Penyebab Sakit Pinggang

sakit pinggang

Sakit Pinggang

Sakit pinggang bisa menyerang siapa saja baik pria maupun wanita. Kalau sudah menyerang, ngapain aja jadi susah akibatnya aktivitas rutin jadi terganggu.

Cukup banyak penyabab sakit pinggang dari yang ringan sampai yang berat, bisa diakibatkan organ dalam atau ‘hanya’ nyeri otot. Masalah otot pinggang bukan masalah sepele. Jika sakit disebabkan oleh keseleo otot pinggang bisa berabe jika salah penanganan. Karena itu jika ada apa-apa dengan pinggang anda sebaiknya percayakan pada dokter bukan tukang urut sembarangan.

Bagi wanita, penggunaan sepatu high heels dalam jangka waktu lama tidak hanya menyebabkan otot kaki terasa capek, melainkan bisa merambat ke pinggang. Karena saat high heels digunakan, badan condong ke depan. Akibatnya pinggang menopang berat badan supaya tetap berada pada posisi tegak. Apalagi jika high heelsnya terlalu tinggi, pinggang makin berat kerjanya.

Saat berjalan normal tubuh ditopang dengan seluruh luasan telapak kaki kiri dan kanan bergantian namun saat menggunakan high heels berat badan yang sama ditopang dengan separuh atau kurang telapak kaki. Seringkali para pemakai high heels mengeluh kecapean pada otot kaki sampai peradangan pada sendi. Jika hal ini dipaksakan terus maka bisa terjadi kerusakan permanen pada otot sendi dan otot pinggang.

Pinggang sakit kadang muncul setelah mengangkat barang berat atau barang yang tidak terlalu berat tetapi posisinya salah. Nah yang kedua itu bisa menyebabkan sakit pinggang yang lebih lama dan lebih sakit dibanding yang pertama.

Jika anda harus memindahkan barang-barang yang terlalu berat untuk anda, jangan dipaksakan karena bisa menyebabkan sakit pinggang. Cobalah cari teman untuk mengangkat bersama. Jikalau anda tidak menemukannya anda bisa menggunakan alat-alat di sekitar anda untuk memperingan pekerjaan angkat anda. Misal, untuk mengangkat benda berat ke meja, anda bisa mengangkat dan menaruhnya ke kursi lebih dulu baru diangkat lagi ke meja. Sengan demikian pinggang tidak dibebani oleh beban berat mengangkat dalam jangka waktu yang lama.

Lebih baik lagi jika anda bisa mendapatkan kereta dorong, anda tinggal menaikkan diatas kereta dan membawanya ke tujuan akhir. Namun seringkali kita menjumpai keadaan minim peralatan. Jika itu terjadi cobalah mempersingkat waktu angkat atau memperingan tenaga angkat dengan apapun alatnya. Dengan cara demikian, beban yang diterima tubuh menjadi lebih ringan.

Selain masalah angkat mengangkat, tidur dengan posisi salah juga bisa menyebabkan sakit pinggang. Biasanya yang sering adalah sakit leher, namun kejadiannya sama. Karena saat tidur badan tidak banyak bergerak sehingga berat tubuh mertumpu pada satu titik di pinggang dan ini berlaku cukup lama sampai otot pinggang merasakan kelelahan.

Sakit pinggang karena tidur kadang juga bisa disebabkan oleh alas tidur yang kurang baik. Kasur yang terlalu tipis, terlalu keras bahkan terlalu empuk bisa berakibat sakit pinggang. Dan jika kasurnya tidak diperbaiki, sakit pinggang jenis ini bisa menjadi sakit menahun yang kumat-kumatan.

Comments are closed.