Newest Posts

search engine

bagaimana SEARCH ENGINE itu…????

semakin bertambah tahun, website semakin banyak dan semakin mengalami kemajuan. bahkan jumlahnya dan perluannya pun berbeda-beda. sehingga muncullah search engine yang memudahkan peselancar internet untuk mengakses website-website yang dibutuhkan. sama halnya dengan website, search engine pun sangat banyak ditemui, namun pada umumnya pengguna internet lebih memilih google sebagai alternatif mencari web-web yang dibutuhkan. terutama bagi para mahasiswa dan pelajar lainnya.

selain google, masih banyak lagi search engine lainnya yang biasa dipakai berbagai operator d berbagai belahn dunia yan lain.  Sebenarnya bagaimana dan apa saja komponen di dalamnya yang membuat google dan SEO lainnya bisa melakukan pencarian data sesuai dengan yang diinginkan operator.

Search engine, sesuai dengan namanya yang memiliki arti mesin pencari. Search engine adalah mesin pencari file atau data yang tersimpan dalam computer atau dalam web. Mesin pencari data atau file ini mengumpulkan data  melalui newsgroup, database besar, atau direktori terbuka seperti DMOZ.org. Sebagian besar bentuk search engine memiliki database yag memuat index data dari setiap halaman web yang dicari. Didalam index terdapat alamat serta kata-kata yang sering dipakai sebagai kata kunci dalam pencarian data untuk lebih mudah melakukan pencarian data atau file yang akan dilakukan dilain waktu.

Secara umum SEO atau search engine memiliki komponen sebagai berikut :

  • Spider

Merupakan komponen utama yang wajib dimiliki search engine, spider melakukan pencarian data dan file langsung di dalam database. Hamper sama dengan browser, namun perbedaannya hanya pada tampilan data yang ditemukan berupa gambar, text, dan sebagainya.

  • Crowler

Salah satu komponen yang dimiliki search engine, memiliki tugas membantu spider dalam menentukan arah pencarian data oleh spider dengan menyelusuri link dan mengevaluasinya.

  • Indexer

Ketika akan mencari web atau file, maka operator akan menggunakan kata kunci dari file atau web tersebut. Maka tugas daripada indexer adalah melakukan penelusuran didalam web dan data yang dicari secara terperinci dari cara penulisan title dan penulisan huruf atau kata-kata yang ada dalam file dan web yang dicari, sehingga indexer bisa lebih mengenali data dengan keyword yang dimasukkan.

  • Database

Merupakan tempat meletakkan hasil pencarian yang telah dilakukan spider serta data yang telah dianalisis dengan indexer.

  • Result Engine

Adalah Progam  di dalam search engine yang menggolongkan website dan memberikan peringkat sesuai dengan ketentuan search engine yang digunakan. Pada umumnya pemberian peringakat pada website ini berdasarkan jumlah banyaknya website itu diunjung atau dicari/diinginkan.

  • Web Server

Sedang bagian yang terakhir adalah web server. Bagian ini merupakan komputer central yang ada pada search engine yang yang melayani permintaan kepada user yang merupakan umpan balik dari permintaan user tersebut.

Hello world!

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!