Penyebab Sariawan dan Obatnya

sariawan

Sariawan

Sariawan adalah pembengkakan atau peradangan pada lapisan terluar selaput rongga mulut yang disebut mukosa. Saat sariawan tumbuh dalam mulut biasanya menimbulkan rasa perih dan sangat mengganggu. Kita jadi tidak nyaman berbicara, tidak enak makan bahkan minum pun harus pelan-pelan. Sangat mengganggu bukan.

Ditengarai sariawan muncul saat tubuh kekurangan asupan vitamin C. Selain itu sariawan tidak menyebabkan kematian atau hal lain yang berat. Karena hal itu banyak orang meremehkan sariawan ini.

Meskipun demikian sariawan jika tidak ditanggulangi akan mengganggu kegiatan kita sehari-hari. Semakin besar sariawan, semakin perih rasanya dan makin mengganggu. Berikut adalah penyebab umum munculnya sariawan dalam rongga mulut.

  1. Tergigit

Ada bagian mulut yang tergigit adalah faktor yang sangat sering menjadi penyebab sariawan. Bagian mulut yan gpaling sering tergigit adalah bibir bagian dalam dan ujung lidah. Luka pada bagian mulut menimbulkan infeksi dan timbulah sariawan.

  1. Infeksi bakteri dan virus

Infeksi bakteri dan virus bisa menjadi penyebab tumbuhnya sariawan. Serangan bakteri dan virus ini disebabkan kondisi rongga mulut yang kurang bersih. Bakteri dan virus yang berkembang menyerang dinding mukosa dan menyebabkan peradangan.

  1. Bahan Kimia

Kadang kita terbawa iklan dan ikut-ikutan menggunakan bahan kimia berupa obat kumur dan pasta gigi yang bisa jadi tidak cocok dengan kondisi rongga mulut kita. Biasanya penggunaan Sodium Laryl Sulfat atau SLS yang berguna untuk disinfektan menjadi pemicu timbulnya sariawan karena SLS ternyata agak reaktif.

  1. Mulut yang Sensitif

Beberapa orang memiliki rongga mulut yang sensitif terhadap zat tertentu seperti deodoran, pemanis buatan atau fluoride. Kondisi mulut yang seperti ini biasanya mudah dikenali karena kejadiannya berulang terhadap zat tertentu.

  1. Kurang Vitamin

Kurang vitamin menjadi penyebab langsung sariawan karena untuk menjaga kesehatan rongga mulut, tubuh memerlukan zat besi, viramin C dan vitamin B12.

Jika anda sudah mengenali penyebabnya maka anda bisa menghindari sariawan. Namun jika anda sudah terkena, mau tidak mau anda harus mengobatinya. Berikut beberapa trik pengobatan cepat sariawan.

  1. Garam dan Baking Soda

Campurkan garam dan baking soda lalu oleskan pada sariawan. Rasanya sedikit perih namun sangat manjur untuk mengobati sariawan.

  1. Yogurt

Minum yogurt selain enak juga bisa menyembuhkan sariawan namun butuh waktu sedikit lebih lama.

  1. Air Kelapa + Madu + Daun Jambu Biji

Campuran air kelapa, madu dan daun jambu biji bisa menjadi obat sariawan yang mujarab. Beberapa orang menyatakan ramuan ini selain menyembuhkan juga bisa jadi penangkal munculnya sariawan baru dalam jangka waktu lumayan panjang.

  1. Vitamin

Beberapa orang memilih cara praktis dengan mengkonsumsi vitamin tablet atau yang berupa pereda panas. Cara ini sebenarnya tidak dianjurkan karena cukup banyak mengandung bahan kimia yang jika terlalu sering dikonsumsi akan memberatkan kerja organ dalam.

Comments are closed.