Mengenal Ciri-ciri Surat Resmi Beserta Bagian-bagianya

Mungkin sebagian besar anda masih jarang dalam membuat ataupun mengunakan surat resmi dalam kegiatan sehari-hari, bahkan hanya segelintir orang saja yang sering menggunakan surat resmi dan itu biasa nya dilakukan oleh instansi atau perusahaan yang sering menggunakan surat resmi tersebut.

macam macam surat resmi

macam macam surat resmi

Sebelum lebih jauh membahas tentang surat resmi, mungkin ada baiknya jika anda mengetahui lebih jelas tentang apa itu surat resmi? Surat resmi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan yang bersifat resmi atau formalitas, biasanya digunakan oleh perorangan, instansi atau organisasi.  Contoh surat resmi diantaranya yaitu surat undangan, surat edaran dan surat pemberitahuan.

Ciri-ciri Surat Resmi

1. Menggunakan kop surat / kepala surat Organisasi atau Perusahaan

2. Terdapat nomor surat, lampiran dan juga perihal

3. Menggunakan salam pembuka dan salam penutup

4. Salah satu ciri paling utama dari surat resmi adanya cap atau stempel.

5. Memiliki aturan format baku dalam penulisan

Untuk membuat surat resmi ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar sesuai dengan kaidah yang berlaku. Penulisan surat resmi sebaiknya menggunakan format bahasa yang baik dan benar hal ini bertujuan memudahkan untuk dapat dipahami bagi pembaca. Surat resmi yang baik juga harus memenuhi persyaratan dan ketentuan baku. Berikut adalah bagian-bagian surat resmi.

Bagian Surat Resmi

1. Kepala surat atau kop surat terdiri dari Nama instansi, ditulis dengan huruf Kapital atau huruf besar, beserta alamat, no telepon dan Logo instansi

2. Nomor surat resmi sesuai dengan urutan surat

3. Tanggal surat, biasanya ditulis di sebelah kanan sejajar dengan nomor surat

4. Lampiran surat yaitu lembaran lain yang akan disertakan dalam surat resmi tersebut

5. Alamat surat yang akan di tujukan kesiapa, sebaiknya tidak menggunakan kata “kepada”

6. Salam pembuka dan penutup diakhir dengan tanda koma

7. Isi surat resmi

8. Penutup, berisi  salam penutup, jabatan,  tanda tangan dan nama penulis surat dan disertai dengan nomor induk pegawai atau NIP.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai surat resmi beserta bagian-bagian nya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.