Seperti kita ketahui, terdapat berbagai macam jenis usaha, salah satunya adalah usaha kecil menengah. Tapi, seringkali usaha kecil menengah ini kurang memperhatikan strategi marketing bagi usaha mereka sehingga seringkali mengancam eksistensi mereka di dunia usaha. Apalagi, mereka juga tidak dibekali pengetahuan yang cukup mengenai bagaimana merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan dan mengendalikan usaha mereka sehingga mereka seringkali kalah , tergeser d an bahkan termakan oleh usaha besar yang sudah jauh diatas mereka.

Permasalahan mendasar yang sering dihadapi pemilik Usaha Kecil adalah lemahnya penetrasi pasar dan kurang luasnya jangkauan wilayah pemasaran. Karena itu untuk memajukan usaha kecil yang memiliki daya saing yang kuat adalah dengan membangun strategi pemasaran yang baik dan tepat sasaran. Pemasaran merupakan upaya mengatur strategi dan cara agar konsumen mau mengeluarkan uang yang mereka miliki untuk menggunakan produk atau jasa yang dimiliki sebuah perusahaan, dalam hal ini usaha kecil dan menengah. Dengan strategi pemasaran yang baik posisi usaha kecil dan menengah menjadi kuat dan patut diperhitungkan dalam kegiatan ekonomi nasional yang akhirnya membawa keuntungan bagi usaha tersebut.Tentunya hal ini merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan oleh semua pengusaha kecil menengah dalam menjalankan bisnisnya agar usaha mereka tak jalan ditempat maupun bangkrut.

Dan sudah saatnya kini para pelaku usaha kecil menengah memahami bagaimana pentingnya strategi pemasaran untuk memasarkan produk maupun usaha mereka. Dan mereka dalam memulai usaha ada baiknya merencanakan bagaimana system produksi, pemasaran, dan keuangan mereka. fungsi pemasaran yang kuat membuat kontribusi yang signifikan terhadap kinerja bisnis. ketika kekuatan pemasaran adalah rendah, mungkin ada konsekuensi kinerja negatif. Dalam sebuah wawancara dengan Businessweek, Phillip Kotler berpendapat bahwa jika pemasaran tidak dapat berkontribusi pada kinerja keuangan membaik, itu adalah wajar bahwa anggaran themarketing dipotong (Goldsmith, 2009).

fungsi pemasaran yang kuat dapat berkontribusi pada bottom line. Dua tipologi yang dominan telah muncul di Miles strategi literatur dan (1978) Snow tipologi [Prospector, Defender, Analyzer, dan Reaktor] dan Porter (1980) tipologi [Biaya kepemimpinan, Diferensiasi, dan Focus]. Sementara kedua tipologi telah digunakan secara luas dan ditemukan untuk menjadi kuat (lih. Kotha & Vadlamani, 1995; Segev, 1989; Slater & Olson, 2000, 2001), (1980) tipologi Porter telah menemukan penerimaan yang lebih besar dalam literatur pemasaran karena menangkap bagaimana perusahaan menciptakan nilai-yaitu, diferensiasi atau biaya rendah dan bagaimana perusahaan mendefinisikan lingkup cakupan pasar-yaitu, fokus atau pasar-lebar (Slater & Olson, 2001). Namun, Slater dan Olson (2001) menyatakan bahwa sedikit kerja telah dilakukan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang komprehensif tipologi (dengan pengecualian dari Murphy & Enis, 1986). Slater dan Olson (2001) pergi untuk mengembangkan taksonomi dari strategi pemasaran pemasar-agresif, pemasar massa, minimizers pemasaran, dan pemasar nilai. Para pemasar yang agresif menyerupai (1986) pemasar produk khusus Murphy dan Enis itu. Mereka memasarkan kualitas tinggi, produk-produk inovatif dengan harga tinggi, dan mengadopsi strategi distribusi selektif. Sebaliknya, pemasar massal menawarkan berbagai produk yang luas, menggunakan distribusi intensif, dan biaya harga rendah. Minimizers Pemasaran menempatkan penekanan terendah pada pemasaran, sedangkan nilai harga lebih rendah tetapi pemasar menawarkan layanan pelanggan yang tinggi.

Slater dan Olson (2001) menemukan keselarasan signifikan antara tipologi strategi pemasaran dan strategi bisnis tipologi Mintzberg (1988), Miles dan Snow (1978), dan Porter (1980). Apakah masalah organisasi dalam bisnis-ke-businessmarketing kembali ke puncak agenda Setelah dua dekade membahas perspektif baru, orientasi baru, logikabaru, dan paradigma baru dalam pemasaran, bukan waktu untuk berpikir tentang pelaksanaan mereka;? Atau di setidaknya tentang terjemahan dari newideas ke dalam perangkat organisasi. Konsep-konsep seperti ”orientasi pelanggan”, ”hubungan pemasaran”, ”layanan logika dominan”, ”produk untuk solusi evolusi”, atau “manajemen rantai pasokan” telah dikembangkan, dibahas, dan mengkritik. Tapi apa yang merekamaksud dengan konfigurasi perusahaan ’? Kami berpendapat bahwa para sarjana di bidang pemasaran bisnis telah lama terkonsentrasi penelitian mereka di dalam upaya-outproses. Mereka telah memberikan prioritas untuk pertanyaan interorganisasional. Tapitidak pemasaran bisnis juga soal wanita dan pria, praktik mereka, kegiatanmenghubungkan mereka, dan struktur menyediakan orientasi-seperti departemen, fungsidan posisi? Bukan juga soal organisasi? Kami percaya bahwa jawabannya adalah ya.Dan sebagai akibatnya, isu-isu intraorganizational seharusnya tidak dan tidak dapat dipisahkan dari yang interorganisasional.

Perusahaan berteknologi tinggi menghadapi tantangan yang berkelanjutan kompetisi dengan mengadaptasi organisasi dan filosofis ke pasar. Hal ini jelas bahwa upaya pemasaran dari perusahaan berteknologi tinggi adalah sebagai penting, jika tidak lebih penting, daripada ketergantungan pada negara-of-the-art teknologi. Produk gambar (reputasi) telah tumbuh dalam pentingnya sejak studi tahun 1985. Berteknologi tinggi eksekutif pemasaran lebih menekankan pada kegiatan pemasaran yang menciptakan citra merek terkenal. Penjualan dan manajemen penjualan dan organisasi jasa yang kuat terus memainkan peran utama dalam pertempuran kompetitif. Dengan perkembangan internet, berbasis web telah tumbuh kegiatan penting. Beberapa perusahaan telah menunjukkan bahwa sebanyak 40% dari pembelian dan penjualan dilakukan di Web.Berbasis web pendekatan pemasaran telah membawa pembeli dan penjual lebih dekat bersama-sama, memungkinkan pengetahuan teknis untuk menjadi mana-mana. Selain itu, lebih banyak perusahaan melihat kreativitas dalam pesan iklan sebagai cara untuk membedakan perusahaan mereka dari pesaing. Tampaknya ada pengakuan bahwa, bahkan dalam bidang yang sangat teknis, presentasi pesan cenderung untuk memisahkan perusahaan dari kompetisi. Selain itu, daya saing harga telah muncul sebagai lebih penting dalam survei 2001 untuk setidaknya besar perusahaan berteknologi tinggi. Senjata-senjata promosi utama yang digunakan oleh pemasar berteknologi tinggi tampaknya penjualan dan manajemen penjualan, iklan di majalah perdagangan, pameran dagang, iklan berbasis Web, seminar teknis / presentasi, dan penggunaan materi-materi promosi penjualan termasuk periklanan direct mail.Tampaknya teknologi tinggi perusahaan pemasaran terus mengembangkan program pemasaran yang efektif dan untuk mengeksplorasi berbagai rencana alternatif pemasaran. Upaya pemasaran telah mendapatkan momentum selama dua dekade terakhir abad ke-20. Milenium baru harus dimulai penyelidikan yang lebih serius dari alat pemasaran yang paling efektif dan campuran promosi untuk membantu perusahaan berteknologi tinggi dalam mewujudkan tujuan mereka. Diharapkan bahwa penelitian ini menyediakan beberapa petunjuk untuk praktisi dan membuka jalan untuk penyelidikan lebih lanjut untuk mencapai keseimbangan yang paling efektif antara diferensiasi teknologi dan cerdas pemasaran.
Izin pemasaran menunjukkan sebuah evolusi pemasaran langsung, khususnya digunakan dengan e-mail. Ini menggabungkan database pelanggan yang setuju untuk menerima pesan-pesan pemasaran dengan e-mail biaya rendah, disesuaikan yang berusaha untuk mengiris melalui kekacauan iklan, menarik dukungan pelanggan meningkat, dan perubahan perilaku. Ini penelitian terapan diperiksa menerapkan pemasaran ijin, literatur yang relevan, dan izin pemasaran ‘s bunga mempengaruhi efektivitas konsumen dan perilaku. Sebuah studi kasus menguji proposisi yang dihasilkan dari tinjauan literatur dan tanggapan dievaluasi untuk kampanye pemasaran izin yang digunakan media tradisional dan baru.

Dan hal tersebut diatas tentunya sudah membuka mata kita bahwa hal ini sangatlah penting strategi pemasaran bagi para pelaku usaha kecil menengah agar usaha mereka tetap survive. Pada akhirnya, aktifitas promosi apapun dalam perusahaan tidak bisa berjalan efektif jika secara internal tidak memperhatikan faktor kualitas sebuah perusahaan. Dengan kualitas produk yang baik, ditambahkan komunikasi yang mengena, maka aktifitas perusahaan bisa berjalan dengan baik.

 

 

Sumber :

http://www.sciencedirect.com/science?_ob=MiamiImageURL&_cid=271714&_user=10998278&_pii=S0019850111001623&_check=y&_origin=search&_zone=rslt_list_item&_coverDate=2011-11-20&wchp=dGLzVlB-zSkzS&md5=11db62351b3482a5137badccd1195223/1-s2.0-S0019850111001623-main.pdf

http://www.sciencedirect.com/science?_ob=MiamiImageURL&_cid=271714&_user=10998278&_pii=S0019850111001490&_check=y&_origin=search&_zone=rslt_list_item&_coverDate=2011-10-24&wchp=dGLbVlS-zSkzV&md5=b6f7040013cec69a1f9b95a90d70cab4/1-s2.0-S0019850111001490-main.pdf

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0019850104001129

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0167811600000227

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0019850106000502

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1094996810000216

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1441358202701468

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1441358211000449

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0892059196700915

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/0167811688900407

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0019850101001596

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1094996897707564

http://www.sciencedirect.com/science?_ob=MiamiImageURL&_cid=271714&_user=10998278&_pii=S0019850101001857&_check=y&_origin=search&_zone=rslt_list_item&_coverDate=2002-02-28&wchp=dGLzVlt-zSkzk&md5=2e38ed508d609ffe56d93f2db95102da/1-s2.0-S0019850101001857-main.pdf

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/001985019190024A

http://galeriukm.web.id/artikel-usaha/membangun-strategi-pemasaran-usaha-kecil