Analisis Segmentasi Pasar dalam Produk NU Green Tea

Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar merupakan proses membagi-bagi pasar kedalam kelompok-kelompok pasar, dimana dalam satu kelompok memiliki kebutuhan yagn relatif sama. Sehingga disini proses pembagian pasar ini atas dasar kesamaan kebutuhan.
Gunanya, agar perusahaan mampu mendesign marketing mix  yang ‘pas’ sesuai dengan kebutuhan individu yang ada dalam segmen yang dipilih. Segmen pasar berisi individu, kelompok, atau organisasi yang memiliki satu atau lebih kesamaan karakter– yang berarti memiliki tingkat kesamaan kebutuhan. Contoh salah satu analisis segmentasi pasar dari iklan salah satu produk minuman NU Green Tea.

Segmentasi Demografis

Membagi konsumen dalam criteria usia, jenis kelamin, pola migrasi,  tingkat kematian/hidup,  etnik, pendapatan, pendidikan, pekerjaan, family life cycle, family size, agama dan kelas social.

NU Green tea memiliki segmentasi pasar pada masyarakat umum pada segala usia dan pendapatan, Karena produk ini memiliki harga yang dapat di jangkau semua kalangan kelas social yang ada.Produk ini dapat dikonsumsi wanita maupun pria.

Segmentasi Geografis

Dalam segmentasi geografi, pasar di bagi bedasarkan iklim, sumber daya alam, kepadatan penduduk , tingkat pertumbuhan berbeda untuk tiap daerah.

Minuman olahan seperti NU Green tea ini sangat cocok untuk dinikmati saat cuaca sangat panas dan terik. Sehingga rasa haus yang timbul akan hilang seketika. Dibutikan di dalam iklan ini bahwa seorang wanita merasa haus berkepanjangan, dan merasa segar kembali setelah mengkonsumsi NU green tea ini.

Segmentasi Psikografis

Segmentasi Psikografis ini membagi pasar atas kepribadian, karakter, motifd, gaya hidup.

NU green tea memiliki target pasar untuk kelas ekonomi menengah dengan harga yang relative terjangkau serta tersedia di berbagai tempat. Perbandingan harga, serta kemasan dengan produk pesaing tidak jauh berbeda, namun produk NU green tea Ini selalu memberikan inovasi rasa yang membuat pelanggannya tetap memilih NU Green tea sebagai salah satu minuman teh kemasan yang digemari karena enak dan praktis.

Referensi :

http://www.makeallhappen.com/marketing/segmentasi-pasar-memahami-kebutuhan-pelanggan.html

http://apngaza.8m.com/marketing/Bab4-segmentasi-pasar.htm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>