Maeslantkering !! apa kue Kering ?

Maeslantkering? apa itu?

Bagi yang belum tahu dengan kata tersebut mungkin berpikir “makanan” apa itu? Jangan-jangan sejenis kue-kue kering?

The Maeslantkering adalah sebuah penghalang/pelindung/barrier gelombang badai di jalur perairan Nieuwe Waterweg yang berlokasi di antara kota Hoek van Holland dan kota Maassluis, Zuid Holland, Belanda.

Bangunan ini salah satu dari Proyek Delta (Delta Works) dan merupakan satu-satunya struktur bergerak terbesar di dunia menyaingi Teleskop Green Bank di Amerika Serikat dan ekskavator Bagger 288 di Jerman (Wikipedia).

 

Semuanya bermula dari kondisi topografis Belanda yang sebagian besar terletak di bawah permukaan laut dan berada di delta muara sungai-sungai besar di Eropa, seperti Rijn, Maas, Ijssel, dan Schelt. Kondisi tersebutlah yang menyebabkan penduduk Belanda menjadi bermusuhan dengan air, terutama ketika musim penghujan tiba. Air yang melimpah dan didukung kondisi topografis yang berada di bawah permukaan laut menyebabkan Belanda berlangganan banjir hampir setiap tahunnya.

Banjir besar pernah melanda Belanda pada tahun 1953. Korban jiwa akibat banjir ketika itu sangat besar, Sungguh sebuah bencana yang membuat penduduk Belanda tidak ingin mengalaminya lagi hingga menyebabkan lahirnya “Delta Works”.

 

 

Delta Works dapat dikatakan sebagai awal mula lahirnya teknologi pengelolaan air di Belanda yang dikenal hebat. Proyek tersebut merupakan proyek raksasa pembangunan tanggul penahan gelombang laut. Proyek yang berlangsung hingga berpuluh tahun ini dimaksudkan untuk melindungi area yang luas di barat daya Belanda dari hempasan air laut di sebelah utara sehingga air yang akan memasuki Belanda menjadi tertahan di bendungan yang dibangun di mulut-mulut sungai.

Terbukti, hingga saat ini, proyek rumit yang diselesaikan dalam kurun waktu 50 tahun tersebut, berhasil “mengamankan” Belanda dari bahaya banjir dan membuat sistem pengelolaan air di Belanda menjadi yang terbaik di dunia. Bahkan dapat dikatakan bahwa Delta Works berhasil “menciptakan” Belanda itu sendiri. Ya, Delta Works secara tidak langsung memberikan arahan terhadap tata kota Belanda: kanal-kanal yang indah, jalur air yang sangat berguna bagi transportasi, dan lain sebagainya.

Walau demikian, Delta Works tidak berhenti begitu saja. Belanda dengan Delta Works-nya terus berencana untuk memperkuat bendungan dan tanggul yang telah dibangun karena pertimbangan perubahan cuaca serta permukaan air laut yang terus naik.

 

 

Kembali ke Maeslantkering…
Maeslantkering ini berupa sepasang pintu/penghalang berbentuk busur dengan struktur lengan berupa rangka baja dengan ukuran tinggi 22 meter dan panjang 210 meter. Lebar sungai Maas di lokasi gerbang adalah 360 meter. Konstruksi dimulai pada tahun 1991 dan selesai pada 1997 dengan biaya sebesar 450 juta Euro. Desain Maeslantkering disayembarakan, Tim Desain Wim Quist berhasil memenangi sayembara yang diadakan oleh Pemerintah Belanda menyisihkan 5 kontestan lainnya.
Salah satu pusat ekonomi yang penting bagi Belanda adalah kota pelabuhan Rotterdam. Bagi Rotterdam air memiliki dua wajah. Di satu sisi air adalah garis kehidupan budaya dan ekonomi dan di sisi lain merupakan ancaman yang mematikan kepada penghuni. Pembangunan Maeslantkering adalah salah satu strategi yang dikembangkan untuk melindungi kota dari gelombang badai.

Ini adalah penghalang badai dengan dua lengan bergerak, ketika lengan terbuka perairan Maas akan tetap merupakan jalur pelayaran penting namun ketika lengan menutup penghalang badai untuk kota Rotterdam terbentuk. Proses menutupnya pintu Maeslantkering sepenuhnya otomatis dilakukan tanpa intervensi manusia.

Referensi

(Dari berbagai sumber di google)

Avatar of Sam

About

Mahasiswa di Jurusan Teknik Informatika Univ Brawijaya

Avatar of Sam

About Sam

Mahasiswa di Jurusan Teknik Informatika Univ Brawijaya

One thought on “Maeslantkering !! apa kue Kering ?

Leave a Reply