Daftar Tempat Wisata di Lombok yang Menarik Nan Eksotis

Eksotisme Lombok memang sudah tidak perlu diragukan lagi, terlebih untuk Anda yang mempunyai hobi traveling. Pulau ikonik di Indonesia ini akan memberikan banyak kenangan indah bagi para pengunjungnya.

Eksplorasi Pulau Lombok justru akan membuat setiap orang ingin mencoba lagi karena saking menakjubkannya berbagai obyek wisata menarik yang ada di Pulau hunian suku Sasak Sade ini.

Ada berbagai tempat wisata di Lombok yang menarik dan eksotis sehingga layak diperhitungkan untuk jadwal traveling Anda, para pecinta traveling.

Tempat Wisata di Lombok yang Cocok Dijadikan Destinasi Liburan

Lombok terkenal dengan wisata alamnya dan hal itu memang benar adanya. Pantai-pantai di setiap pulau di Lombok masih terlihat bersih serta airnya yang jernih ikut menambah pesonanya. Tidak hanya pantai, keindahan bawah lautnya juga layak untuk dijelajahi di setiap jengkal petualangan Anda. Berikut adalah tempat wisata di pulau tropis tempat Gunung Rinjani bersarang.

  1. Pantai Tanjung Aan

Lokasi pantai Tanjung Aan yang cukup strategis membuat pantai ini banyak dilirik oleh para wisatawan. Tepat berada di sebelah selatan Lombok Tengah, pantai dengan pasir putih ini dapat ditempuh dengan mudah dari pusat Kota Mataram. Pasir putih, air laut jernih ditambah ombak yang cukup tenang menjadi andalan wisata ini sehingga wisatawan banyak memanfaatkannya untuk menyelam maupun berenang-renang ria bersama.

 

  1. Air Terjun Madu

Ciri khas dari air terjun madu adalah warna airnya yang hijau dan sedikit kebiruan. Keunikan ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjungi obyek wisata alam di Kabupaten Lombok Timur ini. Di lokasi ini pengunjung bisa menikmati kesegaran air yang melimpah dari air terjun madu. Pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang air terjun yang masih alami ini.

 

  1. Pantai Tangsi

Tempat wisata di Lombok selanjutnya yaitu Pantai Tangsi atau juga sering disebut dengan pantai pink. Penyebutan pantai pink ini bukan sembarangan, hal itu dikarenakan pantai ini mempunyai warna pasir merah muda.

Warna merah muda berasal dari percampuran pasir putih dan coral yang lapuk sehingga menghasilkan pasir berwarna merah muda. Untuk Anda yang gemar dengan wisata pantai, pantai pink dapat menjadi salah satu pilihan.

 

  1. Rumah Adat Suku Sasak Sade

Bale Tani itulah nama untuk rumah adat khas suku sasak sade. Suku ini merupakan penghuni asli pulau Lombok. Anda dapat melihat rumah Adat suku asli pulau Lombok dengan mengunjungi Dusun Sade yang masih memegang erat adat asli suku sasak sade.

Di sini Anda juga akan diperkenalkan kehidupan suku sasak sade dan tradisi yang masih mereka jaga sehingga menarik untuk dipelajari.

Nah, itu tadi keempat daftar tempat wisata di Lombok yang dapat Anda kunjungi. Beberapa rekomendasi tempat wisata ini akan menambah wisata Anda lebih menyenangkan jadi jangan lupa berkunjung ke Lombok.

 

 

Ini Dia 4 Tempat Wisata di Sulawesi Barat yang Harus Anda Dikunjungi

Saat liburan merupakan waktu yang tepat untuk berkumpul bersama dengan orang-orang terkasih. Sulawesi Barat bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghabiskan waktu berlibur Anda. Provinsi yang terletak di sebelah barat Pulau Sulawesi ini memiliki segudang pesona yang akan memberikan kenangan indah pada setiap pengunjungnya.

Wisata alam, budaya, dan edukatif dapat Anda temui semua di sini. Tempat Wisata di Sulawesi Barat telah berkembang dengan baik sehingga dapat dinikmati oleh banyak orang termasuk turis-turis manca negara. 

4 Tempat Wisata di Sulawesi Barat yang Paling Recomended 

Opsi obyek wisata di Sulawesi Barat sangat beragam dan dijamin Anda tidak akan bosan dibuatnya. Banyak yang bisa Anda jelajahi di sini mulai dari pantai, air terjun, gunung, bukit, dan berbagai wisata lainnya. Jatuhkan pilihan Anda di Provinsi Sulawesi Barat untuk berlibur agar lebih rileks dan kembali bekerja dengan semangat. Berikut ini merupakan obyek wisata di Sulawesi Barat yang harus Anda kunjungi.

  1. Pulau Karampuang

Sebuah pulau yang terletak di Kota Mamuju, Sulawesi Barat ini mempunyai keindahan yang dapat dieksplor oleh pengunjungnya. Pepohonan yang terbentang sepanjang pulau ini telah menjadi vegetasi yang menutupi sebagian besar pulau dengan nama asli Pulau Liutang ini.

Dalam bahasa daerah Karampuang berarti rembulan. Anda dapat melihat berbagai macam vegetasi tumbuhan di pulau ini, ditambah lagi terdapat juga sumur jodoh yang merupakan sumur tiga rasa yang sudah dibuka untuk wisata.

  1. Air Terjun Indo Ranuang

Obyek wisata alam berupa air terjun di Provinsi Sulawesi Barat ini menyajikan pemandangan air terjun yang asri dan sejuk disertai dengan kesejukan air mengalir dari aliran air terjun. Keasrian di lokasi wisata ini masih terjaga dengan baik sehingga Anda bisa langsung merasakan kesejukannya.

Airnya pun begitu segar dan menariknya lagi setiap pengunjung dapat bermain-main air di sekitaran lokasi air terjun.

  1. Budaya Pesta Pattuddu

Tempat wisata di Sulawesi Barat ini tidak menyajikan keindahan alam maupun kesegaran air seperti sebelumnya. Namun, wisata ini adalah wisata budaya yang ada di Sulawesi Barat. Pesta Pattuddu berarti sebuah perayaan untuk memberikan penghargaan kepada anak-anak yang telah khatam Al-Quran.

Nama lain dari pesta pattuddu yaitu Sayyang Pattuddu yang mempunyai arti kuda menari. Bagi Anda yang penasaran dengan kebudayaan ini bisa langsung datang ke Kabupaten Palewali Mandar.

 

  1. Jati Gentungan

Jati Gentungan mengusung konsep wisata pemandian alami di pegunungan. Letaknya di gunung membuat udara di sini begitu sejuk sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama berendam di sini. Selain itu pengunjung akan melihat pemandangan khas pegunungan yang akan membuat mata terpana karena keindahannya.

Nah, itu tadi beberapa obyek wisata yang dapat dinikmati di Sulawesi Barat. Mengunjungi tempat wisata di Sulawesi Barat adalah pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan Anda yang sangat berharga.

Tempat Wisata di Pekanbaru, Destinasi untuk Menghabiskan Waktu Berlibur bersama Keluarga dan Sahabat

Pekanbaru merupakan kota terbesar di provinsi Riau dan sekaligus menjadi ibukota provinsi. Sebagai ibukota provinsi, biasanya menjadi pusat pemerintahan atau pusat bisnis yang terus dikembangkan.

Namun bagi Anda warga Pekanbaru ataupun warga dari daerah lain yang sedang berkunjung di Pekanbaru, tak perlu khawatir karena Pekanbaru juga menawarkan beragam destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi.

Seperti beberapa destinasi atau tempat wisata di Pekanbaru berikut ini.

4 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Sedang Hits dan Banyak Dikunjungi

  1. Rainbow Hills Rumbai

Destinasi wisata pertama di Pekanbaru yang wajib dikunjungi terutama oleh para traveller adalah Rainbow Hills Rumbai. Dinamakan rainbow hills atau bukit pelangi karena memang saat dilihat dari jauh, bukit ini memiliki perpaduan warna yang unik yang menyerupai pelangi.

Destinasi ini juga cukup mudah dijangkau karena terletak kurang lebih 10km dari pusat kota. Hal lain yang menjadi daya tarik objek wisata ini selain warna bukitnya yang menyerupai pelangi, bahkan warna tanah di bukit ini juga bisa berubah-ubah.

  1. Istana Siak Sri Indrapura

Tak lengkap rasanya jika ke Pekanbaru tak berkunjung ke destinasi satu ini. Istana Siak Sri Indrapura adalah tempat wisata di Pekanbaru yang wajib dikunjungi. Selain bisa melihat peninggalan sejarah kerajaan Melayu di Riau, arsitektur istana yang sangat khas dan cantik bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Terlebih lagi, disini Anda juga bisa belajar lebih dalam tentang kerajaan Melayu dengan melihat berbagai peninggalan yang masih tersimpan rapi di dalam istana.

 

  1. Sungai Kampar

Aktivitas olahraga berselancar umumnya dilakukan di pantai dengan ombak laut yang tinggi. Namun apa jadinya jika berselancar di sungai? Ya, aktivitas inilah yang umumnya dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke Sungai Kampar.

Tak hanya menawarkan pemandangan asri dan sejuk, sungai ini juga memiliki ombak yang cukup besar untuk melakukan olahraga surfing. Saking terkenalnya, bahkan salah seorang surfer kelas dunia pun pernah mencicipi ombak Bono yang terkenal di Sungai Kampar.

Untuk menikmati ombak yang tepat untuk berselancar ada baiknya Anda berkunjung saat sudah memasuki musim penghujan.

 

  1. Riau Fantasi

Riau Fantasi adalah sebuah taman bermain air yang sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata keluarga. Disini Anda bisa menikmati berbagai wahana air yang menyenangkan sekaligus memacu adrenalin. Ada juga kawasan yang dibuat khusus untuk anak-anak dengan beraneka wahana permainan yang menyenangkan dan tidak membahayakan.

Saat berkunjung ke taman bermain ini Anda juga bisa sekaligus menikmati berbagai wahana bermain theme park di Labersa Theme Park. Sangat cocok untuk sekedar seru-seruan bersama teman-teman.

Itulah tadi beberapa destinasi atau tempat wisata di Pekanbaru yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Riau. Berbagai destinasi tersebut terus dikembangkan guna meningkatkan potensi wisata serta menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung.

 

Berkunjung ke Tempat Wisata di Surabaya yang Asri di Tengah Hiruk Pikuk Kota Metropolitan

Surabaya, kota yang merupakan ibukota Provinsi Jawa Timur ini merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia. Surabaya dikenal sebagai kota bisnis dan lifestyle layaknya Jakarta. Namun, selain dikenal dengan kota bisnis dan kota metropolitan, tak banyak yang tahu jika Surabaya juga menyimpan banyak potensi wisata menarik.

Seperti beberapa destinasi tempat wisata di Surabaya berikut. Destinasi ini bisa menjadi pilihan dan tujuan utama saat Anda berkunjung ke kota yang terkenal dengan lambang ikan dan buaya ini.

Daftar 4 Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

  1. Ekowisata Mangrove

Masyarakat Surabaya dan sekitarnya pasti sudah tidak asing dengan ekowisata Mangrove ini karena pasti menjadi destinasi tujuan untuk sekedar menghabiskan akhir pekan. Hutan mangrove ini terletak di kawasan pantai Timur Surabaya, tepatnya di daerah Rungkut.

Hutan yang awalnya berfungsi sebagai pencegah abrasi ini kemudian dikembangkan menjadi destinasi wisata. Pemandangannya sangat indah dan cocok untuk dijadikan lokasi pengambilan foto. Meskipun berada di tengah kota, saat disini Anda tidak akan merasa seperti di tengah kota.

  1. Hutan Bambu Keputih

Tak kalah cantik dengan ekowisata mangrove, hutan bambu keputihan juga menawarkan pemandangan dan suasana asri di tengah kota Surabaya yang panas dan bising. Siapa sangka jika hutan yang ditumbuhi tanaman bambu ini dulunya adalah tempat pembuangan sampah akhir.

Hingga kemudian ditutup dan dialihfungsikan menjadi lahan hijau. Disini Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan yang asri dan sejuk saja, namun juga spot foto instagramable.

  1. Monumen Kapal Selam

Ingin mencari tempat wisata di Surabaya yang sekaligus bisa mengedukasi? Cobalah datang ke Museum Kapal Selam Surabaya. Desain monumen ini memang terbuat dari kapal selam sungguhan yang dulu pernah digunakan dalam misi pembebasan Irian Barat.

Di dalam sini, Anda dan keluarga bisa belajar dan mengenal lebih dalam tentang dunia maritim di Indonesia serta sejarahnya.

 

  1. Air Mancur Menari

Satu lagi destinasi wisata keluarga yang murah meriah dan tetap menarik untuk dikunjungi adalah melihat air mancur menari. Objek ini bisa Anda nikmati di kawasan Pantai Kenjeran. Disini dibangun sebuah jembatan dengan panjang 800m dan memiliki 3 buah lajur satu arah.

Di area dekat jembatan inilah Anda bisa menikmati atraksi air mancur menari yang dihiasi dengan kerlap kerlip lampu berwarna warni. Tak hanya air mancurnya saja, bahkan jembatannya pun dihiasi ratusan lampu berwarna warni yang membuatnya bersinar sangat cantik saat malam hari.

Meskipun terkenal sebagai kota metropolis dan kota bisnis, namun beberapa waktu belakangan Surabaya kian berbenah diri. Tak hanya bagian dalam kota yang dipercantik, Surabaya juga terus mengembangkan destinasi dan objek wisata potensial yang akan menarik lebih banyak wisatawan, seperti 4 tempat wisata di Surabaya di atas.

 

Tempat Wisata di Ngawi yang Menjadi Langganan Wajib Wisatawan

Jawa Timur memiliki pesona dan daya tarik wisata yang beragam dan menarik untuk dikunjungi. Seperti misalnya Kabupaten Ngawi. Jika selama ini daerah wisata di Jawa Timur yang lebih dikenal adalah daerah itu-itu saja, maka Anda bisa mencoba Ngawi sebagai destinasi tujuan alternatif. Ada beberapa tempat wisata di Ngawi yang sangat direkomendasikan untuk oara traveler yang ingin berkunjung ke Ngawi.

4 Destinasi Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi

  1. Air Terjun Srambang

Destinasi pertama adalah air terjun Srambang atau lebih dikenal dengan Srambang. Objek wisata yang terletak di kawasan Jogorogo Ngawi ini berupa sebuah air terjun yang menakjubkan yang letaknya diapit oleh hutan pinus.

Terletak di lereng gunung Lawu ditambah dengan deretan pohon pinus di sekitarnya membuat pemandangan disini sangat menakjubkan. Beberapa waktu belakangan, di sepanjang jalan menuju air terjun juga dikembangkan taman sebagai tempat beristirahat, karena untuk menuju ke air terjun utama dibutuhkan hingga 30 menit perjalanan kaki.

 

  1. Benteng Pendem Van Bosch

Destinasi ini adalah destinasi yang tak boleh dilewatkan terutama bagi Anda yang suka fotografi. Benteng peninggalan Belanda ini tidak hanya menjadi destinasi wisata bersejarah saja, namun juga sering dijadikan lokasi pengambilan foto. Suasana dan pemandangan di benteng ini akan menambah nilai estetika pada hasil jepretan Anda.

 

  1. Waterboom Tirto Nirmolo

Jika Anda mencari destinasi atau tempat wisata di Ngawi yang bisa dikunjungi oleh keluarga, waterboom Tirto Nirmolo bisa menjadi pilihan. Di arena bermain air ini tidak hanya tersedia kolam renang besar lengkap dengan wahana permainan air di dalamnya namun juga berbagai wahana bermain lain seperti flying fox hingga bioskop 3D. Dengan berbagai wahana permainan yang ada, membuat destinasi ini cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak.

  1. Perkebunan Teh Jamus

Siapa bilang hanya Bandung saja yang memiliki kebun teh dengan pemandangan yang menakjubkan. Di Ngawi juga ada kebun teh yang banyak dikunjungi wisatawan untuk menikmati pemandangan yang asri dari hijaunya tanaman teh.

Uniknya dari perkebunan ini adalah karena merupakan perkebunan peninggalan masa penjajahan Belanda, ada banyak pohon teh yang sudah berumur ratusan tahun.

Tak hanya menikmati pemandangan kebun teh dari bawah, Anda juga bisa menikmati pemandangan kebun teh dari sudut pandang berbeda dengan menaiki flying fox. Terakhir Anda juga bisa membawa pulang produk olahan teh khas kebun teh Jamus.

 

Kabupaten Ngawi terus bergeliat untuk menawarkan pesona wisata yang bisa menarik para wisatawan. Seperti beberapa destinasi atau tempat wisata di Ngawi di atas yang menjadi destinasi unggulan saat Anda berkunjung ke Ngawi. Destinasi tersebut bisa menjadi alternatif bagi masyarakat atau para wisatawan yang ingin melihat sisi lain dari destinasi wisata di Jawa Timur, khususnya Ngawi.

Tempat Wisata di Kebumen yang Indah Banget, Jangan Sampai Luput!

Kabupaten Kebumen termasuk dalam salah satu wilayah di Jawa Tengah yang sering menjadi destinasi bagi para wisatawan. Meskipun kabupaten yang satu ini tidak terlalu populer, namun ternyata terdapat banyak tempat wisata menarik yang memiliki pesona indah dan menarik untuk dikunjungi.

Mulai dari wisata alam hingga wisata buatan tersaji di Kebumen. Penasaran dengan tempat wisata di Kebumen? Berikut penjelasannya.

Tempat Wisata Di Kebumen yang Menarik Dikunjungi

Goa Jatijajar

Hampir seluruh masyarakat di Indonesia pastinya sudah mengetahui Goa Jatijajar. Lokasi dari tempat wisata ini tepatnya di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah. Goa ini terbentuk atas lapisan batuan kapur yang membentuk sebuah ornamen-ornamen unik, baik itu pada bagian dinding maupun atap goa.

Dapat dikatakan bahwa Goa Jatijajar ini merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Kebumen.

Jembatan Wisata Alam

Jembatan Wisata Alam atau sering disebut dengan JWA ini tepatnya terletak di Desa Jembangan, Kecamatan Poncowarno. Kawasan JWA ini berada di dataran tinggi sebelah timur laut dan berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Kebumen.

Di tempat ini para pengunjung dapat merasakan sensasi berada di atas jembatan yang dibangun pada dataran tinggi, sekaligus menikmati keindahan alam yang disuguhkan oleh Kabupaten Kebumen.

Pantai Petanahan

Pantai Petanahan merupakan tempat yang wajib untuk Anda kunjungi ketika berada di Kebumen. Hal ini dikarenakan suasana yang disajikan oleh pantai ini mungkin tidak bisa didapatkan dari pantai lainnya. Di tempat ini para pengunjung dapat menikmati deburan ombak serta melihat hamparan laut selatan yang seolah tidak memiliki batas.

Tidak hanya itu, para pengunjung juga dapat duduk dan bersantai ada pegunungan di sekitar pantai dan menikmati keindahan dan kenikmatan dari suasana yang disuguhkan.

Taman Reptil Kebumen

Ternyata Kebumen juga memiliki tempat wisata yang cukup unik, yaitu taman reptil. Di tempat ini, para pengunjung dapat melihat dan mengamati berbagai macam reptil yang disediakan. Selain itu, taman ini juga menyediakan berbagai macam informasi mengenai reptil, seperti cara menjinakkan dan merawat hewan-hewan yang tergolong reptil.

Taman Reptil Kebumen ini juga telah memiliki fasilitas yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan para pengunjungnya.

Benteng Van Der Wijck

Tempat wisata di Kebumen di Kebumen yang berbentuk benteng ini terletak sekitar 19 kilometer dari pusat Kebumen, tepatnya di Kecamatan Gombong. Dapat dibilang bahwa benteng ini merupakan salah satu peninggalan kolonial Belanda yang tergolong unik karena seluruh bagiannya terbuat dari batu bata. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang menggemari seni fotografi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai tempat wisata di Kebumen. Dengan tersedianya berbagai macam tempat wisata baik itu alam maupun buatan yang sangat menakjubkan, tentunya akan rugi jika berada di Kebumen namun tidak sempat mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Tempat Wisata di Singapura yang Nggak Boleh Terlewat

Singapura merupakan salah satu negara yang lokasinya dekat dengan Indonesia. Negara ini juga sering dikunjungi oleh masyarakat Indonesia karena jaraknya yang cukup dekat dan biayanya juga terjangkau. Meskipun ukuran luas dari negara Singapura ini terbilang kecil jika dibandingkan dengan berbagai negara di kawasan Asia Tenggara lainnya, namun terdapat banyak tempat wisata di Singapura yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Penasaran dengannya? Berikut beberapa wisata menarik di Singapura.

Tempat Wisata di Singapura yang Terbaik dan Sayang Dilewatkan

Universal Studios

Universal Studios merupakan taman hiburan yang sering menjadi tujuan utama bagi para turis dari berbagai negara termasuk Indonesia. Dapat dibilang untuk harga tiket masuk Universal Studios ini ketika tanggal merah, akhir pekan, dan juga musim liburan cukup mahal, yakni dapat mencapai angka 1 juta rupiah untuk satu orang dewasa.

Jika ingin berhemat, maka dapat berfoto di depan ikon dari Universal Studios yang berbentuk bola dunia ini. Namun jika Anda ingin menikmati berbagai wahana dalam taman hiburan ini, maka sebaiknya datanglah di pagi hari agar dapat antrean awal.

Merlion Park

Selain menjadi ikon kebanggaan dari negara Singapura, Merlion Park juga termasuk dalam tempat wisata di Singapura yang sangat menarik untuk dikunjungi. Maskot dari Singapura ini memiliki kepala singa dengan badan ikan.

Taman Merlion ini dibuka selama 24 jam di setiap harinya dan tidak dipungut biaya sama sekali bagi para wisatawan yang berkunjung. Di tempat ini para wisatawan dapat berfoto dan juga menikmati keindahan dari Singapore River. Di tempat ini, para pengunjung dapat berfoto sekaligus menikmati keindahan dari Singapore River.

Sentosa Island

Sentosa Island merupakan sebuah tempat wisata yang lokasinya tidak menyatu dengan pulau utama dari negara Singapura. Banyak cara yang dapat dilalui untuk mencapai tempat wisata ini. Cara yang paling menarik yakni dengan menaiki kereta gantung sekaligus menikmati keindahan dari kota Singapura.

Tiket yang ditawarkan untuk menaiki kereta gantung ini seharga 300 ribu rupiah. Namun jika Anda ingin lebih berhemat, perjalanan bisa dilakukan dengan menaiki monorail Sentosa Express, lalu berganti dengan bus. Kawasan ini menyediakan berbagai tempat yang menarik seperti pantai, lapangan golf, kasino, dan lain sebagainya.

Helix Bridge

Helix Bridge merupakan sebuah tempat wisata berupa jembatan yang memiliki arsitektur menawan. Dengan ukuran panjang 280 meter, membuat jembatan ini menjadi jembatan untuk pejalan kaki terpanjang di Singapura. Selain itu, keunikan dari tempat wisata ini adalah bentuknya yang spiral dan dapat menyala ketika malam hari.

Itulah sedikit informasi mengenai tempat wisata di Singapura yang menarik untuk dikunjungi. Ketika Anda berencana untuk berwisata ke Singapura maupun sedang berada di negara ini, maka usahakan mengunjungi paling tidak salah satu dari tempat wisata tersebut karena mampu memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Tempat Wisata di Balikpapan yang Cocok untuk Liburan Sekolah

Balikpapan adalah kota yang menyimpan sejumlah tempat yang menarik untuk didatangi. Walaupun letaknya jauh dari ibukota, namun bukan berarti Balikpapan tidak semenarik Jakarta. Buktinya masih ada sejumlah tempat wisata di Balikpapan yang bisa didatangi di saat liburan sekolah. Berikut ulasan mengenai destinasi wisatanya.

4 Tempat Wisata di Balikpapan yang Paling Cocok Dikunjungi

Monpera

Monpera merupakan sebuah tugu yang memiliki simbol keberanian dari rakyat Balikpapan dalam mempertahankan kemerdekaannya. Tugu yang satu ini berada di pusat kota atau lebih tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman, depan markas Makodam VI Tanjung Pura, Balikpapan.

Selain karena nilai historisnya, yang menarik dari Monpera adalah latarnya yaitu pantai pasir putih dan taman nan indah. Ketika terdapat event tertentu maka biasanya pertunjukan tradisional akan digelar di tempat wisata di Balikpapan tersebut.

Pasar Kebun Sayur

Jika Anda ingin berkunjung ke pusat kerajinan tangan di kota Balikpapan, maka kunjungi saja Pasar Kebun Sayur. Pasar Kebun Sayur buka setiap harinya mulai dari pukul 8 pagi WITA sampai 6 sore WITA. Di sana tersedia sejumlah jenis makanan khas dari Balikpapan seperti misalnya amplang kuku macan.

Selain itu, di pasar tersebut Anda bisa menemukan berbagai macam jenis cinderamata mulai dari kerajinan batu permata, batik motif ampik, kerajinan Dayak seperti mandau dan sejenisnya, serta manik-manik yang indah. Pasar ini berada di Jalan Letjen Supraptoo, Kelurahan Karang Jati, Balikpapan.

Hutan Lindung Sungai Wain

Berkunjung ke Balikpapan rasanya kurang pas jika tidak mendatangi Hutan Lindung Sungai Wain. Hutan yang satu ini terbilang masih terjangkau dari jamahan para tangan jahil orang-orang. Luas dari hutan itu yakni sekitar 10.000 hektar.

Hutan lindung tersebut menjadi tempat berlindungnya banyak flora dan fauna langka. Anda masih bisa melihat bekantan, beruang madu, kantong semar, Jahe Balikpapan, dan tumbuhan endemik lain yang tumbuh di sana.

Hutan Lindung Sungai Wain menawarkan empat buah paket kunjungan. Anda bisa memilih paket tour dengan pemandu wisata yang ramah dan lugas saat menyusuri hutannya.

Pantai Kemala

Kali ini destinasi wisatanya menuju ke daerah pantai yakni Pantai Kemala. Banyak orang yang menyebut pantai ini dengan sebutan Pantai Polda. Pantai yang satu ini ramai dikunjungi saat hari libur maupun akhir pekan. Pantai Kemala berada di pusat kota Balikpapan.

Lokasi tepatnya adalah di Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan Selatan. Berlibur di Pantai Kemala akan semakin lengkap bila Anda menikmati sajian seafood sembari menikmati keindahan pantainya. Anda bisa memilih makanan Indonesia maupun western yang tersedia.

Keempat tempat wisata di Balikpapan di atas bisa Anda datangi kapanpun. Dengan biaya yang murah, Anda sudah bisa mendapatkan liburan menarik yang bisa memuaskan keinginan bersantai di hari libur. Semuanya juga tidak ada yang terpencil alias bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

4 Tempat Wisata di Jakarta Underrated yang Cocok Untuk Weekends

Liburan menjadi momen dimana setiap orang akan melangsungkan waktu senggang mereka dengan berbagai rencana. Salah satu kota yang menyediakan banyak destinasi wisata untuk liburan sekolah adalah Jakarta. Ibukota Indonesia ini kerap menjadi kota terfavorit bagi sejumlah turis.

Hal itu dibuktikan dengan ramainya tempat wisata di Jakarta berikut ini saat liburan atau bahkan kala weekend saja. Jika biasanya Anda mendengar tentang Monas atau TMII maka destinasi wisata di bawah ini juga tak kalah menarik walaupun terbilang underrated.

 

 

4 Tempat Wisata di Jakarta yang Menarik dan Paling Recomended

Pasar Seni Ancol

Bagi warga Jakarta pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Ancol. Selain menawarkan keindahan yang ada di sana, pengunjung bisa pula mengunjungi pasar seni yang ada di Ancol. Pasar Seni Ancol merupakan pasar yang menjadi pusat wisata seni dan budaya.

Di sana Anda bisa belanja sepuasnya. Konsep yang ditawarkan juga ramah untuk keluarga. Anda bisa menemukan seniman maupun pengrajin yang menjual karya seni mereka. Selain itu ada juga studio seni dimana Anda bisa melihat sendiri proses pembuatan karya seninya.

 

Kuliner Malam Pecenongan

Jika ingin wisata kuliner di malam hari, maka tak salah rasanya untuk mendatangi Kuliner Malam Pecenongan. Di Jalan Pecenongan tersebut membentang 600 m pusat kuliner. Buka sejak pukul 6 sore sampai 2 pagi, sejumlah hidangan lezat disajikan.

Dari yang murah ala kaki lima sampai yang mahal seperti resto legendaris tersedia dengan lengkap. Anda bisa dengan mudah menemukan makanan seperti seafood, chinese food, kue, nasi uduk, martabak, kuliner khas Medan, masakan Padang, sate, dan masih banyak lagi.

Jika ingin berburu daging babi juga ada. Area kuliner ini terbilang strategis karena bisa ditempuh dengan menaiki KRL maupun Trans Jakarta.

 

Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

Ketika Anda bertandang ke kawasan Pantai Indah Kapuk, tak ada salahnya untuk mengunjungi Taman Mangrove yang ada di sana. Area hutan bakau itu dikelilingi oleh perairan dimana Anda bisa naik perahu bersama pemandu. Dengan menaiki perahu itu maka pengunjung bisa menikmati sejuknya hutan bakau.

Selain hutan bakau, Anda juga bisa menikmati fasilitas lain seperti misalnya penginapan dengan gaya tradisional, resto, serta tempat untuk bersantai. Bahkan Anda dapat pula membantu melestarikan lingkungan dengan cara melakukan penanaman pohon bakau.

Ocean Dream Samudra

Ocean Dream Samudra adalah nama lain dari Gelanggang Samudera yang berada di Ancol. Di sana Anda bisa melihat sejumlah atraksi lumba-lumba serta singa laut. Selain itu di sana terdapat pula Taman Surga Burung yang menawarkan wahana Boto-Boto, Ubur-Ubur, hingga pertunjukan Scorpion Rides yang terkenal menegangkan.

Fasilitas yang ada di tempat wisata di Jakarta itu lengkap mulai dari toilet, tempat ibadah, klinik, serta pusat kuliner.

Demikian daftar 4 tempat wisata di Jakarta yang terbilang underrated. Setelah sibuk beraktivitas maka tidak ada salahnya untuk rehat sejenak menikmati tempat wisata yang menarik.

Sempatkan waktu untuk menyegarkan pikiran dengan mengunjungi tempat-tempat di atas.

Rekomendasi 4 Tempat Wisata di Medan yang Ngehits 2019

Setiap wilayah pasti memiliki tempat wisata masing-masing. Dengan berbagai keunikan dari tiap daerah, maka wisata yang ditawarkan juga berbeda-beda. Seperti misalnya kota Medan yang menyimpan banyak destinasi wisata menarik.

Kota yang terletak di Pulau Sumatera tersebut menyediakan sejumlah tempat menarik untuk didatangi. Untuk itu bagi yang ingin berkunjung ke Medan, berikut ini ada beberapa destinasi Tempat wisata di Medan yang wajib untuk dikunjungi ramai-ramai bersama kawan Anda.

 

tempat wisata di medan

Image diambil dari picdeer.com

Inilah 4 Tempat Wisata di Medan yang Recomended

 Air Terjun Telaga Sibolangit

Air Terjun Telaga Sibolangit merupakan tempat wisata alam yang terletak di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang, Medan. Untuk datang ke sana Anda perlu setidaknya 2 jam lamanya dari kota Medan. Air terjun yang satu ini terbilang cantik karena adanya telaga. Telaga tersebut memiliki dua buah warna air.

Warna air tersebut adalah biru dan putih. Biru sendiri menandakan jika airnya dingin sementara putih menandakan jika airnya terasa hangat.

Yang menarik dari tempat wisata yang satu ini adalah karena sejuknya hawa pegunungan di sana. Dengan pemandangan cantik yang eksotis, maka Anda bisa menikmatinya dengan berkemah di sekitar danau.

The Le Hu Garden

Jika Anda ingin merasakan tempat wisata dengan suasana Bali yang kental di Medan, maka datang saja ke The Le Hu Garden. Tempat wisata ini memiliki konsep yang berbeda dan kekinian. Nuansa Bali bisa langsung terasa ketika Anda memasukinya.

The Le Hu Garden berada di Jalan Deli Tua, Pancur Batu. Lokasinya berjarak 10 menit dari Kebun Binatang Medan. Tempat tersebut terbilang cocok untuk mengambil gambar karena lokasinya yang instagramable.

Di sana ada pula fasilitas outbond yang terbilang lengkap. Jadi Anda bisa mencoba ATV, camping ground, ataupun flying fox setelah menikmati makanan di cafenya.

Danau Linting

Tempat wisata di Medan selanjutnya bernama Danau Linting. Danau yang satu ini memiliki keindahan yang tidak usah diragukan lagi. Tak berbeda jauh dengan Danau Toba, Danau Linting juga mempunyai air yang berwarna hijau toska.

Warna air tersebut tentunya membuat danaunya terlihat lebih indah serta eksotis. Tempat tersebut cocok bagi wisatawan yang ingin menyegarkan mata dan beristirahat sejenak dari kepadatan kota.

Pulau Samosir

Pulau unik ini terletak persis di tengah danau Toba. Wisata alam yang satu ini saling berhubungan. Ketinggian dari Pulau Samosir sendiri yaitu mencapai 1000 mdpl. Anda bisa belajar sejarah asli dari Suku Batak.

Selain itu di pulau tersebut Anda juga bisa menemukan sejumlah produk asli buatan Suku Batak seperti misalnya baju, kain, serta aksesoris lain. Anda juga bisa mencoba untuk singgah sejenak di TukTuk.

Itulah beberapa referensi tempat wisata di Medan. Jika Anda memang datang berlibur untuk melepas penat dari wilayah perkotaan, maka tempat wisata alam tersebut memang tepat untuk menyegarkan pikiran.