Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi Daripada Akuntansi Manual

Perkembangan teknologi khususnya dalam informasi dan komunikasi memacu perkembangan dalam dunia akuntansi. Sebelum adanya software akuntansi, akuntansi manual menjadi sistem yang digunakan oleh para akuntan. Sistem Akuntansi sangat tepat diterapkan pada zaman modern. Tidak ada lagi istilah gaptek (gagap teknologi), karena hampir sebagian besar pekerjaan didukung penuh dengan teknologi informasi, tak terkecuali pencatatan akuntansi hingga laporan keuangan.

 

Kini orang-orang telah beralih menggunakan software akuntansi. karena dalam software akuntansi manusia sudah tidak perlu direpotkan lagi untuk membuat jurnal, buku besar, laporan keuangan, ataupun yang lainnya dengan menggunakan kertas kerja. namun perlu untuk diketahui bahwa pelaporan keuangan tidak dapat diganti dengan komputer. Tetapi untuk proses pengelolaan datanya akan dikerjakan oleh software akuntansi tersebut. Berikut adalahkeuntungan yang didapat ketika menggunakan software akuntansi:

1. Pengelolaan data lebih cepat

Dalam pengelolaan laporannya akan lebih cepat dikarenakan sistem posting otomatis dan penyusunan laporan otomatis. Pengguna hanya perlu memasukan data dalam bukti transaksi yang tersedia, setelah itu sistem akan langsung memproses data dan informasi dapat segera diperoleh.

2. Lebih akurat dan teliti

Software akuntansi memiliki tingkat ketelitian yang lebih tinggi. Dibanding dengan sistem akuntansi manual yang harus menekan kalkulator dan rentan kesalahan penulisan, dan software akuntansi akan lebih akurat dalam menjumlahkan hasil.

3. Bisa review setiap saat

Software akuntansi memungkinkan Anda untuk mereview dan menampilkan kembali berkas-berkas laporan keuangan yang lama tanpa harus mencari-cari arsip fisik berkas. Dan dengan fitur cloud yang terdapat pada sistem software akuntansi Anda dapat mengakses laporan keuangan dimanapun dan kapanpun dengan smartphone atau tablet Anda.

4. Mudah digunakan

Software akuntansi dapat digunakan oleh semua pengguna yang bisa mengoperasikan komputer serta memahami prosedur standar pembukuan. Dengan demikian, aplikasi ini tidak hanya ditujukan pada pakar akuntansi atau orang yang ahli di bidang komputer saja.

Di zaman yang semakin canggih seperti ini, perusahaan-perusahaan sudah banyak meninggalkan cara manual untuk mengerjakan laporan akuntansi. Cara manual ini ditinggalkan karena dengan menggunakan software akuntansi pekerjaan menjadi lebih mudah, lebih cepat dan dijamin keamanannya. Dengan berbagai kelebihan yang diberikan oleh software akuntansi tersebut, maka sudah saatnya Anda mengalihkan pekerjaan manual tersebut dengan menggunakan software akuntansi seperti Jurnal yang akan mempermudah pekerjaan Anda menjadi lebih efisien.

 

sumber : https://www.jurnal.id/id/blog/keuntungan-menggunakan-software-akuntansi-daripada-akuntasi-manual/