INFHONE Blog mahasiswa Universitas Brawijaya

10 April 2021

Eco Campaign Bersama Blublub indonesia

Filed under: INFORMASI — Dwi Prihanto @ 09:23

 

Wisata ramah lingkungan merupakan salah satu kampanye yang saat ini tengah dilakukan oleh travel marketplace Blublub. Eco campaign Indonesia dalam ranah pariwisata, merupakan sebuah aksi yang dapat turut serta melestarikan alam nusantara.

Blublub mengajak para traveler untuk berpartisipasi dan terhubung dalam kampanye tersebut. Khususnya para traveler yang liburan menggunakan layanannya. Eco campaign ideas dari Blublub, akan membantu lingkungan di tempat wisata tetap terjaga.

Wisata Ramah Lingkungan Bersama Blublub

Wisata ramah lingkungan dapat memberikan dampak positif pada lingkungan maupun warga lokal. Wisata dimanapun itu, termasuk yang ada dalam Visit Indonesia. Eco campaign merupakan sebuah kegiatan yang mengacu pada tanggung jawab bersama terhadap kelestarian alam. Adapun beberapa kegiatan yang ramah lingkungan pada saat berwisata di antaranya seperti:

  1. Membuang Sampah Hanya Pada Tempatnya

Pada dasarnya, sampah yang berserakan di tempat wisata adalah tanggung jawab bersama. Jadi, bukan tanggung jawab pengelola wisata saja. Terkait hal ini, wisatawan pun harus disiplin dengan tidak membuang sampah sembarangan. Buanglah sampah di tempat yang sudah disediakan oleh pengelola.

Pengelolaan sampah di tempat wisata bukanlah hal yang sepele. Karena, sampah bisa berdampak besar bagi kelestarian lingkungan kita, lho.

  1. Menghemat Listrik di Tempat Menginap

Matikanlah TV, AC, dan listrik di kamar hotel saat kamu akan pergi keluar. Pasalnya, dengan menghemat listrik, kita sudah membantu mengurangi emisi global. Dengan cara-cara sederhana tersebut, kamu sudah turut membantu menjaga lingkungan.

Seperti di Bali, banyak tempat untuk wisatawan tetapi keadaan lingkungan tetap bersih dan udara juga sangat bagus untuk kita berjalan santai menyusuri daerah-daerah wisata disana.

  1. Tidak Menggunakan Barang Sekali Pakai

Beberapa jenis barang sekali pakai memang dinilai praktis saat traveling.Contohnya seperti peralatan makan yang terbuat dari plastik. Namun, tahukah kamu, peralatan tersebut ternyata bisa menjadi kontributor pencemaran lingkungan.

Lalu bagaimana solusinya? Kamu bisa membawa perlengkapan makan sendiri dari rumah. Mulai dari botol minuman, sedotan, dan peralatan lainnya yang dibutuhkan.

  1. Tidak Terlalu Banyak Membawa Barang-Barang

Bawalah barang-barang secukupnya ke tempat wisata. Buat daftar barang penting apa saja yang akan dibutuhkan di tempat liburan.

Pasalnya, terlalu banyak membawa barang tidak hanya berpengaruh pada biaya saja. Barang bawaan yang terlalu banyak, juga dapat mempengaruhi emisi karbon pesawat yang kamu tumpangi.

  1. Mencintai Alam

Agar kita peduli terhadap lingkungan, mulailah mencintai alam sejak dini. Bijaklah dalam menggunakan alam sebagai tempat rekreasi. Salah satu contoh cinta terhadap alam yaitu dengan tidak merusak fasilitas objek wisata yang kamu kunjungi. Kalau kita sedang liveaboard pun jangan pernah membuang sampah di lautan karna mengakibatkan pencemaran air laut dan akan mengakibatkan hewan laut terancam kehidupannya.

  1. Memilih Hotel Ramah Lingkungan

Dewasa ini, banyak sekali pilihan hotel di tempat wisata yang ada di seluruh Indonesia. Berbagai fasilitas menarik dan mewah pun ditawarkan bagi para wisatawan yang ingin menginap. Namun, cobalah kamu pertimbangkan untuk memilih hotel yang mengutamakan aspek ramah lingkungan.

  1. Menggunakan Fitur e-Ticket

E-Ticket merupakan salah satu teknologi yang turut membantu melestarikan lingkungan. Dengan hadirnya teknologi ini, kita bisa mengurangi penggunaan kertas. Dengan menggunakan e-Ticket, secara tidak langsung kamu turut mendukung pelestarian hutan di seluruh dunia, khususnya Indonesia.

Saat ini, teknologi e-Ticketing sudah digunakan pada berbagai aspek. Mulai dari penerbangan, booking hotel, hingga tiket masuk ke tempat wisata.

  1. Membantu Ekonomi dan Menghormati Masyarakat Lokal

Dengan menjaga kelestarian alam di tempat kita berwisata, kita sudah menghargai masyarakat lokal yang tinggal di sana.

Jadi, kita tidak hanya bersenang-senang saja, tapi juga memberikan dampak yang positif bagi masyarakat sekitar.

Selain itu, dukung dan bantu juga ekonomi masyarakat lokal. Salah satu caranya adalah dengan membeli produk atau karya lokal. Dengan aktivitas tersebut, kamu sudah turut membantu dan mengembangkan ekonomi mereka.

Eco Campaign Perusahaan Bertaraf Internasional

Selain Blublub, environmental campaign ideas ternyata sudah digagas dan dilakukan oleh perusahaan-perusahaan bertaraf internasional. Bahkan, mereka melakukannya dengan cara-cara yang unik. Penasaran jenis kampanye apa saja yang pernah ada? Berikut ulasannya:

  1. Comport “Swap Shop”

Sebagai salah satu brand deterjen, Comport menyelenggarakan sebuah kampanye ramah lingkungan yang unik. Brand tersebut bekerjasama dengan Oxfam dan Cosmopolitan untuk meningkatkan kesadaran betapa pentingnya membeli pakaian bekas dan daur ulang.

Pengunjung yang datang ke acara, bisa mengambil serta menukar item pakaian mereka sendiri. Tidak lupa juga semua pakaian dicuci dengan rangkaian produk Comport untuk kebersihan dan kenyamanan pengguna. Penyelenggara acara juga menyumbangkan semua uang hasil dari acara tersebut.

  1. WWF: Elephant Hologram

WWF (The World Wide Fund for Nature) adalah lembaga besar yang sering mengkampanyekan ramah lingkungan. Salah satu yang terbaru adalah peluncuran kampanye yang membawa isu perdagangan hewan.

WWF membawa isu ini langsung ke hadapan publik dengan membuat hologram gajah. Tak tanggung-tanggung, hologram yang mereka buat memiliki tinggi sekitar 5 meter. Hologram tersebut berkeliaran di jalanan London pada akhir tahun 2018 lalu.

Tujuan dari kampanye ini yaitu menyadarkan masyarakat bahwa mungkin tidak akan lama lagi kita akan jarang melihat hewan tersebut.

Selain gajah, ada juga beberapa hologram lainnya seperti penyu, macan tutul salju, dan lainnya. Kampanye ini berhasil mendapatkan 100.000 tanda tangan petisi untuk menghentikan kejahatan terhadap satwa liar.

  1. Urban Rivers: Robot Pembersih Sampah

Trash Cleaning Robot, atau Robot Pembersih Sampah, adalah proyek yang dibuat oleh organisasi lingkungan Urban Rivers. Tujuan proyek ini yaitu untuk membersihkan sampah yang ada di aliran sungai Chicago.

Pengerjaan awal dari proyek ini yaitu pembuatan serta memasang taman terapung di sungai. Namun, ternyata taman yang mereka buat malah dipenuhi oleh sampah yang mengapung di sungai.

Organisasi tersebut kemudian mencoba membersihkan saluran air menggunakan kayak. Namun sayangnya, upaya tersebut tidak berhasil. Nah, di sinilah mereka memiliki ide untuk membuat inovasi yang lebih modern.

Organisasi tersebut kemudian mengumpulkan dana proyek Kickstarter. Kemudian, dengan dana tersebut mereka membersihkan sampah menggunakan robot berbasis air dengan pendukung kontrol jarak jauh.

  1. Pokemon Go Earth Day Cleanup

Pokemon Go adalah salah satu game mobile yang sempat booming beberapa tahun ke belakang. Bahkan, hingga saat ini, penggunanya masih tetap banyak di seluruh dunia. Game ini bahkan mampu membuat pengguna smartphone yang malas gerak menjadi aktif di luar rumah.

Belum lama ini game tersebut mengajak pemainnya untuk turut serta dalam aktivitas eco friendly. Aktivitas tersebut mengajak banyak player yang terlibat. Pokemon Go mengaktifkan audiens yang sangat besar sekali di seluruh dunia.

Kegiatan ramah lingkungan yang diadakan oleh Pokemon Go yaitu mengajak setiap pemainnya untuk mengambil sampah. Keren, bukan?

  1. VR Film Series dari Patagonia & Google

Patagonia dan Google bekerja sama untuk melindungi sebuah monumen nasional yang terancam. Monumen tersebut yaitu Nasional Bears Ears dan Grand Staircase-Escalante. Monumen tersebut sudah menjadi topik yang hangat diperdebatkan beberapa tahun terakhir ini.

Ide yang digagas oleh Patagonia & Google yaitu, mayoritas penduduk Amerika Serikat, tidak akan mengunjungi daerah tersebut secara langsung. Sebagai solusinya, mereka bisa menjelajahinya dengan serial film realitas virtual berjudul This Is Bear Ears.

Serial film ini memanfaatkan jenis video 360 derajat dan juga teknologi VR. Film ini mampu menghidupkan lanskap yang sangat menakjubkan, lengkap dengan kisah-kisah hebat di balik sejarah monumen tersebut.

  1. Kegiatan Ramah Lingkungan Dunkin Donuts

Dunkin Donuts dan Airbnb bekerjasama menciptakan sebuah rumah mungil yang dirancang untuk mempromosikan brand yang ramah lingkungan. Dengan tagline “American Runs on Dunkin”, kegiatan ini dilakukan oleh jaringan gerai kopi dan makanan ringan.

Rumah mungil ini sudah bepergian ke seluruh Amerika menggunakan biofuel yang ramah lingkungan. Biofuel yang digunakan yaitu terbuat dari 65.000 pon bubuk kopi Dunkin. Selain itu, rumah mungil ini terdapat teras kayu cedar yang berukuran penuh, ruang tamu, tempat tidur, dan dapur koki.

Selain dipromosikan melalui Airbnb, pengalaman ini juga ditawarkan melalui tur 360 derajat ke rumah mungil tersebut. Tour ini bertujuan untuk memberikan detail tentang desain dan juga fungsionalitas rumah tersebut.

  1. A1 Telecom: Urban Bee Oasis

Selama persiapan hari lebah sedunia tahun 2018 lalu, A1 Telecom sempat meluncurkan kampanye dengan tujuan untuk menarik perhatian pada efek pemanasan global. Kegiatan ini berlangsung di area perkotaan.

Pemanasan global berdampak pada waktu berbunga. Kondisi ini menyebabkan lebah bisa mati kelaparan karena persediaan makanan untuk akhir musim panas telah habis.

Untuk meningkatkan kesadaran terkait kondisi di atas, Telecom kemudian membuat taman kota di Ibu Kota Slovenia, Ljubljana.

Taman tersebut dibuat dengan menggunakan 3.5000 tanaman lebah madu selama satu minggu. Fungsinya yaitu agar lebah-lebah bisa melewati musim gugur dengan makanan yang cukup.

Manfaat Perilaku Hidup Ramah Lingkungan

Kampanye ramah lingkungan yang sering dilakukan oleh perusahaan-perusahaan maupun organisasi, termasuk Blublub, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran. Adapun manfaat-manfaat dari kampanye tersebut di antaranya seperti:

  • Hidup Lebih Sehat

Dengan peduli terhadap lingkungan, mulai dari menjaga kebersihannya, hingga mencintai alam, maka hidup pun akan lebih sehat. Pasalnya, aktivitas dan kegiatan ramah lingkungan, bisa memperbaiki kualitas udara di sekitar kita. Kualitas udara yang bagus, maka oksigen yang kita hirup pun bisa lebih baik.

Udara yang bagus sangat mendukung kita untuk berolahraga. Selain itu pernapasan kita juga terlatih dengan baik, salah satu olahraga untuk melatih pernapasan adalah diving atau snorkeling. Sambil menikmati kebersihan dan keindahan laut sekitar kita.

  • Meningkatkan Kepedulian

Dengan mengaplikasikan aktivitas ramah lingkungan di kehidupan sehari-hari, maka kamu akan menjadi seseorang yang peduli. Pasalnya, kegiatan tersebut akan mendidik kita agar disiplin menerapkan hidup ramah lingkungan setiap hari.

Begitu juga kepedulian kita terhadap bumi. Dengan menjaga kelestarian alam sekitar, kita juga sudah turut membantu orang lain.

  • Membuat Kita Menjadi Pribadi yang Bahagia

Apakah kamu nyaman berkunjung ke tempat wisata yang penuh dengan sampah? Saya yakin semua orang akan menjawab “tidak”. Itulah pentingnya peduli terhadap lingkungan. Lingkungan yang sehat dan bersih, akan membuat kita bahagia. Hal ini tidak hanya berlaku di tempat wisata saja, ya.

Orang yang mengaplikasikan hidup ramah lingkungan adalah orang yang peduli terhadap generasi kedepan. Karena, dengan menjaga kelestarian lingkungan, anak-anak kita, saudara-saudara kita kelak memiliki harapan yang lebih baik di masa depan.

Kesimpulan

Blublub adalah travel marketplace yang sangat peduli terhadap lingkungan sekitar. Itulah kenapa, brand yang satu ini terus menggembar-gemborkan kegiatan ramah lingkungan melalui eco campaign yang sedang dijalankannya.

Nah, itulah informasi seputar ulasan eco campaign Indonesia yang sedang dilakukan oleh Blublub. Kesadaran terhadap lingkungan harus dipupuk sejak dini. Karena, kegiatan tersebut dapat membantu kita agar bisa menjaga dan melestarikan kekayaan dan keindahan alam Indonesia.

LOKASI PT. BIRU INDAH UTAMA MTH Square Lt. UG 11A/02, Jalan MT Haryono Kav. 10, Kel. Cipinang Cempedak, Kec. Jatinegara, Kota Adm. Jakarta Timur, Prop. DKI Jakarta T : +62811869293E : hello@blublub.co

Google Maps

https://www.google.com/maps/ 

FAQ

  1. Apa manfaat perilaku hidup ramah lingkungan?
  • Hidup lebih sehat
  • Meningkatkan kepedulian terhadap alam sekitar
  • Mejadikan kita pribadi yang bahagia
  1. Apa itu WWF?

WWF (The World Wide Fund for Nature) adalah lembaga besar yang sering mengkampanyekan ramah lingkungan. Salah satu yang terbaru adalah peluncuran kampanye yang membawa isu perdagangan hewan.

  1. Apa itu E-Ticket?

E-Ticket merupakan salah satu teknologi yang turut membantu melestarikan lingkungan. Dengan hadirnya teknologi ini, kita bisa mengurangi penggunaan kertas. Dengan menggunakan e-Ticket, secara tidak langsung kamu turut mendukung pelestarian hutan di seluruh dunia, khususnya Indonesia.

Powered by WordPress