http://3.bp.blogspot.com/-Cq0Q_F50ZHA/UailwM6fWAI/AAAAAAAAAuM/gpMG4PU9Htw/s1600/aaaa.jpg

Masuk pada jaman yang bergerumun serba teknologi dan komputerisasi, IT merupakan pekerjaan yang menjanjikan untuk masa depan

 

Indonesia adalah negara merdeka. Merdeka dengan predikat dasar hukum yang demokratis. Demokratis memunculkan sebagai penerus bangsa yang penuh semangat. Namun hal ini masih belum terarahkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang semakin banyak. Badan Pusat Statistik (BPS) telah mencatat, jumlah pengangguran di Indonesia masih cukup tinggi dengan kapasitas penduduk yang semakin terbanjiri pula. Data-data yang dilansir menggambarkan peningkatan angka pengangguran. Hingga ada sekitar kurang lebih 7,17 juta warga negara Indonesia yang belum memiliki pekerjaan atau masih menganggur. Apabila melihat dari sudut pandang teknologi informasi sistem komputer yang terus-menerus mengeluarkan era terbaru dari setiap jenjangnya, maka setelah menyelesaikan studi di perguruan tinggi, para alumnus pastinya akan menemukan dunia baru yang akan dihadapi yakni tantangan dunia kerja. Persaingan demi persaingan lapangan kerja ke depan akan semakin ketat bak teknologi yang selalu up to date. Sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit, untuk itu setiap mahasiswa sejak dini harus memiliki planning perencanaan guna mencapai keberhasilan sukses selanjutnya. Dunia pasti berputar pada porosnya mengelilingi matahari dan bulan, tidak ada sesuatu yang impossible, sukses adalah 99% kerja keras, menunjukkan yang terbaik, menjadi pembeda dan melakukan apa yang disukai sebagai acuan kesuksesan. Sebelum awal memasuki dunia kerja, do your assignment! Untuk mendapatkan suatu karir yang baik, rise to fight. Pembeda. Sebagai alumnus, juga harus membangun curriculum vitae yang menarik. Mengenali bakat pada diri sendiri, from zero to hero,  kekuatan dan kelemahan. Tidak ada usaha yang dibangun, dilakukan dengan sepenuh hati akan sia-sia begitu saja, semua pasti mempunyai makna, you get the point, deal or no deal sebagaimana dahulu pada saat memasuki perguruan tinggi, menemukan atmosfer persaingan yang demikian ketat. Setelah lulus pun kembali memasuki atmosfer persaingan level berikutnya, yaitu persaingan dalam dunia kerja. Dengan modal satu lembar ijasah, untuk mencari kerja itu memang tidak gampang. Pada dasarnya keberhasilan sesorang adalah dalam belajar, live is passion, fighting spirit, survival, ability, motivation, attitude and aware.

Sistem komputer, setidaknya harus menguasai 1/5 bagian dalam hal information, 2/5 bagian menguasai device, 3/5 mengusai programe, dan 4/5 bagian adalah analize dibentuk untuk memudahkan dan menunjang prospek kerja. Banyak sekali bermunculan bisnis-bisnis baru yang berkembang dengan sangat pesat. Bisnis rumahan yang beromset ratusan juta hingga milyaran sangat menjamur akhir-akhir ini. Imbas yang kita harapkan dari menjamurnya bisnis-bisnis kecil atau rumahan adalah dapat memperbaiki perekonomian suatu negara dan mensejahterakan rakyat, serta tidak menutup kemungkinan bisnis-bisnis kecil dapat menjadi bisnis yang berskala besar dan berskala global.

Masuk pada jaman yang bergerumun serba teknologi dan komputerisasi, IT merupakan pekerjaan yang menjanjikan untuk masa depan. IT dapat diterjemahkan sebagai seorang yang ahli dalam bidang teknologi informasi, hardware (prangkat keras), software (perangkat lunak), komputasi, coding (pemrograman),  jaringan dan internet. Profesi IT banyak sekali cabangnya. Yang berrelasi dengan perangkat lunak misalnya; programer, web designer, web programmer, sistem analis. Kemudian dengan perangkat keras misalnya; technical enginner (teknisi), networking engineer (jaringan). Sedangkan yang berkaitan dengan operasional sistem informasi, misalnya; EDP, sistem administrator. Begitu banyak pilihan pekerjaan di bidang IT, tentunya merupakan kesempatan yang besar.

Bidang IT sangat berpengaruh terhadap bidang segala pekerjaan. Penyiapan surat-menyurat sampai arsip dilakukan dengan bantuan komputer. Penggunaan komputer dalam bidang animasi untuk membantu pembuatan film kartun dengan memanfaatkan kemajuan-kemajuan dalam bidang grafika dan pengolahan citra. Pemanfaatan komputer di perpustakaan untuk membantu pemakai dalam menelusuri indeks subjek dan indeks pengarang. Jumlah informasi yang disimpan di perpustakaan cenderung membesar dari waktu ke waktu, sehingga tanpa bantuan komputer pencarian informasi akan semakin sulit dilakukan. Penggunaan komputer di rumah sakit-rumah sakit semakin berkembang. Tanpa dukungan layanan administrasi yang memadai, mutu pelayanan medis tidak akan optimal, disebabkan banyaknya pasien dan sifat berulangnya pengobatan pasien. Selain itu komputer dapat dimanfaatkan untuk menganalisis kasus berdasarkan data yang telah disimpan. Pemesanan tiket pesawat. Hampir seluruh penerbangan internasional telah menerapkan fasilitas ini. Komputer membantu dalam menempatkan pesanan tiket  pada jadwal yang diminta, perubahan jadwal , perubahan pesanan sampai pada penentuan penerbangan. Administrasi negara juga sudah sejak beberapa tahun lalu memanfaatkan jasa komputer. Misalnya administrasi data kepegawaian, administrasi data kependudukan. Dinegara maju, cakupan aplikasi bidang administrasi sudah sangat luas sehingga jumlah data yang disimpan mencapai milayaran karakter atau huruf dan melibatkan penggunaan ratusan komputer sekaligus. Penggunaan komputer dalam bidang industri sudah lama dimanfaatkan dinegara-negara maju, pada umumnya berfungsi sebagai pengendali proses produksi memanfaatkan kemampuan dan ketelitiannya yang tinggi.

Globalisasi terus menampakkan kecanggihannya sehingga manusia dimanjakan oleh semua benda elektronik dengan tujuan yang beraneka ragam. Maka, inilah peluang besar untuk mendirikan sebuah industri elektronik dengan desain bisnis  yang sangat populer dan berskala besar. Karena semakin bertumbuhnya global maka barang elektronik merupakan hal ihwal yang sangat penting untuk semua orang. Karena elektronik sangat menguntungkan juga sangat cepat untuk menerima berbagai macam informasi. Tanpa informasi semua orang takkan mengetahui apa yang akan terjadi sekarang, besok, lusa, minggu depan, bulan depan dan beberapa tahun yang akan datang. Apa yang sekarang dianggap baru dan up to date tak perlu waktu lama sudah dianggap usang, memunculkan inovasi-inovasi terbaru.

Desain smartphone yang beredar sekarang ini sangat canggih, futuristik, modern dan biasanya kuat terhadap benturan.

Sudah tidak menjadi asing lagi terdengar di telinga para masyarakat yang namanya smatrphone. Unbelieveable, bahwa tahun ini akan banyak muncul smartphone yang begitu fantastis. Desain smartphone yang beredar sekarang ini sangat canggih, futuristik, modern dan biasanya kuat terhadap benturan. Smartphone pada umumnya hanya sedikit memiliki tombol, para penggunanya menggunakan touch screen atau layar sentuh. Maka ini merupakan target yang sangat besar sekali bagi computer engineering untuk mengembangkan dengan desain yang lebih menarik. Kita sebagai sistem komputer bisa mengembangkan dengan berbagai fitur, tidak sekadar pada mobilephone tapi dalam semua bidang. Salah satunya adalah maskapai penerbangan merupakan skala besar dan smartbusinees investasi yang tinggi dan sangat populer. Sebuah maskapai penerbangan menyediakan layanan transportasi udara untuk perjalanan penumpang dan atau barang.

Sambil menyelam minur air. Bagian otomotif tidak hanya mendesain saja, namun mengubah sistemnya pula berbasis smartauto. Otomotif yang meliputi merancang, mengembangkan, memproduksi, memasarkan dan menjual kendaraan bermotor keseluruh dunia dikembangkan dengan kapasitas dan sistem ekstra yang lebih fleksibel. Karena otomotif juga memegang peranan penting bagi masyarakat.

Sandang adalah kebutuhan dasar tingkat sekunder untuk setiap orang. Dari zaman dahulu perkembangan pakaian terus berubah. Sekarang setiap orang ingin berpakaian modis. Dengan berbasis smartmode maka trend pada pakaian tersebut tidak mengunggulkan kualitas namun kuantitas terselip pula model pakaian yang menyesuaikan dengan cuaca. (Hemz)
Eko Hilmi Firmansyah