Tips Cepat Hamil

Bila Anda siap untuk melahirkan, mungkin ingin tahu bagaimana cara cepat hamil. Mungkin berharap bahwa hamil akan terjadi tanpa mencoba. Pergilah kontrasepsi, seks, dan ledakan: hamil!

Tak perlu dikatakan, itu tidak selalu terjadi seperti itu. Beberapa pasangan hamil bulan pertama, tapi bagi banyak pasangan, dibutuhkan waktu lebih lama dari itu. Ini tidak berarti ada yang salah dengan Anda. Sebenarnya, tidak mudah hamil seperti yang Anda duga. Bagi pasangan muda di puncak kesuburan mereka tanpa masalah kesuburan yang mendasarinya, memiliki hubungan seks yang tepat waktu di jendela subur, kemungkinan hamil sekitar 20 – 25 persen per siklus1. Itu berarti bahwa bahkan jika Anda benar-benar sehat dan melakukan segalanya dengan benar, Anda tidak akan pernah memiliki peluang yang lebih baik daripada satu dari empat.

Penting untuk masuk ke proses ini karena mengetahui bahwa Anda tidak memiliki kontrol penuh atas berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk hamil. Konon, ada beberapa hal yang bisa Anda kendalikan yang bisa membantu meningkatkan kemungkinan hamil dengan cepat.

1. Dapatkan waktunya dengan tepat. Hanya ada enam hari per bulan bila kemungkinan hubungan seks menghasilkan kehamilan: lima hari menjelang ovulasi, dan hari ovulasi itu sendiri. Anda dapat melakukan hubungan seks setiap hari atau setiap hari di saat subur – kemungkinan kehamilan pada dasarnya sama, jadi lakukan yang terbaik untuk Anda dan pasangan Anda.

Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan hubungan seksual secara teratur di seluruh jendela subur, cobalah untuk memukul setidaknya sehari sebelum atau dua hari sebelum ovulasi. Seks pada hari-hari itu menawarkan kemungkinan konsepsi tertinggi.

2. Bagaimana Anda mendapatkan waktu yang tepat? Anda harus tahu kapan Anda berovulasi, dan pastikan untuk melakukan hubungan seks dalam beberapa hari sebelum itu.

Jangan hanya mengunduh aplikasi pelacakan periode dan mempercayai apa yang diceritakan tentang hari subur Anda. Sebagian besar aplikasi pelacakan kesuburan telah terbukti salah memperkirakan jendela subur berdasarkan pedoman klinis.

Untuk memperumit masalah lebih jauh lagi, hanya 30 persen wanita memiliki jendela subur yang berada dalam kerangka waktu yang ditentukan oleh pedoman klinis – yaitu, antara hari siklus 10 dan 173. Beberapa wanita memulai jendela subur mereka sebelumnya, dan yang lainnya memulainya nanti. Terlebih lagi, jendela subur bisa bervariasi untuk wanita yang sama dari bulan ke bulan.

Ada cara yang lebih akurat untuk menemukan jendela subur Anda daripada mengandalkan aplikasi. Pemeriksaan lendir serviks dan tes ovulasi dapat memberi Anda kepala agar tubuh Anda bersiap untuk berovulasi. Suhu tubuh basal dapat memastikan bahwa ovulasi terjadi, namun pada saat itu, sudah terlambat untuk hamil dalam siklus itu. Untuk mengetahui awal dari jendela subur Anda dan mengkonfirmasi ovulasi dalam satu perangkat, Anda bisa menggunakan gelang Ava.

3. Pertimbangkan untuk tidak melakukan kontrol kelahiran lebih dulu. Mungkin bisa hamil begitu Anda menghentikan metode pengendalian kelahiran Anda. Tidak ada alasan medis bahwa Anda perlu istirahat dari hormon sebelum mencoba untuk hamil.

Tetapi jika Anda menggunakan metode kontrasepsi hormonal cara agar cepat hamil, mungkin perlu dilakukan terlebih dahulu dan menggunakan bentuk perlindungan alternatif sampai Anda siap untuk mulai mencoba. Alasannya adalah ketika Anda menggunakan kontrol kelahiran hormonal seperti pil KB, Anda tidak memiliki siklus menstruasi yang sesungguhnya. Dengan beberapa bentuk kontrasepsi hormonal, Anda masih berdarah, dan dengan orang lain, Anda tidak melakukannya. Tetapi bahkan jika Anda berdarah, itu bukan periode yang nyata. Hormon sintetis menekan siklus alami Anda.

Perhatikan bahwa dengan bentuk kontrasepsi hormonal hanya progestin, seperti AKDR Mirena dan pil mini, Anda mungkin masih berovulasi meski Anda tidak menstruasi. Tapi jika Anda menggunakan pil KB kombinasi gabungan, atau memiliki Nuvaring atau Nexplanon, Anda mungkin tidak berovulasi.

Karena sangat penting untuk belajar melacak siklus alami Anda untuk meningkatkan peluang Anda untuk hamil dengan cepat, pergi dari alat kontrasepsi dini dapat memberi Anda beberapa waktu untuk memahami kembali siklus Anda dan belajar bagaimana cara melacaknya. Ada sedikit kurva belajar dengan kebanyakan metode, jadi Anda mungkin akan menghargai beberapa waktu untuk berlatih sebelum merasakan tekanan untuk hamil.

Alasan lain untuk menghentikan kontrasepsi dini Anda adalah mungkin diperlukan sedikit waktu bagi siklus Anda untuk kembali normal setelah menghentikan pengendalian kelahiran hormonal. Anda lebih mungkin mengalami siklus anovulasi, ovulasi akhir, dan fase luteal pendek dalam beberapa siklus pertama Anda setelah menghentikan pil KB, yang kesemuanya membuat lebih sulit untuk hamil. Anda bahkan mungkin mengalami amenore pasca pil, bila dibutuhkan beberapa saat agar siklus Anda dapat kembali di tempat pertama.