Promo Perpustakaan dalam Meningkatkan Pengunjung Perpustakaan

30 May 2017

Perpustakaan merupakan lembaga yang penting untuk meningkatkan pendidikan bangsa, oleh karena itu pentingnya pengenalan perpustakaan kepada seluruh masyarakat bangsa tanpa memandang asal-usul masyarakat. Pengenalan perpustakaan kepada seluruh masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan menggunakan video yang di share melaui media sosial.

Pengenalan perpustakaan kepada seluruh masyarakat diharapkan mendapatkan dampak positif bagi masyarakat salah satunya menignkatnya pengetahuan masyarakat yang diperoleh melalui koleksi atau bahan pustaka yang dimiliki oleh perpustakaan dan kegiatan yang di selenggarakan oleh perpustakaan. Salah contoh promosi perpustakaan dapat dilakukan dengan video berikut ini [youtube]https://youtu.be/8MTs3atob9Q[/youtube]

 

Apabilah kebingungan untuk mempromosikan perpustakaan dapat melakukan seperti video berikut ini  [youtube]https://youtu.be/8MTs3atob9Q[/youtube]

 

Terima kasih

 

Jangan lupa tonton videonya yaaa [youtube]https://youtu.be/8MTs3atob9Q[/youtube]

Jurnal

16 March 2015

STUDI PERBAIKAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DAN SISTIM PENGELOLAAN ARSIP

STUDI PERBAIKAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DAN SISTIM PENGELOLAAN ARSIP & DOKUMEN DI PT BADAK NGL

Kodrat Iman Satoto1, Adian Fatchur Rochim2, Yuli Christyono3, Tri Handayani4, Amin Taufiq4, Putut Suharso4

Perpustakaan di PT Kalimantan Badak LNG Bontang Timur, menyimpan berbagai jenis koleksi seperti dokumen kontrak, perjanjian, pabrik dan peralatan manual, buku referensi, buku teks, brosur teknis, dokumen dan data pendukung proyek, dokumen sertifikasi, gambar teknik rekayasa kilang & peralatan, majalah, jurnal, dan koleksi lainnya. Pada saat ini manajemen perpustakaan masih dilakukan secara manual, meskipun beberapa telah dibuat dalam sistem informasi elektronik. Dari hasil audit Keselamatan Rating System International (ISRS) yang dilakukan oleh Det Norske Veritas (DNV), pengelolaan arsip dan dokumen perlu ditingkatkan, terutama untuk penyimpanan dan pengambilan sistem arsip dan dokumen dapat dilakukan dengan cepat dan akurat untuk kebutuhan masing-masing pengguna. Dokumen tersebut telah dikategorikan sebagai dokumen non-aktif, dihapus dari departemen masing-masing ke Pusat Rekaman di Departemen Layanan untuk mengikuti aturan arsip kebijakan retensi. Sementara dokumen yang masih tergolong aktif masih disimpan oleh masing-masing departemen.

Berkembangnya TI berdampak pada sumber informasi yang dulu tercetak kini berupa dalam bentuk TI. Pengguna informasi sekarang lebih banyak menggunakan informasi dari TI untuk memenuhi kebutuhan mereka dari pada mencari informasi yang tercetak, hal itu sangat perdampak pada perpustakaan digital semakin banyak pengunjungnya. Keberadaan sistem TI diolah sedemikian rupa sebelum diimplementasikan dalam sistem kearsipan. sehingga tidak menyimpang dari sistem kearsipan yang berlaku. Sistem TI dimanfaatkan pengelola arsip untuk menciptakan, menyimpan dan menemu balik informasi berbasis arsip dengan mudah dan murah. (Weir, 1988: 134). Keberadaan TI selain memudahkan dalam temu balik arsip juga menjaga kelestarian fisik maupun isi informasi yang terekam di dalam arsip sehingga tidak rusak, hilang dan yang pasti selalu tersedia setiap diperlukan. Keberadaan TI di dalam dunia kearsipan memungkinkan para penggunanya untuk mengakses informasi berbasis arsip dimanapun mereka berada. (Sugiarto, 2005 : 122).

Kebutuhan akan TI sangat mendukung dalam penyebaran informasi perpustakaan guna memuaskan para pengguna perpustakaan secara maksimal mungkin. Perpustakaan membagi rata informasi dengan cara mengidentifikasi, mengumpulkan, mengelola dan menyediakannya untuk umum. Perlakuan yang diperlakukan bagi arsip dilakukan secara sistematis dan terawasi mengingat arsip dinamis menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1971 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Kearsipan masih digunakan dalam pelaksanaan kegiatan administrasi penciptanya. Arsip sebagai sumber informasi yang tidak diterbitkan pengelolannya diatur didalam Perundangundangan Kearsipan. Hanya orang-orang atau pihak-pihak tertentu yang dapat mengakses sumber informasi berbasis arsip. Sementara itu Perpustakaan  merupakan sumber informasi yang diterbitkan untuk umum, masyarakat dianjurkan untuk membaca bahkan gemar membaca.

Saat ini PT Badak NGL memiliki sekitar 23 perpustakaan yang lokasi geografisnya tersebar di beberapa seksi dan departemen terkait dan dikelola oleh masing-masing Seksi atau Departemen yang bersangkutan. Koleksi pustaka yang dimiliki PT Badak NGL antara lain:  Buku Referensi, Textbooks, Majalah, Jurnal, dan lain-lain. Manajemen pengelolaan perpustakaan masih dilakukan secara manual tektual, meskipun di beberapa hal sedang dibuat sistem informasi secara digital. Dalam bidang kearsipan PT Badak NGL nampak telah melakukan pemisahan pengelolaan antara arsip dinamis aktif dan arsip dinamis inaktif dengan tepat. Arsip dinamis aktif dikelola dan disimpan oleh masing-masing Seksi, Departemen, Divisi, dan Sekretaris Manajemen di Bontang dan Jakarta. Namun pengelolaan perpustakaan PT Badak BGL masih perlu banyak perbaikan.

Tujuan organisasi PT Badak NGL saat ini dan yang akan datang memperbaiki Sistem Pengelolaan dan Pengembangan Perpustakaan dan perbaikan Sistem Kearsipan yang telah ada pada saat ini. Dalam hal sistem kearsipan dan perpustakaan, dilakukan studi dan evaluasi secara menyeluruh mengenai sistem kearsipan yang telah ada dan alternatif-alternatif untuk perbaikan pengelolaannya. Dari studi ini dibuat rekomendasi sistem kearsipan yang lebih baik sejak penciptaan arsip, cara penyimpanan, distribusi informasi yang cepat dan akurat pada saat diperlukan, hingga retensinya. Hasil studi terhadap Sistem Pengelolaan dan Pengembangan Perpustakaan dan perbaikan Sistem Kearsipan dapat digunakan untuk memprediksi kebutuhan dan biaya yang diperlukan untuk alternatif-alternatif solusi tersebut.

Batasan Masalah: a. Studi dilakukan di PT BADAK NGL b. Perpustakaan dan kearsipan Kontribusi Studi Dalam Studi yang akan dilakukan, akan memberikan kontribusi antara lain: 1. Memberikan gambaran kepada manajemen PT Badak NGL tentang pengelolaan perpustakaan dan kearsipan di 6 (enam) instansi ber-Skala Nasional dan Internasional. 2. Memberikan solusi berupa ide-ide yang dapat diterapkan PT Badak NGL dalam mengatasi permasalahan yang dihadapai berkenaan dengan Pengelolaan & Pengembangan Perpustakaan dan Sistem Kearsipan.

Ruang Lingkup Studi Ruang lingkup untuk Studi ini meliputi: 1. Melakukan studi banding ke beberapa Perpustakaan industri sejenis dan perpustakaan umum dengan sistem Pengelolaan Tekstual modern maupun Digital. Dalam hal ini studi banding dilakukan pada 4 (empat) perpustakaan Skala Nasional dan Internasional. 2. Melakukan studi banding pada minimum 1 (satu) Perusahaan Skala Nasional dan 1 (satu) Perusahaan Internasional yang sudah memiliki Sistem Kearsipan secara digital/elektronik. 3. Melakukan kunjungan ke Bontang untuk melakukan diskusi (interview), melihat, mengamati sistem, infrastruktur,  dan mengevaluasi sistem yang sudah ada dan mengumpulkan data yang diperlukan dari semua pihak terkait (end-user dan end-user-support) untuk perbaikan sistem/pengembangan penglolaannya. 4. Membuat hasil studi secara menyeluruh untuk pengembangan Perpustakaan dan Sistem Kearsipan PT Badak NGL. Studi kepustakaan. 5. Membuat estimasi biaya kapital dan operasional untuk pembuatan perpustakaan yang baru (tekstual dan digital) atau pengembangan Perpustakaan yang sudah ada. 6. Mempelajari sistem pengelolaan dokumen arsip yang ada di beberapa Departemen dan Seksi serta membuat studi untuk perbaikan dan pengembangannya. 7. Membuat estimasi biaya kapital dan operasional untuk alternatif-alternatif sistem pengelolaan dokumen arsip yang diusulkan. 8. Membuat Laporan Pendahuluan sebanyak 5 (lima) copy untuk bahan presentasi. 9. Memberikan presentasi hasil studi di PT Badak NGL Bontang berdasarkan Laporan Pendahuluan. 10.Melakukan perbaikan hasil studi setelah presentasi dan memberikan presentasi kedua setelah perbaikan. 11.Membuat Laporan Akhir berdasarkan perbaikan yang diminta.

Kebutuhan informasi merupakan suatu istilah yang masih sulit untuk didefinisikan dan diukur. Menurut Wilson (2000: 46), kebutuhan informasi bukanlah kebutuhan yang fundamental, tetapi kebutuhan informasi merupakan kebutuhan sekunder yang dipergunakan untuk memenuhi kepuasan dari kebutuhan primer. Kebutuhan informasi terjadi karena adanya keadaan tidak menentu yang timbul akibat terjadinya kesenjangan (gap) dalam diri manusia antara pengetahuan yang dimiliki dengan yang dibutuhkannya (Belkin dalam Suwanto, 1999: 38). Lin dan Garvey (dalam Laloo, 2002: 29) mengungkapkan bahwa, kebutuhan informasi dipengaruhi oleh tipe atau latar belakang pekerjaan orang yang bersangkutan. Apa yang diungkapkan oleh beberapa ahli tersebut di atas, diperkuat oleh penelitian yang dilakukan oleh Brown (2003: 7) terhadap para ilmuwan di bidang astronomi, kimia, matematika dan fisika di Universitas Oklahoma. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Brown terhadap para ilmuwan tersebut terungkap bahwa masing-masing ilmuwan mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Hal ini tergambarkan dari penggunaan sumber informasi yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhan informasinya.

Pengertian Perpustakaan Menurut kamus ”The Oxford English Dictionary”, kata ”library” atau perpustakaan mulai digunakan dalam bahasa Inggris tahun 1374, yang berarti sebagai ”suatu tempat buku-buku diatur untuk dibaca, dipelajari atau dipakai sebagai bahan rujukan”. Pengertian perpustakaan ini pada abad ke-19 berkembang menjadi” suatu gedung, ruangan atau sejumlah ruangan yang berisi koleksi buku yang dipelihara dengan baik, dapat digunakan oleh masyarakat atau golongan masyarakat tertentu. Dalam perkembangan lebih lanjut, pengertian perpustakaan memperoleh penghargaan yang tinggi, bukan sekedar suatu gedung yang berisi koleksi buku yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Pada tahun 1970, The American Library Association 1 menggunakan istilah perpustakaan untuk suatu pengertian yang luas  yaitu termasuk pengertian ”pusat media, pusat belajar, pusat sumber pendidikan, pusat informasi, pusat dokumentasi dan pusat rujukan”. Dalam pengertian  yang mutakhir, seperti yang tercantum dalam Keputusan Presiden RI  nomor 11, disebutkan bahwa” perpustakaan merupakan salah satu sarana pelestarian bahan pustaka sebagai hasil budaya dan mempunyai fungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional. Pengertian perpustakaan yang mutakhir ini telah mengarahkan kepada tiga hal yang mendasar sekaligus, yaitu hakikat perpustakaan sebagai salah satu sarana pelestarian bahan pustaka ; fungsi perpustakaan sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan; serta tujuan perpustakaan sebagai sarana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pembangunan nasional.

Pengertian Kearsipan Dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1971 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Kearsipan disebutkan, bahwa yang dimaksud dengan arsip adalah: a. “Naskah-naskah yang dibuat dan diterima oleh Lembaga-lembaga Negara dan Badanbadan Pemerintahan dalam bentuk corak apapun baik dalam keadaan tunggal maupun berkelompok, dalam rangka pelaksanaan kegiatan pemerintahan; b. Naskah-naskah yang dibuat dan diterima oleh Badan-badan Swasta dan/atau perorangan dalam bentuk corak apapun baik dalam keadaan tunggal maupun berkelompok, dalam rangka pelaksanaan kegiatan pemerintahan”

Undang-undang Kearsipan Nomor 7 Tahun 1971 pasal 3 tentang tujuan kearsipan yang berbunyi, “tujuan kearsipan ialah untuk menjamin keselamatan bahan pertanggungjawaban nasional tentang perencanaan, pelaksanaan dan penyelenggaraan kehidupan kebangsaan serta untuk menyediakan bahan pertanggungjawaban tersebut bagi pemerintah.” Berdasar pada penjelasan tersebut diketahui, bahwa keseriusan pengelolaan arsip merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menyelamatkan dokumen-dokumen kegiatan penyelenggaran pemerintahan sebagai bahan bukti pertanggungjawaban pemerintah dalam penyelenggaraan pemerintahan. Peraturan-peraturan tersebut diciptakan sebagai pedoman bagi mereka agar tetap menjalankan sistem kearsipan dengan baik, efektif dan efisien. Perundang-undangan kearsipan yang mengatur tentang sistem kearsipan bagi lembaga-lembaga dan Badanbadan swasta selain Undang-undang Nomor 7 Tahun 1971, PP Nomor 34 Tahun 1979, SE Kepala Arsip Nasional RI Nomor SE/01/1981 dan SE/02/1983 juga; 1. Undang-undang Nomor 8 Tahun 1997 tentang Dokumen Perusahaan 2. PP Nomor 87 Tahun 1999 tentang Tata Cara Penyerahan dan Pemusnahan Dokumen Perusahaan 3. PP Nomor 88 Tahun 1999 tentang Tata Cara Pengalihan Dokumen Perusahaan ke Dalam Mikrofilm atau Media Lainnya dan Legalisasi. Lebih jauh lagi mengenai arsip elektronik telah diatur dalam Undangundang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Metode Studi yang dilakukan, antara lain; 1. Konsultan melakukan studi banding ke beberapa perpustakaan di industri sejenis dan perpustakaan umum untuk memberikan gambaran pengelolaan sistem manajemen perpustakaan yang sesuai. Selain itu konsultan juga akan melakukan studi banding pada minimum satu Perusahaan skala nasional dan satu perusahaan internasional yang sudah memiliki sistem pengelolaan arsip secara digital/elektronik. 2. Konsultan akan melakukan diskusi dan wawancara untuk mendapatkan data dan masukan dari semua pemakai (user/customer) dan sasaran calon pemakai (expected user) tentang harapan kebutuhan untuk sistem pengelolaan perpustakaan dan sistem pengelolaan arsip di PT Badak NGL. 3. Konsultan akan mempelajari permasalahan pengelolaan, infrastruktur, organisasi, sistem, manajemen perpustakaan yang ada dan kebutuhan yang diharapkan dari pemakai, alternetifalternatif pengembangan dan pengelolaannya, infrastruktur, organisasi, manajemen, estimasi biaya kapital dan operasional untuk perbaikan dan pengembangan perpustakaan yang ada. 4. Konsultan akan mempelajari permasalahan pengelolaan, infrastruktur, sistem, manajemen pengelolaan/perlakuan arsip yang ada dan kebutuhan yang diharapkan dari pemakai, alternatif-alternatif perbaikan pengelolaannya, infrastruktur, manajemen, estimasi biaya kapital untuk perbaikan sistem pengelolaan/perlakuan dokumen arsip. 5. Konsultan akan membuat laporan awal, memberikan presentasi dan laporan akhir studi termasuk membuat usulan dan kesimpulan serta rekomendasi untuk perbaikan sistem pengelolaan perpustakaan dan arsip. 4. 1. Bidang Kearsipan 1. Digitalisasi 2. Program aplikasi pengelolaan dokumen elektronik menggunakan buku agenda elektronik untuk memudahkan penemuan kembali. 3. Program aplikasi pengelolaan dokumen gambar elektronik. Aplikasi dilengkapi dengan pelacakan dokumen gambar awal hingga dokumen terupdate, pencipta maupun pengupdate dokumen, tanggal updateing dokumen dan lokasi dimana fisik dokumen berada. 4. 2 Bidang Perpustakaan 1. Proses Alih Media 2. Koordinasi dengan TI untuk menata ulang beberapa Software yang dimiliki (ELIDA, E-Doc, Ellips) 3. Integrasi sistem elektronik untuk perpustakaan. Focus dan tujuan utama dari integrasi system perpustakaan adalah Sistem Temu Balik Informasi khususnya dalam hal pencarian, penelusuran dan penemuan koleksi perpustakaan. Adanya kebutuhan akan kecepatan, keakuratan, dan ketepatan penemuan koleksi menjadikan integrasi system elektronik semakin krusial. 4. Salah satu komponen dalam integrasi system elektronik adalah kebutuhan akan mesin pencari lokal (Local Search Engine). Aplikasi mesin pencari ini harus terkoneksi ke seluruh perpustakaan seksi dan departemen di PT Badak sehingga proses penelusuran koleksi dapat dilakukan di tiap perpustakaan secara real time. 5. Sentralisasi Data; dalam hal ini kebutuhan akan sistem klasifikasi dan katalogisasi yang terpusat. Salah satu yang menjadi focus dalam sentralisasi data adalah bentuk Katalog Induk (Union Catalogue) koleksi perpustakaan PT Badak, sehingga semua data koleksi dapat diperoleh melalui satu pangkalan data yang dapat didistribusikan ke setiap perpustakaan seksi dan departemen. 4. 3 Bidang Teknologi Informasi Kebutuhan User

Kesimpulan Dari hasil analisa dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa : 1. Kurang koordinasi antara seksi Network dan Communication, 2. Backbone kurang reliabel, karena mengandalkan transmisi dari TOB ke NAB sebesar 4 Gbps etherchanel. Apabila link TOB-NAB terkendala maka jaringan tersendat, 3. Standar cabling UTP pada lapis akses, kami dapatkan data link hanya 10 Mbps pada satu titik di perpustakaan. Setting IP kami dapatkan ada satu titik yg memiliki gateway pada LAN yg berbeda.

Adapun saran yang dapat diberikan sehubungan dengan pelaksanaan penelitian ini adalah : 1. Perlu adanya dukungan yang kuat dari Top Level Manajemen dan implementasinya secara konsisten, 2. Perlunya dilakukan update SOP Manajemen Kearsipan PTB yang standart ISO 9000:2008 termasuk penyeragaman business process dan pemisahan antara kearsipan dengan perpustakaan secara konsisten, 3. Menunjuk satu departemen yang telah exist di PT Badak NGL yang membawahi bidang perpustakaan dan kearsipan untuk bertugas mengelola dokumen-dokumen vital, dokumen inaktif, dokumen statis milik perusahaan yang diperkuat dengan pembuatan Peraturan perundangan yang mengatur fungsi departemen tersebut, dalam hal ini adalah Information and Communication System (ICS) Department, dimana Record Center yang bertugas mengelola kearsipan dan Library yang bertugas mengelola perpustakaan, 4. Pendirian bagian khusus yang bertugas khusus menangani Arsip dan Perpustakaan PT Badak NGL, 5. Digitalisasi/alih media semua dokumen perusahaan (konvensional maupun media baru) sehingga tiap seksi mudah mengakses secara elektronik, ruang depo dan SDM pun menjadi lebih efektif dan efisien, 6. Pelatihan kearsipan berkesinambungan, berjenjang, dan bersertifikasi sesuai dengan urutan daur hidup arsip baik manajemen arsip konvensional, manajemen arsip media baru, manajemen arsip elektronik sampai dengan digitaliasi dokumen bagi semua sekretaris dan Clerk. 7. Pengembangan program aplikasi pengelolaan dokumen gambar elektronik dengan bantuan teknologi informasi.

http://eprints.undip.ac.id/40497/1/4-24-1-PB.pdf

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan jurnal ini yaitu, sudah sangat bagus, tujuan titik focus permasalahan sangat terarah dan tidak melenceng pada pembahasannya dan sangat menarik, memberikan masukan untuk perpustakaan yang lain yang masih manajemennya konvensuional/manual. Kekurangan jurnal ini ada beberapa kalimat yang tidak perlu dimasukkan dan hanya membuat kalimat berbelit-belit dalam satu permasalah yang tidak menyambung ke permasalahan selanjutnya.

 

Hardware dan Software Komputer

15 March 2015

29 Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsi dan Gambarnya Lengkap

 

 

29 Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsi dan Gambarnya Lengkap dan Perangakt Lunak KOmputer

 

Fungsi Perangkat Keras (Hardware) Komputer :

1. Monitor
Monitor ini mmpunyai fungsi sbagai alat output yaitu tempat untuk mengeluarkan hasil proses yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh pemakai komputer.

 

2. CPU (Central Processing Unit)
CPU berfungsi sbagai pengendali proses kinerja computer dengan kata lain yaitu sbagai tempat mengatur semua
instruksi program pada komputer & sbagai pengelola semua aktivitas kinerja di dalam komputer.

 

 

3. Printer
Printer berfungsi untuk untuk mencetak data seperti tulisan, gambar/foto pada kertas.

 

 

 

4. Scanner
Scanner ini seperti mesin fotocopy & berfungsi untuk mengkopy data objek & dipindahkan kedalam memory komputer & hasilnya dapat dilihat pada monitor komputer.

 

 

5. Mouse
Mouse berfungsi untuk menunjuk posisi kursor / pointer pada layar komputer secara cepat.

 

 

6. Keyboard
Keyboard berfungsi untuk mengetik / memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file & membuka file.

 

 


7. Speaker
Speaker berfungsi untuk merubah gelombang listrik dari perangkat audio menjadi gelombang suara atau getaran.

 

 

 

8. Modem
Modem berfungsi alat komunikasi dua arah & saat ini lebih
digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.

 

 

9. Stabilizer
Fungsi stabilizer untuk menstabilisikan tegangan listrik apabila voltase listrik turun.

 

 

 


10. Harddisk
Fungsi harddisk untuk menyimpan data komputer & penyimpanan Operation System (OS) serta sbagai alat booting komputer.

 


11. RAM / Modul Memori
Fungsi RAM / Memori adalah sebgai perangkat yang menyimpan proses kinerja komputer untuk sementara sehingga membuat akses data yang sama lebih cepat.

 

 

12. Power Supply
Power Supply berfungsi sbagai penghantar arus listrik, kontrol voltase pada perangkat keras komputer.

 

13. Kabel Data
Kabel data berfungsi untuk mengirim data atau menerima data komputer.

 

14. Kabel VGA
Fungsi kabel VGA untuk menampilkan  out put / hasil pengolahan data komputer & selanjutnya bisa bisa dilihat di layar monitor.

 

 

 

 

15. Fan / Kipas
Fungsi fan adalah sbagai pendingin perangkat komputer, seperti processor, harddisk

 

 

 

 

 


16. LAN Card
Fungsi LAN Card untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya dalam jaringan LAN

 

 

17. Motherboard
Fungsi Motherboard / Mobo sbagai wadah / papan sirkuit utama tempat macam-macam komponen elektronik yang saling terhubung yang memiliki chip bios, jalur-jalur & juga konektor sbagai penghubung dari masing-masing perangkat yang terpasang.

 

18. Processor
Fungsi processor untuk merespon & mengolah segala intruksi yang menghidupkan komputer.

 


19. Headsets
Fungsi headsets untuk mendengarkan suara & berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer.

 


20. Microphone
Fungsi microphone adalah menangkap gelombang suara & mengubahnya menjadi arus listrik.

 

 

 


21. CD-Room
Fungsi Cd-Room sbagai tempat untuk proses burning, copy CD & install software menggunakan CD/DVD.

 

 


22. CD / DVD
Fungsi CD/DVD untuk menyimpan data

 


23. Flashdisk
Fungsi Flashdisk untuk menyimpan data-data

 

 

 

 


24. Webcam
Fungsi Webcam sbagai alat bantu pada komputer misalnya untuk melihat gambar orang yang diajak chatting.

 


25. Joystick
Fungsi joystick sbagai alat bantu untuk memainkan permainan / game.

 

 

 

 

 


26. Video Adaptor atau GPU
Fungsi Video Adaptor sbagai penghubung peralatan proses data dengan peralatan output berupa layar monitor & juga dapat memaksimalkan fungsi layar sehingga dapat menampilkan grafis dalam resolusi & kualitas warna yang terbaik & juga dapat mempercepat kinerja software Operation System.

 

 


27. Sound Card
Fungsi Sound Card sbagai penghubung output audio ke speaker, penghubung input suara ke komputer melalui mikrofon.

 

 

 


28. UPS
Fungsi UPS untuk menyimpan/menyediakan arus listrik tambahan

 

 

29. Barcode
Fungsi Barcode untuk membaca kode yang berbentuk kotak atau garis lalu diterjemahkan dalam bentuk angka-angka, biasanya terdapat pada kasir supermarket.

 

http://mazinubersahabat.blogspot.com/2013/11/29-perangkat-keras-komputer-beserta.html

 

JENIS PERANGKAT LUNAK

  1. Sistem Operasi
    1. Perangkat Lunak Bahasa
    2. Program Aplikasi

Perangkat lunak secara umum dapat di bagi 2 yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :

1. Bahasa pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN

2. Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System

3. Utility : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

 

SISTEM OPERASI

Sistem Operasi adalah perangkat lunaksistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Sistem Operasi merupakan sisitem operasi pada lappisan pertamayan di tempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan sofware lainnya dijalankan setelah sistem  Operasi berjalan. Untuk mengendalikan Program Kerja Komputer secara mendasar seperti :

  • Mengatur Media Input
  • Proses
  • Output
  • Mengatur Memory
  • Penjadwalan Proses :
  1. PC DOS
  2. MS DOS
  3. MICROSOFT WINDOWS
  4. LINUX
  5. UNIX
  6. MACINTOSH
  7. FREE BSD

 

PERANGKAT LUNAK BAHASA

Program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa mesin agar dapat diterima dan dimengerti oleh komputer.

1)MACAM PERANGKAT LUNAK BAHASA

  • Bahasa Tingkat Rendah
  • Bahasa Tingkat Menengah
  • Bahasa Tingkat Tinggi

Merupakan Bahasa Komputer yang sudah dibuat dan dikembangkan dengan menggunakan bahasa sehari-hari seperti :

  • Basic
  • Cobol
  • Pascal

Program Aplikasi (Aplication Program)

Merupakan suatu program paket yang telah dirancang dan dibuat khusus untuk kebutuhan tertentu.

  1. Word Processing (Pengolah Kata)
  2. Program Database
  3. Program Spreadsheet
  4. Program CAD (Computer Aided Design)
  5. Program Layout Artikel (Publisher)
  6. Aplikasi multimedia

Word Processing

Merupakan salah satu program aplikasi dimana dalam pengoperasiannya menggunakan text (Text Based)

  1. Wordstar Profesional
  2. Word Perfect
  3. Chiwriter
  4. Microsoft Word
  5. Word Star

Program Database

Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk merancang atau membuat serta mengelola DATABASE

  1. Ms.Acces
  2. SQL Server
  3. MySql
  4. Oracle

Program SpreadSheet

Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk bidang keuangan, pembukuan, atau melakukan perhitungan secara otomatis.

  1. Lotus 123
  2. Ms.Excel
  3. Quatro
  4. Supercheck

Program CAD (Computer Aided Design)

Merupakan Salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk media lukis (Alat lukis)

  1. Auto Cad
  2. Pro Design
  3. Corel Draw
  4. Adobe Photoshop

Program Layout Artikel

Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi khusus untuk mengatur tata letak obyek yang digunakan pada cover suatu media cetak/Elektronik

  1. Page Maker
  2. Ventura
  3. Harvard Publisher
  4. Newmaster

Aplikasi Multimedia

Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. Di katakan multimedia kerana selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses / menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu gambar, suara dan film.

Aplikasi multimedia sangat berkaitan dengan format data yang digunakan. Aplikasi Multimedia umumnya dipisahkan lagi menjadi aplikasi yang digunakan untuk membuat, yang hanya digunakan untuk menampilkan saja dan aplikasi pengaturan.

Format-format digital multimedia di antaranya:

  • MIDI (Musical Instrument Digital Interface) , format suara instrumen ini di perkenalkan pada tahun 1983 oleh perusahaan musik elektrik seperti Roland, Yamaha dan Korg. Format MIDI bersifat sangat kompak dengan ukurannya yang kecil, suara yang di hasilkan oleh MIDI dengan dukungan sound card yang memilik synthesizer (penghasil suara elektrik) sangatlah mirip dengan organ elektrik yang bisa memainkan berbagai alat musik.
  • MP3, format suara yang terkenal saat ini berbeda dengan MIDI yang hanya instrument, MP3 merekam seluruh suara termasuk suara penyanyinya. Kualitas suara MP3 akan  erbanding dengan ukuran penyimpannya. Kualitas yang banyak di gunakan untuk merekam musik adalah standar CDROM (44,2 KHz, 16 bit, stereo), sementara kualitas terendah adalah kualitas seperti telepon (5 KHz, 8 bit, mono).
  • MPEG (Moving Picture Experts Group), merupakan format yang di susun oleh ahli dari berbagai penjuru dunia untuk format multimedia.
  • AVI (Audio Video Interleave), format AVI di buat oleh Microsoft dan mudah di pindah-pindahkan di aplikasi buatan Microsoft lainnya seperti Word atau PowerPoint
  • Quicktime, sama dengan AVI, Quicktime dapat digunakan baik di komputer berbasis Intel maupun
  • Mac. Quicktime dapat menyaingin AVI di karenakan tingkat kompresinya yang lebih baik. Tingkat kompresi menentukan besar-kecilnya file yang akan menentukan pula besar-kecilnya media penyimpanan, dan lebar jalur data yang dibutuhkan untuk transfer.

Fungsi Perangkat Lunak (Software)

Merupakan program yang berisi intruksi atau perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan kegiatan seperti menghitung, menggambar, dan menghasilkan suara. Sehingga ada komunikasi antara komputer dengan pemakai.

 

http://pheebles.blogspot.com/2013/11/jenis-perangkat-lunak-dan-fungsinya.html

rengkat komputer

9 March 2015

Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang beberapa komponen yang diperlukan  untuk membangun sebuah perangakat computer yang ideal. Silakan dinikmati.

 

Central Processing Unit (CPU)

 

CPU merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer karena merupakan otak dari komputer tersebut. CPU atau sering juga disebut dengan microprocessor atau processor merupakan pusat pengolahan data dan pengontrolan kerja komputer. Karena itu, kinerja sebuah komputer  sangat tergantung pada kinerja CPU-nya.

 

Contoh CPU :

 

 

 

 

Memori

 

Memori adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah diproses oleh processor. Informasi tersebut dapat berbentuk perintah-perintah maupun data-data. Sebagai tempat penyimpanan, memori mempunyai ruang-ruang penyimpanan dimana masing-masing ruang penyimpanan tersebut mempunyai alamat sendiri yang berupa nomor-nomor yang menunjuk lokasi tertentu di memori.

 

Memori terbagi menjadi dua bagian, yaitu memori internal yang disebut dengan RAM (Random Access Memory) dan memori eksternal yang disebut dengan ROM (Read Only Memory).

 

Contoh memori :

 

 

 

 

Media Penyimpanan

 

  • Harddisk

 

 

Harddisk adalah media penyimpanan dengan kapasitas paling besar. Saat ini, harddisk dapat menimpan data sampai 400 gigabyte dan akan terus bertambah dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi komputer. Kecepatan putaran harddisk menetukan kecepatan akses ke setiap data.

 

Contoh harddisk :

 

 

  • Disket

 

 

Disket digunakan untuk menyimpan data sebagaimana halnya dengan harddisk. Perbedaannya disket hanya mampu menyimpan data sampai 1,4 MB. Kelebihannya, disket digunakan untuk menyimpan dan memindahkan data dari satu komputer ke komputer yang lain.

 

Contoh disket :

 

 

  • Flash Drive

 

 

Flash drive menggantikan kedudukan disket karena ukurannya yang lebih kecil dan mempunyai kapasitas yang lebih besar seperti 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB.

 

Contoh flash drive :

 

 

  • CD-R

 

 

CD-R (Compact Disc-Recordable) dapat menyimpan data yang cukup besar hingga 700 MB. Namun kecepatannya masih kalah banding dengan harddisk.

 

Contoh CD-R :

 

 

  • DVD

 

 

DVD (Digital Versatile Disc) mempunyai kapasitas penyimpanan yang cukup besar bila dibandingkan dengan CD-ROM yang ukurannya sama besar. DVD mempunyai kealitas penyimpanan yang sangat baik, oleh karena itu  DVD biasanya digunakan untuk menyimpan film.

 

Contoh DVD :

 

 

Motherboard

 

Motherboard merupakan perangkat komputer yang berfungsi sebagai tempat perankat-perangkat lain, seperti processor, memori, VGA Card, Sound Card, dan LAN Card. Setiap perangkat memiliki slot tersendiri sehingga memungkinkan perangkat tersebut melekat di motherboard.

 

Contoh motherboard :

 

 

VGA Card

 

VGA Card adalah peralatan komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal gambar. VGA Card memungkinkan data-data dalam bentuk digital ditampilkan dalam bentuk gambar di layar monitor.

 

Contoh VGA Card :

 

 

 

Keyboard

 

Keyboard adalah seperangkat tombol-tombol yang berfungsi sebagai media masukan bagi komputer. Masing-masing tombol keyboard mempunyai fungsi-fungsi tertentu.

 

Contoh keyboard :

 

 

 

Mouse

 

Mouse merupakan suatu perangkat yabg digunakan untuk menjelajahi program, memilih perintah, dan menjalankan sebuah perintah.

 

Contoh mouse :

 

 

 

Monitor

 

Monitor merupakan perangkat output yang memberikan tampilan visual kepada pengguna komputer. Kita dapat melihat apa yang sedang dilakukan oleh program-program atau komputer di layar monitor. Komputer menampilkan pesan, informasi, ataupun meminta masukan kepada pengguna komputer melalui tampilan di layar monitor.

 

Contoh monitor :

 

 

Printer

 

Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk. Cetakan tersebut dapat berupa dokumen, gambar, maupun dokumen yang disertai dengan gambar.

 

Contoh printer :

 

 

 

Speaker

 

Speaker adalah perangkat keras untuk menghasilkan suara. Jenis lain dari speaker adalah headset atau earphone.

 

Contoh speaker :

 

 

 UPS

 

UPS adalah perangkat keras yang menyuplai listrik ke komputer apabila terjadi pemutusan arus listrik. UPS menyimpan energinya di dalam battery.

 

Contoh UPS :

 

 

 

 

Itulah postingan kali ini, jangan lupa share dan tinggalkan komeng ya sobat 😀

CategoriesTeknologi

http://softilmu.blogspot.com/2014/06/perangkat-komputer.html

 

Fungsi Perangkat Keras (Hardware) Komputer :

1. Monitor
Monitor ini mmpunyai fungsi sbagai alat output yaitu tempat untuk mengeluarkan hasil proses yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh pemakai komputer.

2. CPU (Central Processing Unit)
CPU berfungsi sbagai pengendali proses kinerja computer dengan kata lain yaitu sbagai tempat mengatur semua instruksi program pada komputer & sbagai pengelola semua aktivitas kinerja di dalam komputer.

3. Printer
Printer berfungsi untuk untuk mencetak data seperti tulisan, gambar/foto pada kertas.

4. Scanner
Scanner ini seperti mesin fotocopy & berfungsi untuk mengkopy data objek & dipindahkan kedalam memory komputer & hasilnya dapat dilihat pada monitor komputer.

5. Mouse
Mouse berfungsi untuk menunjuk posisi kursor / pointer pada layar komputer secara cepat.

6. Keyboard
Keyboard berfungsi untuk mengetik / memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file & membuka file.

7. Speaker
Speaker berfungsi untuk merubah gelombang listrik dari perangkat audio menjadi gelombang suara atau getaran.

8. Modem
Modem berfungsi alat komunikasi dua arah & saat ini lebih digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.

9. Stabilizer
Fungsi stabilizer untuk menstabilisikan tegangan listrik apabila voltase listrik turun.

10. Harddisk
Fungsi harddisk untuk menyimpan data komputer & penyimpanan Operation System (OS) serta sbagai alat booting komputer.

11. RAM / Modul Memori
Fungsi RAM / Memori adalah sebgai perangkat yang menyimpan proses kinerja komputer untuk sementara sehingga membuat akses data yang sama lebih cepat.

12. Power Supply
Power Supply berfungsi sbagai penghantar arus listrik, kontrol voltase pada perangkat keras komputer.

13. Kabel Data
Kabel data berfungsi untuk mengirim data atau menerima data komputer.

14. Kabel VGA
Fungsi kabel VGA untuk menampilkan  out put / hasil pengolahan data komputer & selanjutnya bisa bisa dilihat di layar monitor.

15. Fan / Kipas
Fungsi fan adalah sbagai pendingin perangkat komputer, seperti processor, harddisk

16. LAN Card
Fungsi LAN Card untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya dalam jaringan LAN

17. Motherboard
Fungsi Motherboard / Mobo sbagai wadah / papan sirkuit utama tempat macam-macam komponen elektronik yang saling terhubung yang memiliki chip bios, jalur-jalur & juga konektor sbagai penghubung dari masing-masing perangkat yang terpasang.

18. Processor
Fungsi processor untuk merespon & mengolah segala intruksi yang menghidupkan komputer.

19. Headsets
Fungsi headsets untuk mendengarkan suara & berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer.

20. Microphone
Fungsi microphone adalah menangkap gelombang suara & mengubahnya menjadi arus listrik.

21. CD-Room
Fungsi Cd-Room sbagai tempat untuk proses burning, copy CD & install software menggunakan CD/DVD.

22. CD / DVD
Fungsi CD/DVD untuk menyimpan data

23. Flashdisk
Fungsi Flashdisk untuk menyimpan data-data

24. Webcam
Fungsi Webcam sbagai alat bantu pada komputer misalnya untuk melihat gambar orang yang diajak chatting.

25. Joystick
Fungsi joystick sbagai alat bantu untuk memainkan permainan / game.

26. Video Adaptor atau GPU
Fungsi Video Adaptor sbagai penghubung peralatan proses data dengan peralatan output berupa layar monitor & juga dapat memaksimalkan fungsi layar sehingga dapat menampilkan grafis dalam resolusi & kualitas warna yang terbaik & juga dapat mempercepat kinerja software Operation System.

27. Sound Card
Fungsi Sound Card sbagai penghubung output audio ke speaker, penghubung input suara ke komputer melalui mikrofon.

28. UPS
Fungsi UPS untuk menyimpan/menyediakan arus listrik tambahan

29. Barcode
Fungsi Barcode untuk membaca kode yang berbentuk kotak atau garis lalu diterjemahkan dalam bentuk angka-angka, biasanya terdapat pada kasir supermarket.

Okeh capek juga bikin postingan kayak gini,, hehehe tapi gak apa-apa lah, semoga artikel tentang Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsi dan Gambarnya Lengkap yang saya postingkan ini bermanfaat,

Semua Artikel di Blog mazinu Untuk Sahabat di Lindungi oleh Google DMCA. Apabila Anda tidak ingin bermasalah dengan Google DMCA harap Sertakan Sumber Artikel yang mengarah ke : http://mazinubersahabat.blogspot.com/2013/11/29-perangkat-keras-komputer-beserta.html#ixzz3TqemDD8r

Sejarah dan Generasi Komputer 1-5

7 March 2015

SEJARAH KOMPUTER GENERASI 1-5

SEJARAH KOMPUTER GENERASI 1- 5

komputer berasal dari kata “compute” yang berarti menghitung dengan kata lain komputer berati alat penghitung. Komputer pertama kali ditemukanoleh Charles Babbage, kecerdasan logika matematikanya yang sangatsepesial membuatnya mampu menciptakan sebuah mesin yang dia sebutdengan nama Analytical Engine pada tahun 1882, sebuah mesin yangberfungsi sebagai alat perhitungan-perhitungan umum.Perkembangan komputer dari masa ke masa selalu mengalamipeningkatan. Pada awalnya, komputer diciptakan hanya untuk mempermudahdalam perhitungan atau lebih mudahnya sebagai alat hitung matematika.Namun, seiring perkembangan zaman komputer semakin berevolusi menjadimesin serbaguna khususnya pada bidang industri dan penelitian Berikut iniadalah sejarah computer generasi pertama hingga generasi kelima

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer. Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat di layar monitor belum dalam bentuk print out.
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah“yang memproses informasi” atau “sistem pengolah informasi.”

Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.

1. Generasi Pertama (1944-1959)

Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin.

Dan dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi besar, berat dan mahal. Pada tahun 1946, komputer elektronik di dunia yang pertama yakni ENIAC selesai dibuat. Pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton. begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu ruangan kelas tersendiri.

Pada gambar nampak komputer ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama di dunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts.

2. Generasi Kedua (1960-1964)

Transistor merupakan ciri khas komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas 3 lapis, yaitu: “basic”“collector” dan “emmiter”. Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari 3 lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi. Dengan demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal. Sebagai komponen padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya: tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. Dan dengan demikian, komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah.

Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar di pasaran. Komputer IBM-7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor. Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan segala macam pekerjaan baik yang bersifat ilmiah ataupun komersial. Karena kecepatan dan kemampuan yang dimilikinya, menyebabkan IBM 7090 menjadi sangat popular. Komputer generasi kedua lainnya adalah: IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.

3. Generasi Ketiga (1964-1975)

Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan berbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga. Cincin magnetic tersebut dapat di-magnetisasi secara 1 arah ataupun berlawanan, dan akhirnya men-sinyalkan kondisi “ON” ataupun “OFF” yang kemudian diterjemahkan menjadi konsep 0 dan 1 dalam system bilangan biner yang sangat dibutuhkan oleh komputer. Pada setiap bidang memory terdapat 924 cincin magnetic yang masing-masing mewakili 1 bit informasi. Jutaan bit informasi saat ini berada di dalam 1 chip tunggal dengan bentuk yang sangat kecil.

Komputer yang digunakan untuk otomatisasi pertama dikenalkan pada tahun 1968 oleh PDC 808, yang memiliki 4 KB (kilo-Byte) memory dan 8 bit untuk core memory.

4. Generasi Keempat (1975-Sekarang)

Microprocessor merupakan chiri khas komputer generasi keempat yang merupakan pemadatan ribuan IC ke dalam sebuah Chip. Karena bentuk yang semakin kecil dan kemampuan yang semakin meningkat dan harga yang ditawarkan juga semakin murah. Microprocessor merupakan awal kelahiran komputer personal.

Pada tahun 1971, Intel Corp kemudian mengembangkan microprocessor pertama serie 4004. Contoh generasi ini adalah Apple I Computer yang dikembangkan oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs dengan cara memasukkan microprocessor pada circuit board komputer. Di samping itu, kemudian muncul TRS Model 80 dengan processor jenis Motorola 68000 dan Zilog Z-80 menggunakan 64Kb RAM standard. Komputer Apple II-e yang menggunakan processor jenis 6502R serta Ram sebesar 64 Kb, juga merupakan salah satu komputer PC sangat popular pada masa itu. Operating Sistem yang digunakan adalah: CP/M 8 Bit. Komputer ini sangat populer pada awal tahun 80-an.

IBM mulai mengeluarkan Personal Computer pada sekitar tahun 1981, dengan menggunakan Operating System MS-DOS 16 Bit. Dikarenakan harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan komputer lainnya, di samping teknologinya jauh lebih baik serta nama besar dari IBM sendiri, maka dalam waktu yang sangat singkat, komputer ini menjadi sangat popular.

5. Generasi Kelima (Sekarang – Masa depan)

Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.

Pentium-4 diproduksi dengan menggunakan teknologi 0.18 mikron. Dengan bentuk yang semakin kecil mengakibatkan daya, arus dan tegangan panas yang dikeluarkan juga semakin kecil. Dengan processor yang lebih cepat dingin, dapat dihasilkan kecepatan MHz yang lebih tinggi. Kecepatan yang dimiliki adalah 20 kali lebih cepat dari generasi Pentium 3.

Packard Bell iXtreme 4140i merupakan salah satu PC komputer yang telah menggunakan Pentium-4 sebagai processor dengan kecepatan 1.4 GHz, memory RDRAM 128 MB, Harddisk sebesar 40 GB (1.5 GB digunakan untuk recovery), serta video card GeForce2 MX dengan memory 32 MB. HP Pavilion 9850 juga merupakan PC yang menggunakan Pentium-4 untuk processornya dengan kecepatan 1.4 GHz. PC Pentium-4 Hewllett-Packard ini dating dengan dominan warna hitam dan abu-abu. Dibandingkan dengan PC lainnya, Pavilion merupakan PC Pentium-4 dengan fasilitas terlengkap. Memory yang dimiliki sebesar RDRAM 128 MB, Harddisk 30 GB dengan monitor sebesar 17 inchi.

 

 

 

 

 

http://hermawayne.blogspot.com/2011/04/5-generasi-dalam-sejarah-komputer.html

 

http://www.academia.edu/5940604/SEJARAH_KOMPUTER_GENERASI_1-4

 

 

 

Cara Menggunakan Komputer Sehat

2 March 2015

Cara Menggunakan Komputer Sehat

Nah buat kalian yang suka berjam-jam kerja didepan komputer harus tau bagaimana sih posisi yang sehat didepan PC kita. Nah berikut ini  adalah posisi PW dan disarankan para ahli.
Posisi yang sehat didepan PC1. Posisi Tubuh

Badan pada posisi tegak didepan komputer dan jarak pandang antara mata dan monitor sekitar 45-70cm.

2. Letak posisi Komputer

Bagi pengguna komputer desktop, sesuaikan posisi keyboard, monitor, dan mouse agar kita bisa mendapatkan posisi yang cocok untuk tubuh kita seperti di gambar 1.

3. Penggunaan Mouse

[img][/img]

Ketika menggunakan mouse usahakan agar pergelangan tangan berada pada posisi tidak menggantung atau lebih rendah dari mouse. Usahakan agar posisinya sejajar antara pergelangan tangan dan mouse. Posisi jari tangan usahakan agar selalu lurus ketika ‘idle’.

4. Penggunaan Keyboard

Seperti pada penggunaan mouse, ketika menggunakan keyboard usahakan agar selalu sejajar seperti terlihat pada gambar.

TIK

23 February 2015

Tema hari ini belajar tentang bloh dan email yang melalui gapura.ub.ac.id, kemudian cara masuk ke student kemudian masukan email melalui username dan password SIAM

kemudian langsung akan masuk ke email ub.

cara masuk ke blog melalui  ke student blog yang kemudian masukan username yang telah di buat dan pass yang telah dibuat kemudian login

 

Hello world!

23 February 2015

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!