Cari Tahu Apa Saja Kebaikan Essential Oil untuk Kesehatan

Anda pasti sering mendengar tentang essential oil, jenis minyak nabati yang kental ini memang tak asing lagi. Minyak yang mudah menguap di suhu ruangan ini dapat memberikan aroma yang khas. Essential oil juga dikenal dengan beberapa nama sepeti minyak atsiri, volatile oil, atau eterik oil.

Contoh produk essential oil yang dijual secara online salah satunya bisa dilihat di http://customessentialoil.com/13-single-oil

Essential oil biasanya digunakan sebagai aromaterapi, perawatan kulit yang bermasalah hingga meredakan inflamasi. Banyak orang yang menggunakan essential oil untuk kesehatan. Namun, perlu diingat bahwa setiap jenis essential oil dapat memberikan efek yang berbeda.

Secara umum, ada beberapa manfaat dari essential oil, seperti

  1. Membuat tidur lebih nyenyak

Essential oil dengan aroma lavender, mawar atau chammomile mampu membuat Anda tidur lebih nyenyak. Anda bisa mnghirupnya saat merasa sulit tidur. Dalam beberapa penelitian, menyebutkan bahwa aroma tertentu bisa membuat seseorang tertidur lebih nyenyak, bahkan ketika sedang mengalami stress yang tinggi.

  1. Mengatasi stress dan rasa kecemasan

Essential oil  ternyata juga mampu mengurangi stress dan gejala kecemasan karena minyak ini mampu mempenrauhi psikologis seseorang. Essential oil dengan aroma lavender dan peppermint mampu menurunkan hormone kortisol dan membantu relaksasi tubuh.

  1. Meningkatkan mood

Menghirup aroma rosemary  ternyata dapat meningkatkan daya ingat hingga 75%, sedangkan peppermint dapat mengembalikan daya fokus Anda. Bahkan, aroma peppermint, basil dan helichyrum mampu memulihkan kelelahan dan kepenatan. Saat Anda merasa lelah dan penat dengan pekerjaan dan rutinitas yang sama setiap hari, essential oil dengan beberapa aroma yang disebutkan di atas bisa meningkatkan mood Anda.

  1. Merawat inflamasi tubuh

Ada banyak jenis essential oil yang digunakan sebagai perawatan kulit tubuh, sebut saja tea tree oil yang mampu menghilangkan jerawat, serta infeksi. Jenis lain yang bisa digunakan untuk perawatan kulit dalah peppermint dan chamomile yang mampu meredakan inflamasi otot. Essential oil dengan aroma lemon juga mampu menyembuhkan sakit pada tenggorokan.

  1. Menekan nafsu makan

Nafsu makan yang tidak terkontrol tentu menjadi masalah tersendiri. Essential oil juga mampu menekan nafsu makan. Cobalah hidup essential oil dengan aroma grapefruit. Untuk Anda yang sedang dalam proses menurunkan berat badan, essential oil dengan aroma tersebut bisa Anda gunakan.

Baca juga: Rekomendasi Penebal Rambut Instant dari SMH Million Hair

Penggunaan essential oil dapat digunakan dengan berbagai cara, seperti mengaplikasikannya secara langsung ke kulit atau menghirup aromanya. Jika Anda ingin mengoleskannya ke kulit, Anda bisa mencampurnya dengan minyak zaitun atau lidah buaya. Namun, jika ingin menghirupnya, Anda bisa menghirupnya langsung dari botol, mencampurnya dengan air atau menggunakan kain yang lembut.  Temukan juga aroma essential oil yang tepat untuk kebutuhan Anda.