Teori Pengertian dan Jenis Atap Rumah

Pengertian dan Teori Atap – Atap adalah bagian dari suatu bangunan yang berfungsi sebagai penutup seluruh ruangan yang ada di bawahnya. Atap juga merupakan sebuah mahkota yang mempunyai fungsi untuk menambah keindahan dan sebagai pelindung bangunan dari panas dan hujan. Dimana di dalam pegerjaannya ada beberapa syarat yang di penuhi antara lain :
1.Kontruksi atap harus kuat menahanberatnya sendiri dan tahan terhadap tekanan maupun tiupan angin.
2.Pemilihan bentuk atap yang akan di pakai hendaknya sedemikian rupa, sehingga menabah keindahan serta kenyamanan bertempat tinggal bagi penghuninya.
3.Agar rangka atap tidak mudah diserang olehrayap/bubuk, perlu diberi lapisan pengawet.
4.Bahan penutup atap harus tahan terhadap pengaruh cuaca.
5.Kemiringan atau sudut lereng atap harus disesuaikan dengan jenis bahan penutup maka kemiringannya dibuat lebih landai.
6.Harus erat dengan bentuk bangunan, di buat dengan kemiringan yang tepat
Teori Pengertian dan Jenis Atap Rumah

Jenis – Jenis Atap Rumah Kanopi

1. Atap Alderon

Salah satu tipe atap rumah yaitu atap uPVC. Atap uPVC mulai diaplikasikan masyarakat luas sebab atap ini sanggup meredam panas yang cukup baik diperbandingkan dengan atap variasi yang lain. Atap sendiri ada banyak jenisnya, mulai dari atap genteng, atap asbes, hingga atap uPVC alderon. Warna alderon memiliki banyak alternatif, pilihan warnanya ada putih, biru muda dan transparan.

Atap uPVC Alderon telah didesain sedemikian rupa sehingga mempermudah konsumen dalam pemasangan atap tersebut pada rumah atau properti mereka. Untuk menerima hasil yang maksimal sebaiknya Anda menerapkan aksesoris atap uPVC Alderon lainnya seperti perabung dan sekrup khusus yang diwujudkan untuk pemasangan atap tersebut.Berikut ini pertanda metode pemasangan atap uPVC Alderon layak dengan yang diinstruksikan (disarankan) oleh pabrik atap Alderon: harga alderon

2. Atap Seng Zincalume Spandek

Tipe atap ini seperti yang dipasaran, harga spandek lebih murah ketebalan atap ini mulai dari 0.3mm, 0,35mm, 0.4mm, 0.45mm, dan 0.5mm. Untuk gelombang ada yang gelombang besar dan gelombang kecil. Lebar standar ada yang lebar 78 cm dan ada yang lebar 1 meter. Atap zincalum ini berwarna silver tidak ada warna seperti jenis spandek warna seperti yang akan saya jelaskan dibawah. Atap zincalum ini biasanya digunakan untuk atap kanopi dan atap pergudangan, tetapi tak jarang diterapkan untuk atap rumah sebagai alternatif.

Tipe spandek dipasaran, spandek warna, spandek pasir, spandek transparan.

Salah satu kekurangan pengaplikasian atap spandek merupakan kalau hujan akan terasa bising akan tetapi diantara kekurangan atau kelemahan menerapkan atap zincalume di atas cuma menjadi problema sesaat, Karena kini produsen atap spandek lebih mengerti kebutuhan akan kenyamanan menggunakan produknya. Tidak perlu cemas kepada permasalahan hal yang demikian, sebab pihak produsen telah menyediakan atap spandek dengan lapisan peredam dan lebih kedap suara, adalah atap spandek peredam. harga spandek

3. Atap Go Green Multi Green

Atap Go Green adalah bahan penutup atap terbuat dari plastik baja, sehingga menjadikan atap tersebut disebut non toxic dan tidak berpotensi menyebabkan kanker, mempunyai kelenturan lebih, lebih sejuk dan tahan lama. Kebanyakan berbentuk atap gelombang, dengan ukuran yang menyerupai atap asbes. Tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hijau dan merah.

Atap ini multi fungsi dapat dipakai untuk rumah, kantor, industri serta berbagai jenis bangunan yang lain. Jenis atap ini merupakan satu-satunya atap yang lebih tebal di banding atap gelombang plastik lainya seperti fiber dan yang lain. harga multi green

Atap Invideck Sunpanel Holodeck Rooftop

Atap SUNPANEL cocok untuk bangunan dan industri yang berada di daerah korosif dekat laut, atau lokasi yang pekat dengan kandungan asam dan garam, Atap SUNPANEL ini sangatlah ideal karena terbuat dari bahan PVC yang tidak akan mungkin berkarat selamanya dan sangat tahan terhadap bahan kimia.

Atap Invideck adalah atap berbahan dasar Unplasticized Polyvinyl Chloride 3 layer  yang dikembangkan untuk kebutuhan perumahan dan industri dengan ukuran 1,2 m X 1,6 m. Atap ini sangat cocok digunakan sebagai pengganti atap konvensional dimana kelebihan dari atap ini adalah tahan terhadap panas dan suara sehingga tidak membutuhkan peredam tambahan seperti glasswool dan aluminium foil.

Dengan panjang sampai dengan 6 m¹ membuat Invideck sebagai material atap yang mudah dipasang dan minim sambungan. Bisa diaplikasikan sebagai atap pabrik yang mengandung unsur kimia, carport, atap minimalis dan lainnya.

STRUKTUR ATAP

Pengertian struktur atap adalah bagian bangunan yang menahan /mengalirkan beban-beban dari atap. Struktur atap terbagi menjadi rangka atap dan penopang rangka atap. Rangka atap berfungsi menahan beban dari bahan penutup atap sehingga umumnya berupa susunan balok –balok (dari kayu/bambu/baja) secara vertikal dan horizontal –kecuali pada struktur atap dak beton.

Berdasarkan posisi inilah maka muncul istilah gording,kasau dan reng. Susunan rangka atap dapat menghasilkan lekukan pada atap (jurai dalam/luar) dan menciptakan bentuk atap tertentu.Penompang rangka atap adalah balok kayu yang disusun membentuk segitiga,disebut dengan istilah kuda-kuda. harga hollow galvanis

Kuda-kuda berada dibawah rangka atap,fungsinya untuk menyangga rangka atap. Sebagai pengaku,bagian atas kuda-kuda disangkutkan pada balok bubungan,sementara kedua kakinya dihubungkan dengan kolom struktur untuk mengalirakan beban ke tanah.

https://en.wikipedia.org/wiki/Iron