Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang Menarik Perhatian HRD

Ketika Anda selalu mencoba untuk membuat perubahan pada pekerjaan Anda namun setiap rencana tidak selalu mempunyai banyak keberuntungan apalagi ketika membuat surat lamaran pekerjaan Anda. Hal itu sering kali dikarenakan surat lamaran yang Anda buat belum cukup menarik perhatian untuk HRD. Memang cukuplah mudah membuat puluhan surat lamaran dengan bentuk dan isinya yang sama, tetapi Anda harus tahu itulah 80% dari pesaing yang mencari pekerjaan sering kali dilakukan.

surat lamaran kerja

Surat Lamaran Kerja

HRD akan mengetahui secara langsung jelas jika surat lamaran Anda disesuaikan dengan tujuan tertentu, apakah surat tersebut adalah format template dengan nama dan alamat perusahaan yang disisipkan pada baris alamat. Jika Anda sudah melakukan hal yang kedua, maka kemungkinan saja perusahaan pasti akan menolaknya bersama surat lamaran kandidat lainnya.

Lalu harus bagaimana Anda dalam membuat surat lamaran pekerjaan yang berbeda dari kandidat lainnya?

  1. Buatlah secara personal
    HRD juga sama seperti Anda, sebagian besar dari kita merespon dan merasakan adanya hubungan personal. Itu merupakan tugas kita sebagai pencari kerja dalam membangun hubungan erat dengan HRD ketika mereka membaca surat lamaran dan CV kita. Tulislah personal tentang siapa kita bukan hanya siapa kita sebagai karyawan yang handal.

  2. Carilah contoh surat lamaran kerja
    Hal ini sangat penting untuk kita sebagai jobseeker, mencari referensi dari berbagai sumber merupakan hal yang utama agar tidak salah membuat surat lamaran pekerjaan. Tapi harus hati-hati diluar sana banyak yang memberikan referensi surat lamaran kerja yang tidak professional alias asall-asalan. Maka dari itu carilah Contoh Surat Lamaran Kerja dari situs-situs yang terpercaya bukan cuman dari web/ situs abal-abal.

  3. Fokuslah pada kualitas bukan kuantitas
    Ya memang benar, menyesuaikan setiap surat lamaran itu sangat membosankan tentunya banyak memakan waktu, pada akhirnya Anda akan dapat surat lamaran yang jauh lebih singkat lagi namun padat dibandingkan dengan hanya copas template surat lamaran dan curiculum vitae. Artinya ketika Anda sudah serius tentang cara mendapatkan suatu pekerjaan dengan prospek yang sangat baik, disebuah perusahaan ternama ketika orang lain pun ingin bekerja, maka Anda harus meluangkan banyak waktu tentunya harus berkorban lebih daripada biasanya. Salah satunya misalnya google, kenapa sangat sulit sekali mendapatkan pekerjaan di Google? Semua orang pasti sangat ingin bekerja di perusahaan tersebut, sehingga merka akan menjadi sangat selektif seperti yang mereka inginkan.