RSS
 

Tugas M02

01 Mar

Nama : Gilang Satya Ardhana
Nim : 165040207111095
Kelas : Q

Tugas Mata Kuliah Survei Tanah dan Evaluasi Lahan

Tugas Minggu kedua
1. Ada beberapa istilah dalam kuliah ini, dalam kuliah minggu 1 dan 2 ada beberapa istilah yang perlu pemahaman, berikan penjelasan (definisi dan penjelasannya), misalnya:
• Peta Tanah : Peta tanah adalah sebuah peta yang menggambarkan variasi dan persebaran berbagai jenis tanah atau sifat-sifat tanah (seperti pH, tekstur, kadar organik, kedalaman, dan sebagainya) di suatu area. Peta tanah merupakan hasil dari survei tanah dan digunakan untuk evaluasi sumber daya lahan, pemetaan ruang, perluasan lahan pertanian, konservasi, dan sebagainya. Dalam peta tanah, terdapat data primer yang merupakan hasil dari pengukuran langsung di lapangan dan data sekunder merupakan hasil dari perhitungan dan atau perkiraan berdasarkan data yang didapatkan di lapangan.
• Skala peta : Skala tanah adalah perbandingan jarak dua titik di dalam peta terhadap jarak yang sebenarnya di lapangan. Skala peta berbeda – beda pada setiap jenis peta.
• Delineasi batas tanah (Soil delineation) : Delineasi batas tanah adalah daerah yang dibatasi oleh suatu batas tanah pada suatu peta.
• Poligon : Poligon berasal dari kata poly: banyak dan gon(gone): titik. Jadi, poligon adalah serangkaian titik-titik yang dihubungkan dengan garis lurus sehingga titik tersebut membentuk sebuah rangkaian titik atau poligon. Poligon dalam peta tanah bertujuan untuk memperbanyak koordinat titik-titik di lapangan yang diperlukan untuk pembuatan peta.
• Satuan Peta (Map unit) : setiap wilayah yang tergambar pada peta
• Satuan Peta : suatu konsep kelompok dari satu deliniasi atau lebih yang diidentifikasi dengan nama yang sama dalam survei tanah yang menunjukkan areal lansekap yang sama. Satuan peta juga dapat diartikan sebagai satuan lahan yang mempunyai sistem fisiografi/landform yang sama, dibedakan satu sama lain di lapangan oleh batas-batas alami dan dapat dipakai sebagai satuan evaluasi lahan.
• Satuan Peta Tanah : adalah kelompok lahan atau tanah yang mempunyai sifat-sifat (karakteristik) yang sama atau hampir sama, penyebarannya digambarkan dalam peta. Satuan peta tanah disusun untuk menampung informasi penting dari suatu luasan (poligon) tentang hal-hal yang berkaitan dengan survei tanah. Satuan peta tanah dibedakan menjadi 2, yaitu: satuan peta tanah sederhana dan satuan peta tanah majemuk.
• Legenda : sebaran jenis tanah di permukaan bumi divisualisasikan dalam bentuk peta tanah yang dilengkapi dengan tanda-tanda dan keterangan singkat, yang berfungsi untuk mengidentifikasikan satuan peta serta memberikan informasi tentang satuan-satuan yang terdapat dalam suatu peta tanah. Legenda peta tanah terdiri atas 2 bagian, yaitu simbol dan uraian atau deskripsi.
• Foto udara : hasil pemotretan dari udara dengan menggunakan perangkat pemotretan yang ditempatkan di pesawat, helikopter atau benda terbang lainnya yang juga menggambarkan penampakan dari suatu area di di permukaan bumi.
• Stereoskop : alat yang digunakan untuk mengamati dua citra foto yang berurutan atau berpasangan, dimana masing-masing foto meliputi objek di permukaan bumi yang sebagian besar sama.
2. Buat halaman yang berisi resume bahan kajian kuliah minggu pertama, yang berisi penjelasan (definisi dan penjelasannya).
Pada kuliah minggu pertama dosen menyampaikan materi pendahuluan yang berisi tentang RKPS, buku referensi mata kuliah Survei Tanah dan Evaluasi Lahan karya Prof. Ir. Mochtar Lutfi Rayes serta gambaran apa yang akan dilakukan di dalam mata kuliah ini terkait bahan pembelajaran dalam kuliah, praktikum dan tutorial. Mata kuliah Survei Tanah dan Evaluasi Lahan memiliki bobot 4 SKS yang terdiri dari 2 SKS dalam kuliah, 1 SKS praktikum, dn 1 SKS lagi untuk tutorial. Dosen juga menjelaskan buku pedoman yang wajib dimiliki mahasiswa, serta dosen-dosen yang akan mengajar dikelas. Dalam materi yang akan disampaikan oleh Dosen pada minggu-minggu sebelum uts akan membahas mengenai Survei Tanah, dan setelah uts Dosen akan membahas mengenai Evaluasi Lahan. Sekilas materi yang diberikan dosen adalah:
• Survei tanah adalah penelitian tanah di lapangan dan di laboratorium yang dilakukan secara sistematis dengan metode-metode tertentu terhadap suatu daerah tertentu yang ditunjang oleh informasi dari sumber-sumber lain yang relevan.
• Evaluasi lahan adalah proses pengukuran, pencatatan, dan pengumpulan keterangan mengenai suatu areal tanah untuk mengevaluasi kegunaannya.
• Ada 5 faktor pembentuk tanah yang mempengaruhi sifat tanah, yaitu: topografi, bahan induk, iklim, waktu, dan organisme.
Macam tanah ada dua, yaitu tanah organik dan tanah mineral.
3. Setiap minggu akan muncul istilah-istilah baru dari bahan kajian yang diberikan, tambahkan pada halaman tersebut.

 
Comments Off on Tugas M02

Posted in Uncategorized

 

Hello world!

01 Mar

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!