Adenia's Blog | Blog mahasiswa Universitas Brawijaya

Pendidik Akuntansi Harus Akomodatif dan Antisipatif 

Foto suaramerdeka.com/Puthut Ami Luhur
Foto suaramerdeka.com/Puthut Ami Luhur

SEMARANG, suaramerdeka.com – Menghadapi Revolusi Industri 4.0 tenaga pendidik akuntansi harus lebih akomodatif dan antisipatif dengan perubahan yang ada. Jika masih hanya mengajarkan yang bisa dilakukan oleh teknologi, yaitu yang bersifat rutin dan repetitif maka lulusan akuntasi tidak akan bisa bersaing dengan kemajuan teknologi karena saat ini sudah banyak pekerjaan yang dulunya dilakukan seorang akuntan diambil alih oleh sebuah aplikasi.

Dosen Akuntansi Universitas Gajah Mada Dr Syaiful Ali mengatakan, saat ini sudah banyak pekerjaan yang dulunya dilakukan seorang akuntan diambil alih oleh sebuah aplikasi berbasis teknologi informasi. Pembukuan, laporan keuangan, semuanya sudah ada aplikasi yang bisa mengerjakannya maka sebagai pendidik akuntansi harus bisa menyiapkan anak didik yang bisa menghadapi tantangan perubahan jaman.

“Sebagai tenaga pendidik, apakah sudah siap menyiapkan anak didik yang future ready karena dalam tiga sampai empat tahun mendatang ketika mahasiswa lulus, dunia ini sudah sangat berubah. Di sini lah peran strategis pendidikan akuntansi di mana semua harus diperbaiki sehingga lulusan akuntansi masih relevan dengan dunia bisnis,” kata Syaiful Ali pada Seminar Nasional “Dampak Revolusi Industri 4.0 pada Peran Pendidikan Akuntansi” dan Launching Forum Dosen Akuntansi Wilayah Jateng di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang, Selasa (26/3).

Ramalan orang profesi akuntansi akan hilang pada beberapa tahun ke depan dan digantikan dengan teknologi, menurutnya tidak akan secepat itu tetapi arahnya sudah ke sana dan sudah harus diantisipasi. Satu di antaranya dengan memperluas peran peran akuntan, misalnya sebagai bisnis advisor atau peran lain yang lebih pada analisis karena jika mengerjakan yang sifatnya bisa dikerjakan oleh teknologi maka lulusan akuntansi tidak relvan lagi.

“Dosen akuntansi saat ini lebih mengembangkan kognitif skill dari mahasiswa. Saya akan menyampaikan teknologi yang berkembang pada revolusi industri di antaranya, internet of things, data analytics, big data dan artificial intellegent serta bagaimana dampaknya pada akuntansi, apa imbasnya pada mata kuliah yang diajarkan sehingga harapannya dosen dapat melihat tantangannya dan mempersiapkan yang mereka miliki sehingga bertemu dengan tantangan saat ini,” tuturnya.

Ketua Ikatan Akuntan Indonesia-Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI-KAPd) Pusat Prof Dian Agustia menyatakan, revolusi industri menurutnya pasti sangat berdampak terutama pendidikan dan ke depan akan melihat perkembangan kurikulum untuk mengantisipasi atau menerima tantangan dari revolusi industri. Kurikulum yang berhubungan dengan bagaimana lulusan dari perguruan tinggi sehingga mampu untuk mengantisipasi lingkungan revolusi industri ketika lulus.

“Untuk profesi pendidik, dosen harus meningkatkan kompetensi yang lebih dibutuhkan pada revolusi industri. Bagaimana learning method kepada mahasiswa, transfer knowledge sehingga lulusan perguruan tinggi mampu bersaing,” tambahnya.

Koordinator Forum Dosen Akuntansi Perguruan Tinggi Jawa Tengah Puji Harto menyatakan, menghadapi revolusi industri 4.0 terjadi perubahan yang sangat dinamis dan menjadi sebuah tantangan bagi profesi akuntan terutama akuntan pendidik, sebagai basis bagi pengembangan perguruan tinggi. Untuk itu sebagai pendidik akuntansi harus akomodatif dan antisipatif terhadap perubahan yang ada, misalnya kurikulum, ditinjau lagi apakah masih sesuai atau perlu dikembangkan menghadapi tantangan.

Lalu akreditasi di mana menghadapi tantangan, akan ada perubahan regulasi dari tujuh standar menjadi sembilan standar. Dalam mengembangkan program kerja, tidak lepas dari Tri Dharma Perguruan Tinggi  dengan berkolaborasi program kerja dengan 28 perguruan tinggi yang masuk dalam forum ini.


(Puthut Ami Luhur/CN19/SM Network)

 

 

Sumber : https://www.suaramerdeka.com/news/baca/177683/pendidik-akuntansi-harus-akomodatif-dan-antisipatif

Theme Design by devolux.nh2.me