Perangkat Keras Komputer

Perangkat keras komputer adalah bagian fisik dari semua komputer yang memiliki tugas dan fungsi masing masing. Apa saja bagian bagian fisik tersebut, hardware yang pertama adalah hardisk, hardisk berguna untuk menyimpan sebuah file seperti film, musik, dokumen , maupun file ber ekstensi lainnya.  Hardware dapat di akses pengguna melalui sebuah program atau aplikasi yang biasa disebut dengan firmware. firmware sendiri adalah sebutan untuk software yang dipasang kedalam hardware.

Adapun jenis jenis hardware komputer yang mungkin anda belum ketahui di antaranya adalah

 Jenis Jenis Hardware Komputer

 

Input Device

Input Device berfungsi untuk memasukan data dari luar ke dalam. Proses ini di lakukan oleh sebuah processor di antarkan melalui bit bit pada ram. Input Device meliputi mouse,joystick,dvd, dan juga keyboard.

 

Processing Device

Selain itu ada juga processing device, unit ini bertugas untuk memproses data di dalam komputer yang kemudian data tersebut diberikan outputnya melalui output device. Processing Device meliputi motherboard, power supply, , ram, vga dan juga processor.

 

Storage Device

Storage Device bertanggung jawab sebagai penyimpan data selama pemrosesan berlangsung. tanpa ada strotage device komputer tidak bisa di berjalan secara sempurna. karena sebuah komputer memerlukan booting melalui sistem operasi yang penyimpanannya di sebut sebagai strotage device.

 

Input Devices meliputi

1.Keyboard digunakan banyak pengguna komputer sebagai alat untuk mengetik. perangkat keras komputer ini per ketiknya mampu membaca dalam kurun waktu per sekian detik. Seperti yang anda perhatikan saat anda mengetik sebuah document pada software microsoft office saat anda mengetik huruf atau angka yang anda ketik pada keyboard secara instan muncul.

2.Mouse berguna sebagai pengarah/petunjuk. Mouse sangat mempermudah dalam penggunaan komputer. mouse juga memiliki versi dalam bentuk lain yaitu trackpad yang bisa anda temukan pada laptop.

3.Joystick banyak di gunakan oleh pengguna komputer sebagai alat untuk bermain game. joystick juga bisa dibilang sebagai perangkat optional yang di gunakan untuk bermain permainan/game.

 

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai perangkat keras komputer, asyikin telah merangkumnya secara keseluruhan.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image

*