Adenia's Blog | Blog mahasiswa Universitas Brawijaya

Ratusan Ribu Karyawan Diawasi Kecerdasan Buatan

Ilustrasi. Foto: thinkstockIlustrasi. Foto: thinkstock

 

 

London – Sejumlah perusahaan di Inggris saat ini sudah menggunakan artificial inteligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk mengawasi karyawan mereka.

AI digunakan untuk meneliti perilaku staf dari menit ke menit, dengan mengumpulkan data tentang siapa yang mengirim email kepada mereka siapa yang mengakses dan mengedit file dan siapa bertemu dengan siapa serta kapan waktunya.
Setidaknya ada 130 ribu orang di Inggris saat ini dimonitor perilakunya secara real time oleh Isaak System, yang memeringkat atribut karyawan di perusahaan.

Dirancang oleh perusahaan teknologi berbasis di London bernama Status Today, hal ini menjadi contoh terbaru tren menggunakan algoritma untuk mengelola sumber daya manusia.

Namun seperti dikutip dari Telegraph, Senin (8/4/2019), penggunaan teknologi ini menuai kritikan sebagian kalangan karena dianggap berpotensi menimbulkan ketidakpercayaan terhadap perusahaan dan meningkatkan stres pada para pekerja.

Sistem ini memperlihatkan kepada para bos perusahaan, seberapa kolaboratif para pekerja dan mengetahui apakah staf tersebut ‘influencer’ atau ‘pembuat perubahan’.

Teknologi Status Today dapat membandingkan data aktivitas dengan penilaian kualitatif pekerja dari file personal atau angka kinerja penjualan untuk memberikan gambaran pada level manajer tentang bagaimana perilaku staf mempengaruhi hasil pekerjaan.

Sumber : https://inet.detik.com/cyberlife/d-4501213/ratusan-ribu-karyawan-diawasi-kecerdasan-buatan

Theme Design by devolux.nh2.me