Ini Dia yang Membuat BlackBerry Berharga

2013
10.20

Harga BlackBerry – BlackBerry sedang mempertimbangkan pilihan strategis untuk meningkatkan nilai perusahaan, termasuk kembali jadi perusahaan privat, membuat perusahaan patungan, sampai menjual perusahaan. Perusahaan ini masih memiliki aset berupa paten yang bisa meningkatkan harga dirinya.

Sejak berdiri pada 1984, saat masih bernama Research In Motion, perusahaan ini telah melakukan penelitian dan pengembangan sehingga menciptakan banyak paten dan aplikasi. Situs teknologi AllThingsD, melaporkan, BlackBerry memiliki sekitar 9.000 paten, meliputi 5.236 paten aktif di Amerika Serikat dan sekitar 3.730 aplikasi aktif dalam industri komunikasi nirkabel.

Menurut Chris Marlett, dari perusahaan bank investasi yang fokus pada hak kekayaan intelektual MBD Capital Group, paten yang dimiliki BlackBerry saat ini masih sangat berharga dan tidak menutup kemungkinan menjadi incaran perusahaan-perusahaan teknologi.

Marlett berpendapat, paten BlackBerry akan bernilai tinggi jika dibeli oleh sebuah perusahaan tunggal. “Kalau ada perang penawaran, saya pikir jumlahnya bisa mencapai 4 miliar sampai 5 miliar dollar AS,” kata Marlett kepada AllThingsD, Rabu (14/8/2013).

Namun, jika paten BlackBerry dibeli oleh sebuah konsorsium yang sepakat untuk melakukan lisensi silang, nilai seluruh paten itu bisa turun jadi 2 miliar sampai 3 miliar dollar AS.

Beberapa perusahaan teknologi yang diprediksi tertarik dengan paten BlackBerry, antara lain, Google, Apple, Samsung, Microsoft, Lenovo, Cisco, sampai IBM.

Sekadar catatan, perusahaan Nortel yang memiliki 6.000 paten nirkabel dijual seharga 4,5 miliar dollar AS pada 2011. Sementara Motorola Mobility yang memiliki 17.000 paten teknologi dan 7.500 aplikasi diakuisisi Google seharga 12,5 miliar dollar AS pada 2012.

BlackBerry masih memiliki produk unggulan berupa platform pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) sampai solusi keamanan BlackBerry Enterprise Service (BES). Kedua layanan komunikasi ini terkenal dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Tags:

Your Reply

You must be logged in to post a comment.