Adenia's Blog | Blog mahasiswa Universitas Brawijaya

KOMPUTER AKUNTANSI (MYOB)

  1. Pengertian komputer akuntansi

Komputer akuntansi adalah sebuah sistem akuntansi dimana komputer sebagai teknologi untuk menjalankan aplikasi yang digunakan dalam mengolah transaksi akuntansi dan sekaligus untuk menghasilkan laporan keuangan dalam sebuah perusahaan.

  1. Manfaat Kompute Akuntansi:
  2. Dapat menyediakan informsi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value cham secara efisien.
  3. Penengah kekeliruan karna tingkat ketelitian dn fokus dari komputer lebih tinggi meningkatka efisien.
  4. Meningkatkan kemampuan dalam pemngambil keputusan.
  5. Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang di hasilkan.
  6. Menambah efisien kerja dibagian keuangan.
  7. Meningkatkan sharing knowledge.
  1. Kelebihannya :
  2. User friendly ( mudah digunakan ) bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendasar tentang akuntansi.
  3. Tingkat keamanan yang ukup valid untuk setiap user.
  4. Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang merepotkan.
  5. Kemampuan trash back semua laporan ke sumber dokumen dan sumber transaksi.
  6. Dapat diaplikasikan untuk IOS jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.
  7. Menampilkan laporan keuangan komparasi ( perbandingan, serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk gafik ).
  8. Mudah dipahami dan  digunakan bisa diajarkan kepada semua SMK/SMA dan mahasiswa maupun dipelajari oleh user secara mandiri untuk aplikasi langsung dalam pengolahan perusahaan.
  9. Bisa ditetapkan unuk jenis usaha yang ada di Indonesia, baik untuk skala kecil, menengah dan besar.
  1. Kekurangannya :
  2. Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaa memerlukan modul untuk mengelola assets yang dimiliki maka harus membeli add on lagi.
  3. Tidak ada module intercompany reporting, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk membuat laporan keuangan konsolidasi maka harus membeli add on lagi.
  4. Kelemahan multi ware house yang mengakibatkan pengolahan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
  5. Tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan MYOB.
  6. Data base myob merupakan file based sehingga kurang optimal jika digunakan untuk transaksiyang besar dan kompeks. Isu terbaru MYOB akan menggunakan server based untuk databasednya sehingga optimalisasi data lebih realistis.
  1. Komponen sistem informasi akuntansi

Sitem informasi akuntansi terdiri dari 5 komponen, yaitu :

  1. Orang-orang yang mengoperasikan sistem tersebut dan melaksanakan berbagai fungsi.
  2. Prosedur-prosedur baik manual maupun yang terotomatisasi, yang dilibatkan dalam mengumpulkan, memperoses, dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas organisasi.
  3. Data tentang proses-proses bisnis organisasi.
  4. Software yang dipakai untuk memproses data dan organissi.
  5. Infrastruktur teknologi informasi, termasuk komputer, peralatan pendukung ( perip heral device ) dan peralatan untuk komunikasi jaringan.
  1. Spesifikasi komputer

Harus memakai Windows Xp, Vsta, Windows 7, Windows 8 dengan RAMnya 64 MB dengan pentium 4 intel inside, prosesor II-200 Mhz, Windows Compatible Printer dan mouse or pointing device. Monitor resolusi 1024X768, CD ROOM.

Cara menginstall program aplikasi akuntansi ( MYOB ):

  1. Start.
  2. My document.
  3. Klik setup, klik kanan, open.
  4. Lalu next
  5. Lalu accept
  6. Untuk menujukkan install pilih typical setelah itu pilih penyimpanan data.
  7. Klik next. Jika muncul instal shield maka proses install telah berhasil.
  8. Dan lihat di my computer jika ada Accounting 18 maka proses installing berhasil.
  1. Membuka progran MYOB :
  2. Klik tombol start.
  3. Pilih all program.
  4. Drag scrolbar kebawah, lalu klik pada folder Myob Accounting v18, lalu pilih Myob Accounting v18.
  5. Lalu muncul jendela welcome to Myob Accounting ditampilan.

Terdapat 5 simbol untuk mengakses program Myob, berikut fungsi dari 5 simbol tersebut:

  1. Open, digunakan untuk membuka file yang telah dibuat.
  2. Create, untuk membuat file/data perusahan yang baru.
  3. Explore, untuk membuka file contoh yang telah disediakan oleh Myob.
  4. What’s new, digunakan utuk melihat fitur-fitur baru pada Myob.
  5. Exit, digunakan untuk mengakhiri atau menutup program Myob.

Terdapat 6 menu pada program MYOB, yaitu :

  1. Account        : modul ini digunakan untuk memuat jurnal umum dan  mengedit perkiraan.
  2. Banking        : modul ini digunakan untuk transaksi yang berkaitan dengan perbankan.
  3. Purchase       : modul ini digunakan untuk transaksi penjualan barang dagang.
  4. Inventory      : modul ini digunakan untuk transaksi stok barang dagang.
  5. Card file       : untuk data-data pelanggan dan data-data karyawan.
  6. Time biling   : pelunasan
  1. Mengakhiri program MYOB :

Dari menu utama MYOB, klik menu file, lalu pilih exit.

  1. Tampil jendela yang menanyakan apakah anda akan membuat backup untuk file perusahaan ini.
  2. Pilih (NO) jika tidak ingin menyalin backup data anda, program MYOB akan langsung tertutup.
  3. Jika anda ingin melakukan backup, pilih (YES)
  4. Tombol jendela MYOB Company file backup, pilih backup all data. Lalu aktifkan pilih check company file for errors, lalu continue.
  5. Setelah prosespemeriksaan file selesai maka akan tampil jendela informaasi yang memberitahukan bahwa tidak ada kesalahan pada file data perusahaan, cilck ok.

Kata dialog backup ditaampilkan secara otomatis file akan tersimpan didalamdrive C :\ Accounting18/ backup pada kolom file name terisi dengan MYOB diikuti data bulan dan tanggal saat ini.

  1. Klik tombol save
  2. Proses penyimpanan file dijalankan setelah selesaai program MYOB Accounting akan tertutup.

Theme Design by devolux.nh2.me