2019
07.22

Cara Terbaik Latih dan kembangkan Potensi Anak

three children sitting on grass

Tiap anak mempunyai potensi berbeda-beda. Potensi besar pada tiap anak haruslah dilatih dan juga dikembangkan agar kemampuan sih anak tersebut juga bisa meningkat.

Anak yang telah dididik dengan cara tepat, pastinya hasil yang didapatkannya pun juga sangat bagus. Tapi masalahnya, bagaimana sih cara atau pun tips latih dan kembangkan potensi pada anak? Simak ulasan berikut ini dulu yuk!

Baca juga :

Cara terbaik latih dan kembangkan potensi anak

  • Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat dia merasa dicintai dan disayangi. Anak nantinya akan merasa lebih nyaman, terlindungi, bila orangtuanya selalu menyayangi, mencintai, melindungi, menolong, dan ada disampingnya, bila anak sedang dalam kondisi membutuhkan. Buatlah perasaan anak nyaman dan juga benar-benar mencintai orangtua serta merasa dicintai juga.
  • Pahami serta hargai tiap anak sebagai individu yang menarik dan unik, sebab perilaku anak memang sangat khas dan bisa lakukan hal-hal yang tak terduga. Tiap anak memiliki karakter tersendiri. Oleh sebab itulah, tiap orangtua sudah sepatutnya pahami dan mengerti sehingga orangtua nantinya akan sadar pada keunikannya tersebut.
  • Membangkitkan minat dan juga motivasi belajarnya. Orangtua di sini harus pintar membangkitkan motivasi anak serta minatnya pada kegiatan maupun belajarnya dengan baik. Sehingga anak nantinya akan lebih termotivasi lagi, maka anak akan sadari bahwasannya dia bisa kembangkan kemampuannya dengan sangat baik.
  • Memberikan kesempatan untuk memilih serta membuat keputusan. Beri anak Anda kesempatan untuk berani memilih serta membuat tiap keputusan yang nantinya akan dijalaninya. Beri kepercayaan pada anak Anda untuk membuat keputusan sendiri saat melakukan tiap kegiatan atau pun belajarnya. Beri keleluasaan anak untuk lebih berani dalam memilih diantara pilihan. Orangtua dapat membantu bagaimana pilihan yang terbaik tersebut sehingga anak tak terjebak ke dalam hal-hal negative.
  • Mendorong anak cari informasi di luar rumah. Informasi ini memiliki peranan yang cukup penting sekali untuk dapat menunjang kemampuan anak. Untuk itulah dorong anak agar lebih kreatif dalam mencari kebutuhan informasi yang nantinya akan menunjang potensinya. Bisa saja dimulai dengan infromasi tokoh yang sukses dalam bidangnya atau pun bagaimana agar bisa jadi sukses tersebut.
  • Jangan pernah mematikan harapan dan juga cita-cita anak. Hargai tiap pilihan cita-cita anak Anda. Orangtua jangan yang terlalu memaksakan pilihannya sehingga anak nantinya akan merasa tak bersemangat lagi untuk raih harapan serta cita-citanya. Jangan sampai Anda sebagai orangtu mematikan harapan dan cita-cita serta mencela tiap pilihan buah hati tercinta.

Demikian informasi tentang cara terbaik latih dan kembangkan potensi anak yang bisa kami bagikan. Semoga saja bermanfaat.

Baca juga : 

2019
07.13

Mendidik Anak yang Suka Memukul dengan Cara Bijak

four boy playing ball on green grass

Cara Mendidik Anak yang Suka Memukul – Bund, tidak sedikit lho para orangtua yang mengeluhkan sebab anaknya suka sekali memukul jika sedang marah atau pun keinginannya tidak dituruti. Hal yang demikian ini memang ada baiknya jangan terus dibiarkan supaya tak berkelanjutan sampai dia dewasa nanti.

Anda perlu mendidik atau pun mengajarkan sikap sih kecil yang seperti itu sampai dia dapat mengontrol dirinya dengan baik. Dan berikut ini ada beberapa cara bijak mendidik anak yang suka sekali memukul, yang mungkin saja bisa membantu Anda semuanya.

Baca juga : 

Cara bijak mendidik anak yang suka memukul

Bagaimana caranya? Baca seterusnya, Bunda..

Jangan pernah memukul balik

Mungkin saja bagi sebagian orangtua, memukul ini adalah suatu tindakan yang paling tepat untuk bisa mendisiplinkan anak. Memukul atau pun menampar anak merupakan cara sederhana supaya dia mau mengerti dan memahami.

Akan tetapi, memukul balik justru bisa menjadikan anak jadi kebingungan sebab menasehati anak dengan cara yang sama. Ada baiknya jika Anda memperingatinya secara tegas dan memberi dia konsekuensi yang mendidik dengan bijak.

Mencari tahu pemicunya

Jika anak Anda sering sekali memukul, perhatikan apa sih yang jadi pemicunya. Apa dia lakukan hal tersebut dikarenakan bosan, lelah, lapar, atau pun marah? Selain hal itu, bisa jadi dia terpengaruh oleh lingkungan di sekelilingnya.

Nah, untuk bisa mengatasi hal yang satu ini, coba perhatikan anak Anda pada saat bermain, kemudian amatai reaksinya pada anak lain. Pastikan jika dia tidak memukul, khususnya ke bagian wajah. Cara yang satu ini bisa membantu Anda sebagai orangtua untuk mengurangi sikap anak yang suka sekali memukul.

Menunjukkan cara komunikasi yang baik

Banyak kasus, anak sebetulnya tak memukul orangtua sebab marah atau pun frustasi, akan tetapi dikarenakan mereka ingin mendapat perhatian yang lebih dari orangtuanya. Salah satu kunci untuk ubah perilaku yang buruk tersebut adalah dengan menunjukkan cara komunikasi yang baik.

Contohnya saja, jika anak Anda kelas, kemudian memukul, ada baiknya Anda cepat merangkul dan memeluknya. Beritahu anak Anda bagaimana cara menepuk lengan atau pun wajah secara lembut. Ingat, untuk bisa ubah kebiasaan anak memang membutuhkan kesabaran yang ekstra.

Buat komunikasi yang lebih menyenangkan

Ada beberapa anak mempunyai kebiasaan alami untuk memakai tangannya sebagai alat komunikasi. Maka dari itulah, Anda juga perlu ajari sih kecil dengan membuat komunikasi yang lebih menyenangkan lagi. Contohnya saja saat dia memukul, cepat-cepat intervensi dengan cara menggerakkan tubuh serta mengatakan  yang seperti ini “ayo tos”.

Hal tersebut akan menjadikan anak bingung, bisa jadi juga tersenyum serta tak jadi melakukannya. Cara satu ini bisa kurangi kebiasaan buruk anak seiring dengan berjalannya waktu.

Itulah cara bijak mendidik anak yang suka memukul, yang bisa kami informasikan. Semoga saja bisa bermanfaat.

Baca juga : Launcher ringan android

2019
07.04

Selamat Datang!

Ini adalah blog personal saya, Gizmo Aditya.

Seorang mahasiswa dan blogger newbie yang suka membahas tentang pendidikan dan teknologi.

Semoga blog ini ada manfaatnya ya.