Be the World Class Entrepreneurial University

Genap sudah Univ Brawijaya 51 tahun berdiri  dan melayani neger ini, generasi ke-51 merupakan generasi emas untuk menjadikan world class entrepreneurial university ,

Sesuai dengan visi UB: ”Menjadi universitas unggul yang berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat”, mengandung makna bahwa ada dua sasaran yang hendak dicapai UB, yakni menjadi universitas berkelas dunia (world class) dan bermanfaat bagi pembangunan (etrepreneurial university). nahh salah satu cara untuk

Pengertian Entrepreneurial University harus harus dijabarkan melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT), yaitu: pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dimana melalui misi Tri Dharma PT ini peran Perguruan Tinggi
sebagai pelopor dan penggerak pembangunan benar-benar dapat terlihat di masyarakat. Sebagai Entrepreneurial University, UB berusaha mencetak lulusannya berjiwa dan berkemampuan wirausaha, hasil-hasil risetnya bermanfaat bagi pembangunan dalam arti IPTEK baru hasil riset dosen dan mahasiswa dapat dikembangkan menjadi unit usaha baru di masyarakat. Demikian pula dalam bidang layanan masyarakat harus diarahkan kepada penciptaan dan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah.

Tonggak awal (milestone) telah ditetapkan pada Rakerpim Tahun 2009 dengan program ”Akselerasi UB menuju World Class Entrepreneurial University yang menjadi prioritas dalam periode lima tahun pertama, yang kemudian lebih diperjelas dengan program “Pemantapan Langkah UB menuju World Class, Entrepreneurial University” dalam periode tahun berikutnya.

 

 

Universitas Brawijaya (disingkat UB) diresmikan sebagai Universitas Negeri pada tahun 1963. Saat ini UB merupakan salah satu universitas negeri yang terkemuka di Indonesia yang mempunyai jumlah mahasiswa lebih dari 30 ribu orang dari berbagai strata mulai Program Pendidikan Vokasi(Diploma), Program Sarjana, Program Magister dan Program Doktor selain Program Spesialis dan Program Pendidikan Profesi yang tersebar dalam 12 Fakultas dan 2 Program.

Univ Brawijaya yang telah melewati berbagai proses dalam perkembangannya seperti tersebut dibawah :

1963:   UB menjadi universitas negeri 5 Januari 1963 dengan fokus kegiatan pada pengajaran (teaching university)
1996:   UB menjadi Universitas Penelitian (Research University) bersamaan dengan pembukaan program pasca sarjana.
2007:   UB ditetapkan menjadi Entrepreneurial University pada 2 Juni 2007 yang disaksikan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.
2007:   Sebagai rintisan menuju World Class University, telah dimulai pembukaan Kelas Bahasa Inggris, Program Double Degree dengan PT luar negeri dan akreditasi internasional.
2008:   UB berubah status menjadi BLU (Badan Layanan Umum), ditetapkan 17 Desember 2008.
2008:   UB diakui menjadi universitas kelas dunia (World Class University) dengan peringkat 500+ berdasarkan THE-QS.
2009:   UB menempati peringkat atas (A) pada tingkat nasional berdasarkan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) Nomor: 015/BAN-PT/Ak.II/Inst/I/2009.
2009:   Arah pengembangan UB ditetapkan sebagai: World Class Entrepreneurial University.
2011:   UB meraih sertifikat ISO 9001:2008 untuk semua Fakultas dan unit kerja.
(Sumber : Renstra UB 2011-2015
)

 

 

 

Nahh, apakah saat ini Univ Brawijaya benar-benar telah menjadi World Class Entrepreneurial University ? Apakah dengan 12 Fakultas, 2 Program Pendidikan, 1.482 Dosen termasuk 179 Guru Besar, 30.605 Mahasiswa, ribuan staf dan pegawai informal lainnya (selengkapnya dapat dilihat disini) kampus kita ini layak menyandang gelar tersebut?

Mari kita renungkan bersama. Dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi disebutkan bahwa komponen utama Perguruan Tinggi adalah Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Saat ini kualitas UB dalam Pendidikan dan Penelitian sudah tidak perlu diragukan lagi.
Terbukti dengan diraihnya akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melalui Keputusan BAN PT No. 015/BAN-PT/Ak-II/Inst/I/2009 pada tanggal 10 Januari 2009 sehingga dengan demikian, UB adalah 1 dari 2 perguruan tinggi di Jawa Timur yang terakreditasi A yaitu bersama ITS.
Peringkat Universitas Brawijaya pada tahun 2010 adalah peringkat 2026 di dunia dan peringkat 10 di Indonesia versi Webometrics, peringkat 500-600 di dunia dan peringkat 10 di Indonesia versi The QS, peringkat 972 di dunia dan peringkat 6 di Indonesia versi 4 ICU.
Tahun 2012 (dirilis 30 Juli 2012, versi Webometriks), peringkat 8 di Indonesia, peringkat 29 ASEAN, peringkat 837 di dunia.
Selain itu, UB juga berhasil meraih Juara Umum PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) yang diadakan oleh dirjen Dikti sebanyak 3 kali, yaitu 2008,2009 dan 2012.
Yang tidak boleh dilupakan  pula adalah  pengakuan dari lembaga Akreditasi Internasional yang diraih Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)  dari ABEST 21 yang berpusat di Jepang. Ini membanggakan karena FEB – UB mencatatkan diri sebagai yang pertama di Indonesia yang memperoleh akreditasi Internasional ini (selengkapnya baca disini).  Serta jangan lupakan pula  program studi Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP), jurusan THP dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) yang juga baru saja meraih akreditasi internasional dari IFT-USA (selengkapnya baca disini).

Lalu bagaimana kaitannya dengan Entrepreneurial University yang berkelas dunia, selain menanamkan menanamkan jiwa kewirausahaan kepada mahasiswanya melalui mata kuliah Kewiraan dan adanya kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) maupun Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), yaitu Program Kewirausahaan yang didanai DIKTI jangan lupa bahwa UB telah memiliki Inkubator Bisnis.

Namun sesungguhnya apa entrepeneurial university itu? Menurut Helmy Yahya yang presenter terkenal sekaligus alumnus STAN dan dikenal sebagai raja kuis Indonesia, “Entrepreneur adalah kemampuan kita untuk menjual,” Sementara menurut Joko Susilo untuk menjadi Entrepeneur yang baik kuncinya adalah:

  1. Anda harus mengetahui masalahnya
  2. Anda ciptakan solusinya.
  3. Beri nilai tambah dan inovasi

Lalu bagaimana dengan UB. Sebelum berpikir terlalu luas mari kita mulai dari diri sendiri. Mari kita ubah mindset kita agar selalu memacu semangat setiap hari, selalu memotivasi diri, dan tersenyum dalam segala situasi. Entrepreneur akan melihat masalah sebagai suatu tantangan (sehingga tidak lagi mengeluh tentang kemacetan di dalam area kampus, keruwetan parkir, tidak on-time nya pelayanan dan lain sebagainya-misalnya- tetapi justru mencari solusi dan inovasi atas permasalahan yang ada.

Semoga dengan semangat perayaan ultah emas UB, setiap civitas akademika UB mampu menjadi entrepeneur sejati sehingga UB benar benar menjadi WORLD CLASS ENTREPENEUR UNIVERSITY yang sesungguhnya.

 

 

baca juga  UB BLOGMETRICS AWARD 2012

About Sam

Mahasiswa di Jurusan Teknik Informatika Univ Brawijaya