Cara Paling Mudah Beternak Burung Kenari

ternak kenari
Ternak Kenari

Mau tahu informasi terlengkap mengenai tips dan cara yang tepat untuk beternak kenari?  di sini kami akan berbagi poin-poin penting yang perlu diperhatikan dalam beternak kenari. Karena di tahun 2015 ini sangat banyak sekali penggemar burung kenari, bahkan banyak yang menjadikan kenari sebagai bisnis yang menjanjikan, sehingga prospek ke depannya cukup cerah.

Lalu  apa yang menarik pada burung kenari? sangat banyak sekali gan, kenari saat ini adalah burung primadona dan sangat populer di Indonesia, bahkan di dunia. Kenari meskipun burungnya mungil, namun terdapat berbagai macam jenis yang setiap jenisnya memiliki keunikan dan keunggulan sendiri. Jenis kenari yang bagus yang perlu anda ketahui mulai dari kenari yorkshire, kenari lizard, kenari roller, kenari black red, kenari rusia, kenari gloster, kenari frill, kenari rusia, kenari american singer, kenari border, kenari norwich, kenari lancashire, kenari cinnamon, kenari belgia, kenari berner, kenari jambul, kenari stafford, kenari af, kenari f1, dan masih banyak yang lainnya.

Dalam berternak kenari juga harus memperhatikan harga kenari  terkini serta harga sebelumnya sebagai referensi dalam menentukan harga yang tepat, baik dalam hal penjualan ataupun pembelian kenari. Anda juga harus tahu bahwa semakin bagus kualitas kenari maka akan semakin mahal pula harga burung kenari. Dan harga kenari setiap jenisnya juga berbeda-beda, dan pada umumnya kenari yorkshire merupakan jenis kenari yang paling mahal saat ini, bahkan harganya bisa mencapai 10 jutaan atau lebih.

Dalam budidaya kenari  perlu proses dan kesabaran, karena setiap saat bisa jadi akan menemui sebuah masalah-masalah, seperti kenari sakit, kenari stress, kenari mabung, dan masih banyak lainnya yang itu semua membutuhkan perawatan. Apalagi bagi pemula juga harus tahu informasi mengenai cara ternak kenari yang tepat, agar dalam beternak kenari memang benar-benar menghasilkan kenari yang berkualitas.

Dalam beternak kenari juga ada kegiatan yang mungkin perlu dilakukan demi menjadikan kenari mampu berkicau dengan baik dan mampu menirukan suara kenari lainnya yang biasanya disebut dengan kegiatan memaster kenari. Nah, dalam memaster kenari diperlukan bahan yang berisi suara kenari atau kicau kenari yang berkualitas.

Banyak hal yang diinginkan oleh para penggemar kenari, terutama yakni menginginkan kenarinya menjadi kenari juara lomba. Nah, dalam hal ini pada awalnya juga membutuhkan tips memilih kenari lomba yang tepat dan tidak asal-asalan. Kenari yang tepat maksudnya adalah hasil dari indukan kenari berkualitas.

Dan jangan lupa juga bahwa kandang kenari juga merupakan faktor yang tak kalah penting dalam menunjang keberhasilan ternak kenari. Untuk itu anda harus membuat kandang kenari yang tepat sesuai ukuran yang dianjurkan untuk kenari.

Selain itu juga banyak hal yang sulit bagi para penggemar kenari terutama penggemar kenari yang tergolong pemula, salah satunya yakni dalam hal membedakan kenari jantan dan betina, dan masih banyak kesulitan lainnya.