UTS E-COMMERCE

0

1.Jelaskan bagaimana hubungan E-Commerce terhadap Supply Chain Management!
Perusahan Maya mengandalkan berbagai hubungan pemasok untuk memberikan pelayanan pada saat diperlukan. Perusahaan maya mempunyai batasan organisasi yang tidak tetap dan bergerak sehingga memungkinkan terciptanya perusahaan yang unik agar dapat memenuhi permintaan pasar yang cenderung berubah Hubungan bisa bersifat jangka pendek maupun jangka panjang, mitra sejati atau kolaborasi, pemasok atau subkontraktor. Apapun bentuk hubungannya diharapkan akan menghasilkan kinerja kelas dunia yang ramping. Keuntungan yang bisa diperoleh diantaranya adalah: keahlian manajemen yang terspesialisasi, investasi modal yang rendah, fleksibilitas dan kecepatan. Hasil yang diharapkan adalah efisiensi.
Agar dapat beroperasi dengan efesien dan memproduksi baran-barang berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan para pelanggan, organisasi harus memiliki pengiriman pasokan dan material berkualitas tinggi dengan harga yang pantas yang dapat dipercaya. Organisasi juga membutuhkan system yang efisien dan dapat dipercaya untuk mendistribusikan produk-produk yang sudah selesai, menjadikannya tersedia untuk para pelanggan. Oleh karena itu , manajer operasi yang memiliki focus yang strategis mengakui bahwa mereka harus mengatur seluruh rantai pasokan. Manajemen rantai pasokan ( supply chain management) merupakan istilah untuk pengaturan urutan pemasok dan pembeli yang meliputi semua tingkat pemrosesan mulai dari mendapatkan bahan baku sampai pendistribusian barang-barang yang sudah selesai diproduksi ke pelanggan akhir.
E-commerce merupakan sarana untuk memperluas jaringan supply chain sebuah perusahaan. Dalam rantai supply chain, hubungan antar bisnis bukan hanya penting, tapi vital. Produk-produk yang berupa tangible goods perlu melewati cukup banyak tahapan B2B sebelum akhirnya dihantarkan ke pemekai akhir lewat satu proses B2C. Dengan adanya e-commers proses itu bisa dipersingkat dan jaringannya relative lebih luas.

2.Jelaskan bagaimana E-Commerce dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja karyawan dan memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan!
E-commerce adalah salah bentuk teknologi informasi yang merupakan media bisnis yang relatif baru di Indonesia. Diluar negeri e-commerce sudah muncul satu dasawarsa yang lalu bahkan Gedung putih pernah mendeklarasikan e-commerce sebagai tonggak revolusi industri baru yang akan sangat berdampak pada stabilitas global. Peranan e-commerce dalam dunia bisnis telah merubah sistem perdagangan konvensional yang bertumpu pada distributor menjadi lebih praktis antara produsen dengan konsumen yang memotong mata rantai distributor.
Keberadaan e-comm tidak saja sebagai lifestyle bagi customer yang menggunakannya, bagi customer belanja melalui e-comm akan lebih mengurangi sikuls waktu, dalam hal ini adalah mempersingkat waktu (efektif) karena tidak perlu berputar-putar mengelilingi pusat pertokoan, hal ini sesuai dengan ciri masyarakat modern yang menginginkan segala sesuatu dengan cepat. Yang berarti ecommerce juga dapat dikatakan turut memberikan dukungan terhadap fasilitas pelanggan. Keuntungan yang lain dengan belanja melalui e-commerce adalah dapat memutus mata rantai distributor secara otomatis barang yang dibeli akan lebih murah karena tanpa adanya campur tangan pemerintah untuk mengenakan pajak jual-beli.
Pada sisi produsen keberadaan e-commerce yang menguntungkan terletak pada sisi marketing dan order barang. Marketing dan order barang dapat dilakukan secara continue dalam waktu 24 jam penuh tanpa adanya perlu mendirikan kantor perwakilan dan tidak tersekat oleh batas geografis dan hukum negara. Begitupun customer service sebagai pola komunikasi terhadap customer akan dapat termanage dengan lebih efektif dan efisien, yang dalam project ini adalah pelayanan terhadap komplain customer diharapkan akan mampu merespon segala keluhan yang berhubungan dengan produk. Akomodasi dari banyaknya keluhan yang masuk dari customer akan sangat bermanfaat bagi perusahaan untuk menentukan strategi perusahaan kedepan selain daripada sekedar melayani pelanggan untuk menangani kerusakan produk.
Hasil dari e-commerce berupa jangkauan operasional yang meluas maupun pelayanan biaya elektronik yang murah, karena melalui e-commerce maka informasi diantara kegiatan bisnis dan teknologi dapat cepat berkembang. Melakukan transaksi menggunakan cara elektroonik memberikan beberapa manfaat diantaranta adalah sebagi berikut: Biaya informasi lebih murah, akses 24 jam, kesempatan perluasan terbuka, menurunkan biaya penciptaan, proses, distribusi, penyimpanan, mengurangi biaya komunikasi, memperkaya komunikasi daripada secara tradisional, pengiriman secara digital, meningkatkan fleksibilitas lokasi.
Dampak yang paling besar dengan adanya internet maka akan memperpendek daur hidup suatu product sehingga memaksa persaingan berdasarkan waktu (seperti yang telah dibahas pada topic desain produk). Manajer operasi harus melakukan akselerasi dengan cara mengelola data produk melalui internet. Komunikasi dan kolaborasi baru dengan cara menggunakan alat engineering yang labih canggih dan konfigurasi manajemen untuk memperluas rantai pasokan. Akurasi data supplier, subkontrak dan partner yang stratejik menjadi lebih penting di era globalisasi. Kompleksitas dalam mengelola pengembangan produk dan meningkatkan definisi produk sebagai tanggung jawab disain bergeser dari sentralisasi kearah pengembangan tim. E-commerce dengan cepat mentransfer spesifikasi, gambar 3 dimensi kolaborasi yang cepat, serta memeprmudah tugas. Banyak perusahaan telah memanfaatkan internet untuk mengembangkan disain produknya, contohnya adalagh General Motor yang telah menerapkan system on-line dengan supliernya secara realtime.
Sehingga, jika kita lebih mendalami definisi diatas, dapatlah dikatakan bahwa e-commerce dalam prespektif komunikasi merupakan aktifitas pengiriman atau penjualan produk, service dan informasi atau pembayaran melalui jaringan computer atau internet, sedangkan dalam prespektif proses bisnis adalah suatu sistem yang menggunakan teknologi informasi dalam mewujudkan otomisasi transaksi bisnis dan work flow, dalam perspektif service dikatakan bahwa e-commerce merupakan suatu cara bagi perusahaan, konsumen dan manajemen untuk memangkas biaya yang ada, selama hal itu tetap meningkatkan kualitas dari produk/service dan kecepatan dalam distribusinya sedangkan yang terakhir dalam prespektif online, e-commerce menyediakan kesempatan untuk membeli dan menjual produk/service dan informasi dengan menggunakan internet dan sarana pelayanan online lainnya.
Dengan melihat tujuan-tujuan di atas, dapat disimpulkan bahwa e-commerce merupakan sebuah sistem yang dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam berbisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas dari produk/service dan informasi serta mengurangi biaya-biaya yang tidak diperlukan sehingga harga dari produk/service dan informasi tersebut dapat ditekan sedemikian rupa tanpa mengurangi dari kualitas yang ada.
Dampak dari inovasi teknologi dengan menaplikasikan E-Commerce adalah terciptanya otomatisasi di berbagai kegiatan organisasi. Otomatisasi memberikan perbaikan kualitas jangka panjang dan kesinambungan produk dengan mempertimbangkan adanya pembaharuan terhadap teknik-teknik penyelesaian pekerjaan. Lewis (1984) mengemukakan bahwa perusahaan-perusahaan yang melakukan otomatisasi harus selalu melatih kembali karyawannya karena otomatisasi merupakan proses yang berkesinambungan. Penguasaan teknologi bagi karyawan sangat diperlukan untuk tercapainya keberhasilan otomatisasi (E-Commerce) di organisasi.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern ini akan mengimplikasikan berbagai perubahan dalam kinerja manusia. Seiring dengan perkembangan dan peningkatan kebutuhan untuk tercapainya kinerja organisasi yang optimal, perusahaan berlomba-lomba untuk menciptakan strategi inovasi yang handal. Komputerisasi merupakan salah satu strategi bagi perusahaan yang dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja organisasi melalui penghematan waktu, tenaga dan biaya dalam jangka panjang. Seseorang akan berusaha untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuannya di segala bidang agar tetap survive di organisasi. Hal ini akan mendorong organisasi untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas, yang dapat menyelesaikan pekerjaan dengan benar dan tepat.
Penguasaan teknologi yang dimiliki karyawan akan berpengaruh terhadap pemberdayaan sumber daya manusia. Perusahaan supaya dapat mempertahankan iklim bisnis yang efektif perlu melakukan empowerment (pemberdayaan) sumber daya manusia (Khan & Worldwide, 1997; Caudron, 1995; Luthans, 1995) melalui desain partisipasi karyawan (Schweltz et.al., 1997).
Otomatisasi mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap karyawan. Peralatan yang digunakan oleh karyawan di dalam pekerjaan mereka akan memungkinkan mereka dapat melaksanakan tugas-tugas mereka dengan cepat, lebih mudah dan lebih efisien (Quible, Hammer, 1984).
Siklus waktu e-commerce yang berbasiskan internet yang digunakan untuk mengirimkan informasi produk kepada konsumen akan berkurang. Selain itu pertukaran informasi dalam supply chain suatu perusahaan akan berkurang sehingga akan lebih efisien dalam hal biaya dan waktu. Peran lain dari e-commers adalah meningkatkan kinerja karyawan.
Hubungan dengan kinerja karyawan yaitu e- commerce menuntut komitmen, kreativitas, karyawan dalam beradaptasi dengan setiap perubahan lingkungan.Bercirikan pemberdayaan dan desentralisasi wewenang, beranggotakan knowledge based workers; mampu beradaptasi secara cepat dengan teknologi baru dan perubahan lingkungan (learning organisation); mampu dan berani bereksperimen dengan produk, jasa, maupun proses baru; dan mampu mengelola perubahan secara strategik.
Dalam melakukan pembelian, konsumen memerlukan sebuah fasilitas, misalnya menyangkut informasi mengenai karakteristik produk yang dibutuhkan dan berbagai alternatif merk. Untuk itu dibutuhkan aktivitas layanan pelanggan yang di rancang secara khusus guna memuaskan konsumen. Dalam konteks e-commers, bentuk layanan pelanggan yang bisa diberikan adalah : menjawab setiap pertanyaan pelanggan dan calon pelanggan melalui e-mail dan forum dan menyediakan fasilitas pencarian dan perbandingan, misalnya dalam bentuk search engines, Menyediakan informasi teknis yang bersifat interaktif dan user-friendly kepada para pelanggan, Memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk melacak status pesanan.

3.Bandingkan antara “marketplaces” dengan “marketspaces”. Apa keunggulan dan keterbatasan masing-masing!

Sebuah pasar adalah sebuah jaringan interaksi dan hubungan dimana informasi, produk, layanan, dan pembayaran saling bertukar. Market elektronik adalah sebuah tempat dimana penpeli dan penjual saling bertemu secara elektronik
Dunia maya yang tercipta karena berkembangnya teknologi internet, secara tidak langsung membentuk sebuah pasar atau arena perdagangan tersendiri yang kerap dinamakan sebagai e-Marketplace (beberapa praktisi manajemen menyebutnya sebagai Marketspace). Sebagaimana pasar dalam pengertian konvensional, yaitu tempat bertemunya penjual dan pembeli, di dalam e-Marketplace berinteraksi pula berbagai perusahaan-perusahaan di dunia tanpa dibatasi oleh teritori ruang (geografis) maupun waktu. Beragam produk dan jasa dalam berbagai bentuknya dicoba ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan yang telah “go internet” ini dalam berbagai domain industri, sehingga menghasilkan suatu nilai dan volume perdagangan yang tidak kalah besar dari pasar konvensional.
Pertimbangan bergabung ke dalam E-marketplace:
- Woner E-Marketspace
- Costs
- Eae To Use / Support
- Industry Fit
- Marketplace Participation
- Security / Privacy
- Other Service
Beberapa situs e-marketplace misalnya :

http://www.indonetwork.co.id

http://www.sme-center.com

http://www.alibaba.com

Marketspace (ruang pasar) adalah market place (tempatpasar) dimana antara penjual dan pembeli melakukan pertukaran. Barang dan jasa dengan sejumlah uang (atau dengan barang dan Jasa lain),tetapi dilakukan secara elektronis.
Melibatkan:
1.Pelanggan
2.penjual
3.Barang (fisikataudigital)
4.Infrastruktur
5.Front-end
6.Back-end
7.Perantara/mitra bisnis
8.Layananpendukung
Komponen E-Marketspace:
- Costumer (Konsumen)
- Seller (Penjual)
- Barang (Berupa Fisik atau Digital)
- Front-End
- Mitra Bisnis (Intermediaries)
- Dukungan Pelayanan Support Service
- Infrastruktur
- Back End
Fungsi Utama Pemasaran:
- Mempertemukan para pembeli (konsumen) dan para penjual (Pelaku Bisnis)
- Memudahkan pertukaran ifnromasi, barang-barang jasa, dan pembayaran dihubungkan dengan transaksi pasar
- Menyediakan suatu infrastruktur kelembagaan

4.Bandingkan harga Sony Digital Camera pada: shopping.com, mysimon.com, bottomdollar.com, bizrate.com, dan pricescan.com. Situs mana yang memberikan harga terbaik? Dimana anda mendapatkan informasi terbaik?
Produk Sony digital Camera jenis pocket (point n shot):
Ex : sony cybershot dsc w300
1.shopping.com $269-406
2.mysimon.com $ 264-348
3.bottomdollar.com $252
4.bizrate.com $270
5.pricescan.com $252
Produk Sony digital Camera jenis prosummer
Ex : sony cybershot dsc h10
1.shopping.com $179-244
2.mysimon.com $211-370
3.bottomdollar. com $202
4.bizrate.com $150
5.pricescan.com. $178
Produk Sony digital Camera slr
Ex: sony alpha 200 kit
1.shopping.com $699-700
2.mysimon.com $420-499
3.bottomdollar.com $401
4.bizrate.com $436
5.pricescan.com $389
Situs yang memberikan harga terbaik dan mendapatkan informasi terbaik:
Produk kamera digital jenis pocket (point n shot) : pricescan.com. $252
Produk kamera digital jenis prosummer : bizrate.com, $150
Produk kamera digital jenis slr : pricescan.com.$389
Menurut saya, saya mendapatkan informasi terbaik pada web site bizrate.com. karena informasi yang diberikan lengkap. Seperti spesifikasi produk( berat, dimensi, sensor, dan kelengkapan lain), kondisi produk 9 baru/ 2nd), informasi toko/ website yang menyediakan stok produk, cara pembayaran cukup lengkap(pay pal, credit card). Selain itu cara shopping produk juga dijelaskan, dan konsumen bebas memilih akan menggunakan jasa shipment apa yang mereka kehendaki, konsumen akhir banyak diberi ruang untuk berinteraksi dengan perusahaan lewat web site yang disediakan. Informasi-informasi yang disajikan perusahaan pada model ini lebih banyak pada informasi produk. Bahkan, dengan adanya review langsung user, interaksi bukan hanya terjadi antara user dengan perusahaan, tapi juga antar user.

5.Jelaskan bagaimana trust, kepuasan, loyalitas konsumen pada E-Commerce!
Trust, yang merupakan hal kritis bagi efektifitas dan efisiensi rantai pasokan. Anggota dari rantai pasokan harus masuk kedalam hubungan yang membagi informasi dalam rangka membangun kepercayaan. Hubungan diantara pemasok akan lebih sekses jika resiko dan penghematan biaya dibagi dan aktifitas seperti riset konsumen, analisa penjualan, peramalan, perencanaan produksi merupakan aktifitas bersama.
Faktor trust juga merupakan salah satu faktor kritis dalam e-commerce, terutama menyangkut competence trust dan goodwill trust. Transaksi melalui internet tidak bisa jalan tanpa adanya faktor kepercayaan. Apalagi pihak-pihak yang terlibat belum tentu bisa bertatap muka secara langsung. Faktor kepercayaan ini sangat sukar dibangun, namun sangat mudah sekali dirusak.Banyak calon pelanggan yang ragu untuk melakukan transaksi via pay pal, kartu kredit maupun transfer. Oleh karena itu dibutuhkan tiga faktor utama dalam rangka membangun dan mempertahankan trust, yaitu kepuasan pelanggan, reputasi dan itikad baik pemasok, serta pengakuan dari pihak ketiga. Banyak situs yang menyediakan fasilitas forum antar pelanggan untuk meyakinkan calon pelanggan baru untuk melakukan transaksi. Selain situs-situs dalam negeri banyak yang menyediakan fasilitas COD (cash on delivery) untuk meyakinkan calon konsumen.Kesungguhan an profesionalisme dari pihak enjual kan berpengaruh pada loyalitas konsumen serta secara otomatis akan menambah jumlah pelanggan baru.
Kepuasan pelanggan adalah kunci dari bisnis e-commerce. Semakin banyak konsumen yang puas dengan pelayanan dan kualitas produk, maka akan menjadi nilai lebih dimata konsumen dan akan meningkatkan loyalitas konsumen. Loyalitas konsumen dapat berupa pembelian kembali dan rekomendasi yang ditulis dalam forum antar konsumen.

6.Jelaskan bagaimana penerapan segmentasi pada E-Commerce!
Dengan berbagai kendala utama yang masih harus dipecahkan bersama-sama bukan hanya diantara pemerintah, pelaksana dan praktisi e-commerce, pebisnis juga rakyat secara menyeluruh, karena dalam pelaksanaannya e-commerce jika telah didukung dengan prasarana dan sarana yang memadai dapat menjadi alternatif bagi sistem bisnis baru yang sangat sesuai dengan kondisi geografis dari Indonesia, jumlah penduduk Indonesia serta iklim bisnis Indonesia, selain itu e-commerce menjadi salah satu jalan untuk mengembangkan usaha-usaha kecil dan menengah dan menjadi salah satu jalan untuk mengurangi pengangguran yang ada karena sistem implementasinya yang sebenarnya cukup sederhana dan gampang.
Semuanya jika tanpa usaha dan kerjasama dari berbagai pihak hanyalah perbuatan yang sia-sia, dengan tekad bersama kita terus mencari jalan untuk mewujudkan apa-apa yang diidam-idamkan oleh bangsa Indonesia selama ini yaitu semakin berkurangnya jumlah pengangguran yang ada, semakin berkembangnya usaha industri kecil dan menengah, meningkatnya pendapatkan dan taraf hidup rakyat serta naiknya tingkat kecerdasan bangsa Indonesia, walaupun e-commerce bukanlah sebuah solusi yang terbaik, diharapkan dengan pengimplementasian e-commerce dengan baik dan benar dapat membantu meringankan dan mengurangi problem serta beban berat yang selama ini yang telah kita hadapi.
Jenis-jenis konsumen kegiatan transaksi ecommerce:
1.konsumen individual, konsumen ini lebih banyak diperhatikan oleh media
2.konsumen organisasi
3.konsumen yang paling banyak melakukan bisnis di internet yang terdiri dari pemerintah, perusahaan swasta, resellers, organisasi publik yang bertindak tidak semata-mata konsumtif sebagaimana layaknya konsumen akhir. Konsumsi dilakukan untuk membuat produk baru maupun melakukan modifikasi
Perantara dalam Ecommerce
Perantara (broker) memainkan peranan yang penting dalam e-commerce yang mana mereka menyediakan aktivitas value-added dan jasa kepada pembeli dan penjual. Ada berbagai tipe dari perantara. Yang paling diketahui adalah perantara pada dunia fisik yaitu wholesaler dan retailer. Pada dunia maya, ada tambahan perantara yang mengkontrol lajunya informasi. Perantara elektronik ini dikenal dengan nama intermediaries. Informasi melalui untuk dan dari pembeli dan penjual melalui intermediaries.
Segmentasi dalam Pemasaran e-Commerce
Segmentasi pasar merupakan usaha untuk meningkatkan ketetapan pemasaran perusahaan. Titik awal dari pembahasan segmentasi adalah pemasaran massal, dalam hal ini penjual menjalankan produksinya dengan massal. distribusi massal atau suatu produk bagi semua pembeli (menurut Regis Mc. Kena). Argumen penciptaan pasar massal merupakan daya menciptakan pasar potensial terbesar, yang akan menghasilkan biaya yang lebih rendah sehingga harus memilih banyak untuk belanja baik di mall raksasa, toko-toko, jaringan belanja dari rumah maupun toko virtual di internet. Segmentasi pasar untuk pemasaran produk konsumen , variable segmentasi utama adalah geografi, demografi, psikografi, perilaku, dan manfaat. Beberapa penjelasan diantaranya;
1. Segmentasi Geografi, merupakan pembagian pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda. Misalnya: wilayah, negara, negara bagian, propinsi, kota dan kepulauan
2. Segmantasi Demografi, dimana pasar dikelompokkan berdasarkan variabel-variabel pendapatan, jenis kelamin, pendidikan, jumlah penduduk, usia, ukuran keluarga, pekerjaan, agama, ras, generasi, kewarganegaraan dan kelas sosial.
3. Segmentasi Psikografi, mengelompokkan pasar dalam variable gaya hidup, nilai dan kepribadian. Gaya hidup juga ditunjukkan oleh orang-orang yang menonjol pada kelas sosial. Minat terhadap suatu produk juga dipengaruhi oleh gaya hidup. Oleh karena itu barang yang dibeli oleh orangorang tersebut adalah untuk menunjukkan gaya hidupnya.
4.Segmentasi Perilaku, membagi kelompok berdasarkan status pemakai, kejadian, tingkat penggunaan, status kesetiaan, tahap kesiapan pembeli, sikap.
5. Segmentasi Manfaat, mengklasifikasikan pasar berdasarkan atribut/nilai atau manfaat yang terkandung dalam suatu produk.
Tiga langkah pemasaran sasaran :
1. Mengidentifikasi dan memilih kelompok pembeli yang berbeda-beda yang meminta produk/bauran pemasaran tersendiri (segmentasi pasar)
2. Memilih satu atau lebih segmen pasar untuk dimasuki (membidik pasar)
3. Membentuk dan mengkomunikasikan manfaat untuk dibedakan produk perusahan dengan produk lain di pasar.
Langkah-langkah dalam Strategi e-Commerce:
Periklanan adalah penggunaan media bayaran oleh seorang penjual untuk mengkomunikasikan informasi secara persuatif tentang produk 9ide, barang, jasa) ataupun organisasi merupakan alat komunikasi yang kuat. M.Suyanto (2000), berpendapat bahwa strategi perikalanan pada e-commerce (internet) merupakan proses
5 tahap yang dikenal dengan 5M, yang terdiri dari:
1) Penetapan tujuan (mission)
2) Keputusan tentang anggaran (money)
3) Keputusan pesan (message)
4) Penetapan media, dan
5) Evaluasi mengenai kampanye (measurement)

7.Cari contoh 3 situs yang menerapkan B2B menggunakan E-Commerce. Berikan gambaran tentang situs-situs tersebut!
Bisnis melakukan transaksi penjualan online dengan bisnis lain. Business-to-business (B2B) biasanya diterapkan pada transaksi bisnis, organisasi nirlaba atau pemerintah.
Business to business dalam e-commerce umumnya menggunakan mekanisme EDI (electronic data interchange). Tetapi karena begitu banyaknya standarisasi yang ada, dalam pelaksanaannya menyulitkan antara pebisnis untuk saling berinteraksi sehingga berkembanglah dewasa ini yang dinamakan Extensible Markup Language (XML) yang dikembangkan oleh World Wide Web Consortium (W3C) dalam XML ini tersimpan struktur dan jenis elemen data di dalam dokumennya yang berbentuk tags seperti HTML sehingga sangat efektif digunakan dalam system yang berbeda. Sehingga yang sebelumnya EDI menggunakan jaringan yang sering disebut VAN (value added network) dengan populernya jaringan internet mulai dikenal sebuah system yang disebut EDI over internet dan system lainnya yang sedang berkembang seperti electronic/internet procurement dan ERP (enterprise resource planning).
Dari berbagai jenis model bisnis B2B yang ada, terlihat bahwa tiga jenis akan mendominasi pasar, yaitu model: Enterprise Portals, Extranet, dan Virtual Markets (Rymer, 1999).
Enterprise Portals Model bisnis ini merupakan jenis aplikasi yang paling menjadi primadona saat ini. Pertama kali diperkenalkan oleh Gartner Group pada tahun 1998, model ini merupakan pengembangan dari jenis consumer portal yang telah diperkenalkan terlebih dahulu oleh situs-situs semacam Yahoo, AOL, dan Microsoft. Bedanya adalah jika consumer portals ditujukan untuk semua users yang terhubung ke internet, pada enterprise portal, akses hanya dibatasi pada orang-orang tertentu yang berada pada satu atau lebih domain. Misalnya adalah enterprise portal milik Merrill Lynch yang hanya ditujukan bagi konsumen, pegawai, mitra bisnis, dan pemilik perusahaan tersebut saja.
Extranet Sistem extranet sebenarnya bukan merupakan sebuah konsep baru, karena telah cukup lama dikenal dalam dunia sistem informasi korporat setelah konsep lainnya, yaitu internet dan intranet diperkenalkan. Pada paradigma lama, extranet pada dasarnya merupakan sistem tambahan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan sebagai konsekuensi dari terintegrasinya sistem internal dengan sistem eksternal perusahaan, yaitu sistem informasi perusahaan lain yang merupakan mitra kerja, seperti pemasok (suppliers), vendor, dan lain sebagainya. Dalam paradigma baru, extranet memiliki peranan yang lebih dari sekedar sistem luar perusahaan yang terkoneksi dengan sistem perusahaan, namun lebih ditekankan pada terintegrasinya proses penciptaan produk atau jasa dalam suatu rangkaian rantai proses (value chain). Lebih jauh lagi, sistem extranet masa kini dibangun untuk mengimplementasikan apa yang diistilahkan sebagai supply chain management, yaitu bagaimana menyatukan proses-proses dari hulu (supplier) ke hilir (customers); dengan kata lain, bagaimana melibatkan dan memasukkan konsumen ke dalam proses internal perusahaan. Tujuannya jelas, yaitu untuk mencapai tingkat efisiensi, efektivitas, dan kontrol internal yang tinggi. Isu-isu utama yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:
1.Masalah yang sangat jelas terlihat adalah bagaimana mengintegrasikan sistem yang dimiliki perusahaan dengan beragam sistem yang dimiliki oleh perusahaan lain
2.Pada mulanya, untuk mengintegrasikan beberapa sistem tersebut biasanya dibutuhkan investasi yang cukup besar, yang harus dikeluarkan oleh perusahaan sebelum yang bersangkutan dapat menuai manfaat yang signifikan untuk jangka menengah dan jangka panjang.
3.Faktor keamanan merupakan hal ketiga yang menjadi bahan pertimbangan di sini, karena terjadinya arus pertukaran data antar beberapa entiti bisnis melalui medium internet yang merupakan public domain. Walaupun murah secara biaya, namun faktor keamanan di internet masih sangat kurang, terutama dibandingkan dengan sistem proprietary yang hanya eksklusif menghubungkan beberapa perusahaan tertentu.
Virtual Markets Yang dimaksud dengan pasar virtual di sini pada dasarnya adalah implementasi sistem perdagangan elektronik (electronic trading systems). Karena sifatnya yang B2B, maka pihak-pihak yang saling melakukan perdagangan adalah korporat atau perusahaan, bukan individu. Contohnya adalah NASDAQ Stock Exchange yang merupakan sebuah pasar besar di dunia maya. Alasan dipergunakannya teknologi internet adalah selain untuk meningkatkan efisiensi, dengan adanya keleluasaan tersebut, maka diharapkan frekuensi dan volume perdagangan akan meningkat secara signifikan, sehingga meningkatkan value dari pasar tersebut. Isu-isu yang berkaitan dengan sistem B2B ini adalah sebagai berikut:
1.Dalam format free market, target utama dari sebuah sistem adalah untuk menciptakan efisiensi perdagangan, sehingga jika dengan adanya sistem B2B hal ini tidak tercapai, maka sistem yang ditawarkan akan “mati” dengan sendirinya karena tidak efektif.
2.Scalability merupakan kata kunci kualitas arsitektur teknologi informasi yang harus dibangun dan dikembangkan. Karena keberhasilan implementasi business model akan terlihat dari meningkatnya frekuensi dan volume perdagangan dari waktu ke waktu secara cepat, dan cenderung dengan percepatan eksponensial.
3.Sistem keamanan juga tidak kalah pentingnya dalam format perdagangan ini, karena terlepas dari jenis barang yang diperdagangkan (saham, produk, obligasi, komoditas, dsb.), pada internet yang mengalir adalah data digital. Jika ada orang yang dapat mengintervensi medium tersebut dan mengacaukan data yang ada, maka dampak negatifnya akan jelas terlihat dan akan menimbulkan kerugian yang sangat besar.
Bussines to bussines disingkat B2B, merupakan jenis electronic commerce yang berisi transaksi antar dua perusahaan (entiti bisnis).B2B memiliki nilai transaksi yang lebih besar dari B2C ataupun C2C. Ini dikarenakan transaksi antar perusahaan biasanya dilakukan berulang-ulang dan dalam ukuran yang besar.
Contoh Situs:

http://www.alibaba.com

Tampilan : Layout yang kurang menarik, terkesan biasa
Kecepatan upload halaman : Cukup cepat, 3-5 detik dengan koneksi 32kb/ps
Kelengkapan fitur catalog : Sangat lengkap,
Cara pembayaran : Pay PAL dan kartu kredit
Kejelasan informasi : Cukup dengan spesifikasi dari situs official produk
Kelengkapan produk : Hanya fokus pada produk-produk baru
Fasilitas forum : Ada pada link community
Fasilitas compare : Ada dengan perbandingan harga
Fasilitas lain : fasilitas member
Fasilitas search engine
Secara keseluruhan sius ini tergolong baik. Dengan loading page yang cepat serta fitur –fitur yang wajib ada dalm sebuah situs e-commerce seperti katalog, informasi produk, cara pembayaran dan forum.namun ada beberapa yang saya rasa kurang pas, yaitu mengenai tampilan yang terkesan biasa ( mungkin karena kompatibilitas web browswer yang saya gunakan) tapi mungkin hal ini tidak begitu dipermasalahkan oleh pengunjung lainya.

http://www.ecplaza.net

Tampilan : Layout yang cukup menarik dan interaktif
Kecepatan upload halaman : Cukup cepat, 4-7 detik dengan koneksi 32kb/ps
Kelengkapan fitur catalog : Sangat lengkap,
Cara pembayaran : Pay PAL dan kartu kredit
Kejelasan informasi : Cukup dengan spesifikasi dari situs official produk
Kelengkapan produk : Cukup lengkap da disertai gambar
Fasilitas forum : live messenger
Fasilitas compare : Ada dengan perbandingan harga
Fasilitas lain : Fasilitas member, Fasilitas Yes Trust dan Yes Best, Special discount sale, Fasilitas search engine
Secara keseluruhan situs ini sangat baik dan menarik. Yang saya pandang menarik disini adalah ” Special discount sale”. Selain terbilang jarang ditemui situs e-commerce hal ini ini merupakan sebuah strategi untuk memperlancar arus penjualan. Selain itu strategi ini digunakan untuk memperlancar arus supply chain B2B, sehingga akan mendongkrak penjualan B2C situs ini.Kekurangan situs ini terdapat pada ketidakdaan fasilitas forum, situs ini hanya menyediakan layanan live messenger.
http//www.ecrobot.com
Tampilan : Layout yang cukup menarik dan interaktif
Kecepatan upload halaman : Cukup cepat, 5-7 detik dengan koneksi 32kb/ps
Kelengkapan fitur catalog : Sangat lengkap dan unik
Cara pembayaran : Pay PAL dan kartu kredit
Kejelasan informasi : sangat jelas diserai review dari user lain
Kelengkapan produk : Cukup lengkap dan disertai gambar
Fasilitas forum : Ada pada link member area
Fasilitas compare : Ada dengan perbandingan harga
Fasilitas lain : fasilitas member, Fasilitas Yes Trust dan Yes Best, Special discount sale, Fasilitas search engine
Yang menarik dari situs ini adalah: situs ini menyertakan jumlah produk yang dikategorikan secara sederhana dan uniknya mereka juga menampilakan jumlah perusahaan yang terdapat/ terdaftar di situs ini, dan telah diklasifikasikan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Hal ini memudahkan konsumen untuk mencari informasi dengan cepat dan tepat mengenai apa yang mereka perlukan.
SUMBER:
1.www.yahoo.com
2.shopping.com
3.mysimon.com
4.bottomdollar.com
5.bizrate.com
6.pricescan.com
7.www.alibaba.com
8.www.ecplaza.net
9.www.ecrobot.com

tugas 4

0

Panduan pemakaian oscommerce, wordpress ecommerce,  joomla, dan uniform server

Oscommerce

toko online sekarang lagi marak-maraknya, bisnis konvensional ditambah dengan fasilitas promosi secara online sangatlah bagus untuk promosi secara global.
toko online merupakan sarana yang tepat untuk membatu bisnis konvensional agar dapat menjangkau area pelanggan yang luas. namun sumber daya manusia untuk membuat toko online sekarang masih kurang terutama toko online yang menggunakan jasa programmer yang handal.
namun di sini anda akan saya suguhkan cara membuat toko online dengan mudah dan murah, karena kode untuk website sifatnya adalah free yaitu dengan menggunakan sript osCommerce. osCommerce tersebut berada di bawah GPL (General Public License) yaitu badan yang memperbolehkan pengguna untuk merubah, mengedit, mempublikasin script tersebut untuk kepentingannya.
namun sebelum menggunakan atau membuat toko online ada beberapa hal yang perlu di siapkan. berikut daftarnya:

1. Siapkan produk atau jasa yang akan di jual (berupa dokumen, misalnya photo produk, harga produk, jenis produk dsb)
2. Siapkan nomor rekening untuk menerima transferan dari pembeli direkomendasikan menggunakan bank BCA, MANDIRI, dan dengan mengaktifkan internet bankingnya.
3. Siapkan domain dan hosting bisa anda lihat di sini untuk domain dan hosting murah
4. Siapkan script toko online. yang kita gunakan sekarang script oscommerce anda bisa mendownloadnya di sini download oscommerce versi 2.2 Rc2a
5. siapkan pengetahuan anda tentang PHP, MySQL, HTML, dan pengetahuan bahasa inggris anda walau saya sendiri tidak bisa bahasa inggris.

Mungkin itu saja langkah awal untuk membuat website toko online.tunggu posting selanjutnya tentang:
Instal dan konfigurasi toko online osCommerce secara online
cara membeli/menyewa domain dan hosting
cara masuk ke cpanel
cara instal toko online osCommerce menggunakan fantastico online
cara instal/merubah template toko online oscommerce online
cara menambah bahasa Indonesia untuk toko online oscommerce online
cara menambah dan merubah currency menggunakan Rp. (Rupiah) secara online
cara menambah zone untuk wilayah Indonesia secara online
Cara menambah data transfer Bank BCA dan Bank MANDIRI online
dan lain sebaginya….

Instal dan konfigurasi toko online oscommerce secara offline
cara instal server lokal menggunakan xampp atau wampserver
cara instal toko online osCommerce secara offline
cara instal/merubah template toko online oscommerce offline
cara menambah bahasa Indonesia untuk toko online oscommerce offline
cara menambah dan merubah currency menggunakan Rp. (Rupiah) secara offline
cara menambah zone untuk wilayah Indonesia secara offline
Cara menambah data transfer Bank BCA dan Bank MANDIRI offline
cara instal program FTP
cara upload file toko online ke server hosting
dan lain sebagainya

 

 

WordPress ecommerce

WordPress adalah sebuah situs yang menyediakan theme gratis untuk didownload dan digunakan. Themes ini sangat sempurna dan mudah dalam pemakaiannya. Anda bisa melihat dan mengunjunginya di website ini . Proses instalasinya sangat mudah, anda tinggal memasukkan hasil download ke dalam folder wp-content/themes/. Kemudian masuk ke administrator WordPress dan pilih appearance, lalu ganti theme nya.

 

Themes ini memiliki banyak fungsi dalam bidang ecommerce antara lain:

  • Desain yang keren
  • Galeri foto yang cocok untuk ecommerce
  • Penempatan keterangan produk yang sangat bagus
  • Terdapat proses checkout
  • Adanya proses pembayaran via online (paypal, worldpay, dll)
  • Tersedia tempat untuk memasukkan kode google analytic
  • Memiliki kemampuan integrasi yang baik dengan sistem wordpress dan plug in lainnya

Dari beberapa poin yang saya sebut di atas, saya merekomendasikan themes ini untuk dipakai sebagai theme situs ecommerce anda, karena saya pun berencana untuk mengganti situs orderboneka.com dengan wordpress dan tentu saja dengan themes ini.

 

 

Joomla

Buku Panduan Penggunaan Halaman Back-End CMS Joomla 1.5.15
Pengenalan Joomla
Pengenalan mendasar dari penggunaan CMS (Content Management System) Joomla adalah mengenal lebih jauh apa itu Joomla dan Fungsi dasar dari CMS yang berlisensi GNU/GPL ini.
Dalam buku ini juga akan ditekankan bagaimana seorang user yang baru-pun diharapkan mampu dengan mudah menguasai back-end/halaman administrator Joomla, baik itu update content, update gambar, update banner, kategori, dan fungsi dasar lainnya yang dimiliki oleh Joomla.
1.1 Apa itu Joomla?
Joomla, bukanlah sejenis tumbuh-tumbuhan ataupun makanan yang bisa kita makan, bukan juga sebuah binatang yang bisa terbang ke sana kemari, melainkan satu sistem / mesin yang memenej/mengatur sebuah konten (isi) website berlisensi GNU/GPL (bebas) dan ditulis dalam bahasa pemrograman PHP dengan basis data MySQL untuk keperluan pembuatan/pengembangan sebuah website di internet maupun intranet.
Dalam perkembangannya, Joomla mengalami sebuah proses penstabilan sistem yang lebih baik dan lebih mudah serta lebih “userfriendly”, perubahan versi stable joomla yang semakin tinggi mengidentifikasikan bahwa Joomla semakin dikembangkan dan lebih bagus.
Semakin banyaknya developer (pengembang), forum-forum, user (pengguna) yang berada di bawah bendera Joomla, membuat Joomla merupakan proyek CMS yang bisa dibilang sukses untuk sebuah kategori GNU/GPL.
1.2 Kenapa harus Joomla?
Tidak seorang-pun mengerti kenapa Joomla layak dan bagus digunakan sebagai satu sistem yang dipercaya mampu menangani kasus pengembangan sebuah website, baik itu untuk korporat ataupun kebutuhan personal atau baik itu untuk tujuan komersial atau non-komersial. Semua berjalan begitu cepat semenjak proyek ini dianggap mampu menggantikan proyek web engine sebelumnya yang dinamakan Mambo.
Namun, alasan yang kerap sekali muncul ketika menjawab pertanyaan tersebut adalah, ada begitu banyaknya pengembang website di dunia (terutama Indonesia) yang merekomendasikan Joomla sebagai CMS yang paling bagus untuk sebuah website/portal, bukan hanya itu, mereka juga telah berhasil membuat komunitas maya yang mampu menyedot perhatian kalangan web developer di seluruh dunia untuk bergabung dan bersama-sama mengembangkan Joomla.

1.3 Joomla berlisensi GNU/GPL
Lisensi GNU GPL (GNU General Public License) mengandung pengertian bahwa lisensi tersebut bebas untuk dikembangkan dan disebarkan dengan tanpa menghilangkan copyleft versi sebelumnya
1.4 Joomla Page
Hampir semua CMS (Content Management System) memiliki 2 sisi halaman yang bisa diakses oleh user, yang pertama adalahFront-End atau layar muka/tampilan depan sebuah website/portal CMS dan yang kedua adalahBack-End atau sebuah halaman yang mengatur isi dari Front-End itu sendiri, di mana user yang mengakses Back-End adalah user khusus yang biasa disebut Administrator/Web Admin yang akan dibahas dalam buku panduan ini di bab berikutnya.
1.5 Front-End
Anda mungkin sudah tidak asing lagi seharusnya dengan istilah ini, karena halaman website yang sering Anda kunjungi adalah halaman yang lebih dikenal dikalangan para web developer itu sebagaiFront-End.
Iya, Home/Tampilan depan website yang sering Anda kunjungi itu dikenal juga dengan Front-End, di mana isinya merupakan konten-konten baik itu berupa tulisan, gambar, video, dll yang bisa Anda nikmati saat menjelajah sebuah website.
1.6 Back-End
Bagi user istilahBack-End memang tidaklah sepopuler Front-End yang biasa user kunjungi. Karena tidak semua user bisa masuk dan mengetahui seluruh bagian/fitur yang ada diBack-End.
Di dalam Joomla, halamanBack-En d secara default ditempatkan pada folder yang bernama /administrator, tampilannya awalnya cukup sederhana, hanya menampilkan form log in yang terdiri dari username dan password.

Petunjuk dan Penggunaan Back-End Joomla
2.1 Pengertian Back-End
IstilahBack-End sebetulnya digunakan dalam istilah arsitektur perangkat lunak yang mengindikasikan hasil dari proses pengerjaan sebuah proyek di mana Front- End adalah bagian penting untuk menerima setiap masukkan yang nantinya akan dieksekusi olehBack-End.
Dengan tidak mengurangi makna awalnya, istilah Back-End kemudian berkembang menjadi begitu luas, Back-End dikonotasikan sebagai tempat awal mula proses sebuah produk/hasil itu dibuat, dan kemudian bisa langsung dinikmati secara global di Front-End.
Begitu juga halnya dalam istailah website,Back-End bisa dikatakan sebagai dapur dari Front-End, atau website yang selama ini dinikmati oleh para pengguna internet. Back-End atau sekarang menjadi nama lain dari halaman Administrator, lebih familiar dikalangan para web developer di mana saja.Back-End, sesaat lagi Anda akan segera mempelajari apa dan siapa “Back-End”.
2.2 Berkenalan dengan fitur-fitur standar Back-End
Joomla merupakan satu sistem yang sangat lengkap dan memiliki rancangan desain arsitektur baik itu database maupun tampilannya yang sangat baik untuk sekelas software yang berlisensi GNU GPL, apalagi sistemnya yang sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa oleh beberapa pengembang di seluruh dunia ini, membuat joomla tidak hanya membantu dari sisi sistemnya, tetapi juga pemahaman dalam menggunakan CMS tersebut.
Tidak terkecuali Indonesia, yang sudah mengembangkan versi bahasa Indonesia
baik itu back-end maupun front-endnya.
Lalu, fitur-fitur apa saja yang dimiliki oleh Back-End Joomla? Berikut adalah
bahasannya:
a. Situs
Di pojok kiri layar monitor Anda, hal pertama yang akan Anda lihat adalahSitus. Fitur ini adalah sebuah bagian yang mengatur sisi teknis Website secara global, dan hanya bisa diatur oleh user dengan privileges “super administrator” saja, sedangkan bagi Anda, berikut adalah sub-fitur yang ada di bagian fitur situs yang bisa Anda nikmati, diantaranya:
-Panel Kontrol
Merupakan panel pengendali yang akan mengarahkan Anda kehalaman
awal administrator

Manajer Media

Adalah pusat pengendali media dalam bentuk gambar-gambar yang secara otomatis path tersebut sudah teridentifikasi saat kita akan menulis artikel. Ini adalah alternatif lain memasukkan gambar ke web selain melalui FTP atau SSH.
a. Membuat Direktori baru

Di sebelah kanan layar, Anda akan menemukan box bernama “Buat Folder”, di dalam kotak yang tersedia tersebut ketikkan nama folder yang Anda inginkan kemudian tekan tombol “Buat Folder” tersebut. Direktori yang Anda ketikkan tersebut akan muncul di jendela “Manajer Media”.

b. Upload File

Untuk meng-upload file, arahkan ke lokasi direktori file yang ada di Hard drive, atau klik tombol “Browse”, dan setelah itu akan muncul pop-up jendela baru, di mana Anda bisa mengarahkan ke lokasi dari hardisk tempat di mana file yang Anda ingin upload. Pilih direktori tempat di mana file tersebut akan disimpan, lalu tekan tombol “Mulai Mengisi”. Maka, gambar atau dokumen yang Anda upload akan masuk ke direktori yang Anda pilih.

b. Upload File

Untuk meng-upload file, arahkan ke lokasi direktori file yang ada di Hard drive, atau klik tombol “Browse”, dan setelah itu akan muncul pop-up jendela baru, di mana Anda bisa mengarahkan ke lokasi dari hardisk tempat di mana file yang Anda ingin upload. Pilih direktori tempat di mana file tersebut akan disimpan, lalu tekan tombol “Mulai Mengisi”. Maka, gambar atau dokumen yang Anda upload akan masuk ke direktori yang Anda pilih.

c. Menghapus File
Untuk menghapus file, tekan tombol bertanda silang merah di file gambar atau dokumen yang ada di jendela “Manajer Media”, atau dengan memberikan tanda “checklist” pada kotak yang disediakan di bawah file jika Anda ingin menghapus banyak file sekaligus, kemudian klik tombol hapus yang ada di atas jendela “Manajer Media”.

-Keluar Log

Ini bukanlah fitur yang asing di mata Anda, karena dengan memilih sub- fitur ini maka Anda-pun akan keluar dari halaman Administrator (Back- End) dan harus kembali log in untuk masuk.

b. Menu
Maju ke kanan satu langkah setelahSitus, maka Anda akan bertemu dengan
Menu. Tak ubahnya sebagai penunjuk arah, Menu adalah bagian vital dalam
sebuah website untuk mengarahkan user yang sedang berkunjung di situs Anda.
-Membuat menu baru

a. Klik ikon baru “+” yang ada di samping jendela Manajer Menu Item. Anda akan diarahkan ke jendela baru dengan disertai daftar Menu Item Types dan deskripsinya.

b. Sekali setelah pilihan ditentukan, sebuah jendela baru “Tipe Item Menu” akan muncul dengan kotak-kotak isian yang harus Anda isi diantaranya: Judul, Samaran, dan beberapa pengaturan lainnya sepertik: Link, Tampilkan Dalam, Item Induk, Terbit.

c. Jendela “Tipe Item Menu” memiliki 2 bagian utama: detail dan parameter. Bentuknya dari fungsinya disesuaikan dengan bentuk Item Menu yang Anda pilih. Beberapa detail dan parameter bisa juga diubah berdasarkan dari daftar Manajer Menu.

c. Artikel
Artikel merupakan bagian terpenting dalam sebuah CMS (Content Management
System), karena di sinilah isi dari website yang Anda miliki diatur, ditambah,
diperbaharui, dihapus, dilihat statistiknya, dll.
Dalam fitur Artikel, dibagi menjadi beberapa bagian lagi, diantaranya adalah:
-Manajer Artikel

Di dalam Manajer Artikel inilah semua konten yang ada di dalam halaman Front-End website berada. Anda bisa mengatur, merubah dan memuat konten yang baru di sini.

Untuk memasukkan artikel baru, isi semua kotak isian yang tersedia:
Judul: Berikan judul yang sesuai dengan artikel yang Anda
masukkan. Tips-nya jangan memberi judul terlalu panjang
Samaran: Ini tidak terlihat di front-end, dan Anda bisa memasukkan
nama yang sama dengan judul.
Bagian: Pilih artikel ini akan masuk ke bagian mana. Ini wajib di isi.
Pembuatan nama Bagian diatur di “Manajer Bagian”.
Terbit: Pilih ya, jika Anda ingin artikel ini muncul di website. Pilih
tidak, jika Anda tidak ingin artikel ini muncul website.

Laman Depan: Pilih ya, Jika Anda ingin Artikel muncul di halaman
depan.
Kategori: Pilih kategori yang sesuai dengan artikel yang Anda tulis
tersebut. Ini harus diisi. Pembuatan nama kategori diatur di “Manajer
Kategori”
o

Pada dasarnya Artikel memiliki 2 bagian, diantaranya Artikel (baru) isian untuk memasukkan artikel baru yang ada di sebelah kiri layer monitor Anda, dan parameter yang ada di sebelah kanan layer Anda.
o
Setelah semua terisi tekan tombol “Simpan” yang ada di pojok kanan
atas jendela Artikel baru tersebut.
-Manajer Bagian
Manajer Bagian atau disebut juga dengan istilah Section Manager
adalah fitur untuk mengatur bagian-bagian dari artikel manajer.
Manajer Bagian digunakan untuk membuat bagian dari konten Anda

atau untuk merubah detail bagian yang telah ada sebelumnya. Manajer bagian tidak akan terlihat di situs meskipun Manajer Bagian memiliki kategori di dalamnya dan kategori tersebut telah mem-publish sebuah item (konten).
Manajer bagian yang dibuat dan status mereka (published/unpublished)
bisa dilihat di Manajer Bagian. Sebuah Manajer Bagian memungkinkan
memiliki deskripsi dan gambar yang berhubungan dengan namanya

 

 

 

 

Uniform server

Uniform server

Uniform Server pertama kali dikembangkan oleh Taras Slobodskyy sebagai aplikasi untuk klien-nya, tetapi kemudian, berpindah menjadi free dan proyek open source. Ini adalah sistem yang sempurna baik untuk webmaster pemula dan pengembang berpengalaman,server Web powered sepenuhnya dapat Anda lakukan dengan menggunakan  Stick USB atau bahkan flash drive kamera Anda. Penjualan alat presentasi yang sempurna. Ini adalah dunia baru Paket WAMP.

Uniform Server adalah paket WAMP yang memungkinkan Anda untuk menjalankan sebuah server di komputer berbasis MS Windows OS. Hal ini ringan dan cepat untuk men-download atau dipindahkan dan juga dapat digunakan atau di set sebagai produksi /server hidup. Pengembang juga menggunakan Server Uniform untuk menguji aplikasi mereka yang dibuat dengan PHP, MySQL,Perl, atau Apache Server HTTPd.

Cara menggunakan :

Proses instalasi sangat mudah dan tidak perlu diinstal ke dalam komputer. Anda cukup meng-copy (duplikasi) ke dalam salah satu disk drive (C atau D). Selanjutnya Anda tinggal meletakkan file instalasi Mambo ke dalam salah satu folder.

Anda dapat pula mendownload secara gratis dari internet dihttp://miniserver.sourceforge.net,

1.      Pertama kali, ekstrak file Uniserver3.3 ke salah satu drive (C atau D).

2.      Setelah ter-extract ke dalam salah satu folder, klik file Server_Start.bat untuk mengaktifkan Uniserver.

3.      Perlu diingat, apabila dalam komputer Anda telah terinstall aplikasi server seperti Apache maupun MySQL Server, sebaiknya dinon-aktifkan terlebih dulu sebelum menjankan program Uniform Server. Jika tidak dinon-aktifkan maka Uniform Server tidak dapat berjalan (tidak aktif) karena Server akan bentrok dengan yang lain. Jadi, sebaiknya non-aktifkan seluruh program Server dengan cara menekan tombol Ctrl+Alt+Del secara bersamaan. Klik Tab Processes untuk melihat program yang sedang berjalan. Jika terdapat Apache atau mysqld-exe segera klik tombol End Process.

4.      Tunggu beberapa saat, jika belum muncul halaman utamaUniform Server, klik file Disk Start. Dan jika belum muncul juga, refresh sekali lagi.

5.      Maka akan muncul menu go to main page. Klik menu tersebut untuk masuk ke halaman utama Uniform Server 3.3.

6.      Program tersebut sudah berjalan dengan baik (aktif). Sekarang aktifkan tombol Run MySQL Server. Tunggu beberapa saat, selanjutnya akan muncul pesan bahwa SySQL Server sudah aktif. Sekarang klik tombol Back untuk masuk ke halaman utama Uniform Server.

 

 

 

 

jualan online

0

Review Website jualan secara OnLine

kaoscouple88.blogspot.com

 

Harga Kaos (PE) Premium : Rp. 105.000,-

Dalam website ini tersedia kaos couple murah dan baju couples murah, harga terjangkau dengan model yang unik dan lucu, selalu update dan ready stock. Seperti contoh diatas merupakan produk dari kaoscouple88.blogspot.com. di website ini sudah menjelaskan berbagai ukurannya, bahannya, dll. Dan berikut merupakan detail size yang ada pada kaoscouple88.blogspot.com :

 

Detail Size:
cowok –> panjang: 73cm. lebar 47cm

cewek –> panjang: 66cm. lebar dada 41cm. lebar 45cm

Bahan: Cotton Combad 30s (seperti kebanyakan bahan kaos yang di gunakan untuk distro pada umumnya)
Berat Sepasang Kaos Couple: 0.25kg

 

 

 

 

 

 

modisfashion.wordpress.com

 

polo couple:
harga : 119rb untuk sepasang polo couple (exclude ongkir)
size: allsize.
bahan: Lacoste (seperti bahan polo yang di gunakan distro pada umumnya)
berat sepasang polo couple: 0.4kg.

 

Website ini sangat simple sekali karena penjual hanya memberi informasi tentang produknya sedikit namun cukup jelas. Disamping itu website ini lebih menonjolkan produknya secara langsung dengan gambar yang ditampilkan dalam websitenya sangat banyak memilih sehingga konsumen akan lebih memiliki banyak opsi untuk mendapatkan baju couple yang dia inginkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ayobelanjabaju.com

11743_couple-mickey-mouse-hijau

 

Kode Produk:11743

bahan: katun kombad, lentur, elastis, dan nyaman dipake bisa untuk ukuran L… ukuran: allsize warna: hijau harga: Rp.85 rb sepasang (cowo+ cewe)

Harga: Rp85,000

Website ini membedakan anatara baju couple yang satu dengan yang lainnya itu mneggunakan kode produk. Hal ini sangat bagus sekali jika kita memiliki banyak produk dan harus mengetahui data tentang masing-masing produk kita tersebut.

 

 

bajucouple.com

 

11257_salur-rompi-berkancing

 

 

bahan: katun , lentur, elastis, dan nyaman dipake

bisa untuk ukuran L…

ukuran: allsize

warna: merah

harga: Rp.110 rb sepasang (cowo+ cewe)

Segmentasi dari website ini sangat jelas, yaitu mencari konsumen yang memiliki pasangan. Dikatakan dalam website ini apabila konsumen menggunakan produk ini maka akan membuat konsumen dengan pasangannya akan semakin lengket.

 

 

 

kaoscouple99.multiply.com

Babby soulmate lengan panjang merah

Harga
couple lengan panjang : Rp. 120 rb / pasang

Website ini cukup unik dan menarik karena pada awal kita masuk dalam website ini kita sudah dijelaskan tentang semuanya kemudian dibawahnya terdapat gambar-gambar. Dan jika ingin melihat harga dan mengetahui gambarnya secara jelas lagi, maka dapat kita klik tepat digambar tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

www.toko-baju.com/index.php?category=Couple

YA032411 black

Eceran:RP.250000/potong (1 atau 2 ptg)
Grosir:RP.220000/potong (3ptg atau lebih)
Hubungi:Helenna
HP: BB 2217BBF2/ 081952680258
Email:vicky_wen0319@yahoo.com

Dalam website diatas, konsumen langsung ditujukan kepada produk yang diperagakan oleh model-model yang telah disiapkan oleh penjual. Hal ini sangat bagus karena dapat mendorong konsumen untuk membeli baju tersebut karena melihat langsung bagus atau tidaknya ketika dipakai oleh model sehingga konsumen dapat memperkirakan apakah dia cocok atau tidak mengenakan baju tersebut.

 

 

 

 

 

 

boutique88.multiply.com

 

 

 

Dalam website ini, awalnya saat konsumen masuk ke website ini mereka akan langsung dijelaskan dengan desain yang unik, kemudian dijelaskan semua hal tentang produk tersebut namun tidak ada harganya. Setelah kita masuk ke gambar yang kita inginkan baru hrga produk tersebut tercantum dibawahnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

kaos-couple-murah.blogspot.com

 

 

Product – MV Pride – Traffict Light

Harga Rp 120.000

Tangan Panjang Tambah Rp.10.000

Ukuran: Cowo :
S    : Panjang : 57 cm lebar : 41 cm
M    : Panjang : 64 cm lebar : 43 cm
ML   : Panjang 66 cm lebar 45 cm
L     : Panjang : 69 cm lebar 51 cm
XL   : Panjang : 72 cm lebar 55 cm
XXL : Panjang : 76 cm lebar 55 cm
Ukuran Cewe :
S    : Panjang : 58 cm  lebar : 39 cm
M   : Panjang : 63 cm  lebar : 41 cm
ML  : Panjang : 67 cm lebar : 45 cm
XL   :  Panjang : 69 cm lebar : 50 cm
XXL : Panjang 71 cm lebar : 52 cm

 

Dalam website ini pertama-tama ketika konsumen masuk langsung melihat slogan dari website ini, kemudian dibawahnya langsung dicantumkan katalog dari produk ini secara lengkap mulai dari harga sampai ukuran. Menurut saya website ini simple tapi tetap menarik perhatian.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

kaos-couple-murah.blogspot.com

Swan In Love

 

CEWE : P x L = 61 x 40
COWO : P x L = 62 x 45

Kode Produk : CPL0137
Panjang   : 0 cm
Lebar       : 0 cm
Warna Tersedia : hitam, putih
Warna Terjual  : Semua Warna Ready Stock
Kategori  : Baju Couple

Eceran   : Rp. 73,000,-Rp. 69,500,-

Reseller : Rp. 69,500,-Rp. 64,500,-

 

Produk yang ditawarkan oleh website ini adalah khusus pasangan yang baru jatuh cinta ataupun baru mengalami pacaran. Website ini memiliki desain yang sangat bagus sekali pada awal masuk ke dalam website ini. Dan menurut saya ini sangat romantic sekali.

 

 

 

 

 

 

chempornet.com/jual-kaos-couple-lucu-dan-murmer

Size: allsize. Size setara dengan co L. ce M.
Detail size:
Cowok-> panjang: 73cm. lebar 47cm.
Cewek-> panjang: 66cm. lebar dada 41cm. lebar 45cm.
Bahan: cotton combad 30s (seperti kebanyakan bahan kaos yang di gunakan untuk distro pada umumnya)
Berat sepasang kaos couple: 0.25kg.

Dalam website ini produk yang dijual adalah baju couple lucu jadi jelas segmen dari produk ini adalah pasangan yang sedang bahagia dan selalu bercanda. Website ini juga bagus karena dapat mempererat hubungan antara pasangan dikarenakan memiliki produk yang sangat lucu.

tugas 2

0

Peluang Memanfaatkan Jejaring Sosial sebagai Bisnis

Dunia maya menjadi bagian dunia lain yang memberikan ceruk baru bagi individu yang ingin mendapatkan pendapatan menyusul situs web konvensional. Dengan hadirnya ratusan mesin (engine), konsep Web generasi kedua atau yang populer dengan sebutan Web 2.0 itu mampu mengundang minat dari berbagai kalangan profesi yang hobi menulis. Sebut saja selebritas, jurnalis, birokrat, praktisi teknologi bahkan peneliti dan ibu rumah tangga. Keberadaan teknologi Internet dewasa ini telah memungkinkan pengakses mesin tadi mengembangkan kontennya sendiri, berekspresi dan meraup pendapatan. Menulis di blog pun kini menjadi lahan baru untuk berbisnis. Namun, kebebasan menulis di blog apalagi untuk bisnis tidak kebal hukum. Artinya agar berbisnis melalui blog aman, kontennya haruslah menghormati norma-norma yang ada. Isinya benar, bukan rekayasa, tidak menyebarluaskan data pribadi tertentu seperti nomor kartu kredit, riwayat kesehatan dan sebagainya yang tidak sesuai dengan etika dan moral. Jadi seperti bisnis di dunia nyata umumnya, berbisnis di dunia maya seperti blog juga tidak kebal hukum. Apalagi sebentar lagi undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik segera berlaku.

Potensi bagi blog komersial Indonesia besar. Jakarta sebagai contoh masuk sebagai satu-satunya kota di Asia dalam lingkar ketiga blogging di luar Singapura. Untuk bersaing, belum terlalu ketat. Pasalnya, di Indonesia baru ada 130.000 blogger dan yang meliriknya sebagai celah bisnis masih sangat kecil. Padahal, perusahaan pengiklan kini sudah mengalokasikan pos untuk memasang iklan di blog.

Model bisnis

Media blog saat ini bisa menjanjikan beberapa model bisnis atau cara meraih pendapatan. Celah pertama terbuka bagi orang yang ingin menjadi profesional blogger misalnya publisher. Kerja profesi ini adalah mengelola blog dengan baik sehingga menarik komunitas dan iklan. Untuk mendorong trafik atau kunjungan yang besar, publisher tadi harus mengemas konten yang spesifik dan menggunakan bahasa Inggris bila menginginkan target yang luas atau berbahasa Indonesia yang baik untuk membidik pasar lokal. Model kedua adalah paid blogger. Kerja profesi ini adalah menulis di blog-blog terkenal dan mendapatkan bayaran atau honor dari tulisannya itu. Menurut Budi Putra, Chief Executive Officer PT Asia Blogging Network-konsultan blog yang berkantor di bilangan Kebon Sirih, Jakarta-mulai banyak blog-blog di luar negeri yang membutuhkan jasa penulis konten dengan honor yang lumayan. Profesi ketiga adalah konsultan blog yang tidak lain adalah blogger yang profesional yang bisa memanfaatkan pengalamannya sebagai konsultan untuk membantu pembuatan blog personal atau blog korporat. Untuk profesi ini tersedia tingkat pendapatan tersendiri. Profesi-profesi tersebut berpeluang menghasilkan pendapatan dan dilakukan oleh blogger di Indonesia.

Saat ini, di Indonesia sudah ada blog lokal yang meraih pendapatan riil dari dalam negeri dan menjadi tempat baru bagi profesi ahli pemasaran online, sistem informasi serta wirausahawan. Untuk berhasil, blogger sebaiknya memerhatikan tips dan saran konsultan. Budi, misalnya, menyarankan meskipun banyak mesin atau teknologi, blog komersial sebaiknya menghindari penggunaan mesin yang gratis seperti di wordpress.com atau blogspot.com. Namun, penggunaan mesin yang gratis masih bisa dipakai untuk di hosting di tempat terpisah misalnya di Jakarta atau Bandung dengan domain sendiri. Pemilik blog, bisa memulai dengan branding yang benar mengenai apa yang akan dijual atau ditawarkannya. Saran berikutnya, agar pengunjung loyal, isinya juga harus spesifik, sehingga dengan mudah orang mengidentifikasi jenis blog itu. Untuk pembelajaran, calon blogger bisnis bisa memulai dari blog bermesin gratis dan mahir memasukkan foto, link, membuat referensi dan lainnya baru mulai ke blog serius. Dari sisi, permodalan membuat blog tidak mahal. Untuk memiliki domain pribadi dan hosting dibutuhkan hanya Rp300.000 pertahun. Ketika sudah berjalan dan dikenal blog bisa memberikan hasil, modal dan memutar pendapatan. Dengan mengandalkan bantuan web hosting, pemilik blog sudah mulai memperlihatkan branding. Minat perusahaan besar itu didasari penelitian bahwa penggunaan iklan billboard dengan audiensi serius yang bisa dijangkau hanya sekitar 2%. Sementara melalui blog, tingkatnya bisa 100%. Itu karena meskipun hanya ada 50 orang pengunjung, tetapi mereka lebih serius menyukai bidang di blog itu.

Secara umum menulis blog bisa menggunakan bahasa fashion dan dimulai dari kegemaran tertentu. Dan jika ingin branding, para blogger bisa memilih berbagai topik yang bermutu. Peluang mendapatkan penghasilan dari iklan blog sangat terbuka. Budi mencontohkan saat ini iklan dari luar negeri yang menaruh link bisa mencapai US$20 per link selama sebulan. Blog juga bisa ditawarkan ke pengiklan karena data indikator seperti asal pengunjung, jenis konten dan topik yang paling banyak diakses juga mudah didapat dengan teknologi yang ada sekarang.

Budaya melayani

Konsep blog belum ada, karena konsep ini baru berjalan dan berangkat dari fenomena banyak orang yang gemar berbagi. Itu ditengarai dari larisnya situs-situs seperti flicker, you tube, friendster, my space, facebook dan lainnya.

Direktur Virtual Consulting Nukman Luthfie mengatakan blog sebagai alternatif media baru di Indonesia- harus berani melakukan branding baik personal branding maupun blog branding untuk dapat menangkap pasar. Nukman optimistis Indonesia bisa menjadi pasar yang besar bagi pengguna blog atau blogger yang ingin meraup pendapatan karena beberapa per- usahaan pengiklan (advertiser) sudah menyadari kekuatan blog. Dia memberikan contoh sudah ada blog lokal yang meraih pendapatan riil dari dalam negeri dan menjadi tempat baru bagi profesi ahli pemasaran online, sistem informasi serta wirausahawan toko online. Lebih jauh, Nukman memperkirakan untuk dapat menjemput iklan suatu blog minimal mampu menjaring 10.000 kunjungan perhari.

Boy Avianto, Konsultan Arsitektur Informasi dari Universitas Bina Nusantara menilai meskipun potensi pasarnya besar, pasar blog untuk bisnis diperkirakan akan semakin ter- fokus alias niche market, karena blog-blog baru merupakan pengekor dari media yang sudah ada. Boy mengingatkan pemilik situs web atau blog perlu komunikasi yang jujur mengenai apa yang hendak mereka jual. Mereka juga harus memahami dari kalangan mana pasarnya berasal dan bagaimana menjual layanannya. Sayangnya, budaya layanan (service) saat ini belum menjadi budaya dan perhatian serius di Indonesia.

Adrianto Gani, Presdir PT Puspa Intimedia Internusa mengatakan saat ini sudah ada ratusan engine yang dapat dimanfaatkan. Pemilik blog juga bisa memanfaatkan layanan blog agregator yaitu pengumpul blog yang mampu menjejak atensi yang lebih banyak lagi dibandingkan menggunakan alamat blog-nya sendiri. “Begitu orang dengar, mereka akan datang ke blog saya,” katanya. Di Indonesia belum terlalu banyak blog agregator. Namun, kata dia, sebaiknya blogger perlu dipacu untuk membangun blog dari pada ramai-ramai ke agregator, karena di agregator jika tidak lolos dari administrator tidak bisa naik.

Kemunculan blog di Indonesia relatif baru, meskipun sudah lama digemari di Eropa. Profesi blogger bahkan sudah seperti selebritas karena seorang pim-pinan perusahaan software Bill Gates menjamu blogger sekelas Robert Scoble. Robert akhirnya bekerja untuk Microsoft. Pengalaman serupa dialami Michael Arrington pemilik blog TechCrunch.com yang kemudian direkrut Microsoft. Citra Microsoft menjadi citra perusahaan yang terbuka untuk diskusi dan dikritik demi perbaikan. Tokoh-tokoh baru blogger kini mulai muncul.

Dengan bertumbuhnya blog-blog yang dibuat dan dikelola orang Indonesia, Asia Network telah menggagas jaringan blog sebagai salah satu cara mengorganisasi blog-blog tersebut sehingga mempunyai posisi tawar yang lebih besar. Dalam tahap awal, jaringan yang dinamakan AsiaBlogging. com menampung lebih dari 70 blog-90 blog. Setiap blog memiliki domain sendiri-sendiri, tetapi berada di bawah payung AsiaBlogging. Sebagian blog menggunakan bahasa Inggris dan sebagiannya berbahasa Indonesia dengan aneka ragam topik mulai dari teknologi, bisnis, olahraga, gaya hidup, kesehatan, film hingga musik. Di samping menggunakan sistem berbayar, lanjut Budi, pengorganisasian blog dalam satu jaringan ini memudahkan blogger berkonsentrasi mengisi konten tanpa perlu pusing memikirkan masalah teknis seperti nama domain dan penyedia hosting.

tugas 2

0

Analisis Kelebihan dan Kelemahan Jejaring Sosial (Friendster, Facebook, Multiply, dan Twitter)

· Kekuatan dan Kelemahan Friendster

Friendster merancang proses registrasi yang mudah, bagi para browser atau surfer yang hendak menjadi member. Untuk proses konfirmasi akunpun, calon member menerima mail confirmationnya tepat di inbox. Singkatnya bisa dikatakan, proses pendaftaran di portal pelopor layanan jejaring sosial ini relatif cepat dan mudah. Disamping proses sign-up, berikut ini beberapa keunggulan lain yang dimiliki oleh Friendster :

1. Sebagai layanan jejaring sosial yang banyak member-nya berasal dari Indonesia (paling populer di negeri ini), saya merasa feel at home, disaat berkegiatan di portal ini. Saya bisa melihat banyak profil orang Indonesia, dengan beragam karakter yang terakumulasi dalam biodatanya. Sehingga, bagi saya, fungsi layanan jejaring sosial daripada portal Friendster ini, yaitu memperluas pergaulan dan menjalin pertemanan, tentu bisa lebih optimal daripada portal layanan jejaring sosial lainnya.

2. Entah karena sudah lebih lama dan akrab dengan tampilan Friendster, saya merasa portal layanan jejaring sosial ini lebih user-friendly daripada portal manapun. Lagipula, proses kustomisasi tampilannya lebih mudah daripada kustomisasi tampilan di berbagai portal layanan jejaring sosial lainnya. Saya bisa memilih berbagai background, beragam jenis font, atau menerakan media box dengan mudah pada tampilan Friendster.

3. Salah satu keunggulan Friendster yang saya anggap menjadi faktor diferensial paling berpengaruh bagi saya adalah : keleluasaan disaat membuat profil pribadi. Saya bisa menggunakan nama asli atau alias, sebagai pemilik akun Friendster. Dalam hal ini, Friendster memberi keleluasaan dan lebih fleksibel ketimbang portal sejenis.

4. Mudah bagi saya untuk memberikan komentar atau testimoni, terhadap siapapun member Friendster yang merancang akunnya, agar terbuka menerima komentar. Jenis materi testimonialnya-pun bisa menggunakan teks, gambar atau bahkan media box yang aktif.

5. Menu search Friendster menyajikan pilihan atau kategori yang banyak, untuk menyortir siapa-siapa member yang akan ditampilkan, setelah member melakukan proses pencarian kolega lama/ calon kolega. Jangankan pencarian berdasarkan nama, menu search Friendster bisa sekalian menyortir pencarian dengan pengidentifikasian alamat, hobi, afiliasi, perusahaan, sekolah dan lain sebagainya. Pada poin nomor 4 saya mengungkapkan penghargaan lebih kepada Friendster, yang memberikan keleluasaan seorang member dalam merancang profilnya. Namun sayang, keleluasaan ini malah membuat banyak member memalsukan identitas sebenarnya didalam Friendster. Sehingga, banyak sekali ditemukan akun palsu. Bahkan beberapa akun palsu itu, terkadang menampilkan profil seseorang yang secara norma tidak layak ditampilkan ke publik dunia maya. Nah, selain nilai minus dalam hal banyaknya akun palsu itu, berikut beberapa kekurangan mendasar dari Friendster :

1. Tidak punya sistem filtering spam yang baik, sehingga fasilitas buletin dan inbox saya sebagai member terkadang dipenuhi oleh iklan-iklan teks atau digital yang tak perlu dan mengganggu.

2. Tampilan Friendster saya terkadang dipenuhi iklan juga. Tampilan ini jadi sering mengganggu, terutama disaat saya hendak melakukan kustomisasi dengan corak dan warna yang tidak sesuai dengan tampilan iklan.

3. Pilihan warna, style dan corak layout template tertentu, sering menyamarkan fasilitas-fasilitas yang ada di halaman utama profile Friendster. Desain yang terlalu semarak dan kelebihan pernak-pernik, kadang membuat saya kesulitan dan enggan meneliti lebih jauh profil seorang member.

4. Fitur-fiturnya belum banyak yang dikembangkan. Misalnya, pengkategorian foto yang tidak menyajikan banyak pilihan kategori, ditampilkan secara polos begitu saja, dalam satu halaman besar. 5. Saya sering kesulitan dan membutuhkan waktu lama untuk mencari member tertentu. Tanpa mengetahui nama lengkap dan e-mail pribadi, sulit sekali mencari seorang member atau teman lama di Friendster. Fitur ini, bagi saya, termasud fitur yang urgensial untuk ditambah atau dikembangkan. Sebab, pesaing terdekat Friendster, yaitu Facebook, sudah mampu menangani masalah seperti ini.

· Kekuatan dan Kelemahan Facebook

Facebook Pada mulanya, saya mengalami kesulitan kecil disaat registrasi Facebook. Saya sempat menunggu satu hari, ’jadwal kedatangan’ mail confirmation dari portal jejaring sosial yang awalnya digagas seorang mahasiswa Harvard University ini. Eh, ternyata, mail confirmation itu sudah datang sejak hari kemarin. Hanya saja, ia tidak terkirim ke dalam inbox, melainkan masuk ke dalam tumpukan bulk. Tapi, kesulitan kecil itu tidak berarti buat saya. Mengingat, saya terlanjur sibuk dan asyik meneliti fitur demi fitur yang disajikan Facebook. Fitur-fitur tersebutlah, yang menurut hemat saya, menjadi keunggulan utama dan diferensiasi Facebook dari portal layanan jejaring sosial sejenis. Mari disimak keunggulan dan fitur-fitur keren versi saya, yang ada di dalam Facebook berikut ini :

1. Tampilannya bersih dan minimalis. Mungkin karena saya penyuka desain layout yang simpel, tidak banyak corak dan warna, saya menyukai tampilan profil saya di Facebook.

2. Facebook dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan layanan jejaring sosialnya lebih private, fair dan beretika. Nama fitur itu adalah Anti Fake Account and Spam. Dengan fitur ini dijamin profil member Facebook tidak ada yang palsu, disamping Spam-pun tak akan mengganggu proses browsing dan surfing member di portal ini.

3. Jumlah foto yang bisa diunggah member tak dibatasi oleh Facebook. Privilese yang berarti ini, membuat saya enak membuat album foto, dan merancang kategorisasinya.

4. Dengan menjadi member Facebook, saya bisa mengetahui apa kegiatan kawan saya yang juga menjadi member, dalam rutinitas kesehariannya. Begitupun dengan kawan saya. Ia bisa mengetahui kemana saya pergi setiap harinya, jikalau saya aktif meng-update status lewat fitur Status Update.

5. Facebook menyediakan fitur Mobile Access dan Mobile Browsing. Yang ditulis pertama memungkinkan member melakukan proses pengelolaan halaman profil melalui handphone, seperti : updating status, add friend, cukup dengan mengirimkan pesan pendek. Adapun yang ditulis kedua, tentu saja fitur yang membuat Facebook dapat diakses melalui telepon genggam.

6. Saya termasuk kaum mayoritas pendukung browsing/surfing yang mengedepankan efisiensi dan efektifitas. Karena itu, saya menyukai Facebook yang proses loading-nya lebih cepat daripada portal layanan jejaring sosial lainnya, termasuk diantaranya Friendster. Loading cepat ini dikarenakan proses loading yang tak membutuhkan bandwith terlalu besar.

7. Fitur games memungkinkan member Facebook memainkan game tersebut didalam portal. Ini termasuk kreatifitas dan inovasi yang membuat banyak anak sekolah menengah sekarang beralih ke Facebook.

8. Berbagai macam aplikasi bisa dibuat member dan dipasang pada halaman profilnya, melalui fitur Develop Your Facebook Widget dari Facebook. Dengan fitur ini, saya bisa membuat dan memainkan game sendiri di halaman profil. Dibandingkan Friendster, saya merilis lebih banyak poin keunggulan untuk Facebook. Namun, itu belum mengindikasikan Facebook lebih baik dibandingkan Friendster. Setidaknya, ada 5 poin kelemahan Facebook, menurut pendapat subjektif saya. Ya, sama banyak poinnya dengan poin minus yang saya rilis untuk Friendster. Kelemahan-kelemahan itu diantaranya adalah :

1. Mail confirmation yang masuk ke bulk pasca proses pendaftaran member, bukannya masuk inbox e-mail pribadi, membuat proses pendaftaran sedikit tidak efisien.

2. Fitur yang berlimpah, sempat membuat saya agak ’grogi’ dan hambur waktu untuk menelaah fitur Facebook satu per satu.

3. Unlimited application dihalaman profil membuat proses loading memakan banyak waktu. Adakalanya, berlimpahnya aplikasi membuat saya sedikit terganggu ketika banyak rekan mengajak untuk join aplikasi.

4. Kustomisasi layout-nya sedikit rumit, sehingga bagi saya yang menyukai penyegaran tampilan secara berkala, proses kustomisasi Facebook ini rasa-rasanya kurang ramah pakai bagi para member.

5. Member Facebook belum sebanyak member Friendster di Indonesia. Jadi, meskipun fiturnya bejibun dan eksklusifitasnya lebih tinggi dari Friendster.

· Kekuatan dan Kelemahan Multiply

Multiply.com adalah sebuah situs jaringan sosial dengan fitur yang memungkinkan orang untuk saling-berbagi beberapa media, seperti foto, video, maupun blog.

Multiply.com menyediakan layanan blog. Blog yang di-posting ke Multiply.com dapat secara otomatis diteruskan ke akun LiveJournal, Blogger atau TypePad. Dimungkinkan pula untuk mem-posting via e-mail atau MMS. Pengguna juga dapat memberikan komentar terhadap sebuah film atau buku, atau juga untuk berbagi acara berdasarkan kalender.

Kelebihan Multiply.com

1. Fitur-fiturnya terbagi: blog, photos, review, calendar, links, etc
2. Postingan kita dapat dipantau oleh user lain melalui inbox
3. Bisa mengedit CSS (tampilan)
4. tersedia form guestbook
5. Dapat mengetahui user multiply mana saja yang mengunjungi situs kita
6. Banyak yang memeberdayakan multiply sebagai online store

Kekurangan Multiply.com

1. Hanya pengunjung yang log in ke multiply yang dapat memberikan komentar. Kurang terbuka
2. proses loading cukup berat
3. Multiply menampilkan iklan di situs kita dan tidak bisa dihapus.
4. Tampilan multiply pasti dua kolom

· Kelebihan dan Kekurangan Twitter

Twitter merupakan salah satu layanan jejaring sosial yaitu sebuah layanan microblogging yang anggotanya dapat mengirimkan pesan singkat terbatas hanya sampai 140 karakter.

Berikut kelebihan dan kekurangan Twitter dibandingkan jejaring sosial lainnya,

Kelebihan :
¦ Mudah dinavigasi dan memperbarui, “link to” dan mempromosikan apapun.
¦ Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman
¦ Satu feed untuk semua pengguna dan siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali diblokir
¦ Alat komunikasi yang murni dan cepat tanggap
¦ Kamu tidak harus log in untuk mendapatkan update. Kamu bisa menggunakan aplikasi RSS reader
¦ Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka
¦ Banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)
¦ Pesan teks SMS berpotensi untuk memberi pendapatan dari jaringan nirkabel
¦ Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langganan
¦ Twitter mungkin lebih terukur dari Facebook dan memberikan keuntungan biaya

Kelemahan :
¦ Kemampuan terbatas: menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat, balasan langsung
¦ Dibatasi sampai 140 karakter per update
¦ Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya
¦ Lebih menekankan pada penghitungan follower
¦ Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan
¦ Relatif lebih kecil basis pengguna diinstal
¦ Belum ada strategi keuangan yang mudah dan jelas

tugas 1 review portal

0

Review Portal (kaskus.com)

Sejarah lengkap berdirinya Kaskus.us
Apa Itu Kaskus?
Kaskus merupakan suatu sarana berbisnis yang jika dilihat hanya seperti sebuah bisnis yang maya, akan tetapi pemikiran seperti ini keliru sebab yang maya itu bukanlah bisnis yg ada didalamnya melainkan sarana bisnisnya itu yg maya, karena menggunakan perantara berupa jaringan yang kita sebut internet. tetapi kenyataannya bisnis yang ada dalam kaskus itu sendiri sangatlah nyata/real.

kaskus sendiri bukan hanya tempat untuk berbisnis tetapi, kaskus juga bisa sebagai media berita dan forum bebas bagi kaskuser dan orang lain.
Dalam bisnis jual-beli di kaskus memiliki banyak kategori ada dari kategori barang antik sampai barang saat ini, tetapi di dalam jual-beli barang tersebut kategori yang paling banyak di perjual-belikan adalah kategori elektronik, dimana dikaskus juga terdapat banyak iklan-iklan. menurut saya Kaskus adalah merupakan sarana berbisnis yang baik.

kaskus ini jika dilihat secara global termasuk dalam bagian Intensif, karena semua orang dapat mengakses kaskus hanya dengan menggunakan internet saja dan dimana yang kita ketahui pada daerah-daerah berkembang dan negara-negara berkembang internet itu sudah bukan merupakan sesuatu yang sulit dijangkau. contohnya saja di amerika layanan internet bisa kita dapatkan dimanapun kita berada dan semua itu free.

Tetapi jika kita melihat dari segi daerah-daerah terbelakang bagi mereka yang berada di daerah-daerah tersebut kaskus itu sendiri bisa dibilang merupakan sesuatu yang selektif dan bisa jadi disebut sesuatu yang eksekutif, sebab kebanyakan layanan internet sangat kecil untuk di gunakan dan biasanya tempat-tempat ini berada di pedalaman atau pinggiran suatu kota atau negara, sehingga jaringan internet belum sampai ke daerah-daerah tersebut. Jadi, dalam pembagian kaskus ini kita harus melihat dari lokasi atau tempat dan itu dilihat secara global atau secara non global.

Pagi itu di kantornya, kami bertemu Andrew Darwis, pemuda lulusan Art Institute of Seattle Computer Science, Seattle, Amerika Serikat. Usianya baru 31 tahun, berperawakan tinggi kurus, berkulit putih dengan gaya rambut model terkini. Ia memakai safari berwana biru dibalut celana jeans dan memakai sepatu kets. Gayanya nyaris tak beda dengan anak muda kebanyakan. Gembira dan menyenangkan.

Andrew Darwis adalah pendiri sekaligus pemilik situs komunitas terbesar di Indonesia Kaskus. Ia mendirikan Kaskus pada 6 November 1999 saat dia masih kuliah di Seattle. Bicara soal Kaskus, Andrew selalu berbicara tentang dua kenekatan yang dia lakukan.

“Saya datang ke Amerika boleh dibilang modal nekat, orangtua saya tak punya cukup banyak uang untuk membiayai saya. Saya bilang modali berangkatnya saja dulu, nanti urusan biaya hidup, saya akan usaha sendiri,” kata Andrew kepada orangtuanya setelah ia lulus dari Universitas Bina Nusantara, Jakarta. Itulah kenetakan pertama yang dilakukan Andrew.

Andrew lalu mendarat di Amerika dan mendaftar kuliah di Art Institute of Seattle Computer Science, Seattle tahun 1998. Banyak yang mengira Andrew seorang progammer, tapi sebenarnya bukan. “Di tempat kuliah, saya malah belajar audio video, editing, dan desain grafis menggunakan komputer.” kata Andrew.

Berdirinya Kasak-Kusuk (Kaskus)
Setahun kemudian, dosennya memberikan tugas kelompok untuk membuat portal. Tidak seperti mahasiswa lain yang membuat portal pribadi mirip blog, Andrew bersama dua rekannya, Ronald dan Budi, membuat portal yang berisi berita dan informasi tentang Indonesia.

“Waktu itu perkembangan internet belum seperti sekarang, mahasiswa atau orang Indonesia yang tinggal di Amerika masih sulit mengakses informasi tentang Indonesia,” ujar Andrew mengemukakan alasan.

Konsep awal Kaskus se benarnya adalah situs yang mampu mengentaskan dahaga mahasiswa Indonesia di luar negeri akan kampung halaman melalui berita-berita Indonesia. “Sayangnya tak ada di antara kami yang bisa menulis berita, akhirnya kami hanya mere-write berita-berita tentang Indonesia dari CNN,” ujar Andrew.

Portal itu diberi nama “Kaskus”, singkatan dari Kasak-Kasuk. Andrew memang menginginkan nama yang unik, sederhana, tapi mudah diingat seperti Google atau Yahoo.

Dengan membeli server seharga 3 dollar saja, Andrew dan kawan-kawan mulai membangun Kaskus pada 6 November 1999.

Setelah mendapat nilai bagus dari dosennya, mereka terus mengolah dan mengisi portal tersebut dengan bermacam konten. Bergantian mereka menulis bermacam hal. Mulai dari berita-berita hangat, acara-acara komunitas Indonesia di Amerika, sampai informasi jual-beli.

Setelah sekian lama, ternyata malah seksi forum di portal tersebut yang berkembang. Kaskuser (sebutan anggota Kaskus) yang kebanyakan mahasiswa Indonesia di Amerika saling bertukar informasi di forum itu. Misalnya tentang harga sewa apartemen murah atau informasi pekerjaan di restoran-restoran. Kaskuser juga sering melakukan jual beli seperti kaset, CD, kaus, dan barang-barang lain.

Namun, saat itu Kaskus belum menghasilkan uang buat mereka, “Kami kerjakan dengan senang hati, dan belum bisa jadi sumber pemasukan ketika itu,” jawab Andrew.

Berapa lama kemudian karena berbagai kesibukan, Ronald dan Budi mundur dari Kaskus karena menganggap Kaskus sama sekali tidak menghasilkan keuntungan, hanya menghabiskan waktu yang mereka punya. Hanya Andrew yang kemudian bertahan, dan mengelola sekaligus menjadi moderator bermacam kategori forum di Kaskus.

“Orientasi saya bukan uang, melihat anggota bertambah satu orang saja, senangnya bukan main,” kata Andrew menceritakan alasannya bertahan. Seiring waktu, semakin hari semakin banyak anggota baru yang mendaftar. Mereka umumnya ingin membeli atau menjual barang. Akhirnya Kaskus indentik sebagai Forum Jual Beli (FJB). namun Kaskus terpaksa vakum selama 8 bulan.

“Lalu Ken datang ke Amerika dan memberitahu saya hal penting,” ujar Andrew. “Dia bilang kalau penggemar Kaskus di Indonesia cukup besar,” lanjutnya. Ken yang juga sepupu dari Andrew memaksanya untuk pulang dan mengaktifkan Kaskus kembali. “Sayang teknologinya sudah ada tapi tidak dipakai,” saran Ken.

“Ini kenekatan saya yang kedua,” kata Andrew sambil tersenyum. Apa pasal? Setelah bertahun-tahun tinggal di Amerika, lalu pulang ke Indonesia dan membangun perusahaan berbasis internet networks tentu tindakan yang terbilang nekat. Apalagi Kaskus masih belum begitu dikenal. Tapi Andrew telah bulat memutuskan pulang ke Indonesia pada tahun 2008.

Dia membeli server di Kanada dan mulai merancang manajemen Kaskus. Selama dua bulan Andrew bersama temannya, Ken Dean, membenahi Kaskus sebelum benar-benar menjadi perusahaan profesional.

Kaskus kemudian diaktifkan kembali dengan konsep berbeda. Situs ini tak lagi diisi oleh berita-berita CNN, melainkan menjadi sebuah forum di mana tulisan-tulisan diposting sendiri oleh para kaskuser (pengguna Kaskus). Konsep tersebut membuat pengunjung Kaskus meningkat. “Orang Indonesia memang dasarnya cerewet makanya ketika konsep diganti menjadi forum online, makin tambah ramai,” ujar Andrew sambil tertawa.

Dibukanya kebebasan bagi para member untuk memposting tulisan mereka, membuat Kaskus kebanjiran konten-konten porno. Hal ini yang mendorong Andrew untuk menyediakan rubrik khusus berbau seks dengan nama BB-17. “Bila di sejumlah wilayah Indonesia ada wilayah lokalisasi PSK, di situs ini kami juga menyediakan lokalisasi untuk konten-konten porno itu daripada mereka memposting semua konten itu di sembarang tempat.” ujarnya.

Sejak saat itu diakui Andrew, Kaskus identik dengan situs porno, padahal masih banyak rubrik lain yang bermanfaat. “Waktu server sampai, kami pikir kami bisa langsung set up dan berjalan. Tapi ternyata belum karena saat itu Indonesia sedang ramai isu UU Porografi dan UU ITE, kami sempat bingung, jangan-jangan langsung dibanned,” kata Andrew menyoal tuduhan miring terhadap Kaskus sebagai situs dewasa. Sebagai bentuk kesadaran, Andrew mengambil keputusan untuk menghapuskan BB-17 dan membersihkan Kaskus dari konten porno.

“Anehnya pengunjung Kaskus bukannya berkurang tapi malah bertambah terutama member perempuannya,” tuturnya. Dari sebelumnya hanya 400 ribu pengguna meningkat menjadi 960 ribu pada 2009, di mana 75%-nya adalah pengunjung loyal. Selain itu 95% server yang digunakan Kaskus dipindahkan dari Amerika ke Indonesia untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas akses pengguna.

Seiring dengan bertambahan jumlah kaskuser, konsep situs Kaskus pun mulai cenderung berubah sebagai market place. Lambat laun banyak yang menggantungkan hidupnya dengan berjualan di Kaskus. “Seorang kaskuser ada yang menjual keripik pisang di Kaskus dan jualannya sangat laku hingga 3.000 order per hari, tak hanya itu ada pula yang kerjaannya menjual kamera di Kaskus dan setiap minggu dia bisa menghasilkan omset hingga 100 juta rupiah,” tutur Andrew.

tugas 1 perkembangan e-commerce

0

Perkembangan e-commerce di Indonesia

pengertian e-commerce :

eCommerce merupakan pembicaraan yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan dikalangan pebisnis, pemasar, pengusaha dan kalangan pengamat perkembangan ekonomi dan informasi yang ada saat ini.

Ada 3 kelas besar eCommerce yang sekarang sangat popular antara lain Forex online trading, Pemasaran online dan periklanan ( bagian dari pemasaran yang tidak kalah menariknya jadi kami jadikan dalam kelas besar sendiri)….

Forex Online Trading

FOREX (Foreign Exchange) atau yang lebih dikenal dengan Bursa Valas (Valuta Asing) merupakan suatu jenis perdagangan/transaksi yang memperdagangkan mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lainnya yang melibatkan pasar-pasar uang utama di dunia selama 24 jam secara berkesinambungan. Mengingat tingkat likuiditas dan percepatan pergerakan harga yang tinggi, FOREX telah menjadi alternatif yang paling populer karena ROI (Return Of Investment atau kembalinya nilai investasi yang telah kita tanam) serta profit yang akan didapat bisa melebihi rata-rata perdagangan pada umumnya (biasanya rata-rata return berkisar lebih dari 5% – 10% per bulannya, bahkan bisa mencapai lebih dari 100% per bulannya untuk professional trader).

Akibat pergerakan yang cepat tersebut, maka FOREX juga beresiko tinggi apabila anda tidak mempunyai pengetahuan yang cukup serta pengaturan manajemen keuangan dengan baik. Investasi perdagangan valuta asing (forex) online,memberikan alternatif income yang menjanjikan, Karena bisnis ini cukup unik, mempunyai skala global yaitu mengikuti kemajuan teknologi, mudah karena bisa dilakukan langsung via Internet menggunakan komputer, murah karena modal minimal tidak sampai puluhan juta rupiah, fleksibel karena dimanapun anda berada asal terhubung ke jaringan anda bisa berbisnis, serta unik karena banyak dari masyarakat kita yang belum mengetahuinya sehingga mempunyai prospek yang bagus.

Lalu, apa mata uang yang diperdagangkan? Semua mata uang dunia yang memiliki daya jual tinggi. Contoh: USDollar, Yen, Euro, Franc, Poundsterling (EUR/USD, GBP/USD, USD/JPY, USD/CHF) dan lain-lain.


Kemudian bagaimana proses transaksinya? dan apa itu “Beli/Jual” dalam bursa valuta asing ini? Di bursa valas ini anda dapat membeli ataupun menjual mata uang yang diperdagangkan. Secara obyektif adalah untuk mendapatkan profit atau keuntungan dari posisi transaksi yang anda lakukan.

Contoh: jika anda membeli (BUY / Offer) suatu mata uang. dan pergerakan harga mata uang tesebut menunjukkan grafik kenaikan yang signifikan, maka anda dapat mengambil keuntungan dari perbedaan harga tersebut dengan menutup posisi beli anda, begitu pula sebaliknya apabila anda melakukan menjual (SELL / Bid) dan kemudian pergerakan harga mata uang tersebut mengalami grafik penurunan, maka anda juga dapat mengambil keuntungan dengan menutup posisi jual anda tersebut.

Apakah di FOREX itu “Two Ways Opportunities ??” Ya ! Transaksi di FOREX dapat dilakukan dengan cara 2 arah dalam mengambil keuntungannya. BUY (beli) dahulu, lalu ditutup dengan take profit SELL Liquid (jual) ataupun sebaliknya melakukan SELL (jual) dahulu, lalu ditutup dengan take profit BUY Liquid (beli).

Bagaimana cara menghitung hasil transaksi saya di FOREX ? Ok, berikut adalah caranya: Untuk FOREX yang terhadap USDollar tersebut ada 2 macam jenis currency utama yaitu Direct dan Indirect

Contoh:

· Direct : GBP/USD, EUR/USD, AUD/USD, dan lain-lain (pokoknya yang …/USD)

· Indirect : USD/JPY, USD/CHF, dll ( USD/…. )


Dan untuk perhitungannya: Semisal kita memulai trading Forex ini dengan modal awal sebesar US$5000 (account regular), kemudian cara hitungan transaksi kita adalah:

Untuk mata uang Direct : misal kita trading di jenis account regular Forex yang kemudian kita inputkan quantity contract sizenya = US$100,000 dan kita melakukan Buy di EUR/USD di posisi 1.2000 dan kemudian di close Sell (take profit) di posisi 1.2010, maka kita akan profit sebesar : (1.2010 – 1.2000 ) x 100000 = $100 (profit) atau sebaliknya kalau loss juga sama hitungannya.

Untuk mata uang Indirect: misal kita trading di jenis account regular Forex yang kemudian kita inputkan quantity contract sizenya = US$100,000 dan kita melakukan Sell di USD/JPY di posisi 110.10 dan kemudian di close Buy (take profit) di posisi 110.00, maka kita akan profit sebesar : ((110.10 – 110.00 ) x 100000) / posisi liquid 110.00 = $90.91(profit) atau sebaliknya kalau loss juga sama hitungannya.


ARTI PERGERAKAN GRAFIKNYA
Jenis Mata Uang Pergerakan Grafik Arti (….. terhadap USDollar)
Direct (….. / USD) Naik MenguatDirect (….. / USD) Turun Melemah
Indirect (USD/ …..) Naik MelemahIndirect (USD/…..) Turun Menguat

Berapakah modal yang dibutuhkan untuk bisa trading FOREX ? Di kami (Marketiva) tidak ada keharusan untuk deposit uang sejumlah tertentu agar bisa memulai live trading (Modal BEBAS), Dan bila anda tidak mempunyai modal sama sekali atau masih ingin mencoba, maka perusahaan kami akan memberikan secara cuma-cuma extra modal sebesar US$5 untuk anda ketika anda membuka account di kami (GRATIS dan bukan simulasi), dan profit yang anda dapat juga akan masuk ke kantong (account) anda secara penuh, sedangkan kalau loss maka anda juga tidak beresiko apa-apa. Disamping hal tersebut, kami juga menerima Real Live Trading jenis Mini Forex dengan modal deposit awal yang dianjurkan sebesar US$500 ataupun Regular Forex dengan modal deposit awal sebesar US$5000 , dan seterusnya tergantung anda.


Tabel Modal dan Maximum Quantity Leverage (Contract Size) yang dianjurkan:
Modal Contract Size Nilai pergerakan pointnya (/pips) $5 $100 $0.01 (eq: EUR/USD) $100 $2000 $0.2 (eq: EUR/USD) $500 (mini) $10000 $1 (eq: EUR/USD) $5000 (regular) $100000 $10 (eq: EUR/USD) dan seterusnya…Keterangan: Nilai Margin di kami = 1% dari quantity contract size Quantity Contract Size di kami adalah fleksibel dan bisa anda input secara manual.

(Contoh: Kita bisa menginput Quantity Contract Size=$1001 atau $2123 atau $10, dll) Dalam arti lain yaitu kita bisa menyesuaikan dengan kondisi kekuatan modal kita.Bagaimana cara bertransaksinya dan dimana? Di kami (Marketiva), segala transaksi FOREX anda dilakukan oleh anda sendiri secara online via internet (bisa di rumah, warnet, hotel, cafe, dll) dengan melalui software online trading kami yaitu Streamster , yang bisa anda download sewaktu anda membuka account di kami.

Dan di dalam software kami tersebut juga terdapat berbagai macam fasilitas seperti real time quotes and chart, forum diskusi/chatting dengan trader lain, free trading signals, laporan hasil transaksi, berita-berita terkini, layanan support 24 jam, dan lain-lain.

Perkembangan e-commerce di Indonesia :

E-Commerce (electronic commerce) merupakan salah satu teknologi yang berkembang pesat seiring dengan kehadiran internet dalam kehidupan kita.

E-Commerce sendiri didefinisikan sebagai ‘a series of activities that includes Electronic Data Interchange (EDI), Supply Chain Management tools, and Electronic Payment Systems’.

Ecommerce sendiri berasal dari layanan EDI (Electronic Data Interchange), layanan EDI ini telah berkembang sedemikian pesatnya di negara-negara yang mempunyai jaringan komputer dan telepon. Jika sebelumnya kita telah sering menggunakan media elektronik seperti telepon, fax, hingga handphone untuk melakukan perniagaan / perdagangan, sekarang ini, kita dapat menggunakan internet untuk melakukan perniagaan. E-Commerce memiliki beberapa jenis, yaitu:

  • Business to business (B2B):

Bisnis antara perusahaan dengan perusahaan lain

  • Business to consumer (B2C):

Retail, sifatnya melayani pelanggan yang bervariasi

  • Consumer to consumer (C2C):

Sifarnya lelang (auction)

  • Government: G2G, G2B, G2C,

melakukan layanan terhadap perusahaan untuk keperluan bisnis hingga melayani masyarakat

Manfaat E-Commerce :

  • Revenue stream baru
  • Market exposure, melebarkan jangkauan
  • Menurunkan biaya
  • Memperpendek waktu product cycle
  • Meningkatkan customer loyality
  • Meningkatkan value chain

Perkembangan e-commerce di Indonesia sendiri telah ada sejak tahun 1996, dengan berdirinya Dyviacom Intrabumi atau D-Net (www.dnet.net.id) sebagai perintis transaksi online. Wahana transaksi berupa mal online yang disebut D-Mall (diakses lewat D-Net) ini telah menampung sekitar 33 toko online/merchant. Produk yang dijual bermacam-macam, mulai dari makanan, aksesori, pakaian, produk perkantoran sampai furniture. Selain itu, berdiri pula http://www.ecommerce-indonesia.com/, tempat penjualan online berbasis internet yang memiliki fasilitas lengkap seperti adanya bagian depan toko (storefront) dan shopping cart (keranjang belanja). Selain itu, ada juga Commerce Net Indonesia – yang beralamat di http://isp.commerce.net.id/. Sebagai Commerce Service Provider (CSP) pertama di Indonesia, Commerce Net Indonesia menawarkan kemudahan dalam melakukan jual beli di internet. Commerce Net

Indonesia sendiri telah bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang membutuhkan e-commerce, untuk melayani konsumen seperti PT Telkom dan Bank International Indonesia. Selain itu, terdapat pula tujuh situs yang menjadi anggota Commerce Net Indonesia, yaitu Plasa.com, Interactive Mall 2000, Officeland, Kompas Cyber Media, Mizan Online Telecommunication Mall dan Trikomsel.

Kehadiran e-commerce sebagai media transaksi baru ini tentunya menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Dengan menggunakan internet, proses perniagaan dapat dilakukan dengan menghemat biaya dan waktu.

Perkembangan e-Commerce di Indonesia pada tahun-tahun mendatang.

E-commerce sebetulnya dapat menjadi suatu bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Hal ini tak lepas dari potensi berupa jumlah masyarakat yang besar dan adanya jarak fisik yang jauh sehingga e-commerce dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Sayangnya, daya beli masyarakat yang masih rendah dan infrastruktur telekomunikasi yang tidak merata di daerah-daerah lainnya membuat e-commerce tidak begitu populer. Hal ini tak lepas dari jumlah pengguna internet di Indonesia yang hanya sekitar 8 juta orang dari 215 juta penduduk. Selain itu, e-commerce juga belum banyak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Meskipun relatif banyak perusahaan yang sudah memasang homepage, hanya sedikit yang memfungsikannya sebagai sarana perniagaan/perdagangan online. Sebagian besar homepage itu lebih difungsikan sebagai media informasi dan pengenalan produk. Menurut Adji Gunawan, Associate Partner dan Technology Competency Group Head Andersen Consulting, secara umum ada tiga tahapan menuju e-commerce, yakni: presence (kehadiran), interaktivitas dan transaksi. Saat ini, kebanyakan homepage yang dimiliki perusahaan Indonesia hanya mencapai tahap presence, belum pada tahap transaksi. Pada akhirnya, perkembangan teknologi dan peningkatan pengguna internet di Indonesia akan membuat e-commerce menjadi suatu bisnis yang menjanjikan.




Hello world!

1

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!

Go to Top