Sebagai Warga Negara yang Baik, Kamu Bisa Lakukan 7 Hal Simpel Ini Agar Indonesia Semakin Maju

Sebagai Warga Negara yang Baik, Kamu Bisa Lakukan 7 Hal Simpel Ini Agar Indonesia Semakin Maju - UB Information
“Padamu Negeri, kami berjanji
Padamu Negeri, kami berbakti
Padamu Negeri, kami mengabdi
Bagimu Negeri, jiwa raga kami”.

Sepenggal lirik lagu ciptaan Kusbini di atas, menjelaskan bahwa kita sebagai warga negara yang baik harus dapat berpartisipasi dan berkontribusi dalam membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan, kita hanya perlu ikut serta berperan aktif dalam pembangunan negara dan menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia itu hebat serta patut dibanggakan.

Kita cukup memiliki niat dan memulainya dari hal-hal sederhana yang bisa kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, intip 7 hal yang wajib dilakukan sebagai warga negara yang baik!

1. Belajar
Seperti kata pepatah, “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina” , belajar/menuntut ilmu bisa dilakukan oleh siapapun dan dimanapun. Tidak terbatas pada pelajar saja, kita semua juga dituntut untuk melakukannya.

Kita bisa belajar dari membaca koran, menonton berita di TV, atau dengan mengikuti beberapa kursus bimbel, seperti: kursus bahasa, kursus memasak, kursus komputer, dan lainnya.

Bagaimana kita bisa mencerdaskan anak bangsa kalau tidak memulainya dengan mencerdaskan anak kita sendiri?

2. Menjaga Kebersihan
Ada beberapa bencana alam yang terjadi karena faktor alam, namun ada juga yang disebabkan ulah beberapa manusia yang tidak bertanggung jawab, sebut saja bencana banjir.

Seandainya kita selalu bisa menjaga kebersihan lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya, resiko terjadinya banjir dapat dihindari.

3. Cintai Produk Dalam Negeri
Produk impor memang selalu menjadi incaran kalangan atas, walaupun harganya mahal, dari segi model dan kualitasnya memang yang terbaik.

Tetapi jangan salah, bukan berarti produk dalam negeri tidak berkualitas. Kini banyak sekali produk lokal yang sudah bisa menembus pasar mancanegara. Orang dari negara asing saja menyukai produk Indonesia, masa kita sebagai warga negara Indonesia tidak mencintai produk dalam negeri.

4. Mematuhi Peraturan dan Hukum yang Berlaku
Peraturan Negara dibuat untuk menciptakan ketertiban dan keamanan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sebagai contoh rambu-rambu lalu lintas dibuat supaya tidak terjadi kecelakaan di jalan raya, harus memakai helm saat naik sepeda motor, tidak boleh main hakim sendiri, dan sebagainya.

5. Membayar Pajak Tepat Waktu
Kendati terdengar mudah, tetapi masih saja ada orang yang selalu telat membayar pajak. Padahal kita sebagai warga negara sudah banyak diberi kemudahan oleh negara. Sebut saja akses jalan tol yang sekarang sudah tersebar di seluruh Indonesia, dari kota besar sampai ke kota kecil pun sudah memiliki akses ke jalan tol.

Pajak digunakan untuk pembangunan negara menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Sebagai warga negara yang baik, sudah sepatutnya kita membayar pajak tepat waktu. Tidak perlu alasan tidak paham cara isi SPT, karena sudah banyak sosialisasi yang dilakukan Dirjen Pajak, atau kalau perlu bisa meminta bantuan jasa konsultan pajak yang siap membantu segala masalah perpajakan Anda, baik individu ataupun perusahaan.

6. Berpartisipasi dalam pemilu.

“Suara kita menentukan nasib bangsa Indonesia”

Sebagai warga negara yang baik, jangan sia-siakan hak pilih kita. Meskipun banyak orang yang apatis (orang yang menyia-nyiakan hak pilih), kita jangan sampai ikut-ikutan.

7. Naik Transportasi Umum
Kemacetan sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Padahal, pemerintah sudah menyediakan banyak transportasi untuk mengatasinya. Mari kita dukung program pemerintah untuk naik transportasi umum guna mencegah kemacetan.

Apalagi, harga mobil saat ini sudah selangit. Jika belum sanggup, tidak perlu dipaksakan, terutama karena gengsi. Pertimbangkan baik-baik, apakah benar-benar perlu sebuah mobil pribadi? Apakah masih bisa memakai kendaraan umum? Atau jika sudah berkeluarga, apakah cukup sering kegiatan yang memerlukan moda transportasi mobil?

Menurut salah satu penyedia car rental di Jakarta, BK Rent Car, jika tidak terlalu sering maka bisa menggunakan opsi kendaraan umum, taksi online, ataupun mungkin jasa rental mobil yang banyak berjamuran di kota besar seperti Jakarta.

Mudah bukan? Selamat mencoba.