TUGAS STELA M-2

Posted: 19th March 2013 by Haniatur Rochifah in Uncategorized

TUGAS TERSTRUKTUR

SURVEI TANAH DAN EVALUASI LAHAN

MINGGU-2

Nama : Haniatur Rochifah

NIM : 115040200111111

Kelas : H

 1.      Ada beberapa istilah dalam kuliah ini, dalam kuliah minggu 1 dan 2 ada beberapa istilah yang perlu pemahaman, berikan penjelasan (definisi dan penjelasannya), misalnya :

  1. Peta Tanah : adalah gambaran permukaan bumi sebagian atau seluruhnya pada bidang datar diperkecil dengan skala dan menggunakan dan symbol
  2. Skala peta : angka perbandingan antara jarak dua titik di atas peta dengan jarak tersebut di permukaan bumi.
  3. Delineasi batas tanah (Soil delineation) : Suatu garis yang tehubung untuk menandai perbedaan keadaan tanah dalam peta tanah. Deineasi menghubungkan antara tanah yang satu dengan yang lainnya yang mempunyai fungsi yang sama
  4. Poligon : penggambaran batas/delineasi tanah-tanah yang dijumpai di lapangan yang berupa garis-garis.
  5. Satuan Peta (Map unit) : Satuan lahan yang system fisiografi/bentuk lahannya sama, yang dibedakan satu sam lain di lapangan oleh batas-batas alami dan dapat digunakan sebagai satuan evaluasi lahan.
  6. Satuan Peta Tanah : polygon-poligan yang berada dalam peta tanah. dapat hanya t.a. satu taksa tanah (konosiasi), atau dapat pula t.a. ≥ 2 taksa tanah (berupa asosiasi atau kompleks) yang didefinisikan mengikuti sistem klasifikasi tanah yang digunakan.
  7. Legenda : keterangan yang berupa simbol-simbol pada peta agar peta mudah dimengerti oleh pembaca.
  8. Foto udara : Salah satu jenis citra penginderaan jauh merupakan gambaran rekaman obyek yang dihasilkan dengan cara optik, elektro-optik, optik-mekanik, atau elektronik.
  9. Stereoskop : alat untuk melihat peta tanah dari foto udara secara 3 dimensi.
  10. Inklusi : salah satu dalam satuan peta tanah yang tidak memungkinkan untuk digambar, tetapi juga tidak mungkin dihilangkan dan terdapat pada legenda.
  11. Asosiasi : kumpulan dari suatu tanah yang gravimetris yang tidak dapat dipetakan.
  12. Tanda vidusial : Digunakan untuk mencari titik pusat udara.
  13. Waterpass : Mengukur kemiringan dengan air pada saat foto udara.
  14. Altimeter : Untuk mengetahui ketinggian pada saat foto udara.
  15. Garis efektif : Untuk mendeliniasi landform.

2. Buat halaman yang berisi resume bahan kajian kuliah minggu pertama, yang berisi penjelasan (definisi dan penjelasannya).

Jawaban :

Pada kuliah minggu pertama mahasiswa dijelaskan tentang RKPS  mata kuliah ini. Terdapat pula penjelasan mengenai bobot mata kuliah Survei Tanah dan Evaluasi Lahan, juga kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa berupa praktikum ruang dan praktikum lapang.diajarkan atau diberi materi mengenai apa itu survei tanah dan evaluasi lahan. Dalam materi ini kita dapat mengetahui bagaimana itu survei tanah dan evaluasi lahan serta apa saja yang terkait di materi tersebut. Pertama kita jadi tahu apa itu survei tanah, evaluasi lahan, satuan peta, legenda peta, foto udara, peta tanah, skala peta, delinease, serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada survei tanah.

Berikut ini definisi dari istilah-istilah yang muncul pada materi pertama ini , yaitu :

  • Survei tanah adalah penelitian tanah di lapangan dan di laboratorium, yang di lakukan secara sistematis dengan metode-metode tertentu terhadap suatu daerah (areal) tertentu, yang ditunjang oleh informasi dari sumber-sumber lain yang relevan.
  • Evaluasi lahan adalah proses pengukuran, pencatatan, dan pengumpulan keterangan mengenai suatu areal tanah untuk mengevaluasi kegunaannya.
  • Satuan peta tanah yaitu dimana kelompok lahan atau tanah yang memiliki karakteristik yang sama.
  • Legenda peta  merupakan pengidentifikasian satuan peta serta memberikan informasi tentang satuan-satuan yang terdapat dalam suatu peta tanah dimana yang dilambangka dengan berbagai macam bentuk symbol.
  • Pemetaan tanah/penentuan batas satuan peta tanah adalah penggambaran bentuk satuan geografis pada suatu peta dasar (peta topografi/ mosaik-foto). Tiap SPT ditandai dengan symbol, yang dijelaskan dalam legenda peta.
  • Foto udara yaitu dimana pengambilan gambar atau foto melalui udara atau angkasa dengan menggunakan alat satelit.
  • Peta tanah merupakan peta yang dibuat untuk memperlihatkan sebaran taksa tanah dalam hubungannya dengan kenampakan fisik dan budaya dari permukaan bumi. Setiap peta tanah digambarkan garis-garis batas tanah-tanah yang dijumpai di lapangan. Dalam setiap peta tanah selalu berisikan lebih dari satu satuan peta tanah.
  • Skala Peta adalah dimana menunjukkan perbandingan jarak anara dua tempat titik pada peta, dengan jarak sebenarnya di lapangan
  • Delineasi batas tanah yaitu dimana merupakan batasan-batasan tanah atau gars-garis batah tanah yang ada di lapangan.
  • Sifat tanah dipengaruhi oleh 5 faktor pembentuk tanah : bahan induk, topografi, iklim, waktu dan organisme.
  • Lithosekuens adalah  tanah yang memiliki factor pebentuk dari bahan induk berbeda tetapi keempat faktor pembentuk lainnya sama.

Lithosekuens = f (BI) + C1+C2+C4+C4

Toposekuens =f (Topografi) + C1+C2+C4+C4

Klimosekuens = f (Climate) + C1+C2+C4+C4

Biosekuens = f (Organisme) + C1+C2+C4+C4

Kronosekuens = f (Waktu) + C1+C2+C4+C4

–          4 kegiatan dalam survei tanah.

Ada 4 kegiatan penting menurut SDA yaitu deskripsi dan pencirian tanah, klasifikasi tanah, pemetaan tanah/penentuan batas satuan peta tanah dan intrepetasi data survei tanah.

–          Terakhir, mahasiswa dijelaskan beberapa contoh buku yang dianjurkan dalam mempelajari mata kuliah ini. Misalnya buku yang dibuat oleh M.Lutfi Rayes mengenai Evaluasi Lahan

3. Setiap minggu akan muncul istilah-istilah baru dari bahan kajian yang diberikan, tambahkan pada halaman tersebut.

Jawaban:

  • Grid adalah penetuan titik yang diterapkan pada survei tanah dengan memperhatikan kedetailan tertentu.
  • Glay adalah warna tanah yang keabuan karena tergenang air yang sangat lama.
  • Redoxymorphyl adalah suatu bentuk tanah yang disebabkan proses reduksi dan oksidasi contohnya di daerah Lamongan.
  • Kontur adalah garis khayal untuk menggambarkan semua titik yang mempunyai ketinggian yang sama diatas atau dibawah permukaan laut.
  • Monolit adalah merupakan contoh tanah tidak terganggu yang diawetkan dan sengaja dibuat sebagai alat bantu visual untuk      pengajatan tentang sifat-sifat dan jenis tanah.

CAPTCHA Image
*