thread

thread

Thread adalah sebuah pengontrol aliran program pelaksanaan program dengan menggunakan kendali tunggal. Banyak sistem operasi modern telah memiliki konsep yang dikembangkan agar memungkinkan sebuah proses untuk mengeksekusi multi-threads. Misalnya secara bersamaan mengetik dan menjalankan pemeriksaan ejaan didalam proses yang sama (check spelling and grammar).

Salah satu kegunaan multithreading pada single processor adalah kemampuan kerja pada foreground (di muka layar) dan pada background (di balik layar) sekaligus di satu aplikasi. Background thread hanya dieksekusi ketika user-level thread yang utama sedang tidak bekerja. Sedangkan foreground thread dieksekusi secara terus-menerus di depan background thread selama processor bekerja.

Sebagai contohnya adalah program spreadsheet. Program pengolah angka (spreadsheet) adalah program aplikasi komputer yang mensimulasikan suatu lembar kerja. Program ini menayangkan sejumah sel yang secara kesatuan membentuk grid yang terdiri dari kolom dan baris. Sel tersebut dapat juga berisi rumus yang mendefinisikan suatu perhitungan matematis berdasarkan isi sel lain atau kombinasi dari banyak sel yang dapat di-update setiap waktu. Satu thread menampilkan sel dan menu serta dan membaca input user (foreground thread), sedangkan thread lain melaksanakan perintah dari user dan update spreadsheet. Sedangkan background thread biasanya bekerja untuk memperbarui hitungaan terhadap rumus/definisi suatu hitungan yang diinputkan user dan diterima oleh foreground thread.