One World One Health

Nama :Habyb Palyoga

NIM :1051301111089

                Indonesia sebenarnya telah menerapkan OWOH (one world one health) ini sejak tahun 1972 yaitu sejak ditanda tanganinya piagam kerja sama antara direktorat Jendral Peternakan Dep.Pertanian dengan direktorat Jendral Penyakit Menular Dep.Kesehatan no 226.9a/DDI/72 dan no 601/XIV/Piagam E tanggal 9 Agustus 1972 yang menyatakan penanggulangan zoonosis.(Drh.Mangkoe Sitepu,2010)

                Namun sayangnya untuk perkembangan selanjutnya sedikit demi sedikit peran dokter hewan dalam penanggulangan zoonosis semakin berkurang.Bahkan menurut dr.drh.Makoe Sitepu menyatakan “otoritas veteriner” telah tersingkirkan.Hal itu dibuktikan pada penanganan kasus flu burung (HPAI H5N1) dalam gerakan Avian Influenza dari 6 langkah penanggulangan hanya satu langkah yang berpihak pada kesehatan hewan.

                “dan tentu saja dalam melakukan fungsinya,dokter hewan harus bekerja sama dengan pihak-pihak terkait agar tujuan tersebut dapat terwujud”.(Drh.Analis W Wardana,2009).Namun di lain pihak,dr.Mawari menyatakan bahwa di bidang kesehatan manusia OWOH ini belum banyak diketahui apalagi dipahami dengan jelas.

                “OWOH (One world one Health) ini memang sudah biasa ditengah insan dokter hewan,namun ternyata tidak demikian dengan bidang ilmu/profesi yang lain.Sedangkan OWOH bertujuan membangun kesehatan komperehensif baik dari aspek lingkungan,hewan/ternak,dan kesehatan manusia.Namun sosialisasinya masih sangat kurang pada profesi selain dokter hewan.

                Kenyataan ini merupakan pekerjaan besar dan berat bagi dokter hewan Indonesia untuk dapat melakukan sosialisasi tentang OWOH pada bidang ilmu lain dan kemudian bekerjasama mewujudkannya.

                Jadi kesimpulannya OWOH (One World One Health) tidak akan terealisasi jika pihak-pihak yang terkait bekerja sendiri-sendiri,tidak mau tau dan egois dengan tugas masing-masing.Namun akun terealisasi jika dokter hewan,peternakan,ilmu lingkungan dll diskusi dan duduk bersama serta mendiskusikan kesehatan Indonesia demi tujuan kesejahteraan bersama dan cita-cita menciptakan senyuman dari setiap insan di dunia terutama Indonesia.

Viva Veteriner & Tenaga Medis seluruh Indonesia

Sumber :

  1. Operator FKH UGM.2010.One World One Health,Punya Siapa?.www.fkh.ugm.ac.id diakses pada tanggal 29 Desember 2010 jam 15.19 WIB.
  2. Wardana,Analis W.2009.Tiket Masuk untuk Dokter Hewan di Masa Mendatang.Koran PDHI;Malang
  3. www.emeraldinsight.com/1477.7266.htm .2000.Gender stratified in management the WHO.Diakses pada tanggal 29 Desember 2010 jam 14.00 WIB

Tags: ,