USULAN BUS KAMPUS UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Bus Universitas Brawijaya yang merupakan salah satu sumbangan dari bapak presiden RI tahun 2004, memiliki mesin HINO RKT, cukup lama sebenarnya… Tampilan bodi busnya pun masih original, yaitu Genesia buatan New Armada (sebuah karoseri di Jawa Tengah).

Ini adalah bodi  Genesia, Bus Universitas Brawijaya.

DSC02801

Namun, seiring bertambahnya tahun dan perubahan zaman. Mesin dan bodi bus pun mengalami perubahan yang signifikan. Dimulai dari perubahan lampu besar hingga ke bagian yang sangat spesifik, contohnya: Air Suspension, Deck yang tinggi, Seat semi kulit, bagasi monoque, dan tipe aerodinamis bodi. Sudah ada bus kampus yang mempelopori perkembangan transportasi seperti hal tersebut, di antaranya Bus UIN Maliki Malang dan Bus Unisma (Universitas Islam Malang), yang masing-masing mempercayai bodi bus buatan adiputro, New Marcopolo dan Jetbus.

Dan ini hanya usulan saya saja, selaku mahasiswa Universitas Brawijaya dan seorang penggemar bus, alangkah baiknya apabila bis kampus UB ini direnovasi.

gambar di bawah ini merupakan usulan saya tentang renovasi bodi bus kampus UB.

bus UB Scorking RKT

 

Namun, apabila masih ada anggaran yang cukup untuk bus Kampus ini, lebih baik lagi membeli mesin bus terbaru, contohnya: Marcedes Benz  OH 1526,  OH 1626, OH 1830, atau OH 1836. Selain itu, bisa juga  mesin Hino RN 260 atau Golden Dragon.

Terima Kasih sudah membaca artikel saya… semoga usulan ini dapat dipertimbangkan oleh pihak terkait.

 

 

 

 

 

Tugas M-03, Survei Tanah dan Evaluasi Lahan

Koleksi peta rupa bumi/topografi, geologi, peta tanah, dan peta penggunaan lahan masing-masing asal daerah. Daerah asal saya yaitu Mojokerto, maka saya hanya mempostingkan Peta-Peta Lahan Mojokerto…

MOjokerto_2

 

 

 

 

 

 

Jawaban lengkapnya ada di Halaman lain blog ini: Tugas STELA

Tugas M-02 Survei Tanah dan Evealuasi Lahan

Bahan Kajian

Peta tanah : penyebaran satuan tanah keadaan tanah/lahan ® seperti pada legenda di pojok. 

Syarat peta :

  • Gambar yang mudah dipandang/dimengerti
  • Berunsur-unsur sifat yang dikehendaki tujuan
  • Beda tugas antara satuan-satuan peta
  •  Tidak membingungkan
  •  Sebagai sarana kerja yang efisien
  •  Satuan peta tanah (soil mapping unit) : tersusun dari kesatuan 3 satuan :
    • satuan tanah
    • satuan bahan induk beri gambar jelas tentang tanah dan wilayah
    • satuan wilayah

     

Asosiasi tanah : Beberapa jenis/seri tanah yang arealnya jelas, tapi batas penyebarannya tidak dapat ditetapkan karena rumit dan sempit.

Kompleks tanah: satuan peta yang tersusun atas beberapa satuan peta. Kategori peta tanah (ketelitian sesuai skala):

  1. Peta tanah bagan
  2. Peta tanah eksplorasi
  3.   Peta tanah tinjau
  4. Peta tanah tinjau mendalam
  5.  Peta tanah terinci
  6.  Peta tanah bagan (skhematic/generalised soil map)

 

Skala Peta adalah perbandingan antara jarak  di lapangan dengan jarak di peta.

Berdasarkan skalanya peta dapat dibedakan menjadi 5 macam, yaitu:
1.  Peta kadaster (peta teknis) yaitu peta yang berskala > 1 : 5. 000
2.  Peta skala besar, yaitu peta yang berskala 1 : 5. 000  – 1 : 250. 000
3.  Peta skala sedang, yaitu peta yang berskala 1 : 250. 000  – 1 : 500. 000
4.  Peta skala kecil, yaitu peta yang berskala 1 : 500. 000  – 1 : 1. 000. 000
5.  Peta geografis, yaitu peta yang berskala  < 1 : 1. 000. 000

Berdasarkan tipenya skala peta dibedakan menjadi 3, yaitu:

Skala angka/numerik/pecahan

Skala angka adalah skala yang menunjukkan perbandingan antara jarak di peta dan jarak sebenarnya dengan angka.

     Contoh: Skala angka 1 : 50.000, artinya jarak satu satuan yang tergambar pada peta sama dengan 50.000 satuan di permukaan bumi.  Berarti 1 cm di peta mewakili 50.000 cm jarak di lapangan.     Jika ada 2 buah kata, yaitu kata A dan B pada sebuah peta yang berskala 1 : 50.000 adalah 20 cm maka jarak sesungguhnya antara kota A dan B adalah :     = 20 cm x 50.000  = 1.000.000 cm = 10 km  

Skala garis/grafis

Skala Grafik ditunjukkan oleh garis lurus yang dibagi dalam beberapa ruas, dan setiap ruas menunjukkan satuan panjang yang sama.

              Contoh: Skala dibawah ini menunjukkan, bahwa satu bagian garis mewakili 5 km, jadi 1 cm pada peta sama dengan 5 km di lapangan.

Skala inchi/verbal (Indonesia tidak menggunakan skala inchi)

Skala Verbal adalah skala yang dinyatakan dengan  kalimat atau secara verbal. Skala ini sering terdapat pada peta-peta yang tidak menggunakan satuan pengukuran matrik, seperti peta-peta di Inggris. Contoh: 1 inchi to 1 mile, artinya 1 inchi pada peta menyatakan jarak 1 mil dilapangan. Apabila 1 mil = 63.360 inchi, maka skala tersebut bila dinyatakan dalam skala angka menjadi 1 : 63.360.

Jawaban lengkapnya ada di Halaman lain blog ini: Tugas STELA

Tugas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Modjopahit Tour, Travel, and Rental Bus

 

Modjopahit Bus  hadir sebagai layanan informasi dari tempat-tempat wisata dan perusahaan sewa bus pariwisata murah dan berkualitas yang ada di Jawa Timur, dengan tujuan yang memudahkan pelanggan mendapatkan pelayanan dan informasi tentang dunia pariwisata.

Kami menyewakan Bus Pariwisata untuk berbagai macam kebutuhan anda seperti Travelling, Meeting dan kebutuhan lainnya baik didalam maupun diluar kota (Jawa Timur dan di luar Jawa Timur).  Kami mengutamakan keamanan dan kenyamanan anda selama dalam perjalanan. Percayakan kepada kami solusi kebutuhan bus pariwisata anda. Tersedia Bus Pariwisata AC dan Non- AC dengan seat 28, 29, 42, dan 60.

Tarif kami, berdasarkan berikut:

  • Berlaku perbedaan tarif antara weekend-weekdays dan low season-high season.
  • Tarif sudah termasuk BBM.
  • Tarif tidak termasuk tarif tol, parkir, penyebrangan, pemandu wisata, penginapan-makan-dan tips driver/co-driver.
  • Berlaku perbedaan tarif antara 28 seat, 30 seat, 42 seat dan 60 seat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tarif dapat berubah sewaktu-waktu dan Anda akan mendapatkan tarif yang lebih murah, jika Anda memesan jauh-jauh hari.

Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi kami

CP: 085733527799

Bis-Bis yang menjadi sorotan di kawasan Jawa Timur

 

 

 

 

 

 

Sumber Grup -  Sumber Kencono,  Sumber Selamat, Sugeng Rahayu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

untuk keterangan tentang po. Sumber Kencono: http://blog.ub.ac.id/hermanferdian/p-o-sumber-group/

 

Berikut adalah jadwal bus Sumber Kencono Semarangan dari terminal Bungurasih Surabaya-Tirtonadi Solo-Terboyo Semarang:

7745       05.38 12.30 17.10

7805       06.40 13.30 18.10

7721       07.30 14.30 19.10

7640      09.00 15.55 20.45

7804       10.30 17.30 21.20

7801        11.30 18.37 22.40

7742       12.25 19.15 23.30

7802        13.30 19.50 00.10

7803        15.00 21.25 01.10

7672        15.25 21.55 01.30

7671        16.25 23.05 02.50

7722        17.50 23.50 03.40

7674        18.35 00.30 04.20

7741        19.40 01.35 04.45

 

Perlu dicatat bahwa saat ini bus Sumber Kencono untuk line Semarang yang dioperasikan semuanya adalah ATB (AC Tarip Biasa). Seluruhnya adalah Legacy kecuali yang 7640, yang Nucleus.

Sumber:
1) http://sumberkenconomania.wordpress.com/

 

Sekilas video sumber kencono :

YouTube Preview Image

 

 

Mira-Eka

 

 

 

 

 

 

 

 

keterangan lebih lanjut untuk sejarah P.O. Eka-Mira : http://blog.ub.ac.id/hermanferdian/p-o-eka-mira/

 

ini salah satu video bus Eka:

YouTube Preview Image YouTube Preview Image

 

Akas Grup – Akas 1, Akas 2 ( Akas NNR) , AKas Green, Akas 4, Mila

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ini adalah video  (akas NNR) rombongan bis Akas Asri:

YouTube Preview Image

 

Restu Grup – Restu, Sinar Mandiri Mulia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

video menarik saat perjalanan di Jawa Tengah :

YouTube Preview Image YouTube Preview Image

Karoseri Tentrem

 

Mungkin hanya warga di sekitar Malang dan Jawa Timur yang mengenalnya sebangai bagian dari PO Tentrem. Tepatnya bengkel karoseri bus, yang awalnya khusus untuk kebutuhan PO Tentrem sendiri.

Didirikan pada tahun 1986 oleh Tatang Wahyudi, pemilik PO Tentrem, karoseri ini banyak belajar seiring dengan bertambahnya waktu. Selamat diterpa krisis moneter, 1997-1999, bengkel karoseri bus Tentrem mulai bangkit. Awalnya mengerjakan karoseri yang ramai diminati pasar. Termasuk diantaranya tahun 2005 membangun model Inspiro, model yang menonjolkan kaca samping depan kiri-kanan dihiasi dengan garis lengkung. Mirip garis lengkung pada bus-bus kreasi SETRA, perusahaan pembuat bus asal Jerman.

Revolusi Karoseri Tentrem dimulai tahun 2006. Galaxy menjadi model kreasi pendobrak eksistensi karoseri Tentrem di dunia transportasi bus.
Tak butuh waktu lama bagi karoseri ini untuk membuktikan eksistensinya. Begitu diperkenalkan, model Galaxy mendapat tanggapan positif. Masukan dan kritikan dari pelanggan, ikut andil dalam perbaikan model-model yang dikeluarkan Tentrem. Berbekal kritik pula, Pakem model yang beredar luas di pasaran pun berhasil didobrak. berbagai PO mulai memesan model Galaxy, termasuk PO Hiba Utama, salah satu operator bus rental besar di Jawa.

Kepercayaan pun mengalir. Model Jupiter lahir dalam medio yang sama 2006 – 2007. Jupiter ini langsung laris manis. Maklum, nun di luar sana, model ini berbasis pada bodi lansiran terbaru dari Mercedes-Benz seri Travego.  Hanya dalam hitungan bulan, inovasi mulai mengalir dari Karoseri Tentrem. Jupiter Li diluncurkan sebagai penyempurnaan dari model Jupiter. Di waktu yang bersamaan dengan berkembangnya model Jupiter, model Galaxy juga berkembang. Nama Karoseri Tentrem mulai berkibar di kalangan pengusaha bus.

 

Jupiter

 

 

 

 

 

 

 

Jupiter-li (mark 1)

 

 

 

 

 

 

 

Jupiter – li (mark 2)

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengakuan hasil karya karoseri ini, juga datang dari PT. Mercedes-Benz Indonesia, pabrikan bus Mercedes-Benz. Karoseri Tentrem salah satu dari lima karoseri besar yang mendapat sertifikasi rancang bangun bodi bus di tahun 2008. Hal ini dilakukan dalam rangka sosialisasi standar rancang bangun bus Mercedes-Benz. Lalu lahirlah Galaxy EXL. Model karoseri yang rancang bangunnya sudah berstandar Mercedes-Benz. Galaxy pun berkembang sesuai kebutuhan pelanggan, dan teknologi bus. Galaxy Air-S varian terakhir Galaxy lahir sebagai jawaban tantangan teknologi. Model ini khusus untuk jenis karoseri bersuspensi udara, hasil rakitan Tentrem sendiri.

Galaksi EXL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dari kepercayaan pelanggan akan kualitas pula meluncur  berikutnya…..Scorpion King. Dibuat pertama kali berbasis Scania K380iB, atas permintaan mendiang Kuncoro Cahyana dari PO Harapan Jaya dan M Taufiek dari PO Shantika.

Scorpion King

 

 

 

 

 

 

Untuk 2012, Tentrem telah mengeluarkan masterpiece baru yaitu Actor, yang secara perdana dipesan oleh P.O. Harapan Jaya

Actor

 

Jetbus – Karoseri Adiputro

Setiap tahun, ada saja model-model baru yang diluncurkan karoseri bus. Seperti yang dilakukan oleh karoseri Adiputro. Tahun 2011, karoseri Adiputro juga mengeluarkan model baru,  di sela-sela Indonesia International Motor Show akhir Juli lalu. Seperti tradisi di Adiputro, semua model bus yang diproduksi diberi nama Royal Coach dengan varian Royal Coach E dan Royal Coach SE. Namun, pada tahun 2011 ada nama Jetbus pada produksi bus terbaru karoseri ini.

Dalam kurun dua tahun terakhir desain yang dikeluarkan karoseri yang berbasis di Malang, Jatim ini dibedakan dari desain lampu depan dan belakang. Sebelumnya kita mengenal desain, berdasarkan garis bodi samping bus seperti misalnya model Tourismo, Setra, dan Travego. Sedangkan model yang berbasis lampu dikenal dengan nama lampu Marcopolo dan lampu Smile. Untuk keluaran tahun 2011, secara internal Adiputro disebut lampu Royal. Disebut lampu Royal karena desainnya yang elegan.  Lalu bagaimana dengan nama Jetbus yang sekarang dikenal? Nama ini bisa kita temui di setiap bus yang baru keluar dari karoseri Adiputro dengan desain lampu Royal. Awalnya nama itu dari kalangan internal Adiputro. Namun karena ada tradisi Royal Coach, mereka tidak menjadikannya nama paten desain. Dari desain model lampu Royal atau yang sekarang terkenal dengan nama Jetbus terlihat sejumlah perubahan, terutama di bagian belakang. Pada produk sebelumnya, bodi belakang bus terlihat ramping cenderung kotak. Sedangkan pada model lampu Royal, bagian belakang sedikit membulat mengikuti lampu belakang yang terlihat elegan. Melihat lampu belakangnya kita akan teringat lampu belakang sedan Mercedes-Benz. Ada pula tujuh titik LED untuk stoplamp yang cukup terang saat pedal rem diinjak pengemudi.

Di bagian depan, lampu Royal terlihat menarik saat menyala di malam hari, meski desainnya lebih kecil dari lampu Marcopolo yang diproduksi sebelumnya. Saat menyala, lampu LED terlihat manis berjejer di atas lampu besar. Tak lupa ada pula LED enam titik menghubungkan lampu Royal. Garis lekukan pada bagian depan juga ikut mempertegas karakter lampu Royal ini. Lampu kabut di bawah lampu besar juga mempercantik tampilan.

 

 

 

 

 

 

Sedangkan di bagian interior, tidak terlihat perubahan terlalu menyolok, mengingat model sebelumnya, lampu Marcopolo juga masih diproduksi. Desain interior kedua model nyaris hampir sama.

 


Evonext – Karoseri New Armada

 

Produk terbaru dari PT MEKAR ARMADA JAYA atau NEW ARMADA  yang diberi nama EVONEXT ini menjadi produk andalan Perusahaan ini. Produk ini adalah penyempurnaan Evobus,  bus ini didesain dengan bertema “COMFORT CLASS COACH”. Evonext mengusung jok model terbaru “Extent seat” (bisa digeser kekanan dan kekiri) lebih besar dan nyaman, serta didesain mengikuti bentuk tubuh sehingga pengendara tidak cepat lelah dan dapat menikmati setiap perjalanan.

 

Evonext mengusung mesin dan chasis mercedes benz. Evobus memiliki fitur pintu pneumatic yang modern sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikan. Selain itu desain velg baru memberikan kesan dinamis. Bus yang memiliki panjang 12 meter ini dilengkapi dengan electric mirror yang memudahkan pengemudi untuk mengatur posisi kaca spion dari dalam kabin. Bus yang memiliki kapasitas 40 orang penumpang ini dilengkapi dengan audio video yang terintegrasi, yaitu dua unit LCD berukuran 19 inci. Plafon full ABS sehingga anti bocor, tidak berisik dan menimbulkan kesan lapang. Kemudian dirung mesin juga dilapisi alumunium dan polyurethane sehingga mencegah panas mesin masuk kedalam kabin dengan lebih efektif.

 

Selain itu bus ini juga dilengkapi denga spoiler atas, sistem navigasi digital (GPS) dan rear view, design air dumper yang aerodinamis meminimalkan hambatan udara saat melaju.

SPESIFIKASI
Bahan Lantai : Marine bamboo
 Cover wheelhouse : Fiber Glass
 Spion : Electronic EVO
 Dashboard : Fiber Glass Two Tone Colour
 Lampu Depan : WY-QZH-065
 Lampu Belakang : WY/HZ-056 + WY-003
 Karpet Lantai : Tarabus Abu-abu: Vega Maroko
 Lampu Plafond : LED

Bis di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai variasi body bis yang bermacam-macam. Dari karoseri Adiputro yang terkenal dengan JETBUS, MArcopolo, dan lampu travego-nya, hingga ke karoseri yang khas dengan body klasiknya-Morodadi Prima-. Tetapi rata-rata mesin bus di Indonesia memakai mesin Hino dan Marcedes Benz. Berikut ini adalah macam-macam body bus di Indonesia (yang menurut saya yang paling laris dipesan oleh Perusahaan Otobus di Indonesia:

Karoseri Adiputro
(era tahun 2000-an)

Setra

 

 

 

 

 

 

 

 

New Setra

 

 

 

 

 

 

 

 

Travego

 

 

 

 

 

 

 

New Travego

 

 

 

 

 

Marcopolo

 

 

 

 

 

 

New Marcopolo

 

 

 

 

 

 

 

Irizar

 

 

 

 

 

 

 

 

Jetbus

 

 

 

 

 

 

 

 

Karoseri Morodadi Prima

 

Patriot

 

 

 

 

 

 

 

 

New Patriot

 
Tourismo
Ventura

Karoseri Rahayu Sentosa

Touliner
Euroliner
Jetliner
Celcius
New Celcius

New Armada

Anaconda
Evobus
Evonext

Lebih lengkapnya, silahkan kunjungi www.newarmada.co.id/

 

Laksana

 

Panorama DX

 

 

 

 

 

 

 

Nukleus 3

 

 

 

 

 

 

New Nucleus

 

 

Proteus

New Proteus

 
New Proteus
Sprinter
Legacy
Legacy SR-1

 

Lebih lengkapnya, silahkan kunjungi link berikut ini www.laksanabus.com/

 

Tentrem

Inspiro
Galaksi
Galaksi Exl
Jupiter-li
Scorpion King

 

 

 

 

 

 

 

Scorpion King- jet (Scorjet)
Actor

Ini merupakan video perjalanan dari salah satu bis Indonesia yang mempunyai trayek Surabaya-Yogyakarta via Madiun.

YouTube Preview Image