Manfaat Belajar Bahasa Mandarin Untuk Anak Anda

Manfaat belajar bahasa Mandarin sangat banyak. Belajar bahasa Mandarin selain membantu kita dalam berkomunikasi juga akan meningkatkan kepercayaan diri kita dalam kehidupan sehari-hari. Anda yang seorang pengusaha akan lebih mudah menjalin hubungan bisnis dengan orang China jika anda mampu menguasai bahasa Mandarin walaupun pasif. Karena kesuksesan menjalin hubungan bisnis biasa diawali dari sebuah komunikasi yang lancar. Bahasa Mandarin tidak hanya berguna dalam hal bisnis, tetapi banyak hal lainnya juga. Setiap orang yang ingin berkunjung ke negara China paling tidak harus mengerti sedikitnya bahasa mandarin dasar.

Manfaat Belajar Bahasa Mandarin Untuk Anak Anda - UB Information

Tidak dapat disangkal, ekonomi dan IPTEK China meningkat tajam dari tahun ke tahun. Tidak sedikit orang dari berbagai penjuru dunia yang mengobati penyakitnya yang sulit disembuhkan (diabetes, kanker, stroke, penyakit genetik, dll) ke China. Kualitas hidup mereka pun banyak yang mengalami peningkatan dan perkembangan bahkan kesembuhan setelah mendapat pengobatan bertahap selama di China.

Tempat wisata di China juga telah berkembang pesat berkat dukungan Pemerintah dalam membangun iklim pariwisata. Tempat wisata seperti Tembok Besar China, Kota Terlarang, Gunung Tai, Taman Nasional Lushan, dan tempat menarik lainnya telah menjadi perhatian dunia luar. Anda pastinya juga berkeinginan mengunjungi tempat-tempat wisata menarik di China suatu hari nanti. Jadi tidak ada salahnya, anda mulai belajar bahasa Mandarin dari sekarang. Walaupun tidak untuk berkunjung ke negara China, bahasa Mandarin pun akan berguna bagi anda dalam hal lain karena manfaat dari belajar bahasa Mandarin sangatlah banyak.

Perkembangan Belajar Bahasa Mandarin di Indonesia
Di Indonesia, bahasa Mandarin tidak lagi menjadi sesuatu yang asing. Semakin banyak orang yang tertarik untuk belajar bahasa mandarin. Tidak heranlah sekarang banyak Sekolah Menengah Atas di Indonesia yang memasukkan bahasa Mandarin sebagai salah satu bidang studi disamping bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi para siswa sebagai bekal untuk mencari kerja di masa yang akan datang. Sekarang banyak perusahaan multinasional di Indonesia yang sangat membutuhkan tenaga kerja yang mampu berbahasa asing salah satunya bahasa Mandarin.

Baca Juga, Belajar Bahasa Mandarin Kelas Online

Seorang Professor Univertas di China mengatakan bahwa abad ke-19 adalah abad Inggris, abad ke-20 adalah abad Amerika Serikat, dan Abad ke-21 (Sekarang) adalah abad Cina. Itu sebabnya bahasa Mandarin menjadi begitu penting dan sudah menjadi bahasa Internasional kedua setelah bahasa Inggris. Belajar bahasa Mandarin dan menguasainya berarti anda memperoleh peluang yang lebih besar menuju kesuksesan anda nantinya.

Pengenalan Belajar Bahasa Mandarin
Belajar bahasa Mandarin itu tidak seperti belajar bahasa Inggris. Dalam bahasa Mandarin tidak ada istilah present tense, past tense, continuous tense dan lain-lain. Belajar bahasa Mandarin sama seperti bahasa Indonesia. Hanya hal yang sedikit sulit dalam belajar bahasa Mandarin adalah bahasa Mandarin mempunyai 4 nada yang digunakan untuk membedakan makna hurufnya.

Setiap huruf Mandarin bisa mempunyai cara pengucapan yang sama, namun jika terdapat perbedaan nada, maka makna huruf yang diucapkan akan berbeda pula. Sebagai contoh, pelafalan bunyi untuk kata “kuda = ma” (nada ketiga) berbeda dengan kata “ibu = ma” (nada pertama) dan berbeda juga dengan “marah = ma” (nada keempat) walaupun pengucapannya sama yaitu“ma”. Tapi ini tetap saja tidak sesusah yang anda pikirkan setelah anda mulai mempelajarinya. Anda hanya perlu banyak latihan dan praktek.

Selain mempelajari cara pelafalan yang baik dan tepat (pinyin) , belajar bahasa Mandarin juga harus mempelajari cara penulisan huruf mandarin. Setiap huruf mandarin disimbolkan dengan gambar piktograf yang menggambarkan makna huruf itu sendiri. Contohnya huruf “Sawah” yang disimbolkan dengan 4 kotak persegi, huruf “manis” yang disimbolkan dari 2 huruf yaitu “lidah” dan “Jeruk” sehingga artinya manis, huruf ”api” yang disimbolkan dengan lambang api dan masih banyak lagi.

Belajar Bahasa Mandarin itu tidak sesulit yang anda bayangkan. Kita yang memang berniat besar belajar bahasa Mandarin dan mau mendalami bahasa Mandarin, sesulit apapun halangan yang ada tidak akan menjatuhkan niat kita. Semuanya tergantung cara pikir kita masing-masing.

Kita harus selalu berpikir optimis dalam belajar bahasa Mandarin. Apabila dalam pikiran kita belajar bahasa Mandarin itu adalah hal yang sulit dan membingungkan, maka itulah yang terjadi waktu kita belajar. Sebaliknya, apabila kita berpikir yang optimis bahwa belajar bahasa Mandarin itu adalah hal yang mudah, yang tidak berbeda seperti belajar bahasa Indonesia, maka belajar bahasa Mandarin senantiasa akan menjadi sesuatu yang mudah dan bahkan menyenangkan.