Demi Hasil Maksimal, Terapkan Beberapa Strategi Promosi Ini untuk Bisnis Start Up

Perusahaan start up yang saat ini banyak bermunculan tentu membutuhkan strategi promosi yang tepat. Adanya keterbatasan dalam beberapa aspek tentu membuat pemilik bisnis start up memiliki strategi promosi yang jelas dan tentunya efektif.

Menarik minat dan perhatian pelanggan menjadi sesuatu yang sulit terutama untuk bisnis start up. Beberapa pemilik bisnis bahkan masih sedikit melakukan promosi karena biaya yang terbatas. Padahal, untuk sebuah start up, promosi menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Promosi tak harus selalu tentang diskon, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan agar promosi yang dilakukan bisa berjalan tanpa hambatan. Beberapa strategi promosi ini bisa dilakukan untuk perusahaan start up Anda.

  1. Konten Marketing

Strategi promosi untuk bisnis start up yang satu ini, berfokus pada konten terutama artikel promosi yang berkualitas. Anda harus berpromosi dengan menggunakan artikel di website Anda. Jika belum memiliki website, Anda bisa mencari jasa web design untuk dibuatkan sebuah website yang representatif sesuai produk startup Anda. Salah satu yang recommended adalah web design dari https://www.solv-design.com/product/website-development

Pastikan artikel yang dibuat berkualitas baik dan bisa mempengaruhi pembaca untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda. Banyak pemilik bisnis start up yang melakukan strategi ini dengan menulis konten artikel sendiri atau menggunakan jasa freelancer.

  1. Sosial media marketing

Banyaknya orang yang menggunakan sosial media bisa memerikan dampak baik bagi bisnis Anda. Mencapai pelanggan yang menjadi target Anda bisa menjadi mudah dengan sosial media. Anda bisa melakukan promosi di sosial media seperti Facebook, Instagram bahkan instant messanger seperti Whatsapp. Banyak pemilik bisnis start up yang memilih sosial media sebagai media untuk melakukan promosi, karena dapat menjangkau banyak orang dengan biaya yang tidak terlalu tinggi.

  1. Buat penawaran terbatas

Cobalah untuk membuat penawaran terbatas, seperti misalnya diskon 50% untuk 100 pembeli pertama. Penawaran semacam ini dapat memicu pelanggan untuk segera membeli produk Anda. Promosi semacam ini cocok diterapkan untuk bisnis Anda yang masih baru.

  1. Mainkan psikologi harga

Anda pasti sering melihat produk dengan harga Rp99.999, bukan? Harga ini justru lebih diminati oleh pelanggan daripada produk dengan harga Rp100.000. Hal ini karena psikologi seseorang sebenarnya lebih tertarik dengan angka ganjil yang lebih kecil daripada pembulatan angka, walaupun sebenrnya selisih angka tersebut sangat sedikit. Angka Rp99.999 tentu terlihat lebih murah dibandingkan dengan Rp100.000. Melihat angka yang lebih murah tenti memicu pelanggan untuk segera membeli produk Anda.

  1. Influencer marketing campaign

YouTube dan Instagram adalah dua akun yang sangat mudah menerapkan strategi promosi ini. Bahkan, tidak ada batasan siapa yang harus menjadi targetnya. Anda harus menemukan influencer yang tepat untuk produk yang Anda jual. Pengikutnya di media sosial biasanya akan tertarik degan apapun yang dipromosikan oleh influencer favorit mereka. Walaupun harga yang dikeluarkan sedikit tinggi, namun akan sebanding dengan hasil yang Anda dapatkan.

  1. Jangan Lupakan Offline Marketing

Mentang-mentang startup, tidak harus melulu promosi di online saja. Banyak cara offline marketing yang masih bisa diterapkan dan cukup efektif. Misalnya, membuat barang souvenir promosi untuk dibagikan kepada customer ataupun rekanan bisnis.

Souvenir yang dibuat haruslah sesuatu yang bisa digunakan sehari-hari dan dilihat orang banyak. Misal saja souvenir pulpen unik yang dicetak logo dan alamat website startup Anda. Selain pulpen bisa juga tas souvenir, payung, kaos promosi, dan sebagainya.

Strategi-strategi yang disebutkan di atas bisa menjadi pilihan untuk bisnis start up Anda. Anda juga bisa menggunakan lebih dari satu strategi promosi untuk bisnis Anda dengan mengkombinasikan beberapa strategi promosi agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.