Home » Uncategorized » Taman Tugu kota Malang…..

Taman Tugu kota Malang…..

31 October 2010

Taman Tugu yang terletak di jantung kota ini sekaligus menjadi identitas Kota Malang. Sejak diresmikan Presiden Soekarno pada 20 Mei 1953, taman yang juga terkenal dengan sebutan Alun Alun Bunder itu memang sudah menebar keindahan. Begitu ada penilaian Adipura untuk katagori taman kota,  Taman Tugu langsung menyabet predikat itu. Kini  predikat yang sama sudah diraih dua tahun berturut-turut.  Taman Tugu memiliki luas 11.923 meter persegi. Agar keindahannya tetap terjaga, 12 orang anggota pasukan hijau dari total 158 anggota pasukan hijau ditugaskan khusus di taman itu.

Design Taman Tugu

Taman Tugu sering dikatakan alun-alun bunder karena taman tugu ini berbentuk bulat. Taman tugu ini dikelilingi oleh jalan raya, dimana terdapat 5 akses jalan masuk untuk menuju ke taman tugu ini. di tengah alun-alun tersebut terdapat kolam dan air mancur y ang sangat indah. dimana dalam kolam tersebut terdapat bunga teratai berwarna merah dan putih.

Bentuk monumen Tugu memiliki arti tersendiri, yakni pada puncak Monumen Tugu yang berbentuk bambu tajam berarti bahwa senjata inilah yang pertama kali digunakan bangsa Indonesia untuk melawan tentara Belanda untuk merebut kemerdekaan. Rantai yang mengambarkan kesatuan rakyat Indonesia yang sangat menyatu dan tidak dapat dipisahkan. Tangga yang berbentuk 4 dan 5 sudut, Bintang yang mempunyai 8 tingkat dan 17 pondasi, jadi melambangkan tanggal bersejarah Indonesia yaitu 8 Agustus 1945. Bunga Teratai disekitar monumen yang berwarna putih dan merah melambangkan keberanian dan kesucian sesuai bendera Indonesia tercinta.

Lingkungan Sekitar

Icon unggulan Kota Malang merupakan monumen tugu yang berdiri tegak diletak yang strategis. Kemegahannya terpancar di tengah-tengah icon- icon penting. Letak taman tugu ini tepatnya berada di depan balai kota yang merupakan icon pemerintahan, hotel splendid, SMAN 4 dan SMAN 1 Malang yang merupakan sekolah-sekolah unggulan kota malang dan rumah tinggal panglima militer.

balai kota malang

SMA 1 Malang

Aktivitas Pengunjung

aktivitas manusia sering dijumpai di taman Tugu ini baik di pagi maupun malam hari. Pada waktu pagi hari ini selalu ada pasukan hijau yang membersihkan taman tugu. jadi taman Tugu tetap slalu bersih….. 😀

yang bersih yach pakkkkkk...:P

dan pada siang hari ini jumlah pengunjung yang datang hanya sedikit.  pada saat saya di taman tugu tersebut pengunjung-pengunjung disana hanya berfoto-foto ( termasuk juga saya…hehehehe )

foto’in aq juga mister……heheehehe 😛

jalan-jalan ahhhh..........

narziz dikit ahhhh.....hehehehe 😛

cewk2 maniz numpang lewattt,,,,hihihihihi 😛

sedangkan untuk malam hari, taman tugu terlihat sangat indah sekali. lampu-lampu yang berwarna-warni menghiasai taman ini.

taman Tugu waktu malam hari,,,, bgus yach,,,,:)

aktivitas manusia di malam hari justru lebih banyak daripada pada waktu pagi hari dan siang hari. pada saat mengunjugi taman tugu pada malam hari, saya melihat beberapa aktivitas yang dilakukan pengunjung yaitu kumpul-kumpul bersama keluarga, pacaran dan kumpul bersama teman-teman

nongkrong bareng keluarga emang asyik y oommm..... 😛

aduuhhh,,, mesranya..... hihihihihi

asyiknya rame-rame..... 😀

foto sama bunga yang cantik,, biar ketularan cantik,,, hehehehehe 😛

inilah sedikit pemaparan Taman Tugu kota Malang dari saya….. semoga informasi yang saya beri dapat bermanfaat bagi kita semua,,,,,, 😀

Uncategorized