2020
06.17

9 Anti Virus Populer Didunia

Best Antivirus Software for 2019: Top 10 Free and Paid.

9 Anti virus protection paling populer di dunia – Banyak antivirus bajakan yang beredar saat ini .Bahkan banyak antivirus yang seharusnya tugasnya melindungi tetapi malah melakukan kejahatan atau merusak system komputer kita dan mengekspos informasi yang terdapat pada komputer kita atau bisa saja menghentikan kinerja komputer kita.untung nya ada beberapa antivirus terbaik dan juga gratis serta di keluarkan oleh vendor atau perusahaan keamanan pc yang jelas dan terkenal.

Saat ini ada banyak perusahaan yang menawarkan antivirus gratis dari program antivirus yang popular milik mereka untuk kita pengguna rumahan secara sementara .

Dan inilah software antivirus dan spyware terbaik yang benar-benar dapat anda nikmati secara legal dan bebas yang berkerjasama dengan beberapa perusahaan terkenal di dunia.

AVG Anti-virus

AVG Anti-Virus Free yang di keluarkan AVG merupakan perangkat lunak atau software antivirus gratis terbaik yang tersedi dan memiliki beberapa fitur seperti anti spayware,email scanner,scanner link,update otomatis dan masih banyak lagi firut yang terdapat pada antivirus yang satu ini.

AVG Anti-Virus mampu berkerja pada system operasi seperti pada os : Windows 7, Windows Vista, Windows XP, dan Windows 2000.

Avast! free antivirus

Merupakan salah satu software protection yang gratis dan layak untuk berada di dalam kategori antivirus terbaik antivirus ini memiliki fungsi sepenuhnya untuk antivirus dan anti spayware yang melindungi komputer kita dari acaman virus internet baik itu berupa file,email dan pesan instan anda. avast! Free Antivirus mampu berkerja pada system operasi Windows 7, Windows Vista, Windows XP, dan Windows 2000.

Microsoft Security Essentials

Security Essentials yang dikeluarkan oleh perusahaan besar Microsoft adalah salah satu program antivirus gratis yangterbaik dan terdapat sekarang ini . meskipun termasuk baru antivirus ini sangat handal seperti saya bahas pada artikel saya sebelumnya

Microsoft Security Essentials Antivirus mampu berkerja pada system operasi Windows 7, Windows Vista dan Windows XP.

Related articles :

Comodo Antivirus

Comodo Antivirus dari Comodo Security Solutions merupakan antivirus yang sangat baik karena merupakan program antivirus terbaik dipasaran hal ini disebabkan pada teknologi pertahananya dan melindungi dari sumber ancamanya langsung

Comodo Antivirus mampu berkerja pada system operasi Windows 7, Windows Vista dan Windows XP.

Avira AntiVir Personal

Avira AntiVir Personal merupakan antivirus yang mampu melindungi anda dari spayware,malware dan adware sehingga saat ini masih menjadi idola di penguna antivirus rumahan.

Avira AntiVir Personal mampu berkerja pada system operasi Windows 7, Windows Vista, Windows XP, dan Windows 2000. Avira juga membuat versi AntiVir Personal untuk UNIX.

Panda Cloud Antivirus

Panda Cloud Antivirus merupakan antivirus yang mampu melindungi anda dari ancaman malware – virus, worm, Trojans, adware, dan banyak lagi – seperti semua program antivirus gratis yang tadi sudah saya sebutkan

Immunet Lindungi merupakan antivirus gratis yang unik serta berbasis cloud program antivirus, seperti Panda Cloud Antivirus. Immunet Lindungijuga mampu melindungi komputer Anda dari bot, worm, virus, Trojans, keyloggers, dan spyware.

Digital-bek Antivirus

digital-bek Antivirus bukanlah merupakan antivirus yang sangat popular tapi merupakan salah satu yang terbaik Antivirus software dalam program antivirus.beberapa fitur menarik yang bisa anda dapatkan adalah antivirus penuh dan program antispyware dan update setiap hari.

2020
04.15

Robot Unik Yang Mampu Mengendalikan Dirinya Sendiri

robot terbangPada awal tahun 2014, Google meluncurkan Project smartphone Tangonya, perangkat mobile yang dilengkapi dengan sensor kedalaman, kamera pelacak gerakan dan dua prosesor visi yang memungkinkan ponsel melacak posisinya dalam ruang dan membuat peta 3D secara real time.

Perangkat ini sangat berguna untuk robot yang harus menavigasi dan mengendalikan dirinya sendiri. Memang banyak video menunjukkan bagaimana Google dan mitra-mitranya telah menempatkan smartphone pada berbagai jenis robot, termasuk platform mobile dan lengan manipulator. (Baca : Tulisan keren IG)

Sekarang peneliti di University of Pennsylvania yang dipimpin oleh Profesor Vijay Kumar mengambil satu langkah lebih maju. Setelah mendapatkan perangkat dari Google Tango, dia meletakkannya di salah satu quadrotors (pesawat yang diangkat dan didorong oleh 4 rotor) mereka dan membiarkan bergerak bebas di dalam laboratoriumnya.

Kumar mengatakan bahwa tantangan besar bagi para peneliti yang bekerja dengan robot terbang bukan masalah pembuatannya melainkan mengembangkan perangkat keras dan perangkat lunak yang mampu membuat mereka otonom. Banyak robot menggunakan GPS yang mampu mengendalikan diri mereka sendiri atau ketika terbang di dalam ruangan, mereka bergantung pada gerak sistem pelacakan seperti Vicon dan OptiTrack, yang menawarkan akurasi besar tapi mengharuskan Anda memasang banyak sensor di dinding dan langit-langit.

Sebuah perangkat yang mampu melokalisasi dirinya dalam ruang tanpa GPS atau eksternal sensor, seperti halnya pada ponsel Tango yang membuka kemungkinan baru untuk robot terbang. Kumar mengatakan bahwa “perangkat Google luar biasa karena memungkinkan Anda membuat sebuah robot yang menjadi otonom“.

Giuseppe Loianno, seorang mahasiswa doktoral dalam tim Kumar telah membuat sebuah video yang menunjukkan tes awal mereka dengan robot unik buatannya. Pada bagian pertama dari video, Loianno menetapkan sebuah kuadrat robot terbang pada posisi tetap dan kemudian mencoba memindahkannya ke daerah sekitar, tapi robot unik tak berawak tersebut segera kembali ke titik awal.

Berikutnya Loianno memerintahkan robot tersebut untuk pergi ke tempat yang berbeda di dalam ruangan dan pesawat tak berawak pun kembali pada jalurnya yang telah diprogram.

Para peneliti sekarang berencana untuk mempelajari akurasi lokalisasi Tango dan membandingkannya dengan sistem gerak pelacakan eksternal, tapi dari tes awal mereka, mereka memperkirakan akurasi berada dalam sentimeter. Jika itu dapat terbukti maka hal tersebut akan menjadi kemampuan yang mengesankan untuk perangkat Google yang dapat merevolusi bagaimana robot mobile dan drone menavigasi dirinya sendiri.

Baca juga yuk :

2020
04.03

Cara Memindahkan Aplikasi dari Internal ke SD Card (Marshmallow)

Terima kasih sudah berkunjung ke blog gizmo, jangan lupa subscribe untuk mendapatkan artikel-artikel terbaru kami ya 🙂

Person Holding Green Smartphone

Marshmallow

OS yang cukup banyak digunakan saat ini SELAIN karena kecepetan juga interface yang lebih baik dibandingkan dengan lollipop.

Selain kecepatan dan interface yang baik, ada satu masalah yang banyak orang cari-cari di internet yaitu cara memindahkan aplikasi dari memory internal ke memory eksternal. Di OS sebelumnya cara ini memang mudah hanya cukup ke pengaturanaplikasi > secara langsung nanti akan ada pilihan pindah aplikasi ke micro sd. Namun, pada OS Marshmallow cara ini tidak ditemukan

NO FOUND

Terus bagaimana caranya?

Caranya tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, cukup mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

> Buka pengaturan dan pilih pada penyimpanan dan usb

> selanjutnya nanti akan muncul memory anda baik itu internal mau micro sdnya.

Cara memindahkan aplikasi dari internal ke micro sd (Marshmallow)

Nah, sebelum anda ubah, coba lihat pada SD CARD warnanya masih abu-abu…… itu artinya masih belum ada perubahan. seteh itu klik pada internal storage (memory internal) nanti akan muncul seperti gambar dibawah ini:

Selanjutnya, klik pada titik tiga yang dilingkari merah pada gambar diatas, dan akan muncul tiga pilihan:

1. eject

2. format

3. format as internal (format menjadikan memory internal) pilih yang ini (yang ketiga)

Setelah itu nanti akan  muncul gambar seperti dibawah ini:

Cara memindahkan aplikasi dari internal ke micro sd (Marshmallow)

Pilih move later, dan nanti akan ada proses peformatan tergantung dari data yang tersedia di eksternal anda. Note: sebelum memulai cara ini baiknya data-data penting yang tersimpan di micro sd (eksternal) dipindahkan terlebih dahulu ke memory internal. Setelah proses selesai nanti akan muncul seperti gambar dibawah ini:

Nah, jika sd card anda sudah berubah menjadi ungu itu artinya proses pemindahan sudah berhasil. dan cara selanjutnya tinggal klik kembali memory internal anda.

Move App to Micro-SD in Marshmallow
sumber gambar: ikeni

nah setelah anda pilih aplikasi yang mau dipindahkan, lalu nanti pilih change atau ubah ke sd card (memory eksternal seperti gambar dibawah ini:

Cara memindahkan aplikasi dari internal ke micro sd (Marshmallow)
Cara memindahkan aplikasi dari internal ke micro sd (Marshmallow)

Selesai sudah, gampang kan? jika ada pertanyaan seputar tips diatas bisa koment dibawah ini.

Baca juga :

2020
03.21

Gelombang Baru Internet, Keluar dari Lingkaran Ayam-Telur

Gray Wooden Computer Cubicles Inside Room

Sekarang ini, jika telepon genggam tertinggal di rumah maka muncul rasa setengah jiwa tertinggal di rumah karena nomor telepon bergerak sudah menjadi identitas seseorang. Ditambah dengan rasa gelisah, karena merasa sulit berkomunikasi seperti kehilangan kontak dengan dunia.

Sementara untuk Internet, rasa kehilangan seperti ini belum banyak muncul di Indonesia. Hanya sebagian kecil masyarakat yang merasa gelisah jika sehari saja tidak masuk ke jagat maya.

Tetapi rasa kehilangan tersebut tiba-tiba muncul saat sambungan Internet ke luar negeri terputus karena gempa yang terjadi di Taiwan pada akhir tahun lalu.

Untuk sementara waktu, kegiatan seperti memeriksa email, menjelajah web, update blog, transaksi keuangan terhenti. Komunikasi instan yang menghubungkan dari Sabang sampai Merauke, dan dari Indonesia ke luar negeri terputus seketika.

Bagi perusahaan yang memiliki infrastruktur Internet redundant, mereka dapat sesegara mungkin menjalankan backup routingnya, sehingga gangguan ini dapat segera teratasi. Tapi masih banyak yang menderita dalam jangka waktu lebih panjang.Pada saat itu, betapa dunia terasa sepi tanpa Internet.

Baca juga :

Kolaborasi

Kejadian ini memperlihatkan bahwa sebenarnya tingkat penerimaan publik di Indonesia terhadap Internet sudah cukup nyata.

Internet telah menjalin human network, penghubung antar manusia untuk berkomunikasi dengan cara lebih cepat dan efektif, tidak sekedar menghubungkan perangkat saja. Kelebihan ini memberikan potensi bagi masing-masing individu, tanpa dibatasi ruang, waktu sekaligus tanpa melihat perangkat yang dipakai..

Publik Tanah Air ini termasuk tanggap dengan pemanfaatan Internet, terutama sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan khalayak lebih luas. Terjadi peningkatan setiap tahunnya terhadap penggunaan Unified Communications, yang menyatukan sarana komunikasi data, suara dan video, di perkantoran. Majalah BusinessWeek juga mencatat Jakarta sebagai salah satu kota di dunia dengan aktifitas blog paling aktif.

Ditambah lagi dengan peningkatan jumlah tenaga kerja, wiraswastawan dan usaha rumahan yang mengandalkan Internet untuk menjalankan bisnisnya, sehingga cukup bekerja di rumah atau di area yang dipayungi hotspot, menjaga agar produktifitas tetap berjalan.

Daftar pemanfaatan Internet semakin panjang seperti dengan berderetnya musisi yang menjajakan lagunya secara online, kreatifitas grafis dan toko virtual.

Fenomena human network yang sudah terjadi di tengah kita, dimantapkan dengan peningkatan kemampuan berkolaborasi. Kemampuan yang belum pernah terjadi sebelum munculnya Internet.

Di tingkatan individu, masalah apapun dapat dikemukakan di web dan selanjutnya semua orang di seluruh dunia dapat memberikan bantuan. Sedangkan di tingkatan korporasi, tenaga kerja, kantor-kantor, supplier, dan para pelanggan yang tersebar di berbagai lokasi dan berada di wilayah waktu berbeda, dapat tergabung di dunia virtual yang mendekatkan mereka semua untuk saling berinteraksi.

Ayam atau Telur

Di suatu titik, persaingan tarif Internet di Indonesia belum semeriah kompetisi tarif di area seluler. Acapkali terjadi diskusi panjang mengenai sebab Internet belum melaju pesat di sini. Penyedia jasa Internet harus memperhitungkan sambungan ke luar negeri, di mana pelanggan memang masih banyak mengakses situs yang lokasinya berada di luar negeri karena konten di Indonesia masih kurang banyak.

Setelah itu masih ada pertanyaan tambahan, apakah perumahan dan perseorang sudah memiliki jumlah komputer atau piranti lain yang cukup untuk menikmati keuntungan yang diberikan Internet. Dan pertanyaan lain juga timbul, seperti seberapa banyak yang sudah terbuka pikirannya mengenai manfaat Internet.

Pertanyaan yang terus muncul ini memperlihatkan bisnis Internet di Indonesia seperti menunggu jawaban atas mana yang terlebih dulu, ayam atau telur.

Jika dilihat lebih jeli, usaha-usaha pencarian dan perjuangan pemanfaatan Internet di Indonesia cukup mencengangkan. Di situs dan forum online terjadi diskusi berkelanjutan membicarakan mengenai penyedia Internet mana yang memberikan bandwidth dengan tarif yang sepadan.

Mengkaji fenomena human network di Indonesia, First Media mengambil langkah untuk menyerap pasar luas ini. Dalam beberapa hari terakhir, tawaran pilihan pita lebar tanpa pembatasan ini menjadi topik hangat dalan berbagai forum diskusi virtual. Diskusi panjang terus berlanjut karena mereka bertukar informasi dari pengalaman mendaftarkan diri sampai mengukur kecepatannya.

Sebelumnya First Media adalah perusahaan yang menyediakan layanan televisi berbayar, dan akses Internet kabel hanyalah salah satu fitur layananannya. Sekarang ini posisinya sudah berbalik. Internet kabel memegang posisi utama dan televisi berbayar adalah layanan nilai tambah.

Posisi ini menjadi menarik karena dari satu kabel yang masuk ke rumah, beragam layanan dapat disalurkan nantinya. Secara teknis, dengan bandwidth dan quality of services (QoS) Internet yang memadai, pelanggan akan dapat menikmati teleponi suara dan video sampai televisi berdefinisi tinggi.

Momentum

Inisiatif First Media diharapkan menimbulkan gairah baru Internet di Indonesia, baik dari sisi bisnis maupun pelanggan. Setelah gelembung Internet meredup di dekade silam, penyedia jasa Internet di Indonesia kembali melakukan perhitungan bisnis untuk meramaikan persaingan, pelanggan mendapatkan keuntungan dari kompetisi antar provider sekaligus semakin mendalami manfaat Internet, serta tidak ketinggalan penyedia konten memenuhi bandwidth dalam negeri yang selama ini belum mencapai kapasitas maksimumnya.

Dalam Finacial Analyst Conference 2007 yang baru-baru ini diadakan oleh Cisco, dalam pidatonya, chairman dan CEO Cisco, John Chambers mengemukakan bahwa tahapan kedua evolusi Internet akan segera meluncur. Perubahan ini didorong oleh kemampuan Internet memungkinkan kolaborasi dengan lebih banyak individu, instansi dan negara, secara lebih cepat dan terorganisasi.

Singkatnya, cara-cara baru untuk mengembangkan diri semakin terbuka. Semua pihak harus bersiap untuk berinovasi secara berkelanjutan sejalan dengan inovasi yang bisa diberikan oleh Internet.

Seperti terjadi di negara-negara lain, Internet telah membantu untuk mendorong tingkat ekonomi ke yang lebih tinggi. Ini menjadi momentum bagi Indonesia yang sayang untuk dilewatkan. First Media telah memecah telurnya.

Tulisan ini sudah dimuat di harian Kompas, 10 September 2007.

Related articles :

2020
03.20

Arti Suhu, Konduksi dan Perpindahan Kalor dalam Ilmu Fisika

Sun

Suhu benda adalah suatu besaran makroskopis yang dikaitkan dengan indera kita tentang panas atau dinginnya suatu benda. Dengan kata lain, suhu atau temperatur adalah ukuran panas atau dinginnya suatu benda. Alat ukur suhu adalah termometer. Sedangkan satuan suhu adalah derajat. Skala termometer ada 4 macam, yaitu Celcius, Fahrenheit, Reamur, dan Kelvin. Dalam SI, satuan suhu adalah Kelvin (K). Walaupun, di Indonesia skala Celcius yang lebih umum digunakan.

Apa itu kalor? Kalor adalah energi yang dipindahkan di antara sistem fisika dengan lingkungannya akibat perbedaan suhu di antara keduanya. Kalor dapat berpindah dari satu sistem fisika ke dalam lingkungannya melalui tiga macam cara, yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi.

Konduksi adalah proses perpindahan kalor melalui zat tertentu yang berfungsi sebagai penghantar, tanpa diikuti perpindahan zat tersebut. Dalam konduksi, kalor dipindahkan dari satu sistem ke sistem yang lain melalui rambatan kalor di dalam sebuah penghantar atau konduktor dari satu ujung ke ujung lain yang suhunya berbeda. Jadi, dalam proses perpindahan kalor melalui konduksi perlu adanya medium penghantar atau konduktor kalor. Konduksi dapat terjadi akibat adanya perbedaan suhu di antara ujung yang satu dengan ujung lain dari suatu konduktor. Arah hantaran kalor (konduksi) dari tempat bersuhu tinggi ke tempat bersuhu rendah.

Perpindahan kalor selanjutnya adalah konveksi. Perpindahan kalor secara konveksi terjadi akibat adanya aliran partikel-partikel medium penghantar panas. Sehingga kalor dipindahkan melalui aliran partikel-partikel medium. Sebagai contoh, panas yang dipindahkan dari dasar panci tempat memasak air ke permukaan air di atasnya dipindahkan secara konveksi. Terjadinya aliran partikel-partikel medium akibat adanya perbedaan massa jenis medium di tempat yang bersuhu tinggi dengan massa jenis medium di tempat bersuhu rendah.

Tempat yang menerima kalor volumenya akan bertambah dan menyebabkan kerapatan massa atau massa jenisnya berkurang, sedangkan di tempat yang belum menerima kalor volumenya belum bertambah, sehingga kerapatannya tetap. Akibatnya, partikel-partikel dari medium yang bermassa jenis rendah akan cendrung berpindah ke tempat yang lebih tinggi dan partikel medium yang bermassa jenis besar akan cendrung mendesak ke bawah.

Hasilnya adalah terjadinya aliran partikel-partikel medium dari tempat yang bersuhu tinggi ke tempat yang bersuhu rendah. Pada saat bersamaan, kalor dibawa (dipindahkan) dari tempat bersuhu tinggi ke tempat bersuhu rendah. Arah aliran konveksi adalah dari medium yang bermassa jenis kecil (bersuhu tinggi) ke medium yang bermassa jenis besar (bersuhu rendah).

Ada juga perpindahan kalor secara radiasi. Radiasi adalah proses perpindahan kalor tanpa melibatkan medium, meskipun radiasi juga dapat terjadi jika ada medium. Kalor yang dipancarkan ke segala arah di dalam ruang tanpa perlu adanya penghantar. Sebagai contoh, kalor yang dipancarkan sinar matahari sampai ke bumi secara radiasi di dalam ruang hampa, sampai akhirnya masuk lapisan atmosfer bumi paling luar (atas) dan terus turun sampai pada kita setelah menjalar di dalam udara.

Meskipun sinar matahari menjalar di dalam udara, tetapi sinar matahari (kalor) itu tidak merambat melalui udara. Dengan kata lain, udara tidak menghantarkan kalor dari sinar matahari ke bumi. Arah pancaran radiasi kalor adalah segala arah di dalam ruang.

Sekian tulisan tentang Suhu, Kalor, dan Perpindahan Kalor, semoga bermanfaat.

Baca juga kuy :

2020
03.18

Shibaful – Casing Handphone Dengan Desain Rumput Hijau

shibafulShibaful, Casing Handphone Dengan Desain Rumput Hijau. Memasangkan casing tambahan pada handphone memang terbilang sebuah hal yang penting hal tersebut untuk memberi perlindungan tambahan pada handphone anda salah satu casing handphone yang bisa memberi perlindungan ekstra sekaligus tampilan pada handphone anda adalah Slidelock. Casing slidelock ini terbuat dari bahan almunium khusus. Casing slidelock ini terdapat beberapa jenis desain yang mampu memberikan warna yang berbeda pada handphone atau iPhone anda. Perkembangan dunia aksesoris saat ini memang sangat maju pesat bahkan hingga saat ini produk casing yang hadir saat ini mengacu pada tampilan alam.

Dari sekian banyak produk aksesoris handphone yang ada salah satunya yang sangat memberikan warna alam adalah Shibaful. Sebuah produk casing yang dirancang khusus oleh perusahaan Ag Ltd yang mempunyai tampilan berbeda dari sekian banyak produk casing yang ada di dunia ini, tampilan dari Shibaful ini adalah tampilan dari tekstur rumput hijau. Desain rumput yang dimiliki oleh Shibaful ini mengacu pada rumput yang didasarkan pada Taman Yoyogi di Tokyo dan dua versi internasional lainnya, New York Central Park dan Hyde Park di London.

shibaful yoyogi park iphone case 31 300x166 Shibaful   Casing Handphone Dengan Desain Rumput Hijau

Casing ini dibuat dengan menggunakan system elektrostatik sehingga tekstur rumput yang dihasilkan sangat mirip dengan rumput asli.Jadi bagi anda yang ingin atau senang dengan suasana alam anda dapat memasang casing Shibaful in pada handphone anda. Bentuk casing Shibaful ini hanya menutupi bagian belakang handphone anda dan tidak menutupi keseluruhan atau bagian depan handphone anda.

Namun meskipun begitu saat anda memasangkan handphone anda dengan casing Shibaful ini maka tampilan handphone anda akan jauh lebih cantik dibandingkan dengan tanpa menggunakan casing Shibaful, Casing Handphone Dengan Desain Rumput Hijau.

Baca juga :

2020
03.04

Ber-‘Narsis’ Ria

Opened Mouth Black Haired Boy in Gray Full-zip Jacket Standing on Grass Field Taking Selfie

Penomena beberapa bulan terakhir tepatnya semenjak awal tahun 2013 banda aceh terpampang foto-foto besar disudut spanduk dan baliho. Beberapa foto masih termasuk baru muncul ke publik sementara yang lain sudah biasa terpampang, dalam setiap momen penting atau tidak penting menjadi ajang untuk ‘nebeng’ pajang foto, dimulai dari ucapan selamat untuk acara sunatan, pernikahan, ultah kota/kab, bahkan Maulid Nabi. Mereka yang suka pajang foto bukan hanya dari kalangan yang akan bersaing dipemilu tahun mendatang tapi sampai merambah ke dunia kampus hingga ke lurah-lurah bahkan ke gang-gang sempit. Apapun bentuk acara akan tampil foto baik itu foto panitia atau sosok yang berpengaruh atas acara tersebut.  Wah..wah…makin seru aja!.

Dari segi bisnis penomena ini akan menguntungkan mengingat para fotografer akan tampil memenuhi kebutuhan ke-narsisan masyarakat saat ini. Bila dilihat dari pasar saat ini cara bersaing untuk pemilu kedepan bukan hanya bersaing program tapi juga perang tampang. Terus bagaimana dengan tampang yang pas-pasan?  Itu bukan masalah, aman pokoknya karena software adobe photoshop bisa menyulap tampang biasa aja jadi luar biasa…percaya??percaya ajalah.

Yang jelas apapun keinginan konsumen pasar selalu tersedia, konsumen cukup berikan masalah dan pasar akan menjawabnya asal berkantong tebal pastinya (senyum dikit). Beberapa percetakan dan digital printing di banda aceh belakangan ini sudah mulai jaga badan menolak ‘bayar nanti’, walaupun niat tulus dan suci untuk memperjuangkan aspirasi rakyat nantinya (ketika terpilih) namun pengusaha printing sudah cukup memahami kondisi lapangan.

Oia, sebenarnya pengusaha printing juga punya alasan masuk akal menolak bayar nanti mengingat mereka membutuhkan biaya produksi mulai bahan baku, tenaga kerja, utang bank beserta bunganya dan beban lainnya yang dinilai dengan biaya,  bila piutang membengkak maka kegiatan produksi akan terhambat maka perusahaan akan mengalami kemacetan dan apabila sipengusaha mendapatkan pinjaman dari bank maka pihak bank akan menetapkan persen bunga setiap rupiahnya, jadinya sipengusaha akan rugi dan bahkan sejarah telah membuktikan beberapa percetakan terpaksa gulung tikar dan menjadi tukang bakso. Tragis kan??memang tidak menyenangkan jadi rakyat jelata…untuk itu mari bermimpi sesuai kapasitas, setiap keinginan ukur dengan kemampuan dan yakinlah semuanya akan berjalan baik-baik saja.

Kembali lagi ke dunia narsis, beberapa foto bahkan dipasang asal-asalan karena gambar diambil via telpon gengam dengan resolusi rendah. Jadinya hasil foto noise (dalam bahasa aceh “meujamok”). Untuk mengantisipasi hasil meujamok, dari sekarang setiap dari anda untuk menyiapkan segera foto dari berbagai posisi hires (resolusi tinggi maksudnya), pertama posisi badan dan pandangan menghadap kedepan, kedua posisi badan miring ke kiri pandangan tetap kedepan dan ketiga posisi badan miring ke kanan pandangan lurus kedepan. Tujuannya ketika anda dipilih sebagai panitia, juri, presiden mahasiswa, geuchik, camat, anggota dewan, atau bahkan korban anda sudah aman karena tak perlu sibuk cari foto kesana kemari karena stok selalu tersedia syalalallalala cukup duduk manis sambil menoton wakil panitia sedang panik nyari foto-foto di fb untuk dipasang di spanduk…sementara anda aman kan ???menyenangkan jadi rakyat jelata dengan segala persiapan.

Sebelum mengakhiri tulisan yang ga penting ini admin acehdesain cuma berpesan lakukan segala segala sesuatu dengan perhitungan yang tepat, ukur kelemahan dan kemampuan diri dan hasilnya jadikan pertimbangan untuk melangkah.

Baca juga :

2020
02.26

Font Terbaik untuk Project Kaos Distro

Image result for kaos distro

Font-font yang keren memang membuat kita dengan mudah memunculkan ide-ide untuk project desain kaos kita, terlebih trend sekarang adalah model typography yang sederhana, kalau dulu kaos isinya gambar dan illustrasi sekarang lebih simple kaos isinya hanya tulisan satu kata atau beberapa kata, jadi bagi kita lebih mempermudah mendesainnya. Nah berikut ini desaingratis.com akan memberikan beberapa referensi terkait font-font yang patut kamu coba.

Font ini memang juara banget sob, saya sendiri cenderung kagum dan wow…. font untuk kaos distro sebagus ini dibuat free… tapi ingat ini free for personal use ya,…. font yang sudah di download lebih dari 1,7 Juta kali ini masih menduduki peringkat atas font terbaik di dafont.com menurut saya, Nah langsung saja begini model fontnya.

Nah, bagaimana keren kan. Dengan font diatas saya jamin desain kaos kamu akan langsung wusss…. keren banget sob, tapi ingat ya untuk fersi full dan comercial silakan beli fontnya, hargai juga yang buat font 😀 ok.

Bagi yang mau download versi personal use Klik Disini

Sampai bersambung ke font-font terbaik lainnya ya!

Baca juga :

2020
02.24

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Image result for universitas tanjungpura

Bersama Untan Membangun Negeri”. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk membangun sebuah negeri. Satu diantaranya adalah melalui Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada pada negeri tersebut.

Untuk menumbuhkembangkan sumber daya manusia juga ada banyak caranya, salah satunya adalah melalui pendidikan tinggi di perguruan tinggi. Mendengar kata perguruan tinggi, menurut saya ini bukanlah kata yang asing bagi kita semua.

Menurut UU RI Nomor 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi:

  • Pada Pasal 1 ayat 1 berbunyi “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”.
  • Pada Pasal 1 ayat 2, bunyinya “Pendidikan Tinggi adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program diploma, program sarjana, program magister, program doktor, dan program profesi, serta program spesialis, yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia”.
  • Sedangkan pada Pasal 1 ayat 6, berbunyi “Perguruan Tinggi adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan Pendidikan Tinggi”.

Jadi, kurang lebih begitu maksud/tujuan dari pendidikan, pendidikan tinggi dan perguruan tinggi. Selanjutnya saya akan membahas tentang bagaimana sih peran Universitas Tanjungpura dalam membangun negeri.

UniversitasTanjungpuraUntan adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Kalimantan Barat. Bertempat di Kota Pontianak, menjadikan Untan sebagai perguruan tinggi yang strategis dan terjangkau oleh pemuda-pemudi daerah yang akan melanjutkan pendidikan dan pembangunan negerinya, khsususnya didaerahnya sendiri. Menurut rilisan di website resmi Untan, dari sejak berdirinya hingga sekarang ada visi dan misi yang ingin dicapai oleh Untan. Adapun Visi Untan adalah pada tahun 2020 Untan menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu berkompetisi baik di tingkat daerah, nasional, regional, maupun internasional.

Sedangkan untuk misinya adalah menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara bermutu sehingga dapat menghasilkan luaran yang mampu mengikuti, mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mampu memberikan arah bagi pengembangan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing.

Baca juga :

Visi dan misi tersebut diwujudkan dengan berbagai cara, satu diantaranya adalah melalui konsentrasi pada bidang ilmu. Berbagai konsentrasi program studi telah dibuka oleh Untan. Mulai dari konsentrasi ditingkat diplomasarjanapasca sarjana hingga tingkat doktoral dan keprofesian. Konsentrasi ini akan menjadi fokus setiap lulusannya untuk menjadi agen-agen dan kontributor pembangunan negeri. (Note: Silahkan klik saja tingkat konsentrasinya, kamu akan diarahkan menuju konsentrasi-konsentrasi yang ada di Untan pada website resminya).

Tidak hanya menunjang pembelajaran di kelas saja, Untan juga menyediakan pembelajaran yang ilmunya disampaikan dan diperoleh di luar kelas. Pembelajaran tersebut bisa kita peroleh pada organisasi-organisasi kemahasiswaannya, mulai dari tingkat himpunan, fakultas, hingga universitas. Setiap jurusan mempunyai himpunannya masing-masing. Setiap fakultas juga demikian, ada badan ekskutif dan dewan perwakilan mahasiswanya yang menaungi himpunan dan unit kegiatan yang ada di fakultas tersebut.

Adapun unit-unit kegiatan mahasiswanya adalah unit kerohanian, minat dan bakat dan keilmuwan, sama juga dengan di tingkat universitas. Misalnya, sekarang saya adalah pengurus di Himpunan Mahasiswa Sistem Komputer, mendapat amanah sebagai Kepala Divisi Kaderisasi tentu menjadi pembelajaran dan kesempatan bagi saya untuk meningkatkan kualitas diri saya khususnya pada karakter dan jiwa kepemimpinan saya. Selain itu ditingkat fakultas, saya juga aktif di Ikatan Mahasiswa Katolik Fmipa Untan (ukm kerohanian) namun tidak lagi menjadi pengurusnya, di sini saya mendapat kesempatan untuk menimba dan menumbuhkan kerohanian saya bersama saudara-saudara yang seiman dengan saya.

Untuk tingkat universitas, saya bergabung di Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Penelitian Lingkar Ilmiah Studi Mahasiswa (UKM PP Lisma), di ukm ini saya berkesempatan menimba ilmu yang berkaitan dengan kepenulisan dan penelitian. Puji Tuhan, sekarang saya juga mendapat amanah menjadi wakil ketua umum di ukm ini. Selain belajar keilmuwan dan keilmiahannya, saya juga berlajar untuk menjadi pemimpin.

Selain menjunjung tinggi pendidikan, Universitas Tanjungpura juga menjunjung karakter dan kerohanian mahasiswa/i. Saat semester pertama, mahasiswa baru diarahkan dan diwajibkan untuk mengikuti program Pendidikan Karakter dengan bobot mata kuliahnya sebesar 1 sks dari mata kuliah pendidikan agama. Program ini berlangsung selama satu semester sesuai dengan muatan masing-masing agama yang bersangkutan. Tentu pendidikan adalah modalnya, namun menurut saya juga perlu bumbunya.

Mengacu pada beberapa poin di atas, dapat disimpulkan bahwa berikut ini adalah modal yang dapat Untan andalkan untuk membangun negeri:

  • Selalu berdoa dan memohon berkat pada Tuhan agar Untan bisa menjadi universitas yang bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat Indonesia, terkhususnya masyarakat di daerah Kalimantan Barat. Tuhan tahu dan mengerti maksud dan tujuan kita jika itu adalah demi kebaikan bersama.
  • Visi dan Misinya, bekerja dan terus berjalan sesuai visi dan misi tentu ini adalah langkah kedua Untan untuk membangun negeri. Visi dan Misi tersebut sudah pasti menjadi pemandu dan jalan Untan untuk muwujudkan cita-citanya dalam membangun negeri, ini patut kita apresiasi dan dukung bersama-sama.
  • Modal berikutnya adalah konsentrasi bidang ilmu pendidikannya. Masing-masing konsentrasi ini juga sudah pasti mempunyai tujuan khsususnya tersendiri dan sudah pasti akan lahir lulusan-lulusan yang siap untuk membantu permasalahan dan menyumbang ide, pemikiran, dan ilmunya untuk membangun negerinya dalam berbagai aspek kehidupan, sesuai dengan bidang konsentrasi ilmunya masing-masing.
  • Kualitas sumber daya mahasiswa dan dosennya, dengan mengaplikasikan sumber daya manusia yang berkualitas tentu ini adalah modal penting untuk menyutik pembangunan di negeri kita. Kualitas sumber daya mahasiswa bisa diperoleh melalui pendidikannya saat belajar didalam kelas, pelatihan atau workshop di kegiatan keorganisasiannya. Unit-unit kegiatan mahasiswa mempunyai peranan penting dalam hal pembentukan sumberdaya ini. Sedangkan pada sumber daya dosennya, bisa diperoleh melalui kualitas kependidikan dan hasil-hasil risetnya. Kedua kualitas sumber daya manusia ini haruslah seimbang.
  • Modal terakhir adalah karakter lulusan. Karakter ini sendiri bisa diperoleh melalui Program Pendidikan Karakter Untan dan pengkaderan ataupun proses kaderisasi dalam internal organisasi/ ukm yang ada di Untan. Dewasa ini kebanyakan dari kita lebih melihat karakter dari pada kualitasnnya, maka dari itu karakter adalah modal yang wajib dan jangan sampai dilupakan oleh kita semua untuk bersama-sama mewujudkan Untan yang sesuai dengan visi dan misinya serta harapannya dalam membangun negeri.

Jadi, begitulah kurang lebihnya cara dan modal Universitas kebanggan saya membangun negeri. Semoga bermanfaat ya tulisan ini hhe….

Baca :

2020
02.19

I’m a Blogwalker!

Photo of Man Wearing Hoodie

Blogwalking. Dari kata Blog dan Walk. Blog adalah website pribadi dan walk artinya berjalan. Jadi disini saya mengartikan blogwalking sebagai :

aktifitas berjalan-jalan santai dari satu blog ke blog lain. Entah itu untuk membaca postingan terbaru ataupun untuk sekedar menyapa ramah.

Banyak para blogger yang melakukan blogwalking untuk memperoleh kenalan sesama blogger, membaca postingan yang menarik ataupun hanya sekedar lewat. Disini saya masih menggunakan istilah “blogwalking”. Apa maksud masih menggunakan istilah blogwalking ? baca selanjutnya.

Blogwalking. Buat saya istilah ini kurang cocok digunakan buat para blogger yang berkunjung ke blog lain hanya untuk sekedar mengisi buku tamu tanpa membaca postingan atau hanya berkomentar asal dengna melihat judul postingan saja. Okeh, gini penjelasannya. Seperti disebut diatas. Blogwalking dapat diartikan berjalan-jalan dari blog satu ke blog yang lainnya. Dalam dunia nyata sendiri, ketika kita berjalan-jalan apa yang kita lakukan ?. Yups, kita pastinya ingin bersantai kan ?.

Misalnya kita berjalan-jalan di taman maka kita pasti ingin menikmati suasana taman atau mengobrol dengan santai sambil berjalan-jalan. Kalo hanya sekedar mengisi buku tamu lalu pergi tanpa membaca postingan si empunya blog apa bisa dinamakan menikmati ?. Mungkin lebih pantas disebut Blogrunning. Yups, berlari-lari dari satu blog ke blog lain. Tujuan utamanya adalah untuk cepat-cepat mengenalkan blog si blogrunner (sebutan untuk pelaku blogrunning :hehehe: ). Apakah dilarang ?. Tentu saja tidak. Tapi tentunya akan sangat baik bila kita sempatkan sedikit untuk membaca isi dari blog tersebut, karena hal itulah yang seharusnya menjadi inti dari blogwalking.

Jadi, apakah anda blogwalker atau blogrunner ? itu terserah anda. Tapi mulai dari sekarang saya memutuskan menjadi blogwalker. Walaupun hal itu akan membutuhkan waktu untuk membaca postingan-postingan para blogger. Yups, bila kita ingin dihormati maka kita harus terlebih dahulu menghormati bukan ?. Dimulai dari diri sendiri. Katakan ‘ I’m a Blogwalker ’.

Baca juga :