Struktur DMA – Direct Memory Access

  DMA – Direct Memory Access dapat diartikan sebagai suatu metode pengguna i/o dimana device controler langsung berhubungan dengan memory utama tanpa intervensi CPU.
  • DMA (Direct Memory Acces) ialah sebuah prosessor khusus (spesial purpose  processor) yang berguna untuk menghindari pembebanan CPU utama oleh program I/O.

setelah Men-set bugger, printer & counter untuk perangkat i/o devices controler mentransfer blog data langsung ke penyimpanan, DMA digunakan sebagai perangkat i/o berkecepatan tinggi yang mampu mengirim informasi yang mendekati kecpatan memory. hanya terdapat satu intruksi yang di hasilkan per blog yang berbeda dengan perangkat yang mempunyai kecepatan tendah di mana intrupsi terjadi per byte.

       Keuntungan menggunakan mode DMA dapat dilihat pada operasi multitsting seperty UNIX ,karena transfer data yang mode DMA akan menghematsumber daya CPU shg cpu dapat menggunakan sumber daya tersebut untuk yang lain. Sedangkan pada DOS kita harus menunggu operasi selesay terlebih dahulu baru bisa menggunakan  yang lainnya.
Ada dua jenis DMA :
1. Thrid-party DMA yang menggunakan DMA controler yang terdapat pada Motherboard untuk mengerjakan proses.
2.  Frish-party DMA Busmastering DMA dimana proses di kerjakan oleh bagian logic di interface card.

 

About Sam

Mahasiswa di Jurusan Teknik Informatika Univ Brawijaya