Besi Siku : Teori Kajian Besi Siku Harga Ukuran Ketebalan

Dalam dunia industri bangunan, salah satu material yang cukup penting untuk dipahami adalah besi siku. Mengapa? Karena besi siku merupakan salah satu alat yang cukup vital dalam bahan bangunan. Bentuknya yang sudah terukur juga menjadi penyangga yang cukup bisa diandalkan untuk membuat bangunan perusahaan anda dapat bertahan lama. Tentunya, investasi yang tepat pada bisnis akan membuat keuntungan perusahaan anda semakin besar dalam jangka waktu yang semakin lama pula. Karena itulah, artikel ini akan membahas tentang pengertian, fungsi, dan harga Besi Siku.
Pengertian Besi Siku

Besi siku terdiri dari dua kata. Secara harafiah, besi berarti logam yg keras dan kuat serta banyak sekali gunanya. Sedang siku berarti sudut yg terjadi dr pertemuan dua garis yg tegak lurus satu sama lain. Ya, jadi secara harafiah bisa kita artikan bahwa besi siku sendiri berarti logam yang berbentuk dua garis tegak lurus (sudut 90 derajat). Dalam dunia bangunan, besi siku ini lazimnya diproduksi dengan panjang yang sama, yaitu 6m. Bentuknya juga mirip segitiga siku-siku, hanya saja, tidak menutup di satu sisinya. Atau bisa juga kita lihat seperti huruf V. Untuk lebih jelasnya, kita lihat saja gambar di bawah ini:

Sekarang, setelah mengetahui apa itu sebenarnya besi siku dan bagaimana bentuknya, saya pikir sudah tidak terlalu susah untuk mengira-ngira apa fungsi dari besi siku bukan? Oke, mari kita melangkah ke pembahasan berikutnya.
Fungsi Besi Siku

Seperti terlihat dari bentuk dan pengertiannya, fungsi besi siku tidak terlalu sulit untuk ditebak. Besi siku berfungsi untuk membuat rak besi, tower air, kerangka tangga, hingga rangka pintu. Sejujurnya, kalau saya sebutkan macam-macam bentuk bangunan yang bisa dibuat menggunakan besi siku, mungkin anda akan kecapekan untuk sekedar scroll ke bawah halaman ini. Hehe.

Banyak alasan yang membuat besi siku memiliki klasifikasi untuk menjadi material dasar dari bangunan-bangunan itu. Salah satunya (dan mungkin yang paling utama) adalah karena besi siku memiliki ketahanan yang kuat, serta kokoh. Secara, bentuknya sudah dibuat berdasarkan perhitungan yang teliti dari pihak manufaktur yang memproduksinya.

Harga dan Ukuran Besi Siku

harga besi siku 3×3
harga besi siku 4×4
harga besi siku 5×5
harga besi siku 6×6
harga besi siku 7×7
harga besi siku lubang