Adenia's Blog | Blog mahasiswa Universitas Brawijaya

Belajar Akuntansi Itu Tidak Sulit

DI era globaliasasi seperti sekarang ini, akuntansi sangat dibutuhkan setiap perusahaan baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil. Semua instansi baik pemerintah maupun swasta, untuk membantu mereka dalam membuat laporan keuangan yang di butuhkan semua pihak. Antara lain pemilik perusahaan, manajer, kreditor atau bank, investor, karyawan, pemerintah, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.

Jadi, jika kita pinter dan menguasai akuntansi tidaklah sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Sebab, semua perusahaan akan mencari karyawan yang pintar, cerdas, tanggap, pandai menangkap peluang, dan peka terhadap perubahan-perubahan yang dinamis, yang disebabkan adanya perkembangan teknologi yang semakin modern dan terus berkembang. Di Indonesia ilmu pengetahuan dan teknologi juga terus berkembang. Tuntutan masyarakat semakin kompleks dan persaingan semakin ketat. Apalagi di era globalisasi dan pedagangan bebas seperti sekarang ini.

Untuk itu, perlu disiapkan sumber daya manusia (SDM) yang cerdas dan berkualitas. Salah satu upaya meningkatkan SDM adalah melalui jalur pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu faktor utama bagi pengembangan SDM. Sebab, pendidikan diyakini mampu meningkatkan SDM, sehingga dapat menciptakan manusia yang produktif yang mampu memajukan bangsa (Kunaryo, 2000).

Mengapa kita menganggap akuntansi sulit? Padahal akuntansi sudah dipelajari mulai dari SMA, khususnya jurusan IPS dan SMK jurusan akuntansi. Tetapi, jika kita mendengar istilah akuntansi bayangan kita pasti sangat sulit, karena berhubungan dengan angka-angka yang jumlahnya banyak. Ada sebagian peserta didik yang senang akan pelajaran akuntansi dan tak sedikit pula yang tak suka. Karena mereka menganggap akuntansi sulit. Selain itu, dituntut untuk sangat teliti dan sabar dalam mengerjakan. Apabila ada salah satu bagian yang salah, maka semuanya akan salah dan kita harus mencari dimana letak kesalahan itu.

Sebenarnya belajar akuntansi tidaklah sesulit yang dibayangkan, jika mau belajar dengan sungguh-sungguh dan berusaha semaksimal mungkin. Berikut ini cara belajar akuntansi dengan mudah.

Pertama, pahami pengertian dan konsep akuntansi. Menurut Weygant (dalam Yadiati dan Wahyudi : 2007) akuntansi adalah suatu sistem informasi yang mengidentifikasi dan mengomunikasikan kejadian-kejadian ekonomi dalam suatu organisasi kepada pihak yang berkepentingan. Dengan kita mempelajari dan memahami pengertian akuntansi dengan benar, di samping kita pelajari istilah-istilah dalam akuntansi, kita juga akan tahu tentang akuntansi.  Setelah itu, kita pahami proses akuntansi mulai dari mengidentifikasi bukti transaksi, membuat jurnal umum, misalnya bagaimana cara membuat jurnal agar tak salah, posting buku besar dengan benar, neraca saldo, jurnal penyesuaian, kertas kerja, laporan keuangan, jurnal penutup, dan jurnal pembalik.

Kedua, learning by doing. Artinya kita harus aktif untuk membaca literatur-literatur akuntansi. Tak perlu menunggu disuruh, tetapi berusaha untuk mencari tahu.

Ketiga, mempelajari dari yang paling dasar dan yang paling mudah terlebih dahulu. Karena dalam akuntansi banyak persamaan dan rumus-rumus yang digunakan. Misalnya dalam rumus persamaan dasar akuntansi ada harta, utang, modal, pendapatan, dan beban. Setiap akun harus diberi nomor akun. Satu nomor untuk satu akun, misalnya kas nomor akunnya 111, utang usaha nomor akunnya 211, modal nomor akunnya 311, dan seterusnya. Tujuannya untuk memudahkan mengelompokkan akun-akun sesuai dengan jenisnya.

Keempat, perbanyak latihan soal-soal. Akuntansi merupakan proses, sehingga banyak diperlukan latihan. Apalagi akuntansi merupakan ilmu praktik, bukan ilmu teori. Di samping banyak latihan juga sering membaca permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan akuntansi, sehingga kita terbiasa untuk menyelesaikan masalah-masalah akuntansi dengan mudah dan menyenangkan.

Kelima, jangan berhenti dan menyerah. Saat menemui kesulitan atau tak menemukan solusi dan mengalami jalan buntu, sedangkan sudah dicek dan diteliti berkali-kali namun tetap tak menemukan jawaban, jangan berhenti mencari tahu jawabannya dan mempelajari.

Keenam, sering bertanya kepada teman, guru, atau orang yang tahu tentang akuntansi. Dengan sering bertanya, kita akan banyak pengetahuan dan pengalaman.

Menurut James O Whittaher (Djamal Syaiful Bahri : 1999) belajar adalah suatu proses di mana perilaku yang dihasilkan atau dimodifikasi melalui pelatihan atau pengalaman. Jadi, belajar, belajar, dan terus belajar, karena dengan belajar kita akan tahu segalanya. (*)

(ks/zen/top/JPR)

 

Sumber : https://radarkudus.jawapos.com/read/2019/03/26/127654/belajar-akuntansi-itu-tidak-sulit

Theme Design by devolux.nh2.me