.

Karena masih berupa paten, belum tentu konsep kamera tertanam di layar ini bakal benar-benar diterapkan pada ponsel, misalnya jajaran iPhone untuk tahun 2019.

Namun, apabila nanti benar mewujud dalam bentuk perangkat, maka boleh jadi iPhone masa depan tak akan lagi memiliki poni yang mengganggu tampilan layar.

Menariknya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Lets Go Digital, Rabu (14/11/2018), penerapan teknologi layar berlubang berlapis kaca ala Apple ini tidak terbatas pada ponsel saja

Selain di iPhone, menurut Apple dalam deskripsi patennya, rancangan serupa bisa pula diterapkan di perangkat jenis lain seperti tablet, monitor, televisi, juga laptop.

Apple sendiri bukan satu-satunya pabrikan yang mematenkan  konsep layar berlubang sebagai rumah kamera. Nama-nama lain seperti Samsung, LG, Huawei, dan Oppo diketahui turut mengembangkan desain serupa.

 

https://tekno.kompas.com/read/2018/11/14/08090047/giliran-apple-patenkan-desain-iphone-dengan-kamera-tertanam-di-layar