Kuliah di Jurusan Informatika

ya memang informatika itu susah-susah gampang

Kuliah di Jurusan Informatika

Pertama kali kita mendengar kuliah di jurusan Informatika pastilah kita semua hal yang berhubungan dengan komputer dan hal-hal rumit yang berhubungan dengan dunia elektronik dan segala sesuatu yang dianggap canggih dan wah.  Tetapi apa sich sebenarnya kuliah di jurusan Informatika itu??

Sebenarnya kuliah jurusan informatika itu sendiri tidak seperti yang kebanyakan orang awam bayangkan, memang ada beberapa yang ada benarnya tetapi ada juga banyak salahnya hal ini karena banyaknya cerita-cerita atau film-film fiksi ilmiah yang di pertontonkan kepada kita pada kebanyakan film fiksi ilmiah. Kebanyakan fiksi-fiksi ilmiah hanya memberikan gambaran dan ide akan kemungkinan teknologi yang dapat berkembang dan meskipun ide teknologi itu dalam beberapa hal tidak bisa di wujudkan. Tetapi ada beberapa yang benar tetapi boleh saya katakan bahwa apabila kita membayangkan kuliah jurusan Informatika dengan film fiksi ilmiah yang ada hasilnya hanyalah tiga puluh sampai empat puluh persen saja yang benar dan yang lainnya masih dalam tahap pengembangan dan belum tentu dapat terwujud.

Yang sebenarnya terjadi pada kenyataannya adalah kita mahasiswa mendapat dasar-dasar dari pengetahuan tentang sebuah teknologi dan selanjutnya teknologi yang sudah canggih dan wah hanya digunakan pada perusahaan-perusahaan besar yang mampu mendanai dan hanya beberapa saja yang kita dapatkan dari bangku perkuliahan.

KULIAH di JURUSAN INFORMATIKA

Kuliah Jurusan Informatika sendiri sebenarnya merupakan cabang dari Computer science yaitu yang biasa disebut dengan Teknik Informatika atau ilmu komputer.  Hal ini mengacu pada kurikulum di Indonesia. Adapun acuan kurikulum informatika atau komputer di Indonesia terbagi menjadi 3 jurusan

  1. Computer Science, untuk program studi (jurusan) Teknik Informatika atau Ilmu komputer. mempelajari antara lain tentang bagaimana mengembangkan robotic, computer vision, intelligence system, bio – informatika, dan hal – hal lainnya yang terkait dengan pengembangan komputer kedepannya. Untuk itu, ilmuwan komputer ini harus mempelajari berbagai hal secara teoritis hingga dasar – dasar algoritma dan mengetahui cara mengimplementasikannya. Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan dengan kemampuan cukup luas dimulai dari penguasaan teori (konsep) dan pengembangan software.
  2. Computer Enginering, untuk program studi (jurusan) Sistem Komputer atau Teknik Komputer mempelajari tentang bagaimana mendisain dan merancang konstruksi komputer dan sistem berbasis komputer yang baik. Ilmu yang terlibat adalah mengenai hardware, software, komunikasi dan tentu saja memahami proses interaksi antara bagian tersebut. Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem yang terintegrasi baik software maupun hardware
  3. Informatika System, untuk Sistem Informatika atau Manajemen Informatika, mempelajari antara lain tentang bagaimana membangun dan mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis yang ada, sehingga suatu institusi bisnis akan dapat mencapai tujuannya dengan efektif dan efisien. Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis kebutuhan (requirement) dan proses bisnis (business process) serta mendesain sistem berdasarkan pada tujuan organisasi.
Itulah sebenarnya perbedaan dari semua jurusan informatika atau jurusan komputer yang ada di Indonesia, dan tidak hanya melulu membuat sesuatu yang canggih seperti yang ada di film fiksi ilmiah. Bahkan pernah juga saya diminta untuk memperbaiki handphone yang rusak, mentang-mentang saya lulusan teknik informatika kemudian dianggap bisa memperbaiki semua hal yang berkaitan dengan teknologi bahkan pernah pula diminta untuk memperbaiki televisi 😛 . saya hanya berpikir saya bukan teknik elektro 😀
Kebanyakan kuliah di  Jurusan Informatika di perguruan tinggi di Indonesia hampir sama semua kurikulumnya hanya bobot dan pembebanan mata kuliah atau bidang studi yang berbeda yang nantinya menentukan kelanjutan karir dari mahasiswanya.
Ya itulah semua gambaran tentang perkuliahan teknik Informatika, atau kuliah jurusan informatika. Semoga informasi yang saya berikan bisa berguna untuk semuanya terutama bagi mahasiswa yang akan mengambil atau berminat untuk memasuki dunia perkuliahan informatika.

Untuk informasi tentang perguruan jurusan informatika atau jurusan komputer maupun sistem informatika bisa di lihat pada artikel saya yang berjudul Kuliah Jurusan Komputer.

Salam , semoga bermanfaat

About Sam

Mahasiswa di Jurusan Teknik Informatika Univ Brawijaya