Cara Membuat CV Agar Dilirik Oleh HRD

CV menjadi salah satu persyaratan untuk melamar di perusahaan. Dengan membuat CV yang meyakinkan, maka kesempatan untuk lolos ke tahap selanjutnya menjadi lebih besar. CV sebagai hal pertama yang akan menceritakan diri anda sekaligus kemampuan yang ana miliki, sudah sepatutnya dibuat dengan sebaik mungkin. Kalau anda masih belum tahu bagaimana caranya untuk membuat CV yang baik, anda bisa membaca banyak contoh CV menarik yang ada di internet.  Nah, kali ini kami juga akan memberikan point-point penting yang perlu anda perhatikan ketika membuat CV:

  1. Cari tahu tentang pekerjaan yang anda incar

Sebelum anda membuat CV, terlebih dahulu anda perlu mencari tahu seperti apa kriterai pekerja yang diinginkan oleh perusahan impian anda. Ketika anda telah tahu hal tersebut, anda pun bisa menimbang-nimbang kemampuan anda apakah sesuai dengan yang dicari oleh perusahan. Kemudian barulah anda membuat CV lengkap dengan informasi skill yang anda miliki yang memang sesuai kebutuhan perusahaan. Dengan begitu, anda akan lebih mudh untuk lolos ke tahap selanjutnya.

  1. Tulis identitas diri dan informasi tentang diri anda

Ketika membuat CV, berikan informasi tentang diri anda secara lugas dan formal. Tuliskan mengenai identitas diri, riwayat pendidikan, kemampuan anda, pengalaman kerja, dan lainnya.

  1. Desain CV anda dengan menarik

Ada banyak template CV yang menarik di internet yang bisa menjadi referensi anda jangan lupa untuk menghadirkan CV yang elegant dengan simbo-simbol yang praktis dan memudahkan orang lain utuk memahaminya. Buat desain yang sederhana tapi menarik ya.

  1. Atur penempatan foto

Penempatan foto yang di CV juga perlu diatur posisinya. Teruhlah foto anda pada bagian atas halaman CV di lembar pertama. Gunakan foto formal yang menarik dengan memakai baju yang rapi. Ingat, bahwa CV adalah kesempatan pertama untuk menunjukkan diri anda.

  1. Kombinasin tulisan dengan simbol

CV anda tidak hanya harus berisi kata-kata, tapi sisipkan pula simbol atau pun pengaturan huruf degan menggunakan bold, italyc, atau pun underline. Dengan demikian anda telah memberi warna baru pada CV anda. Pihak HRD akan lebih fokus dalam membaca CV anda.

  1. Baca ulang CV anda

Jangan lupa ya untuk membaca dan meneliti ulang CV yang sudah anda buat. Sebelum anda mengrimkannya ke meja HRD, membaca kembali CV anda, akan memberikan anda kesempatan untuk memperbaiki kata-kata yang kurang tepat, salah ejaan, typo atau salah ketik dan lain-lain. Dengan membaca ulang CV anda juga bisa menamahkan hal –hal yang masih kurang dari CV anda.

Demikianlah poin penting cara membuat CV. Jangan lupa untuk sering membaca dan mepelajari contoh CV menarik sehingga anda bisa menerapkan hal tersebut di saat membuat CV anda. Selamat mencoba.