pengertian polimorfisme/polymorphism dan Class Abstrak

 pengertian polimorfisme/polymorphism dan Class Abstrak

1.      Polimorfisme

Polimorfisme merupakan konsep yang menyatakan sesuatu yang sama dapat memiliki bentuk dan perilaku yang berbeda. Istilah Polimorfisme berasal dari bahasa Yunani yang berarti “Mempunyai banyak bentuk”.

Polimorfisme merupakan kemampuan objek-objek yang berbeda kelas namun terkait dalam pewarisan untuk merespon secara berbeda terhadap suatu pesan yang sama. Polimorfisme juga dapat dikatakan kemampuan sebuah objek untuk memutuskan method mana yang akan diterapkan padanya, tergantung letak objek tersebut pada jenjang pewarisan. Sebagai contoh seumpama kita memiliki 3 class berbeda yaitu: “Motor”, “Mobil” dan “Pesawat”. Dimana ketiga class tersebut adalah turunan dari class “Kendaraan”. Dalam kelas kedaraan terdapat suatu method yaitu “Perpindahan()”, akan tetapi apakah method “Perpindahan ()” akan memberikan hasil yang sama pada tiga class tersebut. Dimana jika method “Perpindahan ()” dipanggil pada class “Motor” akan menghasilkan perpindahan 30Km, jika pada class “Mobil” akan menghasilkan perpindahan 70Km dan jika dipanggil pada class “Pesawat” akan menghasilkan perpindahan 300Km.

Polimorfisme dapat berupa overloading atau overriding :

  1. Overloading yaitu beberapa metode dapat memiliki nama yang sama dengan isi dan parameter yang berbeda di dalam sebuah kelas.
  2. Overriding yaitu beberapa metode pada kelas orang tua dapat ditulis ulang pada kode kelas anak dalam pewarisan (inheritance) dengan memiliki nama yang sama dan memiliki isi ataupun parameter yang sama atau berbeda.
  1. 2.      Class Abstrak

Abstract class adalah kelas yang terletak pada posisi tertinggi pada hierarki kelas. Kelas ini digunakan sebagai basis bagi penurunan kelas lainnya, sehingga abstract class tidak dapat diinstansiasi secara langsung menjadi object. Suatu abstract class bisa mengandung method kongkrit dan/atau method abstract. Abstract method merupakan suatu method yang tidak mempunyai badan method. Hanya berupa nama method dan parameter inputan method. Ketika suatu abstract class diturunkan / diextends, maka subclass harus mengimplementasikan semua method abstract pada parent/ base class. Jika tidak mengimplementasikan semua method abstract maka subclass harus dideklarasikan sebagai abstract class.

Abstract Class Dalam Java Abstract class dalam java digunakan untuk mendeklarasikan karakteristik umum dari subclass. Abstract class tidak bisa diinstansiasi sama halnya dengan kelas interface. Abstract class hanya bisa digunakan sebagai super class, tapi juga bisa diturunkan dari class abstract lainnya. Untuk mendeklarasikan sebuah abstract class digunakan keyword abstract. Selain class abstract terdapat juga method abstract  yang berada di class abstract.

About Sam

Mahasiswa di Jurusan Teknik Informatika Univ Brawijaya